Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting yang Harus Anda Tahu

2 min read

apakah website anda butuh cloud hosting

Apa saja kelebihan dan kekurangan cloud hosting? Itu mungkin pertanyaan Anda ketika mempertimbangkan jenis hosting tersebut untuk membangun website.

Cloud hosting merupakan layanan hosting yang menawarkan spesifikasi tinggi dan kemudahan penggunaan. Itu baru kelebihannya, kalau kekurangannya apa, ya?

Nah, artikel ini menjelaskan semua kekurangan cloud hosting dan keunggulannya. Jadi, baca terus sampai akhir, ya!

Kelebihan Cloud Web Hosting

Untuk mengenali kelebihan dan kekurangan cloud hosting, mari simak dulu beberapa keunggulannya:

1. Memiliki Sumber Daya Besar dan Terdedikasi

Kapasitas sumber daya (resource) cloud hosting yang besar mampu menampung banyak data dan menangani banyak proses. Hal itu membuat cloud hosting handal dalam melayani banyak pengunjung website sekaligus.

Misalnya, saat website Anda diserbu pengunjung yang ingin mendapatkan diskon flash sale, performa website tetap stabil dengan menggunakan cloud hosting.

Kemampuan itu diperkuat lagi dengan sifat sumber daya cloud hosting yang terdedikasi. Artinya, yang menggunakan sumberdaya server hosting adalah Anda seorang diri. Dengan begitu, Anda jadi bisa menjaga stabilitas performa hosting yang digunakan.

2. Menggunakan Beberapa Server Sekaligus

Cloud hosting menyimpan data website Anda di beberapa server virtual yang mendukung kinerja satu sama lain. Ketika salah satu server down karena mengalami masalah, server lainnya otomatis bekerja menggantikannya sehingga akses ke website tetap lancar.

Penggunaan beberapa server sekaligus seperti itu juga mendukung stabilitas website ketika diakses pengunjung dalam jumlah besar. Sebab, beban kerja cloud hosting dibagi ke masing-masing server agar lebih ringan.

3. Bersifat Managed

Cloud hosting merupakan jenis hosting yang sifatnya managed. Artinya, konfigurasi server hosting diatur oleh penyedia hosting.

Oleh karena itu, Anda bisa langsung menggunakan cloud hosting setelah membelinya. Anda tidak perlu melakukan pengaturan server terlebih dulu, seperti menginstal sistem operasi, panel kontrol, dan software keamanannya.

Baca Juga: Inilah Penyedia Cloud Hosting Terbaik di Dunia

4. Tersedia Layanan Bantuan

Jika mengalami kendala saat menggunakan cloud hosting, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, layanan customer support penyedia hosting bisa membantu menyelesaikan masalah Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan rugi waktu dan tenaga untuk mengatasi kendala pada pengoperasian cloud hosting.

Baca Juga: Apakah Website Anda Butuh Cloud Hosting? Yuk Cek di Sini..

Kekurangan Cloud Hosting

Ini dia beberapa kekurangan cloud hosting:

1. Lebih Mahal Daripada Shared Hosting

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, wajar jika harga cloud hosting terbilang mahal. Terutama kalau dibandingkan dengan jenis hosting yang spesifikasinya khusus untuk kebutuhan website dasar.

Sebagai gambaran, harga layanan cloud hosting umumnya mulai dari Rp100.000-an per bulan. Sementara itu, layanan hosting murah seperti shared hosting dibanderol mulai dari Rp10.000 per bulan.

Untungnya, ketika Anda membeli cloud hosting dengan durasi tertentu, beberapa penyedia layanan hosting seperti Niagahoster sekaligus memberikan domain gratis untuk digunakan. 

2. Kustomisasi Hosting Terbatas

Cloud hosting mudah digunakan karena bersifat managed. Akan tetapi, hal itu jadi membatasi kustomisasi hosting yang ingin dilakukan untuk keperluan khusus. Misalnya, Anda jadi tidak bisa menginstal software tertentu selain yang disediakan penyedia hosting.

Baca Juga: VPS vs Cloud Hosting – Manakah yang Lebih Baik?

Sudah Tahu Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting, Kan?

Itu tadi adalah kelebihan dan kekurangan cloud hosting. Apakah sudah membantu Anda untuk memutuskan apakah akan menggunakannya? Mari simak kembali pembahasannya.

Cloud hosting unggul karena beberapa hal berikut:

  • Memiliki sumberdaya berkapasitas besar dan terdedikasi
  • Menggunakan beberapa server yang bekerja dengan saling mendukung 
  • Pengaturannya dilakukan penyedia hosting sehingga lebih mudah
  • Tersedia layanan bantuan bagi pengguna

Sementara itu, kekurangan cloud hosting yaitu:

  • Harganya kurang terjangkau untuk kebutuhan website dasar
  • Kustomisasi pengaturan hosting terbatas untuk pengguna ahli

Nah, dengan berbagai keunggulan cloud hosting, Anda tentu tertarik menggunakannya, bukan? 

Untuk mendapatkan cloud hosting, Niagahoster bisa menjadi penyedia layanan hosting yang Anda pilih. Kenapa demikian?

setelah mengenal kelebihan dan kekurangan cloud hosting, Anda bisa mendapatkan cloud hosting di Niagahoster

Cloud hosting Niagahoster dilengkapi beragam fitur yang memudahkan Anda mengelola website, di antaranya:

  • PHP X-ray untuk mengidentifikasi skrip-skrip PHP yang mengurangi performa website
  • Server LiteSpeed Enterprise dengan LiteSpeed Memcached untuk memaksimalkan kecepatan website
  • Perlindungan dari serangan DDoS, malware, dan email spam
  • WordPress management untuk mengelola website WordPress dari member area
  • Bantuan customer support 24 jam penuh dengan berbagai channel seperti live chat dan email

Yang tidak kalah menarik, Anda bisa mendapatkan cloud hosting Niagahoster mulai dari Rp125.000/bulan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera pilih paket cloud hosting yang Anda butuhkan!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published.