counter easy hit
5 Plugin A/B Testing untuk Optimasi Website Anda - Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online

Hal penting ketika Anda akan meluncurkan website baru adalah mencari tahu siapa pengunjung website Anda, berikut konten seperti apa yang mereka inginkan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan data yang valid mengenai fungsi pada website. Data tersebut bisa Anda dapatkan dengan cara melakukan A/B testing pada website yang diluncurkan.

Jika Anda menggunakan CMS WordPress, pengetesan akan lebih mudah dilakukan. Dalam ulasan berikut ini kami akan membahas plugin yang dapat Anda gunakan untuk melakukan A/B testing.

Memahami A/B Testing (Split Testing)

A/B testing merupakan pengetesan pada sebuah website dengan meluncurkan dua versi berbeda, bisa berupa konten, desain, maupun bagian lain pada website untuk mengetahui versi atau bagian mana yang memberikan hasil terbaik.

Dengan melakukan pengetesan, Anda dapat lebih mudah menentukan keputusan berbasis data yang valid.

Sebelum menjalankan A/B testing, tentukan terlebih dahulu tujuan yang ingin Anda capai. Misalnya menurunkan bounce rate, meningkatkan penjualan, meningkatkan CTR, bahkan ketiganya sekaligus.

Tiga tujuan di atas adalah bagian penting untuk memulai pengujian.

Berikut adalah Daftar Plugin A/B Testing untuk WordPress …

1. Simple Page Tester

plugin ab testing

Simple Page Tester memungkinkan Anda menjalankan Split Testing pada website WordPress tanpa harus mengubah kode pada website Anda.

Plugin ini dibuat sederhana dengan tiga tahap proses:

  1. Edit halaman yang ingin dilakukan A/B testing;
  2. Klik Setup Split Test dan edit variasi;
  3. Klik Declare Winner.

Anda tidak perlu khawatir mengenai efek split testing pada SEO karena pengetesan yang dilakukan akan dianggap sementara oleh Google.

2. Marketizator

marketizator

Selanjutnya ada Marketizator yang dapat Anda gunakan untuk melakukan split testing dan survey online guna mengetahui apa yang diinginkan visitor serta membuat banner dengan pesan yang relevan sesuai pengunjung website Anda.

Anda pun tidak memerlukan pengetahuan teknis untuk menggunakannya. Yang diperlukan hanya membuat akun, memulai instalasi, dan menyalin tracking code ke dalam plugin.

Berbekal plugin ini, Anda akan dengan mudah mengubah pengunjung menjadi calon pelanggan atau pembeli produk yang Anda jual pada website.

Menariknya lagi, plugin ini gratis digunakan bagi Anda yang memiliki website hingga maksimal 10.000 pengunjung/bulan.

3. Engagement Grower

engagement grower

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan supaya pengunjung betah berlama-lama berada di website Anda. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan related post pada bagian bawah artikel. Untuk membuat related post, Anda dapat menggunakan plugin bernama Engagement Grower. Plugin ini sangat membantu Anda mengetahui related post mana yang paling disukai oleh pengunjung.

4. Nelio AB Testing

nelio ab testing

Nelio AB Testing merupakan plugin dengan banyak fitur yang berguna untuk melakukan berbagai macam pengetesan pada website Anda. Beberapa hal di antaranya misalnya menentukan, mengatur, serta melacak split-testing yang Anda lakukan.

Segalanya perlu Anda tes tanpa terkecuali. Anda dapat mengetes pilihan nama, gambar, dan deskripsi produk yang dijual. Kemudian, Anda juga dapat memastikan apakah tombol berfungsi dengan baik, hingga tindakan visitor setelah mengunjungi landing page apakah langsung ke halaman daftar harga atau tidak. Efek pada tindakan pengunjung ketika Anda mengganti background pun dapat Anda ketahui di sini.

5. Plugin A/B Image Optimizer

plugin ab image optimizer

Bagi Anda yang ingin melakukan pengetesan pada featured image mana yang lebih menarik perhatian visitor, Anda dapat mencoba Plugin A/B Image Optimizer. Seperti yang telah Anda ketahui, gambar merupakan aspek yang cukup penting pada sebuah website, terutama untuk jenis ecommerce.

Plugin ini dapat membantu Anda dalam melakukan pengetesan dengan dua jenis featured image pada postingan, halaman, maupun produk WooComerce.


Itulah beberapa plugin A/B testing yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengetesan fitur pada website WordPress. Informasi yang Anda dapatkan dari A/B testing tentang tingkah laku pengunjung bisa Anda manfaatkan untuk optimasi website. Anda pun dapat mengambil keputusan secara tepat, berdasarkan informasi valid yang terjaseperti menentukan tata letak atau sebuah gambar produk untuk meningkatkan konversi.

Jika Anda memiliki plugin A/B testing lain yang biasa digunakan, jangan ragu untuk memberitahu kami melalui kolom komentar. Silakan Subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda. 🙂

Kini Anda bisa membuat website instan dengan WordPress langsung online dalam lima menit.
Ikuti tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

website instan

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.