Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

6 Aplikasi FTP Client Terbaik untuk Semua Sistem Operasi

5 min read

FTP client terbaik

Sudah pernah mendengar istilah FTP? Sebagian dari Anda mungkin saja masih sangat asing dengan istilah ini. FTP dapat memudahkan Anda untuk melakukan pertukaran informasi dalam jaringan komputer dengan mudah dan cepat. Nah, di artikel ini kami akan membahas secara mendalam mengenai apa itu FTP, fungsi-fungsi FTP dan beberapa rekomendasi FTP Client terbaik untuk Anda. 

Mengenal Apa itu FTP

File Transfer Protocol atau FTP adalah salah satu jenis protokol yang bertugas sebagai perantara dalam proses pertukaran data antar komputer dengan server adalah melalui bantuan jaringan internet. Keberadaan FTP akan memfasilitasi Anda untuk melakukan berbagai aktivitas seperti mengunduh, mengunggah, menghapus, dan menambahkan file dengan mudah. Selain itu, FTP juga memfasilitasi Anda untuk melakukan remote server, alias pengelolaan website tanpa perlu masuk ke dalam akun hosting atau Virtual Private Server (VPS). 

Terdapat dua jenis FTP yang perlu Anda ketahui yaitu FTP Server dan FTP Client. FTP Server merupakan server yang berfungsi untuk menjalankan software (aplikasi) saat menerima berbagai permintaan tukar menukar file yang diminta oleh FTP Client. Sedangkan, FTP Client itu sendiri adalah perangkat komputer yang Anda gunakan untuk melakukan segala aktivitas.  

Untuk informasi lebih lanjut mengenai aplikasi FTP, Anda bisa membaca artikel lengkap kami di Apa itu FTP dan Bagaimana Cara Menggunakan FTP?


Yuk, coba layanan VPS Murah Indonesia dari Niagahoster!


Fungsi FTP

FTP sangat mendukung untuk melakukan pertukaran file dalam ukuran sebesar apa pun. Proses dengan FTP pun jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan proses download dan upload yang dilakukan di internet. Selain itu, resiko kehilangan file saat gagal di tengah proses mengunduh atau mengunggah pun tidak akan terjadi karena file Anda akan selalu ter-back up secara otomatis. 

Untuk selengkapnya, berikut ini kami jabarkan beberapa fungsi yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan FTP: 

1. Keamanan

FTP telah dilengkapi dengan sistem keamanan enkripsi pada jaringan yang menjanjikan data sensitif Anda akan terproteksi secara penuh. Prinsip penggunaannya pun menggunakan metode autentikasi yang mengharuskan Anda memasukkan username dan password untuk bisa mengakses berbagai data yang terdapat pada FTP Server. 

Sehingga, bila setiap kali Anda hendak mengunduh, menggugah dan melakukan aktivitas lainnya, username dan password tersebutlah yang akan menjadi pintu akses Anda untuk membuka direktori file yang terdapat didalamnya.

2. Sistem Kontrol

Anda bisa melakukan sistem kontrol secara bebas dalam pengaksesan aplikasi FTP atas data Anda.  Misalnya seperti di sebuah perusahaan, tidak semua karyawan memiliki akses yang sama untuk menggunakan FTP. Anda bisa mengatur siapa saja yang memiliki akses untuk menggunakan FTP, maupun membatasi pengaksesan pada data-data tertentu. 

3. Ukuran Data yang Besar

Mungkin banyak di antara Anda yang mengalami kesulitan ketika mengirimkan data berukuran besar melalui email. Sebab hampir setiap layanan email memang hanya menyanggupi pengiriman data maksimal 25 MB saja. Maka dari itu, FTP bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin melakukan pengiriman file berukuran besar sekaligus dalam waktu cepat.

4. Pengiriman Data yang Terjadwal

Secara tidak langsung, penggunaan aplikasi FTP Client dapat meningkatkan efisiensi waktu Anda dalam bekerja. Sebab, Anda dapat menjadwalkan setiap data yang ingin dikirimkan tanpa perlu menyita waktu produktif Anda. 

5. Otomatis Backup

Setiap aplikasi FTP Client telah dibekali dengan fitur backup otomatis. Jadi apabila sewaktu-waktu terjadi masalah seperti koneksi internet yang hilang, mati listrik, atau kerusakan pada PC, Anda tak perlu khawatir untuk kehilangan data. Sebab semua data penting Anda akan selalu terbackup dengan otomatis.

6 Aplikasi FTP Client Terbaik

Setelah cukup jelas mengenal apa saja fungsi dari penggunaan FTP, kini waktunya Anda untuk menentukan FTP Software (aplikasi) mana yang sekiranya nyaman untuk digunakan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi kami yang bisa disesuaikan dengan sistem operasi komputer Anda:

1. FileZilla (Windows)

FileZilla FTP client

FileZilla menjadi salah satu software FTP Client yang cukup populer di kalangan pengguna Windows. Walaupun software ini juga dapat diaplikasikan pada Linux maupun Mac, sistem kerjanya memang lebih terintegrasi bila digunakan pada Windows. 

Keunggulan:

  • Sistem penggunaannya yang sangat mudah, yakni hanya dengan memasukkan alamat web, nama pengguna, dan kata kunci FTP, FTPS dan SFTP. 
  • Dapat mengupload file dalam format RAR, ZIP, dan EXE dengan kapasitas maksimal 4 GB. 
  • Pengiriman data yang fleksibel ke berbagai cloud provider seperti Google Drive, DropBox, dan OneDrive.

Kekurangan:

  • Bila kapasitasnya lebih dari 4 GB, kemungkinan besar proses mengupload akan memakan waktu lebih lama. 

Harga: Gratis.

Bagi Anda yang ingin menggunakan FileZilla, Anda bisa download FTP Client ini pada halaman FileZilla untuk Windows. bagi pengguna Mac, Anda bisa mengakses di halaman FileZilla untuk Mac OS X. Ulasan lengkap mengenai langkah-langkah penggunaan FileZilla bisa Anda temukan pada artikel kami yaitu Cara Menggunakan FileZilla. 

2. WinSCP (Windows)

WinSCP FTP client

Aplikasi FTP Client terbaik lainnya selain FileZilla adalah WinSCP. FTP Client yang dirancang khusus untuk Windows ini juga menjadi opsi yang sangat kuat berkat tampilan interface yang sederhana sehingga pemakaiannya menjadi sangat mudah. 

Keunggulan:

  • WinSCP mampu mengoperasikan beberapa protokol seperti SFTP, SCP, FTP, dan WebDev.
  • Dibekali dengan dukungan SSH password, keyboard-interactive, kunci publik, Kerberos (GSS) otentikasi, serta terintegrasi dengan Pageant yang didukung penuh oleh otentikasi kunci publik dengan SSH. 

Kekurangan:

  • Hanya dapat digunakan oleh pengguna sistem operasi Windows saja. 

Harga: Gratis.

3. FireFTP (Windows, Mac OS X dan Linux)

FireFTP client

Berbeda dengan FTP Software pada umumnya yang memerlukan beberapa tahap instalasi, penginstalan FireFTP hanya sebatas pengunduhan add-on pada browser Mozilla Firefox Anda. Namun, pastikan bila Mozilla Firefox Anda telah terupdate sebelum menginstal versi FireFTP terbaru. 

Keunggulan:

  • Sama dengan FileZilla, FireFTP juga bisa diaplikasikan bagi Anda para pengguna Mac dan Linux. 
  • Dirancang dengan interface yang user-friendly alias mudah digunakan. 
  • FireFTP selalu memberikan keamanan penuh dengan metode enkripsi terbaru termasuk SSL, SFTP, dan TLS.  
  • Menawarkan fitur kompresi file dengan MODE Z sehingga prosesnya menjadi lebih cepat dan singkat. 

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan bila proses kompresi file mereka kerap kali error dan lambat bila file tersebut melebihi kapasitas 4 GB.

Harga: Gratis.

4. Transmit (Mac OS X)

transmit FTP client

Transmit hadir sebagai Software FTP Client yang begitu populer di kalangan pengguna Mac, terutama bagi para pengembang website. Berikut ini adalah keunggulan dan kekurangan Transmit.

Keunggulan:

  • Dibekali dengan set yang kuat dengan rangkaian fitur mumpuni seperti folder syncing, fitur disk, dan kecepatan yang tinggi. 
  • Transmit begitu disarankan bagi Anda yang menginginkan aplikasi FTP dengan sistem operasional yang mudah, utamanya jika Anda adalah seorang pemula.
  • Terdapat pengelolaan keamanan untuk menjaminkan data Anda tidak mudah diretas atau hilang.

Kekurangan:

  • Aplikasi Transmit ini tidak tersedia secara gratis. Anda akan dikenakan biaya $45 atau berkisar 630 ribu Rupiah untuk satu lisensi. 
  • Beberapa pengguna kerap mengeluhkan adanya proses sinkronisasi file yang sangat lambat bila kapasitasnya melebihi 100 MB.

Harga: Berkisar Rp 630.000.

5. Cyberduck (Mac OS X & Windows)

Berikutnya adalah Cyberduck yang direkomendasikan bagi Anda pengguna Mac baik di tingkat pemula maupun tingkat lanjut. Walaupun Software ini juga dapat beroperasi pada Windows, proses integrasinya jauh lebih sempurna dengan Mac. 

Keunggulan:

  • Memiliki fitur penyimpanan kredensial login di keychain serta pencarian file yang mudah.
  • Anda dapat mengatur penyimpanan masing-masing data dengan simpel melalui mekanisme drag dan drop.
  • Dilengkapi dengan keamanan metode enkripsi SFTP dan FTP-SSL.

Kekurangan:

  • Pemakaian aplikasi FTP Cyberduck membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk mengunduh dan mengunggah file bila ukurannya melebihi 80 MB.

Harga: Gratis.

6. gFTP (Windows, Mac OS X, Linux)

gFTP merupakan software open source FTP Client yang begitu populer di kalangan para pengguna sistem operasi berbasis Linux. walaupun begitu, software ini juga dapat dipasang pada Windows dan Mac. Software ini dirancang dengan interface yang begitu bersih sehingga membuat Anda akan lebih mudah mengenali fitur-fitur yang ditawarkan.

Keunggulan:

  • Menerapkan langkah untuk mengunggah dan mengedit file persis seperti FileZilla sehingga sangat tepat untuk pemula yang baru menggunakan FTP software.
  • Didukung dengan berbagai protokol seperti FTPS, HTTP, HTTPS, SSH dan FSP. 
  • Dibekali dengan fitur kompresi data berbasis MODE Z yang membuat prosesnya menjadi sangat cepat.

Kekurangan: 

  • Beberapa pengguna mengeluhkan adanya bugs yang muncul sehingga operasional program menjadi sering crash.  

Harga: Gratis.

Kesimpulan

Secara garis besar, masing-masing aplikasi FTP Server dan Client yang telah dijelaskan sebelumnya memiliki fungsi yang serupa, yakni memudahkan Anda baik pengguna baru maupun pengguna tingkat lanjut untuk mengunduh, mengunggah, atau menambahkan files antar komputer dengan server secara online.  

Setiap aplikasi FTP telah dibekali dengan rangkaian fitur dan sistem operasional yang berbeda sehingga Anda perlu untuk meninjau mana yang sekiranya dapat bekerja secara maksimal sesuai sistem operasi yang Anda miliki. Seperti pengguna Windows, FileZilla merupakan pilihan yang ideal terutama untuk para pemula yang baru menggunakan FTP software.

Kemudian untuk pengguna berbasis Mac OS X, Transmit bisa menjadi pilihan yang tepat khususnya di kalangan web developer.  Hanya saja untuk pemakaiannya akan dikenakan biaya untuk satu lisensi. Namun, bila Anda membutuhkan opsi lain dengan penawaran secara gratis, Cyberduck bisa jadi alternatif. 

Terakhir adalah gFTP yang menjadi pilihan ideal untuk para pengguna sistem operasi Linux. Selain menawarkan sistem operasional yang mudah, gFTP juga dapat menjadi alternatif terbaik selain FileZilla dengan fitur tambahan yaitu didukung oleh protokol FTPS dan HTTP.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Menggunakan SFTP

Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *