Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Peran WordPress dalam Mengadakan Meetup, Gak Harus Mewah!

2 min read

Dalam beberapa tahun terakhir, WordPress terus tumbuh menjadi Content Management System (CMS) terpopuler. Salah satu faktor yang membuat WordPress bisa mencapai kesuksesannya adalah adanya komunitas yang kompak dan suportif di berbagai belahan dunia. 

Nah, dari sekian banyak hal menarik yang melibatkan komunitas ini, WordPress punya event bernama Meetup di mana kontributor WordPress berkumpul untuk belajar, sharing, dan berkolaborasi.

Event yang mengusung topik-topik seputar WordPress ini digelar secara lokal. Di Indonesia sendiri, sudah ada 15 komunitas WordPress Meetup yang aktif di berbagai kota.

Lantas, bagaimana jika kota Anda belum memiliki komunitas WordPress Meetup? Apa saja syarat-syarat yang diperlukan untuk mengikuti event ini? Untuk menemukan jawabannya, simak artikel ini sampai tuntas, ya!

WordPress Meetup Itu Apa, Sih?

WordPress Meetup adalah kegiatan yang diselenggarakan secara lokal sebagai tempat belajar dan berbagi informasi tentang WordPress. 

Sejak WordPress Meetup pertama di tahun 2004, event ini memang dirancang untuk memberikan wadah bagi komunitas WordPress yang ingin berdiskusi, bertukar pengetahuan, dan membangun relasi.

Kegiatan dalam WordPress Meetup pun bermacam-macam, bisa berupa presentasi, gathering, contributor sprint, dan lain-lain. 

Kalau Anda tertarik bergabung di kegiatan WordPress Meetup, cari saja komunitas kota Anda di kolom pencarian yang ada di meetup.com. Pastikan sudah membuat akun sebelum klik “Attend” di event yang ingin diikuti, ya.

tampilan halaman registrasi wordpress meetup

Apa Persyaratan Mengadakan Meetup?

WordPress Meetup di Wonosobo

Kalau di kota Anda belum ada komunitas WordPress Meetup, Anda bisa membuat event sendiri lho. Tak perlu khawatir, menyelenggarakan WordPress Meetup itu mudah karena prosedur dan persyaratannya sama sekali tidak rumit!

Hanya perlu minimum dua orang yang bersedia mengadakan WordPress Meetup. 

Anda juga tidak perlu menyewa venue yang mahal untuk WordPress Meetup. Cukup cari tempat yang nyaman untuk mengakomodasi peserta seperti café, coworking space, atau perpustakaan umum. 

Dalam mengadakan WordPress Meetup, fleksibilitas adalah kunci. Makanya, jadwal kegiatan WordPress Meetup pun tidak harus saklek. Penentuan jadwal pertemuan bisa disepakati bersama dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing komunitas WordPress di tiap kota. 

Yang paling penting, WordPress Meetup tetap patuh pada pedoman The Five Good Faith Rules, yaitu: 

  1. Setiap langkah yang diambil panitia WordPress Meetup ditujukan untuk kepentingan komunitas, bukan untuk bisnis.
  2. Keanggotaan WordPress Meetup di tiap kota terbuka untuk siapa pun yang ingin bergabung, terlepas dari keahlian dan kemampuannya.
  3. Pembicara dan panitia merupakan sukarelawan. Artinya, tidak ada biaya yang dipungut untuk mengadakan Meetup. Kalaupun ada peserta yang menyumbangkan dana, maka wajib digunakan untuk keperluan event. Misalnya, biaya peminjaman perangkat presentasi, sewa tempat, konsumsi, dan lain-lain. 
  4. WordPress Meetup hanya boleh diselenggarakan oleh anggota komunitas yang terpercaya dan berdedikasi.
  5. WordPress Meetup menerima semua orang dengan senang hati, tanpa adanya diskriminasi, kekerasan, ujaran kebencian, dan perbuatan yang tidak patut lainnya. 

Kalau sudah mantap ingin menyelenggarakan WordPress Meetup di kota Anda, isi saja formulir Meetup Interest ini.

Apabila pengajuan Anda sudah disetujui, barulah Anda bisa menambahkan anggota beserta panitia penyelenggara event-nya.

Setelahnya Anda tinggal menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk berkumpul dan mengatur jadwal kegiatannya.

Siapa Saja yang Bisa Mengikuti Meetup?

WP meetup di jakarta

Hal yang membuat WordPress Meetup terasa menyenangkan adalah sifatnya yang inklusif. Peserta acara ini boleh dari berbagai latar belakang, tak peduli profesi dan level skill yang dimiliki.

Jadi, semua orang bisa hadir di WordPress Meetup selama tetap berkomitmen memberikan kontribusi ke platform WordPress.

Dengan berpartisipasi dalam Meetup, Anda akan menjadi bagian dari komunitas yang secara aktif mendukung dan turut mengembangkan platform WordPress.  

Ternyata, Meetup Tidak Harus Ekstra!

WordPress Meetup merupakan event yang terasa lebih dari sekadar gathering. Kegiatan inilah yang menguatkan dan melebarkan sayap komunitas WordPress. Event ini memberikan wadah untuk belajar, membangun relasi, dan bertukar ide dengan sesama anggota komunitas WordPress. 

Karena tujuan utamanya adalah demi perkembangan platform WordPress sendiri, penyelenggaraan Meetup pun tak memerlukan upaya ataupun biaya yang besar.

Dengan hanya dua orang, Anda sudah bisa membangun komunitas lokal dan membuat event WordPress Meetup. 

Jadi, apa Anda sudah siap mengadakan WordPress Meetup di kota Anda? Yuk, melangkah bersama untuk mengembangkan platform WordPress!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *