Aji Prasidha Aji is an Employer Branding at Niagahoster. He loves to create contents that resonate with people for branding purpose and ensuring all the company cultures/values/missions are well-crafted into contents that attract people to engage.

Pentingnya Mengelola Keberagaman di Tempat Kerja

1 min read

Keberagaman di tempat kerja adalah adanya berbagai perbedaan pada individu di sebuah perusahaan. Misalnya, perbedaan gender, agama, ras, suku, kemampuan, serta sudut pandang.

Keberagaman kerja merupakan salah satu pondasi agar sebuah perusahaan dapat semakin inklusif. Itulah kenapa penting menjaga keberagaman dalam sebuah organisasi perusahaan.

Mengapa Keberagaman di Tempat Kerja Penting?

Banyak keuntungan yang didapatkan perusahaan dengan adanya keberagaman yang tinggi. Tak heran, banyak perusahaan yang mulai menggalakkan kebijakan ini.

Apa saja keuntungan adanya keberagaman di tempat kerja?

Membangun Budaya Kerja yang Inklusif

Keberagaman kerja akan membuat perusahaan semakin inklusif dan memiliki karyawan dengan latar belakang yang berbeda. Ini penting karena tempat kerja yang inklusif kian diminati banyak orang. Alasannya, mampu memberikan lingkungan dan budaya kerja yang nyaman.

Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi

Keberagaman mampu memberikan berbagai sudut pandang yang lebih luas. Dengan begitu, perusahaan dapat menggali berbagai ide kreatif dari karyawan sehingga bisa memunculkan inovasi baru. Pada akhirnya, hal ini akan mendorong perusahaan agar bisa lebih maju dan mampu bersaing.

Meningkatkan Toleransi

Keberagaman di tempat kerja juga membuat para karyawan memiliki tingkat toleransi lebih baik. Hal ini akan membiasakan karyawan untuk mampu beradaptasi dengan cepat.

Tidak hanya ketika berkomunikasi dengan koleganya, tapi ketika menghadapi situasi bisnis yang beragam dan cepat berubah. 

Keberagaman di Tempat Kerja Niagahoster

Niagahoster merupakan tempat kerja yang memiliki keberagaman yang baik. Latar belakang Hoster Ranger yang beragam menjadikan Niagahoster semakin inklusif dan kaya akan perspektif.

Bagaimana sih kesan para Hoster Ranger tentang keberagaman yang ada di Niagahoster? Ini dia ceritanya:

Penuh Toleransi

Reinhard, salah satu Customer Success Team Lead Niagahoster, menggambarkan bahwa inklusivitas di Niagahoster bisa tercipta melalui proses panjang yang akhirnya mengakar. Mulai dari leader sampai staf di semua departemen menjaga semangat keberagaman ini.

Tak hanya itu, siapa saja bisa bergabung di Niagahoster, tanpa memandang ras, agama dan perbedaan lainnya. 

Siapa saja bisa bekerja di sini sehingga membentuk komunitas dan budaya kerja yang sangat beragam, sampai akhirnya tercipta toleransi yang tinggi

Reinhard Kadmaer, CS Team Lead Niagahoster

Reinhard merasa aman dan nyaman ketika bekerja. Ia juga bangga karena bisa terus memberikan yang terbaik bagi perusahaan tanpa khawatir ada yang menghakimi terkait perbedaan agama yang dimilikinya.

Baca Juga: Budaya Kerja: Kunci Sukses Perusahaan dan Performa Karyawan

Tidak Ada Halangan Dalam Merayakan Hari Raya Keagamaan

Hal yang sama juga disampaikan oleh Tashia, salah satu Digital Content Writer di Niagahoster.

Sebagai penganut Budha dan konfusianisme, Tashia tidak pernah merasa terkucilkan maupun diperlakukan berbeda. Sebaliknya, ia merasa sangat dihargai dan diberikan keleluasaan untuk mengamalkan ajarannya, khususnya saat hari besar.

Itulah buah dari toleransi yang baik berkat keberagaman di Niagahoster yang terus dijaga.

Saya pernah meminta izin kepada leader untuk merayakan hari kelahiran Guang Yin dan langsung diizinkan. Bahkan, saya pernah didorong dan diizinkan mengambil cuti saat sedang merasa lelah dengan pekerjaan.

Tashia Tamara, Digital Content Writer Niagahoster

Bagi Tashia keberagaman di tempat kerja sangat penting untuk mendapat perspektif dari sisi berbeda yang memunculkan keputusan terbaik demi produktifitas kerja. 

Ingin Merasakan Keberagaman di Tempat Kerja?

Ingin merasakan langsung keberagaman di tempat kerja yang inklusif dan saling mendukung? Inilah saatnya Anda bergabung menjadi Hoster Ranger dan berkembang bersama budaya kerja yang inspiratif. Segera kirim CV dan lamaran Anda di niagahoster.co.id/karir!

Aji Prasidha Aji is an Employer Branding at Niagahoster. He loves to create contents that resonate with people for branding purpose and ensuring all the company cultures/values/missions are well-crafted into contents that attract people to engage.