Categories: TutorialWordPress

Cara Mengatasi Error phpMyAdmin Access Denied [Terlengkap]

Anda kaget karena tiba-tiba mendapatkan error phpMyAdmin access denied? Padahal sebelumnya tidak pernah muncul error dengan tampilan kotak merah tersebut di localhost Anda.

Eitsss tenang, tak perlu panik. Anda sudah menemukan artikel yang tepat, kok Di sini kami akan menjelaskan cara mengatasi error phpMyAdmin access denied dengan cepat dan mudah.

Namun sebelum itu, yuk ketahui terlebih dahulu apa penyebab error phpMyAdmin ini.

Penyebab Error phpMyAdmin Access Denied

Ada dua hal yang menyebabkan error phpMyAdmin Access Denied tiba-tiba muncul:

1. Port Localhost yang tak Sesuai

Error phpMyAdmin akan muncul saat Anda menginstall virtual web server (XAMPP/WAMP) untuk kedua kalinya di komputer yang sama. Ini terjadi karena virtual web server tersebut mendeteksi port lama yang sudah tidak valid.

2. Password di File Pengaturan yang Berbeda

Kendala juga bisa saat Anda mengganti password akun root@localhost pada phpMyAdmin, tapi password pada file pengaturan di komputer tidak ikut berubah. 

Baca juga: Panduan Membuat User Administrator WordPress dari phpMyAdmin

Cara Mengatasi Error phpMyAdmin Access Denied

Berdasarkan penyebabnya, inilah dua cara mengatasi error phpMyAdmin access denied. Di panduan ini, kami menggunakan virtual web server XAMPP.

Port Localhost yang Tidak Sesuai

  1. Jalankan XAMPP Control Panel, lalu klik Config pada module MySQL dan pilih my.ini


  2. Masukkan script skip-grant-tables tepat di bawah [mysqld]. Lalu, simpan skrip tersebut dengan Ctrl + S.


  3. Buka kembali XAMPP Control Panel, lalu klik Config > Service and Port Settings > MySQL. Catat angka yang ada pada kolom Main Port.

  4. Masuk ke folder phpMyAdmin pada lokasi instalasi XAMPP di komputer Anda. Kemudian, buka file config.inc.php menggunakan Notepad.
  5. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan $cfg[‘Servers’][$i][‘host’] = ‘127.0.0.1’;


    Ubah script tersebut menjadi $cfg[‘Servers’][$i][‘host’] = ‘localhost:3306’; sesuai dengan angka pada Main Port yang Anda catat tadi. Lalu, simpan perubahan dengan CTRL + S.



    Anda bisa mencoba mengakses phpMyAdmin kembali untuk memastikan error bahwa phpMyAdmin sudah tidak muncul.

Baca juga: Cara Membuat, Mengedit, dan Menghapus Database di phpMyAdmin

Password di File Pengaturan yang Berbeda

  1. Masuk ke folder phpMyAdmin pada lokasi instalasi XAMPP di komputer Anda. Lalu, buka file config.inc.php menggunakan Notepad.
  2. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan $cfg[‘Servers’][$i][‘password’] = ‘ ‘;



  3. Masukkan password yang sudah Anda ganti di phpMyAdmin pada bagian =’ ‘; sehingga menjadi seperti ini, $cfg[‘Servers’][$i][‘password’] = ‘passwordanda’;
  4. Jika sudah, tekan tombol CTRL + S untuk menyimpan pengaturan tersebut. Seharusnya phpMyAdmin sudah bisa diakses dengan normal.

Selamat Tinggal Error phpMyAdmin Access Denied!

Setelah membaca artikel ini, Anda sekarang tahu kan penyebab dan cara mengatasi error phpMyAdmin Acces Denied? Jadi, Anda tak perlu panik lagi saat menemukan error tersebut. Cukup, gunakanlah langkah yang sesuai dengan penyebab yang Anda temukan.

Oh ya, jika Anda juga mengalami berbagai error WordPress, kami sudah menuliskan panduan lengkap cara mengatasinya di → 40+ Error WordPress dan Cara Cepat Mengatasinya.

Semoga panduan cara mengatasi error phpMyAdmin di atas bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Mirza M. Haekal

Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Share
Published by
Mirza M. Haekal

Recent Posts

Pengertian HTML, Fungsi dan Cara Kerjanya

Jika Anda ingin menjadi web developer andal, Anda wajib banget khatam dengan pengertian HTML. Soalnya, HTML adalah salah satu komponen…

20 hours ago

Product Development: Rahasia Menciptakan Produk Baru yang Jempolan!

Ingin mulai berbisnis, tapi bingung mau bikin produk apa? Atau, khawatir setelah buat produk malah tidak laku di pasaran? Jika…

1 day ago

Apa itu Program Afiliasi dan Apa Saja Keuntungannya

Mendapatkan uang tanpa perlu melakukan banyak hal adalah keinginan bagi sebagian besar orang. Untungnya Anda hidup di era digital, di…

3 days ago

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla [Terlengkap]

Masalah err_connection_refused muncul ketika koneksi yang dilakukan dari FileZilla ditolak server. Error ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti masalah…

4 days ago

Apa itu Kubernetes? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Anda tentu ingin project aplikasi atau website yang dikerjakan dapat berjalan dengan baik. Namun, kalau aplikasinya menjadi semakin besar, bagaimana…

5 days ago

Belajar Copywriting: Cara Lengkap “Menjual”dengan Tulisan

“Apa saja yang saya perlukan dalam memasarkan sebuah bisnis?” Barangkali pertanyaan tersebut muncul ketika Anda baru pertama kali merintis usaha.…

6 days ago