Memperbaiki Error "Cannot modify header information - headers already sent by" - Niagahoster Blog

Mungkin Anda pernah (atau malah sedang) kesulitan karena menemui error pada website yang Anda kelola dengan menampilkan pesan “Cannot modify header information – headers already sent by …“.

Error semacam ini membuat konten pada website Anda tidak dapat diakses. Dalam ulasan ini Anda akan menemukan solusi atas permasalahan yang Anda temui.

error wordpress

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda memerlukan:

  • Akses ke control panel atau FTP

Penyebab Error “Cannot modify header information – headers already sent by…”

Mari perhatikan contoh error berikut ini agar Anda dapat memahaminya lebih baik lagi.

Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at /public_html/wp-content/plugins/my-plugin/my-function.php:#) in /public_html/wp-includes/pluggable.php on line #

Seperti yang Anda lihat, ada dua file yang disebutkan dalam pesan kesalahan di atas. File pertama merupakan penyebab utama error (dalam contoh ini my-function.php berada di /public_html/wp-content/plugins/my-plugin/) serta asal muasal error tersebut.

Di sini dapat kami simpulkan bahwa penyebab error tersebut adalah baris spasi pada file yang tertera, biasanya pada bagian atas atau bawah lode. Baris # memberitahukan lokasi kesalahan yang menyebabkan error tersebut.

Cara Efektif Memperbaiki Error

Pada langkah ini Anda telah memiliki gambaran mengenai penyebab error “Cannot modify header information – headers already sent by.” Oleh karena itu, Anda sudah dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya. Ada dua cara menghilangkan error yang kami hadirkan dalam tutorial kali ini.

Pilihan 1: Edit File yang Corrupt

Pilihan pertama ketika menemukan error pada website adalah dengan mengedit secara manual file yang mengalami error. Dari pesan kesalahan yang muncul, sebenarnya Anda telah mendapatkan informasi pasti mengenai kesalahan yang terjadi. Akses file tersebut melalui FileZilla atau File Manager di hosting.

Yang perlu Anda lakukan adalah menghapus baris spasi yang tidak digunakan pada file. Selain itu, pastikan Anda juga bahwa tag PHP pembuka & penutup tidak menyisakan spasi setelah tag <?php dan ?>. Selain itu, pastikan tidak terdapat bagian kosong setelah baris terakhir dari kode.

Dalam contoh di bawah ini Anda dapat melihat baris spasi pada file wp-config.php sebelum tag pembuka php dan Anda hanya perlu menghapus serta mengecek kembali website Anda. Jika masih error, silakan coba pilihan solusi kedua.

baris spasi

Pilihan 2: Ganti File yang Corrupt

Mengedit banyak file yang rusak tentu cukup sulit dilakukan. Bisa saja file tersebut merupakan bagian dari plugin atau template website, bahkan file utama dari WordPress.

Jika error “Cannot modify header information – headers already sent by” disebabkan oleh plugin atau template, Anda perlu melakukan instalasi ulang. Dengan instal ulang, biasanya masalah error pada website akan segera teratasi.

Sementara itu, apabila error disebabkan oleh file utama WordPress, yang perlu Anda lakukan adalah memperbarui file yang rusak dengan file backup yang Anda miliki. Cara ini memang mudah dilakukan, tapi syaratnya Anda harus sudah pernah melakukan backup pada website WordPress terlebih dahulu.

Kesimpulan

Beragam konfigurasi pada website seperti memasang kode dalam file, menginstal plugin serta template baru, serta mengetik kode secara manual meningkatkan risiko adanya baris spasi kosong. Kesalahan kecil seperti ini dapat memicu munculnya pesan kesalahan “Cannot modify header information – headers already sent by.” Anda perlu memastikan hal tersebut tidak terjadi supaya pesan kesalahan tidak muncul.

Jika Anda memiliki cara lain untuk menangani error “Cannot modify header information – headers already sent by”, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia. Silakan Subscribe melalui kolom isian di bagian bawah artikel guna mendapatkan tulisan terbaru langsung di inbox email Anda. 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.