Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Cara Pilih Hosting untuk Ujian Online (CBT) yang Bebas Hambatan

2 min read

hosting untuk ujian online

Apakah sekolah/instansi Anda ingin menyelenggarakan ujian online? Kalau iya, itu artinya Anda harus memilih hosting untuk ujian online yang bebas hambatan.

Sebab tanpa hosting yang tepat, kemungkinan besar ujian online menjumpai banyak kendala teknis. Entah soal ujian tidak bisa diakses, gagalnya pengumpulan ujian, dan sebagainya. Sumber masalahnya seringkali disebabkan oleh server yang nge-down.

Karena itu, silakan merapat ke artikel ini, terutama bagi Anda yang:

  • Individu/perusahaan yang ingin membangun e-learning/web sekolah;
  • Institusi pendidikan yang memulai seleksi computer based test (CBT);
  • Perusahaan/instansi dengan proses perekrutan karyawan secara online;
  • Dll.

Kalau Anda termasuk salah satu dari kriteria di atas, yuk langsung meluncur ke bawah dan temukan layanan hosting terbaik untuk ujian online!

Mengenal CBT dan Manfaatnya pada Ujian Online

CBT adalah tes berbasis komputer. Artinya, proses ujian yang diselenggarakan secara online melalui device tertentu. Baik itu komputer/laptop/smartphone. 

simulasi ujian online
Sumber: Simulasi CBT UII

Tak hanya membantu penyelenggaraan ujian, CBT juga bermanfaat untuk:

  • Meningkatkan efisiensi proses ujian;
  • Mengurangi risiko mencontek dengan memberikan paket soal yang berbeda ke peserta;
  • Mengurangi risiko human error saat scoring ujian;
  • Menghemat sumber daya. Mulai dari kertas ujian, pengawasan tes, hingga tenaga untuk mengecek jawaban;
  • Mempercepat keluarnya skor ujian.

Dengan kata lain, CBT memungkinkan ujian online lebih praktis karena prosesnya serba otomatis. Meski begitu, tentunya kemudahan ini tidak bisa didapatkan begitu saja.

Untuk menerapkan CBT, Anda membutuhkan hosting dengan kemampuan server yang mumpuni. Bukan sembarang hosting, kualitasnya harus andal. Kenapa hosting penting untuk CBT? Temukan jawabannya pada bagian selanjutnya.

Mengapa Hosting untuk CBT Itu Penting?

Seperti yang Anda tahu, sistem CBT berjalan secara online. Itu artinya, Anda mengandalkan kekuatan server pada hosting yang Anda gunakan.

Tanpa hosting yang cocok untuk ujian online, risiko gangguan teknis makin banyak. Mulai dari server down saat diakses banyak orang, soal ujian tidak bisa dibuka, peserta tidak bisa upload hasil tes, dan banyak lagi.

Misalnya saja pelaksanaan UNBK di tahun 2018. Pada hari pertama ujian, server nge-down selama 30 menit. Sebab, jumlah peserta tidak sebanding dengan gerbang servernya alias overload.

“Karena masalah teknis yang mungkin kita tidak baca sebelumnya, ada momen di mana semua sekolah itu masuk ke server pusat. Sehingga terjadi bottleneck (perlambatan kerja sistem) pada momentum 10 menit. Mereka rame-rame masuk, ibarat gerbang baru dibuka, jadinya macet itu setengah jam,”

-Muhadjir Effendy (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI)

Bagaimana Kriteria Hosting yang Cocok untuk Ujian Online?

Sekarang, Anda tahu betapa penting peran hosting untuk ujian online. Pertanyaannya, bagaimana kah kriteria hosting terbaik untuk CBT? 

Dalam memilih layanan hosting untuk CBT, prioritaskanlah spesifikasi ini:

1. Server Andal

Server andal menjadi kewajiban hosting untuk ujian online. Dengan kata lain, hosting harus memiliki sumber daya yang besar sehingga mampu menampung traffic tinggi dan tetap cepat saat diakses. Terutama ketika pengunjung mengakses server secara bersamaan.

2. Performa Super Cepat dan Stabil

Performa hosting untuk ujian online harus cepat dan stabil. Itu berarti, hosting bisa men-transfer data dengan kilat agar akses ke sistem pun lebih cepat. Misalnya, saat peserta ujian login, upload hasil ujian, dsb.

3. Keamanan Terjamin

Keamanan adalah prioritas hosting untuk CBT. Dengan sistem keamanan yang ketat, privasi data lebih terjamin. Selain itu, potensi terkena serangan cyber pun juga lebih kecil.

4. Mudah dalam Pengelolaan

Agar hosting untuk ujian online mudah dikembangkan serta dimodifikasi sesuai kebutuhan, pastikan pengelolaannya mudah. Mulai dari menyediakan cPanel yang lengkap, bisa diinstal berbagai CMS, mendukung beragam versi PHP, dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Instal Candy CBT di cPanel

Cloud Hosting Indonesia, Rekomendasi Hosting Terbaik untuk Ujian Online

Membaca kriteria pada bagian sebelumnya, pasti Anda penasaran: apa sih layanan hosting terbaik untuk ujian online?

Nah, kami merekomendasikan layanan hosting yang super powerful, gunakan dan beli hosting cloud sebagai server sistem ujian online Anda.

Sebagai info, Cloud Hosting adalah jenis hosting yang menyimpan data Anda di beberapa server sekaligus. Sehingga, server lebih stabil. Saat ada satu server yang gangguan, akan ada server lain yang menggantikan.

Kabar gembiranya, Niagahoster menyediakan Cloud Hosting terbaik untuk Anda. Sehingga, berbagai hambatan saat menyelenggarakan ujian online bisa diminimalisir. Sebab, Cloud Hosting Niagahoster menjanjikan:

  • Uptime server 99,9% sehingga server menyala 24/7;
  • Sumber daya besar dan mampu menampung traffic 1.350ribu/bulan (untuk Paket Corporate);
  • Mudah memantau performa situs dengan Performance Monitoring Tools;
  • Backup harian secara otomatis;
  • Keamanan lebih ketat dengan fitur auto install SSL Sectigo, Advanced Firewall, dsb.
Kapan perlu menggunakan Cloud Hosting

Baca Juga: Apakah Website Anda Butuh Cloud Hosting? Yuk Cek di Sini..

Yuk Pilih Layanan Hosting Terbaik untuk Ujian Online!

Sampai sini, Anda sudah tahu mengapa hosting untuk ujian online itu penting. Boleh dibilang, hosting menjadi jantung bagi kelancaran proses ujian online.

Kalau servernya nge-down dan sulit dipulihkan, ya sudah, kemungkinan ujian online pun gagal terlaksana.

Karena itulah layanan hosting harus Anda utamakan ketika ingin membangun sistem CBT. Dalam urusan ini, Anda bisa mempercayakannya ke Cloud Hosting Indonesia dari Niagahoster.

Dengan Cloud Hosting Niagahoster, Anda bisa mendapatkan server yang andal, stabil, aman, dan mudah dikelola. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk pilih layanan Cloud Hosting Indonesia terbaik demi ujian online yang bebas hambatan!

Ohya, selain cloud hosting, Niagahoster juga menyediakan paket web hosting super terjangkau yang cocok untuk kebutuhan Anda yang lebih sederhana.

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *