counter easy hit
Cara Mengecek SMTP Port 587 Tidak Diblokir - Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online

Ketika mencoba melakukan setup SMTP email seperti Outlook atau Thunderbird, Anda perlu memastikan bahwa koneksi melalui jaringan Anda tidak diblokir. Pada umumnya, kebanyakan koneksi SMTP menggunakan port 587. Dalam tutorial kali ini kami akan membahas cara mengecek SMTP port 587, dibuka atau tidak, pada jaringan Anda.

Apa yang Anda Butuhkan untuk Mengecek SMTP Port 587

Sebelum melanjutkan, pastikan bahwa Anda dapat mengakses Command Prompt (Windows), Terminal (Linux), atau Terminal MacOS.

Langkah 1: Buka Console atau Terminal pada Komputer Anda

Proses membuka console maupun terminal dapat berbeda, tergantung sistem operasi yang Anda gunakan. Berikut kami berikan langkah demi langkah membuka console maupun terminal pada sistem operasi Windows, Linux, dan MacOS.

1. Windows

Silakan tekan tombol Windows+R pada keyboard (terletak antara tombol CTRL dan ALT). Selanjutnya akan tampil jendela bernama Run seperti gambar di bawah ini.

cek smtp port 587

Silahkan ketikkan “cmd” tanpa tanda petik, kemudian klik OK. Setelah itu, Command Prompt akan tampil dengan tampilan warna hitam, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

command prompt

Setelah Command Prompt tampil, silakan untuk dilanjutkan ke Langkah 2 untuk menjalankan perintah Telnet.

2. Linux

Untuk membuka terminal pada Linux, silakan tekan tombol CTRL+ALT+T secara bersamaan. Selanjutnya Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.

terminal linux

Setelah muncul jendela seperti tampilan di atas, silakan langsung ke Langkah 2.

3. MacOS

Pertama-tama, Anda perlu membuka MacOS Launchpad dengan menekan tombol F4.

Pada kolom search Launchpad silakan ketikkan “terminal” tanpa tanda petik, kemudian tekan ENTER.

terminal mac os

Langkah 2: Gunakan Telnet Command untuk Mengecek Apakah Port 587 Terbuka

Sekarang, setelah terminal berhasil dibuka, silakan ketikkan code di bawah in, kemudian tekan Enter:

telnet domainanda.com 587 dimana domainanda.com adalah nama domain yang Anda miliki.

cara cek port 587 tidak diblokir

Jika berhasil, Anda akan melihat pesan seperti di bawah ini. Pesan ini menunjukkan bahwa port SMTP 587 telah terbuka.

220-srv21.niagahoster.com ESMTP Exim 4.87 #1 Tue, 14 Mar 2017 10:03:41 +0700
220-We do not authorize the use of this system to transport unsolicited,
220 and/or bulk e-mail.

smtp port 587

Bagaimanapun juga, apabila Anda melihat pesan Unable to Connect atau Connection Refused, ini berarti port tersebut diblokir. Dalam kasus ini, kami menyarankan Anda untuk mencoba menonaktifkan firewall atau menghubungi pihak penyedia layanan internet.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini kami telah mengulas bagaimana telnet dapat digunakan untuk mengecek SMTP port 587 terbuka. Hal ini akan berguna ketika Anda mencoba melakukan troubleshooting masalah pada koneksi SMTP ketika mengkonfigurasi SMTP client untuk digunakan pada jaringan Anda.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Jangan ragu menyampaikannya pada kolom komentar di bagian akhir halaman ini. Kemudian, subscribe sekarang untuk terus mendapatkan ulasan terbaru seputar dunia internet langsung dari email Anda 🖐

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.