Memasang Iklan di WordPress? Gunakan Plugin Gratis Berikut Ini – Niagahoster Blog

Iklan dikenal sebagai salah satu cara menjadikan website sebagai mesin uang. Bahkan, banyak pelanggan yang menghubungi kami untuk sekedar bertanya, bagaimana cara memasang iklan di WordPress? Tentu, alasannya agar mereka bisa menghasilkan banyak uang dari sana.

Dibandingkan dengan platform lain, memasang iklan di WordPress terbilang mudah. Di WordPress, ada bermacam-macam jenis plugin untuk memasang iklan yang dapat Anda gunakan. Beberapa di antaranya malah bertujuan secara spesifik untuk meningkatkan pendapatan iklan Anda.

Coba Anda perhatikan, lazimnya website besar dengan banyak pengunjung memasang iklan sebagai sumber pendapatan. Model yang paling lazim digunakan adalah dengan Google AdSense. Selain itu, banyak juga yang mengandalkan iklan afiliasi maupun sekedar menampilkan produk yang mereka tawarkan.

Posisi iklan dalam postingan sangatlah krusial. Buat apa memasang iklan di posisi yang jarang dijamah? Idealnya, posisi iklan perlu disesuaikan dengan perilaku pengunjung website Anda sendiri – apakah itu di bagian atas, tengah, ataupun bagian akhir postingan. Jika website Anda menggunakan WordPress, pengaturan ini bukanlah masalah. Anda hanya cukup menginstal plugin untuk memasang iklan.

Di bawah ini kami memiliki daftar plugin untuk memasang iklan di WordPress guna meningkatkan pendapatan website Anda.

Berikut adalah plugin gratis untuk memasang iklan di WordPress …

1. Ad Inserter

plugin untuk memasang iklan di wordpress

Plugin pertama yang ada dalam ulasan ini adalah Ad inserter. Jika Anda memiliki kebutuhan menempatkan beberapa unit iklan dalam posisi tertentu, Ad Inserter adalah plugin yang tepat. Ad Inserter mendukung kode iklan berupa HTML maupun Javascript dan PHP, sehingga mendukung berbagai jenis iklan seperti Adsense serta afiliasi.

Meskipun tersedia versi berbayar, fitur pada versi gratis sudah cukup maksimal untuk menampilkan iklan seperti AdSense. Untuk versi gratis, Anda dapat memasang hingga 16 slot kode.

Anda dapat memilih sendiri posisinya, baik itu sebelum konten, setelah konten, ataupun meletakkannya pada ‘blok’ sekian persen dari konten Anda. Terdapat juga pilihan menampilkan iklan hanya pada halaman atau postingan tertentu, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

2. AdRotate

adrotate banner manager

AdRotate dapat Anda gunakan untuk memasang berbagai jenis iklan seperti AdSense, afiliasi, Chitika, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat laporan untuk melihat impresi dan klik pada iklan Anda.

Anda juga dapat menentukan jadwal, misalnya plugin iklan akan muncul setelah impresi atau klik tertentu. Jika iklan berakhir sesuai dengan masa aktif yang telah ditentukan, Anda dapat mengatur pemberitahuan melalui email atau perangkat seluler Anda. Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah AdRotate dapat menampilkan iklan bedasarkan lokasi tertentu.

Anda dapat melihat performa semua iklan, misalnya CTR, statistik harian dan bulanan dan dapat diekspor ke dalam file CSV. Bahkan, plugin ini dapat mendeteksi penggunaan ad blocker. Jika pengunjung terdeteksi menggunakan ad blocker, notifikasi otomatis akan segera muncul untuk meminta pengunjung menonaktifkan ad blocker terlebih dahulu.

3. WP-Insert

wp insert

Plugin WP-Insert merupakan plugin untuk memasang iklan yang memungkinkan Anda mengatur iklan dan melakukan optimasi seperti Google Adsense. Plugin ini tidak hanya memiliki fungsi untuk memasang iklan, tapi dapat juga mengatur code tracking seperti Google Analytics.

WP-Insert mendukung berbagai jaringan iklan seperti Adsense, Chitika AdBrite dan lainnya. Anda dapat menggunakan 20 widget untuk memasang iklan. Setiap widget dapat Anda atur untuk penjadwalan.

Anda dapat menempatkan iklan pada bagian atas, bawah, samping kanan dan kiri dari konten. Dilengkapi dengan algoritma yang dapat menempatkan iklan Anda dibagian tengah konten. Selain itu masih banyak fungsi menarik lainnya seperti fasilitas A/B testing untuk memantau posisi iklan dengan performa terbaik.

Kesimpulan

Tiga plugin di atas dapat Anda jadikan andalan dalam memasang iklan di WordPress. Pengaturannya dijamin mudah dan dapat Anda sesuaikan sesuai kebutuhan berikut posisi manapun yang Anda inginkan. Masing-masing plugin yang kami ulas memiliki kegunaan masing-masing. Untuk menempatkan iklan pada posisi yang spesifik, misalnya pada posisi atau artikel tertentu, Anda dapat mencoba Ad Inserter.

Kemudian, apabila Anda memerlukan pengaturan untuk menampilkan dengan jangka waktu tertentu dapat menggunakan AdRotate. Anda juga dapat bereksperimen dengan plugin WP-Insert untuk melakukan pengetesan mengenai penempatan iklan dengan performa terbaik.

Jika Anda memiliki referensi plugin untuk memasang iklan di WordPress lainnya, jangan ragu untuk membagikannya melalui kolom komentar. Silakan Subscribe pada kolom yang tersedia untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Ipeenk

    Yang support buat ads tipe popunder yg mana gan? barusan sy mencoba Ad Inserter, tp tidak support untuk ads tipe popunder

    • Waryanto

      Untuk plugin pada bahasan di artikel ini belum ada fitur popunder

  • Gunawan

    Terima kasih infonya.. Sangat membantu..

  • robert

    Terimakasih bos sarannya luar biasa

five × four =