Categories: TutorialWordPress

Cara Mengatasi Error Port 443 di XAMPP [Tercepat]

Ketika menggunakan XAMPP, bisa saja muncul error yang tidak diharapkan. Salah satunya adalah error port 443. 

Nah, karena port 443 cukup penting, kendala ini perlu ditangani dengan tepat. Bagaimana caranya? Tenang, Anda sudah menemukan artikel yang tepat untuk belajar tentang error ini, penyebab, dan cara mengatasinya. 

Yuk, simak sampai selesai!   

Apa Itu Error Port 443 XAMPP dan Apa Penyebabnya?

Port 443 adalah port yang digunakan pada protokol HTTPS untuk mengamankan semua traffic yang masuk ke dalam server. Port 443 ini jauh lebih aman daripada protokol HTTP yang masih menggunakan port 80.

Baca juga: Perbedaan HTTP dan HTTPS Lengkap dengan Fungsinya

Port 443 mampu melindungi berbagai informasi yang ada di dalam server. Mulai dari kata sandi, data pribadi, hingga informasi sensitif seperti kartu kredit.

Nah, error port 443 XAMPP adalah error yang terjadi saat XAMPP gagal melakukan koneksi melalui port 443 di komputer Anda. Penyebabnya adalah karena port tersebut sudah digunakan oleh aplikasi lain di komputer Anda sehingga terjadi bentrok.

Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini ketika port 443 sedang digunakan oleh sebuah aplikasi qbittorrent.exe.

Informasi selanjutnya menyebutkan bahwa proses tidak dapat dilanjutkan jika port masih digunakan: will not start without the configured ports free!

Nah, jika sudah seperti ini solusinya bagaimana ya?

Cara Mengatasi Error Port 443

Cara mengatasi error ini sangat mudah, yakni Anda hanya tinggal mengubah port yang akan digunakan oleh XAMPP. Berikut caranya:

Mengatasi Error Port 443 Melalui Menu Config

  1. Pastikan XAMPP Anda adalah versi terbaru. Lalu, jalankan XAMPP sebagai administrator. Caranya dengan klik kanan XAMPP Control Panel dan pilih Run As Administrator.
  2. Pada aplikasi XAMPP, klik menu Config yang ada di sisi kanan.

  3. Klik Service and Port Settings.

  4. Pada tab Apache, ganti SSL Port menjadi 440 atau 4430. Lalu, klik Save

  5. Coba Start Apache pada XAMPP Anda untuk mengetahui apakah error port 443 sudah teratasi. Jika sudah, selamat! XAMPP bisa Anda gunakan dengan normal. Namun, jika error tetap muncul, Anda bisa menggunakan cara manual di bawah ini.

Mengatasi Error Port 443 dengan Cara Konfigurasi Manual

  1. Buka XAMPP Anda, lalu klik Config pada Apache dan pilih Apache (httpd-ssl.conf)

  2. Klik Edit, lalu pilih Find.

  3. Ketikkan 443 pada kotak yang tersedia. Lalu, klik Find Next. Langkah ini untuk mencari tiga pengaturan port 443 yang ada di Notepad tersebut.

  4. Ganti angka 443 menjadi 440 atau 4430. Lalu, klik Find Next hingga Anda tak menemukan angka 443 lagi. Setelah itu, klik File dan pilih Save untuk menyimpan pengaturan port Anda.
  5. Selamat! Error Anda sudah teratasi dan XAMPP bisa digunakan dengan normal.

Mengatasi Error Port 443 itu Mudah, Bukan?!

Ternyata, mengatasi error port 443 XAMPP sangat mudah ya? 

Anda cukup mengganti port melalui menu Config atau menggantinya dengan konfigurasi manual dan XAMPP bisa digunakan lagi dengan normal. Jika langkah yang Anda lakukan benar, error ini akan teratasi dengan cepat!

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda. Jika Anda mengalami kesulitan menerapkan langkah-langkah cara mengatasi error ini, tinggalkan saja pertanyaan pada kolom komentar di bawah, ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Mirza M. Haekal

Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Share
Published by
Mirza M. Haekal

Recent Posts

Pengertian HTML, Fungsi dan Cara Kerjanya

Jika Anda ingin menjadi web developer andal, Anda wajib banget khatam dengan pengertian HTML. Soalnya, HTML adalah salah satu komponen…

20 hours ago

Product Development: Rahasia Menciptakan Produk Baru yang Jempolan!

Ingin mulai berbisnis, tapi bingung mau bikin produk apa? Atau, khawatir setelah buat produk malah tidak laku di pasaran? Jika…

1 day ago

Apa itu Program Afiliasi dan Apa Saja Keuntungannya

Mendapatkan uang tanpa perlu melakukan banyak hal adalah keinginan bagi sebagian besar orang. Untungnya Anda hidup di era digital, di…

3 days ago

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla [Terlengkap]

Masalah err_connection_refused muncul ketika koneksi yang dilakukan dari FileZilla ditolak server. Error ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti masalah…

4 days ago

Apa itu Kubernetes? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Anda tentu ingin project aplikasi atau website yang dikerjakan dapat berjalan dengan baik. Namun, kalau aplikasinya menjadi semakin besar, bagaimana…

5 days ago

Belajar Copywriting: Cara Lengkap “Menjual”dengan Tulisan

“Apa saja yang saya perlukan dalam memasarkan sebuah bisnis?” Barangkali pertanyaan tersebut muncul ketika Anda baru pertama kali merintis usaha.…

6 days ago