Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Konfigurasi Plugin SMTP WordPress untuk Mengirim Email

2 min read

Konfigurasi Plugin SMTP WordPress untuk Mengirim Email

WordPress dapat mengirimkan email ketika ada komentar baru, registrasi, update, maupun ketika Anda mengisi contact form. Secara default terdapat fungsi PHP Mail untuk mengirimkan email. Tapi, hal tersebut tidak cukup efektif karena pengiriman email dapat terganggu. Oleh karena itu kita perlu menginstal plugin SMTP WordPress.

Biasanya untuk email yang dikirimkan dengan PHP Mail lebih sering masuk ke dalam folder spam. Selain itu juga untuk layanan email populer seperti gmail.com atau hotmail.com akan langsung menganggapnya sebagai spam.

Saat ini untuk mengurangi penyalahgunaan, beberapa perusahaan hosting menetapkan limit atau bahkan menonaktifkan untuk fungsi PHP Mail. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan protokol SMTP untuk mengirimkan email dengan keistimewaan seperti:

  • Email yang dikirimkan menggunakan SMTP akan sama dengan rDNS record.
  • SMTP memerlukan autentikasi.

Jika SMTP server dikonfigurasi dengan benar oleh penyedia hosting, kecil kemungkinannya untuk email yang dikirimkan dianggap spam. Pada tutorial kali ini Anda akan belajar bagaimana melakukan konfigurasi WordPress untuk mengirimkan email menggunakan SMTP server yang disediakan oleh layanan hosting Anda.

PENTING: Sebelum melanjutkan, pastikan untuk hosting Anda support SMTP.

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum melanjutkan tutorial ini pastikan:

  • Memiliki akses ke kontrol panel hosting
  • Akses ke dashboard admin wordpress untuk menginstal plugin smtp wordpress
  • Hosting support SMTP

Langkah 1: Menyediakan Detail yang Diperlukan

Seperti yang sudah disampaikan diatas, detail login yang valid diperlukan untuk mengirimkan email menggunakan SMTP. Anda dapat melihat penjelasannya di bawah ini.

  • SMTP Host – Nama dari outgoing mail server.
  • Type of Encryption – None / SSL / TLS
  • SMTP Port – Port yang digunakan untuk mengirimkan email ke mail server
  • SMTP Authentication – Yes / No. Dalam kebanayakan kasus piliha ini harus di enable.
  • SMTP Username – Username dari login yang digunakan ke mail server.
  • SMTP Password – Password yang digunakan untuk login ke mail server.

Jika Anda sudah mengetahui detail di atas, silakan langsung ke Langkah 2. Sebagai alternatif, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Silakan buat akun email baru melalui cPanel hosting Anda yang akan digunakan pada WordPress nantinya.
  2. Pada cPanel hosting silakan arahkan ke bagian Email Accounts kemudian silakan klik Set Up Mail Client.

setup smtp di wordpress

  1. Detail SMTP dapat Anda cek pada bagian bawah. Di sana terdapat detail SMTP yang diperlukan, untuk contoh pada tutorial ini menggunakan port 465, tergantung dari layanan hosting yang Anda gunakan.

hostname smtp wordpress 1

  1. Silakan catat nama dari Outgoing Server dan Port yang nanti akan diperlukan pada Langkah 2.

Saat ini Anda telah memiliki semua detail yang diperlukan untuk melakukan setup SMTP pada blog WordPress. Jika Anda tidak menemukan detail SMTP pada hosting Anda, slahkan hubungi bagian support dari hosting yang digunakan.

Langkah 2: Instalasi dan Konfigurasi Plugin SMTP WordPress

Sayangnya, untuk wordpress sendiri tidak memiliki tool bawaan untuk mengirimkan email melalui SMTP. Sehingga Anda perlu menginstal plugin tambahan untuk hal ini. Kami sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan plugin Easy WP SMTP yang tersedia secara gratis.

Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk mulai menginstal dan mengkonfigurasi plugin SMTP wordpress.

  1. Pertama-tama, silakan lakukan instalasi plugin WP SMTP.
  2. Jika sudah dilakukan instalasi silakan pilih menu Settings > Easy WP SMTP.

setting smtp di wordpress

  1. Pada bagian General Settings, silakan masukan detail yang diminta, seperti yang ada pada langkah 1.

detail setting smtp wordpress 1

  • From Email Addresss – Alamat email yang diisi dalam kolom From. Beberapa penyedia hosting mungkin tidak mengijankan menggunakan email external. Oleh karena itu disarankan menggunakan email yang sama dengan SMTP username.
  • From Name – Tulisan dapat disi dengan nama singkat seperti Administrator.
  • SMTP Host – Nama domain Anda atau nama dari outgoing mail server.
  • Type of Encryption – Anda dapat mengisi SSL
  • SMTP Port – Port yang digunakan untuk mengirimkan outbound mail ke mail server. Biasanya menggunakan 465 atau 587 pada contoh ini kami menggunakan port 465.
  • SMTP Authentication – Untuk pilihan ini silakan pilih Yes.
  • SMTP Username – Username yang digunakan untuk login ke akun email.
  • SMTP Password – Password yang Anda gunakan untuk login ke akun email. Silakan klik tombol Save Changes jika sudah selesai.
  1. Easy WP SMTP terdapat fasilitas untuk mengecek setingan yaitu Testing And Debugging Settings.  Ini berguna untuk mengecek detail SMTP dan mengetes kirim email. Silakan Anda isi bagian To, Subject, Message kemudian klik tombol Send Test Email.

tes smtp wordpress

  1. Jika semua konfigurasi sudah benar, Anda akan melihat pesan berhasil dengan warna hijau pada bagian atas halaman.

pesan sukses smtp wordpress

Jika sudah muncul pesan seperti di atas, berarti instalasi serta konfigurasi plugin SMTP telah berhasil. Sekarang semua notifikasi email akan dikirimkan menggunakan SMTP menggantikan PHP Mail. Jika masih terjadi permasalahan, silakan hubungi bagian support layanan hosting yang Anda gunakan.

Baca Juga: Pengertian SMTP, POP3, dan IMAP pada Layanan Email

Kesimpulan

Meskipun SMTP adalah pilihan yang bagus untuk mengirimkan email, WordPress tidak memiliki fitur bawaan SMTP. Sehingga Anda perlu menginstal plugin SMTP WordPress. Dengan menyelesaikan tutorial ini Anda telah belajar bagaimana menginstal dan melakukan setup plugin tersebut. Sekarang semua email WordPress akan dikirimkan menggunakan protokol SMTP dan hal ini membuat email yang terkirim kecil kemungkinanannya masuk spam.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar SMTP Email, jangan ragu untuk menyampaikannya pada kolom komentar di bawah ini. Kami akan dengan senang hati membantu Anda! 😊

3
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

8 Replies to “Konfigurasi Plugin SMTP WordPress untuk Mengirim Email”

  1. Terima kasih sudah sharing. Tapi saya mau mengatur email yang digunakan untuk berkomentar, misal saya menggunakan email yang tidak terdaftar dalam gmail atau email yang salah seperti yayan77@gml.com email tersebut salah tapi masih bisa berkomentar di kolom komentar. bagaimana cara mengatur agar email yg salah/tdk terdaftar tidak dapat mengirimkan komentar?

    1. Halo,

      Anda dapat menggunakan plugin "Comment E-Mail Verification". Cara kerjanya, komentar akan di publish setelah orang yang berkomentar melakukan verifikasi melalui link yang dikirimkan ke email yang digunakan ketika berkomentar. Semoga membantu.

  2. mas saya mau tanya sudah ikuti langkah di atas.. kebetulan saya juga pakai niagahoster nih.. tapi kok ga bisa ya?? error message kayak gini CLIENT -> SERVER: EHLO advertising-indonesia.id
    CLIENT -> SERVER: AUTH LOGIN
    CLIENT -> SERVER: c3VwcG9ydEBhZHZlcnRpc2luZy1pbmRvbmVzaWE=
    CLIENT -> SERVER: MTIzNGFiY2Q=
    SMTP ERROR: Password command failed: 535 Incorrect authentication data
    SMTP Error: Could not authenticate.CLIENT -> SERVER: QUIT
    SMTP connect() failed. https://github.com/PHPMailer/PHPMailer/wiki/Troubleshooting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − two =