Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

3+ Cara Meningkatkan max_input_vars [Terbaru]

2 min read

Featured Image 3+ Cara Lengkap Meningkatkan max_input_vars [Terbaru]

Apakah WordPress Anda tiba-tiba memunculkan error max_input_vars saat Anda sedang sibuk mengotak-atik website? Error ini cukup menyebalkan karena bisa menyebabkan berbagai masalah, terutama pada tema website Anda. Waduh!

Namun, Anda tak perlu khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap untuk meningkatkan max_input_vars WordPress Anda. Jadi, error tersebut tak muncul lagi. Yuk, simak sampai selesai!

Apa Itu max_input_vars?

Input Vars adalah nilai variabel yang dibutuhkan server untuk menjalankan suatu fungsi. Idealnya, nilai input vars bisa mencapai angka 3000. Salah satu alasannya, tema WordPress sekarang memiliki banyak fitur bawaan yang cukup banyak.

Nah, kalau nilai Input Vars Anda kurang dari itu, katakanlah hanya 1000 saja karena ketentuan penyedia hosting, bisa saja muncul error max_input_vars.  Itu artinya, server membutuhkan nilai Input Vars yang lebih besar untuk berjalan dengan baik. 

Jika tidak diatasi, error max_input_vars akan menyebabkan berbagai kendala, seperti:

  • Tak bisa menyimpan pengaturan atau perubahan baru di website Anda
  • Hilangnya berbagai data pada tema website Anda seperti fitur bawaan, kombinasi warna, hingga jenis font. Efeknya, tampilan website Anda akan kacau
  • Beberapa widget yang sedang aktif di website Anda akan hilang

Lalu, apa yang perlu dilakukan, ya?

3+ Cara Meningkatkan max_input_vars

Untungnya, Anda bisa meningkatkan nilai Input Vars dengan beberapa cara. Apa saja itu?

1. Meningkatkan max_input_vars Melalui .htaccess

Cara pertama meningkatkan max_input_vars adalah dengan mengedit file .htaccess. Berikut caranya:

  1. Login ke cPanel Anda di http://domainanda.com/cpanel. Kemudian, pilih menu File Manager di bagian Files


  2. Masuk ke folder public_html, lalu klik kanan file .htaccess dan pilih Edit

    Meningkatkan max_input_vars Melalui .htaccess langkah kedua
  3. Masukkan kode berikut di baris paling akhir, tepat sebelum # END WordPress

    php_value max_input_vars 3000

  4. Klik tombol biru Save Changes di kanan atas untuk menyimpan code tersebut. Jika error masih muncul, Anda bisa mengganti angka “3000” menjadi “4000”.

Perhatian!


Jika Anda tak bisa menemukan file .htaccess, ikuti panduan di bawah ini untuk menampilkannya:

Cara Menampilkan File Hidden (.htaccess) Melalui File Manager ›

2. Meningkatkan max_input_vars Melalui wp-config.php

Selain melalui .htaccess, Anda juga bisa meningkatkan nilai max_input_vars pada file wp-config.php. Berikut caranya:

  1. Login ke cPanel Anda di http://domainanda.com/cpanel. Kemudian, pilih menu File Manager di bagian Files


  2. Masuk ke folder public_html, lalu klik kanan file wp-config.php dan pilih Edit

    Meningkatkan max_input_vars Melalui wp-config.php langkah kedua
  3. Tambahkan kode ini di baris paling akhir:

    @ini_set( ‘max_input_vars’ , 3000 );

  4. Simpan perubahan dengan klik  Save Changes. Jika error masih muncul, Anda bisa mengganti angka “3000” dengan angka yang lain

3. Meningkatkan max_input_vars Melalui php.ini

Tidak semua penyedia hosting memberikan akses file php.ini kepada Anda. Kecuali, Anda memang memiliki private server atau dedicated server. Sedangkan di Niagahoster sendiri, Anda bisa leluasa mengedit file php.ini dengan cara:

  1. Login ke cPanel Anda di http://domainanda.com/cpanel. Lalu, scroll ke bawah dan pilih Select PHP Version pada bagian Software

    Meningkatkan max_input_vars Melalui php.ini langkah pertama
  2. Klik Options

  3. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan max_input_vars dan klik angka 1000 di sampingnya. Lalu, pilih angka 3000. Perubahan akan tersimpan otomatis.


  4. Coba login ke dashboard WordPress Anda untuk mengecek apakah error sudah menghilang. Jika error masih muncul, Anda bisa mengulangi langkah di atas dan memilih angka 5000.

4. Menghubungi Penyedia Hosting Anda

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas dan masih menemui error max_input_vars, berarti saatnya untuk menghubungi penyedia hosting Anda. 

Anda bisa menanyakan ke penyedia hosting tentang angka default max_input_var yang ditetapkan. Lalu, jika belum sesuai kebutuhan, Anda bisa meminta penyesuaian di angka yang lebih tinggi seperti 3000 atau 5000. 

Sebagai contoh, default max_input_vars di Niagahoster adalah adalah 1000. Pengaturan ini terkait setting bawaan dari cPanel. Namun, sebagai pengguna Niagahoster, Anda bisa meningkatkannya hingga maksimal 5000 sesuai cara yang kami tunjukkan di atas. 

Nah, kalau Anda sebagai pengguna layanan hosting Niagahoster masih mengalami error max_input_vars WordPress, Anda bisa juga meminta bantuan customer service kami 24 jam. Bahkan, Anda bisa memilih channel live chat yang lebih praktis dan mudah untuk membantu kendala yang Anda hadapi. 

Perbaiki Error max_input_vars Anda Sekarang!

Error max_input_vars PHP memang bisa membuat panik karena dapat menyebabkan beberapa kerugian. Mulai dari perubahan pengaturan tak dapat tersimpan, widget yang tak berfungsi, hingga data pada tema yang hilang.
Namun, dengan mengikuti panduan di atas, Anda bisa mengatasinya dengan cepat sehingga website kembali seperti normal lagi. Anda juga bisa menghubungi customer service kalau kesulitan menanganinya sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda mengalami kesulitan saat menerapkan langkah-langkah di atas, langsung saja tinggalkan komentar di bawah, ya!

Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.