Tutorial

Cara Mengatasi Error Port 443 di XAMPP [Tercepat]

Ketika menggunakan XAMPP, bisa saja muncul error yang tidak diharapkan. Salah satunya adalah error port 443. 

Nah, karena port 443 cukup penting, kendala ini perlu ditangani dengan tepat. Bagaimana caranya? Tenang, Anda sudah menemukan artikel yang tepat untuk belajar tentang error ini, penyebab, dan cara mengatasinya. 

Yuk, simak sampai selesai!   

Apa Itu Error Port 443 XAMPP dan Apa Penyebabnya?

Port 443 adalah port yang digunakan pada protokol HTTPS untuk mengamankan semua traffic yang masuk ke dalam server. Port 443 ini jauh lebih aman daripada protokol HTTP yang masih menggunakan port 80.

Baca juga: Perbedaan HTTP dan HTTPS Lengkap dengan Fungsinya

Port 443 mampu melindungi berbagai informasi yang ada di dalam server. Mulai dari kata sandi, data pribadi, hingga informasi sensitif seperti kartu kredit.

Nah, error port 443 XAMPP adalah error yang terjadi saat XAMPP gagal melakukan koneksi melalui port 443 di komputer Anda. Penyebabnya adalah karena port tersebut sudah digunakan oleh aplikasi lain di komputer Anda sehingga terjadi bentrok.

Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini ketika port 443 sedang digunakan oleh sebuah aplikasi qbittorrent.exe.

Informasi selanjutnya menyebutkan bahwa proses tidak dapat dilanjutkan jika port masih digunakan: will not start without the configured ports free!

Nah, jika sudah seperti ini solusinya bagaimana ya?

Cara Mengatasi Error Port 443

Cara mengatasi error ini sangat mudah, yakni Anda hanya tinggal mengubah port yang akan digunakan oleh XAMPP. Berikut caranya:

Mengatasi Error Port 443 Melalui Menu Config

  1. Pastikan XAMPP Anda adalah versi terbaru. Lalu, jalankan XAMPP sebagai administrator. Caranya dengan klik kanan XAMPP Control Panel dan pilih Run As Administrator.
  2. Pada aplikasi XAMPP, klik menu Config yang ada di sisi kanan.

  3. Klik Service and Port Settings.

  4. Pada tab Apache, ganti SSL Port menjadi 440 atau 4430. Lalu, klik Save

  5. Coba Start Apache pada XAMPP Anda untuk mengetahui apakah error port 443 sudah teratasi. Jika sudah, selamat! XAMPP bisa Anda gunakan dengan normal. Namun, jika error tetap muncul, Anda bisa menggunakan cara manual di bawah ini.

Mengatasi Error Port 443 dengan Cara Konfigurasi Manual

  1. Buka XAMPP Anda, lalu klik Config pada Apache dan pilih Apache (httpd-ssl.conf)

  2. Klik Edit, lalu pilih Find.

  3. Ketikkan 443 pada kotak yang tersedia. Lalu, klik Find Next. Langkah ini untuk mencari tiga pengaturan port 443 yang ada di Notepad tersebut.

  4. Ganti angka 443 menjadi 440 atau 4430. Lalu, klik Find Next hingga Anda tak menemukan angka 443 lagi. Setelah itu, klik File dan pilih Save untuk menyimpan pengaturan port Anda.
  5. Selamat! Error Anda sudah teratasi dan XAMPP bisa digunakan dengan normal.

Mengatasi Error Port 443 itu Mudah, Bukan?!

Ternyata, mengatasi error port 443 XAMPP sangat mudah ya? 

Anda cukup mengganti port melalui menu Config atau menggantinya dengan konfigurasi manual dan XAMPP bisa digunakan lagi dengan normal. Jika langkah yang Anda lakukan benar, error ini akan teratasi dengan cepat!

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda. Jika Anda mengalami kesulitan menerapkan langkah-langkah cara mengatasi error ini, tinggalkan saja pertanyaan pada kolom komentar di bawah, ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Saatnya tingkatkan kemanan website Anda dengan SSL Murah dari Niagahoster, jangan sampai terlewat yah.

Mirza M. Haekal

Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Share
Published by
Mirza M. Haekal

Recent Posts

Cara Pasang Iklan di Google Ads untuk Pemula (Terbaru)

Anda punya bisnis, tapi belum pernah mengiklankannya lewat Google Ads? Kalau belum, aduh… banyak potensi cuan yang terlewatkan, lho. Perlu…

14 hours ago

Benarkah WordPress itu SEO Friendly? Ini Dia Alasannya!

WordPress adalah platform CMS terpopuler. Alasannya, karena WordPress SEO friendly. Benarkah begitu? Simak fakta dan alasannya di sini!

2 days ago

10 Rekomendasi Website Belajar Coding Terbaik untuk Anda!

Siapa bilang coding adalah skill yang hanya bisa dipelajari lewat pendidikan formal?  Dengan adanya website belajar coding, Anda bisa belajar…

2 days ago

Gutenberg 14.6 Rilis, Ini Dia Perubahan yang Jadi Sorotan

Ada yang baru nih bagi Anda pengguna Gutenberg di WordPress! Gutenberg 14.6 resmi diluncurkan pada 23 November 2022. Sederet fitur…

6 days ago

Kenapa Pilih Niagahoster? Ini Kata Pelanggan Tentang Kualitas Niagahoster

Penasaran dengan performa hosting Niagahoster yang sebenarnya? Yuk simak fakta dan ulasan dibalik kualitas Niagahoster!

7 days ago

Rilis Update Maintenance, WordPress 6.1.1 Bawa 50+ Perbaikan Bug

Ada berita penting bagi Anda pengguna setia WordPress! WordPress 6.1.1 resmi dirilis dengan membawa 29 perbaikan core dan 21 perbaikan…

7 days ago