Muhammad Ariffudin also known as Ariffud

Easy Digital Downloads 3.1 Dirilis dengan 10 Core Blocks Baru

4 min read

Easy Digital Downloads

Berita menarik datang dari Easy Digital Downloads, plugin WordPress yang banyak membantu pemilik toko online menjual produk digital. Easy Digital Downloads merilis versi terbarunya, EDD 3.1 beberapa waktu lalu.

Rilisan terbaru plugin ini membawa banyak perbaikan dan fitur penting. Salah satunya adalah ketersediaan 10 core blocks baru untuk mengkustomisasi halaman dan produk digital Anda.

Anda penasaran dengan deretan fitur baru Easy Digital Downloads 3.1 ini? Langsung saja, berikut informasi selengkapnya!

Easy Digital Downloads 3.1 Terbaru Diluncurkan

easy digital downloads

Pada tanggal 7 Oktober 2022 lalu, plugin Easy Digital Downloads atau EDD merilis versi 3.1.

Bagi yang belum tahu, Easy Digital Downloads adalah plugin WordPress untuk memudahkan Anda menjual produk digital secara online. Misalnya, produk seperti album musik, software aplikasi, karikatur gambar, ebook, dan sebagainya.

Bisa dibilang, EDD adalah sebuah tool komplit, karena hampir semua fitur yang dibutuhkan untuk menjajakan karya digital tersedia. Tak heran, rilisan terbaru dari plugin ini memang selalu dinantikan, termasuk EDD 3.1.

Apalagi, Easy Digital Downloads 3.1 adalah update besar-besaran yang membawa banyak sekali fitur baru nan menarik. Apa sajakah itu? Scroll menuju poin selanjutnya, yuk!

Baca juga: Gutenberg 14.2 Telah Dirilis, Ini Dia Daftar Perubahannya!

Fitur Baru EDD 3.1: 10 Core Blocks, Email Summary, dan Lainnya

easy digital downloads 3.1

Easy Digital Downloads 3.1 membekali diri dengan 10 core blocks baru agar Anda semakin mudah dalam mengkustomisasi tampilan halaman dan produk digital di website, seperti: 

1. Buy Button

Sesuai namanya, Buy Button adalah block sederhana di EDD 3.1 berbentuk tombol ‘Beli’ yang bisa ditempatkan, baik di landing page maupun halaman produk yang bersangkutan.

buy button block edd 3.1

Meski sederhana, opsi kustomisasi di block ini lumayan lengkap, kok. Di sini, Anda dapat menampilkan atau menyembunyikan harga produk, serta menambahkan kode CSS khusus untuk mempercantik tampilan tombol.

2. Order History

Order History sebenarnya bukanlah fitur yang 100% baru. Fitur ini merupakan jelmaan dari block Purchase History yang didesain ulang. Alasannya, tampilan Purchase History sebelumnya terlihat kurang sedap dipandang mata, seperti contoh di bawah:

purchase history

Sekarang, bandingkan dengan tampilan Order History yang baru di Easy Digital Downloads 3.1. Tampak lebih menarik dan rapi, kan? Ini tentu perbaikan yang membuat user experience dari pengguna plugin WordPress ini kian baik.

order history easy digital downloads 3.1

3. Products

Dari namanya, bisa ditebak bahwa Products block adalah fitur untuk menampilkan produk digital dan atribut pendukungnya, seperti gambar, harga, serta form pembelian.

product block edd 3.1

Di samping itu, masih ada beberapa pilihan kustomisasi lain. Misalnya menu sortir guna mengurutkan tampilan produk berdasarkan beberapa parameter. Atau, pagination untuk memecah daftar produk ke dalam beberapa halaman berbeda.

4. Registration Form

Registration Form adalah block EDD 3.1 yang berfungsi untuk memudahkan Anda membuat form registrasi. Block ini sangat berguna untuk memancing pengunjung, agar mereka mau mendaftar sebagai member untuk menikmati konten eksklusif.

Oh ya, Registration Form juga terintegrasi dengan verifikasi reCAPTCHA, agar tidak sembarang orang atau bot bisa mendaftar di website Anda.

Baca Juga: Cara Memasang Captcha Google di WordPress

5. Login Form

Login Form mengusung konsep yang hampir mirip dengan Registration Form. Yaitu, untuk memastikan hanya pengunjung berstatus member yang bisa mengakses halaman tertentu.

login form block

Layaknya form login yang bisa Anda temukan di website lain, Login Form EDD 3.1 ini menyediakan opsi ‘Lupa Password’ lengkap dengan pengaman reCAPTCHA, untuk memudahkan pengunjung mereset password akun mereka.

Baca juga: WooCommerce Blocks 8.6.0 Dirilis dengan Fitur Cross-Sells Products

6. Download Terms

Download Terms adalah block di Easy Digital Downloads 3.1 yang berfungsi menyortir maupun memfilter produk berdasarkan atribut downloadnya. Misalnya, attribut seperti kategori, deskripsi download, atau jumlah pengunduhan.

Secara umum, block Download Terms memiliki tujuan yang hampir sama dengan block Products. Keduanya memudahkan pengunjung mencari produk yang hendak diunduh berdasarkan parameter tertentu.

7. Receipt

Receipt adalah block yang berfungsi untuk menampilkan detail pembelian dan invoice produk yang di-checkout pengunjung.

receipt block easy digital downloads 3.1

Menariknya, pengunjung Anda akan melakukan dua hal berbeda ketika hendak mengakses receipt produk yang dibeli:

  • Jika pengunjung melakukan pembelian tanpa mendaftar member dan login, maka mereka perlu memasukkan email untuk dapat melihat receipt.
  • Sebaliknya jika pengunjung sudah menjadi member sebelumnya, maka mereka akan dihadapkan dengan form login agar bisa mengakses detail pembelian.

8. Confirmation

Satu lagi block baru yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu Confirmation. Block ini bertujuan untuk menampilkan pop up konfirmasi beserta detail produk yang dibeli, sesaat setelah pengunjung klik tombol checkout.

Masih kelihatannya sepele, keberadaan Confirmation block sebenarnya sangat penting, loh. Sebab dengan Confirmation, pembeli bakal merasa yakin kalau mereka baru saja menyelesaikan transaksi secara benar tanpa ada suatu hal yang tertinggal.

9. Cart

Masih berhubungan dengan transaksi, EDD 3.1 menyediakan block baru yaitu Cart. Dari namanya saja, Anda pasti bisa menebak kalau block Cart berfungsi sebagai tempat menyimpan barang-barang yang akan dibeli pengunjung, sebelum mereka benar-benar checkout.

Di sini, ada dua opsi Cart yang bisa Anda pilih. Pertama, mini cart yang hanya menampilkan total pembelian. Sedangkan yang kedua, full cart yang memunculkan daftar produk berikut gambar dan harganya serta jumlah total pembelian.

10. Checkout (Beta)

Fitur Block baru yang terakhir disediakan di Easy Digital Downloads 3.1 adalah Checkout Block. Block ini bisa dibilang penyempurnaan dari halaman checkout. Di sini, tampilannya dirapikan dengan menampilkan form yang benar-benar dibutuhkan pengunjung.

checkout block edd 3.1

Selain itu, bagian pemilihan metode pembayaran juga dipoles sedemikian rupa agar menghadirkan kesan rapi. Namun perlu diingat, block ini masih berstatus ‘beta’ sehingga mungkin saja, ada beberapa hal yang masih belum 100% sempurna.

Sebenarnya, masih banyak fitur baru lain yang juga dihadirkan di Easy Digital Downloads 3.1 ini.

Misalnya, Email Summaries untuk mengirimkan laporan mingguan atau bulanan via email, Enhanced Report Filtering untuk menganalisis performa penjualan secara lebih detail, atau New Purchase Button Colors untuk mengotak-atik warna tombol pembelian.

email summary

Namun di antara perbaikan yang lain, kesepuluh Core Block baru itulah yang paling menyita perhatian, sehingga kami ulas secara lebih detail.

Nah, Anda penasaran langkah-langkah menginstall maupun memperbarui Easy Digital Downloads ke versi termutakhir? Tenang, yuk beranjak ke bagian berikutnya!

Baca juga: WordPress 6.0 Telah Rilis dengan 900+ Perubahan & Fitur Baru!

Bagaimana Cara Install dan Update EDD 3.1 Terbaru?

Bagaimana cara install Easy Digital Downloads 3.1? Sangat mudah, kok. 

Pertama, masuk ke dashboard WordPress. Kemudian, pilih menu Plugins dari sidebar sebelah kiri. Di halaman plugin, silakan ketik ‘Easy Digital Downloads’ di kolom pencarian.

cara install easy digital downloads 3.1

Setelah plugin yang dicari muncul, langsung saja klik Install untuk mulai mengunduh plugin. Kemudian, lanjutkan dengan klik Activate untuk mengaktifkan plugin EDD 3.1. Gampang, kan?

Namun apabila Anda sudah memakai plugin ini sebelumnya dan ingin memperbaruinya ke versi terbaru, silakan akses menu Updates dari sidebar. Kemudian, klik tanda centang pada EDD dan klik tombol Update Plugins.

cara update edd 3.1

Jika sudah, silakan tunggu proses update plugin hingga selesai. Kini, toko online berbasis WordPress Anda siap tampil lebih kece dengan sederet fitur baru yang tersedia di EDD 3.1.

Oh ya, bicara soal toko online, WordPress adalah platform yang mumpuni untuk membangun website toko online. Jadi, bukan seperti anggapan bahwa WordPress hanyalah sarana untuk ngeblog saja.

Apalagi, membuat toko online di WordPress sangat mudah. Dengan mengikuti tutorial WooCommerce, memilih ecommerce template terbaik dan plugin WordPress untuk toko online,  website toko online Anda siap digunakan.

Bagaimana, tertarik membangun toko online Anda sendiri dengan WordPress? Jika ya, jangan lewatkan informasi yang mau lewat ini, ya!

Baca juga: Review Simple WordPress, Benarkah Worth It untuk Anda Coba?

Kelola Toko Online WordPress Kini Lebih Praktis!

Membuat dan mengelola website ecommerce di WordPress itu mudah. Bahkan, akan jauh lebih mudah jika didukung dengan layanan dari Niagahoster yang dirancang untuk mengelola WordPress secara praktis, seperti Simple WordPress Niagahoster.

Simple WordPress Niagahoster adalah solusi tepat mengelola website WordPress tanpa perlu ribet mengkonfigurasi hosting dan hal-hal teknis lain. Dengan begitu, Anda bisa fokus memasarkan produk dan mendulang keuntungan.

Menariknya lagi, layanan Simple WordPress Niagahoster ini sudah termasuk gratis domain, tema khusus toko online, dan plugin WooCommerce agar website toko online Anda makin powerful luar dalam.

Jadi tunggu apa lagi, yuk nikmati mudahnya mengelola website toko online dengan Simple WordPress Niagahoster!

Muhammad Ariffudin also known as Ariffud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *