Memperbaiki Error "Is its parent directory writable by the server?" pada WordPress - Niagahoster Blog

Masalah yang sering ditemukan oleh developer WordPress adalah error “Is its parent directory writable by the server“. Permasalahan ini biasanya muncul dalam pesan notifikasi seperti di bawah ini.

is its parent directory writable by the server error

Pertama-tama Anda perlu mengecek hak akses upload folder pada server. Cara ini memang secara sederhana dapat mengatasi error. Hanya saja, biasanya ada penyebab lain yang membuat website Anda menampilkan error tersebut.

Sebagai contoh, error dapat muncul setelah Anda melakukan migrasi website WordPress ke layanan hosting baru. Apapun penyebab munculnya error tersebut, pada tutorial ini kami akan membahas mengenai cara mengatasinya.

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda memerlukan:

  • Akses website melalui File Manager atau FTP Client

Berikut adalah Cara Mengatasi Error “Is its parent directory writable by the server?” pada WordPress

Pilihan 1: Edit File wp-config.php pada WordPress

Jika Anda telah memindahkan website WordPress ke layanan hosting baru, sehingga menyebabkan error tersebut muncul, kemungkinan ada kesalahan pada susunan direktori website Anda.

Cara sederhana untuk memperbaikiya adalah dengan mengedit file wp-config.php. Untuk mengeditnya dapat melalui File Manager atau FTP Client, pada tutorial ini kami akan menggunakan File Manager.

1. Silakan login ke control panel, kemudian pilih menu File Manager.

file manager

2. Kemudian edit file wp-config.php dengan cara klik kanan dan pilih Edit.

edit wp config

3. Tambahkan code di bawah ini sebelum baris code require_once(ABSPATH . ‘wp-settings.php’);

define( 'UPLOADS', 'wp-content/uploads' );

Setelah itu, simpan dan cek kembali dengan melakukan upload file. Jika masih muncul error, silakan coba pilihan 2.

Pilihan 2: Ubah Hak Akses Folder

Jika error “Is its parent directory writable by the server?” masih belum bisa diatasi dengan cara pada pilihan pertama, silakan untuk mencoba mengubah hak akases dari folder upload.

Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan FTP Client (FileZilla) atau File Manager seperti cara pada pilihan 1.

Silakan ikuti langkah dibawah ini, untuk mengubah hak akses dengan menggunakan FileZilla.

1. Akses FTP dengan FileZilla.

2. Akses direktori instalasi WordPress, biasanya berada di dalam public_html kemudian bukan folder wp-content.

3. Klik kanan pada direktori Uploads dan pilih File Attributes…

edit hak akses file uploads

4. Akan muncul pop up untuk mengedit hak akses folder tersebut. Isi bagian Numeric value dengan 755, centang pilihan Recurse into subdirectories, kemudian pilih Apply to directories only dan klik OK untuk menyimpan perubahan.

file permissions

Setelah itu, silakan lakukan pengecekan dengan melakukan upload ulang. Biasanya dengan cara ini error tersebut akan teratasi. Jika masih muncul error, coba ubah hak akses folder tersebut dari 755 menjadi 777.

Perhatian: Jika Anda mengubah hak akses menjadi 777, siapa saja dapat mengunggah file ke dalam folder tersebut. Karenanya, setelah Anda mengunggah file, silakan ubah kembali hak aksesnya menjadi 755.

Keimpulan

Setelah Anda mencoba cara mengatasi error “Is its parent directory writable by the server?” dalam tutorial ini, kami harap website Anda dapat berjalan normal kembali. Seperti yang telah kami tuliskan, ada dua pilihan yang dapat Anda coba untuk memperbaiki error tersebut.

Jika Anda memiliki cara lain untuk mengatasinya, jangan ragu untuk membagikannya melalui kolom komentar di bagian bawah halaman ini. Ssilakan Subscribe pada form yang tersedia untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.