Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Cara Install Google Site Kit agar Optimasi Website Kian Mudah

2 min read

Featured image Google Site Kit

Google memiliki beberapa tool analytics yang sangat berguna bagi pemilik website, termasuk Search Console dan Analytics. Sayangnya, platform tersebut tersedia secara terpisah.

Namun, kini pengguna WordPress sudah bisa mengakses sepaket tool analytics Google dari Dashboard berkat plugin Google Site Kit. Untungnya lagi, instalasinya tidak rumit.

Di artikel ini, kami akan menjelaskan fitur-fitur plugin tersebut dan cara install-nya. Selamat membaca!

Apa Itu Google Site Kit WordPress Plugin?

Google Site Kit adalah plugin WordPress yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan data dari tool analytics Google pada dashboard.

Tool yang dapat diintegrasikan dengan plugin ini pun beragam. Berikut adalah daftar tool beserta masing-masing fungsinya:

  • Search Console — memberikan analisa performa website di pencarian Google.
  • Analytics — menyajikan data mengenai traffic website dan perilaku pengunjung.
  • PageSpeed Insights — membantu pengguna untuk memeriksa kecepatan loading website.
  • AdSense — menampilkan data akun AdSense pengguna.
  • Optimize — membantu pengguna melakukan A/B testing terhadap websitenya.
  • Tag Manager — membantu pengguna mengelola tracking code Google Analytics.

Dengan kata lain, plugin ini memungkinkan Anda untuk mengecek performa website dari berbagai segi dengan praktis. Ditambah lagi, instalasinya tidak membutuhkan waktu lama dan juga tidak rumit. Caranya akan kami bahas di bawah ini.

Cara Install Plugin Google Site Kit

Proses instalasi Site Kit sangatlah mudah. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.

1. Install Google Site Kit

Anda bisa mencari plugin ini melalui menu Plugins > Add New di Dashboard. Kemudian, klik Install Now. Jangan lupa untuk mengaktifkan plugin tersebut setelah instalasi selesai.

Instalasi Google Site Kit

2. Jalankan Setup Google Site Kit

Setelah diaktifkan, Anda akan menemukan pesan di halaman daftar plugin untuk melakukan setup Google Site Kit. Klik Start Setup untuk memulainya.

Setup Google Site Kit 1

Jangan khawatir jika Anda melewatkan pesan tersebut. Anda juga dapat menemukannya pada menu Site Kit yang ditandai dengan kotak merah pada gambar di atas.

3. Verifikasi Kepemilikan Website

Selanjutnya, halaman setup Google Site Kit akan muncul. Di halaman tersebut dijelaskan bahwa ada tiga langkah yang perlu Anda lakukan untuk menyelesaikan konfigurasi plugin ini, yaitu:

  • Verifikasi kepemilikan website
  • Memberikan akses data akun Google pada website
  • Setup akun Search Console

Untuk memulai, klik Sign In with Google.

Setup Google Site Kit 2

Anda akan diminta untuk memilih akun Google yang ingin digunakan. Setelah itu, klik Allow untuk mengkonfirmasi akses data akun Google.

Konfirmasi akses data akun untuk Google Site Kit

4. Integrasi Website dengan Google Search Console

Anda dibawa kembali ke halaman setup tadi. Sekarang, klik Add Site untuk mengintegrasikan website Anda ke Search Console.

Setup Search Console di Google Site Kit 1

Sekarang setup sudah selesai dan Anda bisa kembali ke Dashboard dengan tombol yang ditunjuk pada gambar berikut.

Setup Search Console di Google Site Kit 2

Baca Juga: Panduan Lengkap Google Search Console

Mengintegrasikan Google Analytics dengan Google Site Kit

Setelah menyelesaikan langkah-langkah setup plugin ini, Anda pasti menyadari bahwa proses tersebut juga membuat akun Search Console untuk situs Anda secara otomatis.

Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk tool-tool lainnya. Anda harus sudah melakukan setup Analytics, AdSense, PageSpeed Insights, Optimize, dan Tag Manager terlebih dahulu.

Nah, kami akan memandu Anda untuk mengintegrasikan akun Analytics Anda dengan Site Kit pada bagian ini. Apabila belum pernah melakukan setup Google Analytics, Anda dapat mengikuti panduannya dalam → Cara Memasang Google Analytics di WordPress.

Pertama-tama, klik Site Kit > Settings pada dashboard WordPress. Pada halaman selanjutnya pilih tab Connect More Services dan klik Set up Analytics.

Pengaturan Google Site Kit

Sama seperti saat konfigurasi Google Site Kit, Anda akan diminta untuk memilih akun Google yang ingin digunakan dan memberikan akses data. Klik Allow dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Setup integrasi Analytics di Google Site Kit 1

Berikutnya, pilih akun, property (website), dan data website apa saja yang ingin ditampilkan. Jika sudah, klik Configure Analytics.

Setup integrasi Analytics di Google Site Kit 2

Selamat! Kini akun Google Analytics Anda telah terintegrasi dengan Site Kit. Dengan demikian, data dari tool tersebut juga dapat dilihat di Dashboard.

Periksa Analytics Lebih Mudah dengan Google Site Kit

Demikianlah pembahasan mengenai cara install Google Site Kit. Dengan ini, Anda dapat memeriksa data dari Search Console dan tool analytics Google lainnya lewat Dashboard WordPress.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda. Jika memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia.

2
Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − four =