Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

20 Contoh Website Coffee Shop Terbaik untuk Cari Inspirasi

8 min read

Panduan Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

Saat ini, semua orang tahu bahwa akan sulit bagi bisnis untuk meraih kesuksesan tanpa adanya kehadiran online. Apa pun jenis bisnisnya, peluang keuntungan yang bisa diraih dari platform online tak boleh disepelekan.

Meski sudah ada media sosial yang bisa digunakan untuk selalu terhubung dengan konsumen, membuat website juga tak kalah pentingnya untuk menunjukkan identitas dan cerita di balik brand Anda.

Nah, bagi Anda yang punya kedai kopi, memiliki website bisa membantu Anda dalam banyak hal. Contohnya untuk meningkatkan branding, membuat toko online, atau sebagai company profile. Perlu contoh website coffee shop terbaik untuk inspirasi? 

Tak perlu bingung mencari-cari di Google, kami sudah merangkum berbagai website yang bisa Anda jadikan referensi desain website coffee shop. Langsung saja simak artikelnya, yuk!

20 Contoh Website Coffee Shop untuk Inspirasi Desain Web

Kini, pemilik kedai kopi berpeluang besar dalam memperluas jangkauan dan menarik pelanggan baru melalui keberadaan website. Sebab, website yang dirancang dengan baik dapat berfungsi sebagai toko online, memamerkan suasana unik cafe, sampai menampilkan deretan menu yang ditawarkan.

Nah, ini dia daftar contoh website coffee shop yang bisa Anda jadikan inspirasi:

  1. Fore Coffee
  2. Starbucks
  3. Excelso
  4. Coffee Toffee
  5. Kopi Kenangan
  6. J.CO Donuts and Coffee
  7. Hungry Bird
  8. Tanamera
  9. Kopi Kalyan
  10. Flash Coffee

Eits, masih banyak contoh website cafe yang akan kita bahas di artikel ini, lho. Mari bahas satu per satu!

1. Fore Coffee

1 contoh website cafe sederhana fore coffee

Fore Coffee merupakan contoh website coffee shop dengan tata letak yang bagus, rapi, dan minimalis. Fungsi utama website ini adalah untuk membagikan segala informasi terbaru tentang brand Fore Coffee.

Apabila ingin memesan produknya secara online, pengunjung bisa mendownload aplikasinya terlebih dahulu dari website coffee shop ini.

Bagian banner di homepage terlihat sederhana dengan pemilihan warna yang memberikan kesan hangat. Lebih mengutamakan konten yang terlihat manis, Fore Coffee memberikan ruang kosong yang cukup dan elemen visual yang pas.

Fore Coffee berhasil menjadi web kedai kopi yang memberikan kesan bersih dengan menggunakan font yang sederhana dan layout yang ringkas.

2. Starbucks

2 contoh website cafe populer starbucks

Ngomong-ngomong soal contoh website coffee shop, tentu saja Starbucks tidak bisa dilewatkan. Cukup sederhana, halaman utama website ini didedikasikan untuk menampilkan update terbaru dari Starbucks.

Saat menjelajahi situs ini, pengunjung akan menemukan berbagai konten terkait apa saja yang ditawarkan oleh Starbucks. Tak hanya menampilkan produknya, Starbucks juga melengkapi website ini dengan halaman Career yang memudahkan pengunjung menemukan informasi tentang lowongan pekerjaan di Starbucks.

Sementara itu, informasi lainnya bisa diakses melalui menu di bagian atas website. Di halaman menu makanan dan minuman, setiap item disertai dengan deskripsi dan tombol order untuk meningkatkan penjualan.

3. Excelso

3 contoh situs coffee shop dan toko online excelso

Ingin membuat web café yang merangkap toko online? Excelso merupakan contoh website coffee shop yang bisa menjadi inspirasi Anda. 

Banner di halaman utama berisi foto-foto yang menyampaikan informasi penting kepada pengunjung, seperti promosi, menu terbaru, dan info lowongan kerja. 

Tak hanya memungkinkan Anda mengakses informasi dari banner, website Excelso juga mengutamakan kemudahan navigasi dengan menu yang memisahkan berbagai informasi penting sesuai dengan kategorinya.   

4. Coffee Toffee

4 contoh website kopi berilustrasi milik coffee toffee

Berikutnya, ada brand Coffee Toffee yang juga layak disebut sebagai salah satu contoh website coffee shop terbaik. Di bagian homepage, pengunjung bisa melihat berbagai artikel dan update terbaru yang akan menarik perhatian mereka.

Mengoptimalkan penggunaan foto produk dan ilustrasi, Coffee Toffee berhasil membuat pengunjung fokus pada konten yang disajikan.

Meskipun elemen visualnya cukup menonjol, hal ini tak membuat website Coffee Toffee terlihat sumpek dan membingungkan. Justru, mereka berhasil membuat situs kedai kopinya tampak lebih hidup.

5. Kopi Kenangan

5 contoh website coffee shop dengan videografi menarik dari kopi kenangan

Dari halaman utama saja, Kopi Kenangan sudah menyajikan video yang menarik perhatian dengan menunjukkan pelanggan yang sedang menikmati kopi, barista yang sibuk, hingga proses penyeduhan kopi.

Selain itu, tak hanya memamerkan produk yang dijual, situs Kopi Kenangan sebagai contoh website coffee shop ini juga menampilkan bukti sertifikasi halal dan berbagai penghargaan yang berhasil diraih Kopi Kenangan.

Tentunya, hal ini akan memperkuat branding mereka dan semakin meyakinkan pengunjung untuk membeli minuman di Kopi Kenangan.

6. J.CO Donuts and Coffee

6 contoh web kedai kopi jco

J.CO Donuts and Coffee mungkin bukan contoh website coffee shop yang paling unik, namun rancangan desainnya memang ringkas dan fungsional.

Halaman utamanya berisi berbagai gambar menu makanan dan minuman dengan tata letak grid. Ketika mengarahkan kursor ke salah satu gambar, Anda akan mendapati deskripsi cita rasa produk yang menggugah selera.

Dengan ini, J.CO membuktikan bahwa tanpa perlu hiasan yang meriah pun mereka bisa membuat pengunjung situsnya ingin segera membeli produk yang ditawarkan.

7. Hungry Bird

7 contoh web coffee shop merangkap toko online dari hungry bird

Sebagai salah satu contoh website coffee shop, Hungry Bird tergolong sederhana dengan menggunakan fitur slide untuk menampilkan gambar yang mengisi satu halaman penuh. 

Di bagian pojok kanan atas, pengunjung akan mendapati tombol menu yang berisi daftar halaman penting seperti katalog produk dan halaman tentang kami. 

Katalog produk mereka terlihat cukup lengkap dengan mendeskripsikan latar belakang dan asal biji kopi, metode yang digunakan untuk pemrosesan, hingga rasa kopinya.

Di akhir deskripsi, Hungry Bird memberikan tombol “Shop” yang mengarahkan pengunjung ke toko online mereka di marketplace.

8. Tanamera

8 contoh situs coffee shop tanamera

Website Tanamera hadir dengan warna dominan putih pada latarnya dengan sentuhan warna merah untuk menyesuaikan dengan nama brand mereka, “Tanamera”.

Saat mengaksesnya, pengunjung langsung disambut dengan header berisi promo terbaru Tanamera. Scroll ke bawah, Anda akan mendapati update produk dan outlet yang baru saja dibuka.

Untuk memberikan pelayanan terbaik ke pelanggannya, Tanamera sebagai contoh website coffee shop terbaik ini juga memiliki fitur live chat yang dapat membantu menyelesaikan kendala yang dialami pelanggan.

9. Kopi Kalyan

9 contoh situs kedai kopi sederhana dari kopi kalyan

Contoh website coffee shop ini dihiasi galeri yang penuh dengan hasil foto berkualitas tinggi. Setiap gambar diambil dengan indah dan menggambarkan apa yang ditawarkan oleh Kopi Kalyan dengan baik.

Tampilan website Kopi Kalyan terbilang sangat minimalis dengan penggunaan kombinasi warna yang minim. Namun, untuk mengonversi pengunjung menjadi pelanggan setia, Kopi Kalyan punya strategi jitu dengan menyediakan tombol Reward di pojok kiri bawah website.

Saat diklik, pengunjung akan menemukan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan poin reward. Nantinya, poin ini dapat digunakan untuk memotong total belanja di Kopi Kalyan.

10. Flash Coffee

10 contoh website kedai kopi dengan warna unik milik flash coffee

Flash Coffee mengambil langkah berani dengan memilih palet warna yang mencolok. Dipadu dengan foto-foto es kopi yang terlihat segar, pengunjung seakan digiring untuk mengeksplor contoh website coffee shop ini lebih dalam. 

Walaupun dipenuhi foto-foto produk, Flash Coffee tak lupa melengkapi situsnya dengan CTA seperti tombol untuk mengunduh aplikasi.

Hal ini menjadi strategi yang bagus untuk memberikan edukasi kepada pengunjung bahwa Flash Coffee punya aplikasi yang akan membantu mereka memesan kopi dengan lebih mudah.

11. Revolver

11 contoh website coffee shop yang berfokus pada fotografi milik revolver

Selain sebagai company profile, Revolver juga menjadikan websitenya sebagai toko online. Mereka tahu bagaimana cara menarik perhatian pelanggan dalam sekejap. Baru masuk di halaman utama saja, Anda akan disuguhi video proses meracik segelas kopi. 

Satu hal yang menarik dari contoh website coffee shop ini adalah, meskipun tampilannya tampak ramai, website ini tetap responsif dan mudah dinavigasi. Perpaduan video, foto, dan teks diatur dengan sangat baik sehingga pengunjung tidak dibuat bingung.

Pengunjung juga dapat mengakses hampir semua yang mereka butuhkan langsung dari menu di bagian atas halaman atau dengan menjelajahi homepage.

12. Filosofi Kopi

12 contoh website kedai kopi menarik dari filosofi kopi

Awalnya, mungkin Anda berpikir bahwa desain website coffee shop ini terlalu sederhana. Tapi sebenarnya, Filosofi Kopi adalah salah satu contoh situs web kedai kopi yang berbeda dari yang lain.

Secara keseluruhan, tampilan website mereka yang juga merangkap online shop ini didominasi warna putih yang menyoroti informasi relevan, seperti menu yang tersedia atau update terbaru dari brand ini. 

Menariknya, Filosofi Kopi menyematkan playlist Spotify yang bisa diputar pengunjungnya saat menikmati secangkir kopi dari café ini.  

13. Bakoel Koffie

13 contoh website coffee shop unik dari bakoel koffie

Bakoel Koffie adalah contoh web coffee shop yang dijamin bisa membuat Anda terpukau. Bukan website biasa, Bakoel Koffie menuangkan sejarah kedai kopinya melalui website yang dipenuhi ilustrasi cantik.

Keunikan contoh website yang satu ini akan semakin tampak seiring bergulirnya kursor. Bagaimana tidak, selain dimanjakan dengan ilustrasi, pengunjung juga akan dibuat kagum dengan cerita di balik kedai kopi ini yang ditulis layaknya sebuah karya novel.

Selain menceritakan sejarahnya, website mereka juga difungsikan untuk reservasi tempat, toko online, dan memposting lowongan kerja di kedai mereka. Satu website, banyak fungsi!

14. Dua DC Coffee

14 contoh website coffee shop minimalis dari dua dc

Dua DC Coffee berfokus pada penjualan produk kopi dan merchandise. Kesan ini semakin terasa ketika Anda menggulir kursor ke bawah. Sebab, yang Anda lihat hanyalah berbagai produk yang ditawarkan dan disajikan dalam layout grid.

Yap, toko online memang menjadi fokus utama contoh website coffee shop yang satu ini. Mereka bahkan melengkapinya dengan fitur toko online seperti keranjang belanja, tombol favorit, hingga halaman lacak paket.

Walaupun terlihat seperti website toko online biasa, Dua DC juga punya tombol “Get directions” di menu navigasi yang membawa pengunjung ke fitur maps menuju outlet mereka. Dengan begitu, pengunjung yang ingin membeli secara offline tetap bisa menemukan kedainya dengan mudah.

15. di.bawahtangga

14 contoh website coffee shop unik dari di.bawahtangga

Terkadang, website kedai kopi memiliki nuansa desain yang identik dengan warna bumi. Sebaliknya, di.bawahtangga mengalihkan ekspektasi pengunjung dengan memilih kombinasi warna tosca dan putih.

Homepage situs mereka menyapa Anda dengan deskripsi dua menu andalannya. Supaya pengunjung semakin tertarik, contoh web kedai kopi yang satu ini juga menambahkan slide berisi banner promo dan update produk terbaru.

Fitur yang menarik perhatian adalah, tombol Beli di halaman produk akan langsung membawa Anda ke aplikasi ojek online. Jadi, Anda bisa langsung memesan secara online lewat aplikasi tersebut deh.

15 tampilan menu kedai kopi di.bawahtangga

Terbilang sederhana, di.bawahtangga tak banyak menggunakan elemen seperti pop-up atau widget untuk menghiasi website. Namun, pemilihan gambar resolusi tinggi berhasil membuat pengunjung tetap betah berlama-lama menyelami konten yang tersedia. 

16. Kopi Yor

16 contoh situs web coffee shop sederhana milik kopi yor

Kopi Yor memiliki desain website sederhana yang memadukan warna hitam dan putih. Tampil berani, contoh situs coffee shop yang satu ini memilih warna kuning terang untuk tombol-tombol call to action (CTA) guna memikat pengunjung.

Halaman utama Kopi Yor menyediakan informasi yang cukup lengkap, mulai dari video profil, galeri, lokasi outlet, sampai pengenalan karakter Roy yang menjadi ikon brand Kopi Yor.

17. Couvee

17 contoh situs kedai kopi dengan motion effect dari couvee

Keunikan website cafe ini terletak pada motion effect yang diterapkan pada banner di halaman utamanya. Ketika Anda mengarahkan kursor ke kedua tangan yang memegang gelas kopi, objek tersebut akan bergerak mengikuti kursor. 

Couvee juga memberikan motion effect sederhana di beberapa elemen lain seperti text box dan tombol CTA. Hal ini membuat keseluruhan tampilan website terasa lebih dinamis.

Meski banyak menggunakan motion effect, website kedai kopi ini tetap memberikan kesan ringan berkat kombinasi ruang kosong dan penggunaan foto HD.

18. Blanco Coffee

18 contoh situs coffee shop milik blanco coffee

Blanco Coffee menjadi referensi website yang menarik untuk dibahas. Tak banyak bermain dengan model font dan warna, contoh website coffee shop ini justru memperkaya situsnya dengan fotografi berkualitas tinggi. 

Keseluruhan desainnya memanfaatkan ruang kosong untuk menonjolkan informasi penting seperti foto produk di halaman toko online mereka. 

Yang tak kalah menarik, Blanco Coffee punya halaman khusus yang menjelaskan program Coffee Trip. Program ini ditujukan pada para pecinta kopi yang ingin mempelajari pemrosesan biji kopi sekaligus mendalami budaya masyarakat setempat.

19. Kopi Lain Hati

19 contoh website kedai kopi menarik dari kopi lain hati

Didominasi warna coklat, Kopi Lain Hati memberikan kesan nyaman bagi pengunjungnya.

Sesuai dengan namanya, contoh website coffee shop ini juga memberikan sentuhan warna merah hati pada setiap tombol CTA di website. Kopi Lain Hati melengkapi situsnya dengan tombol Click to Order Online yang akan membawa pengunjung ke halaman toko online mereka.

Di homepage, Kopi Lain Hati menambahkan berbagai ikon navigasi menuju halaman lain. Dengan begitu, pengunjung bisa mengakses konten-konten yang dicari dengan lebih cepat, seperti informasi franchise dan kontak.

20. Three Folks

20 contoh desain web kedai kopi unik dari three folks

Three Folks menjadi inspirasi website cafe terakhir yang kami ulas di artikel ini. Kesan modern yang cocok dengan anak muda dihadirkan dengan pemilihan font yang lucu.

Dengan desain web kedai kopi seperti ini, fokus pengunjung akan langsung tertuju pada keunikan desain website Three Folks.

Ketika pengunjung memutuskan untuk mengeksplor website, mereka akan bertemu dengan foto-foto menu populer yang dihias dengan doodle art. Jika diklik, pengunjung akan diarahkan ke halaman deskripsi produk beserta tombol Shop yang membawa mereka ke platform Tokopedia.

Tips Membuat Website Coffee Shop yang Menarik

Setelah melihat contoh website coffee shop di atas, Anda mungkin semakin ingin memiliki website sendiri untuk kedai kopi Anda. Nah, untuk membantu Anda membangun web kedai kopi sendiri, kami punya beberapa tips berguna.

Ini dia tips membuat website coffee shop yang bisa Anda ikuti: 

  • Penulisan menu yang jelas. Menu makanan dan minuman harus ditampilkan dengan jelas dan mudah dibaca di website. Jika perlu, tambahkan juga deskripsi bahan-bahannya dan harga untuk setiap item.
  • Adanya fitur pemesanan online. Fitur pesan antar memudahkan pengunjung yang tak memiliki waktu luang untuk singgah di kedai kopi Anda dan melakukan pembelian. Atau, Anda juga bisa menghubungkan bagian ini ke aplikasi ojek online. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan form reservasi apabila menyediakan ruang meeting di coffee shop Anda.
  • Memberikan informasi lokasi dan jam buka. Lokasi dan jam buka café merupakan salah satu informasi penting yang dibutuhkan pelanggan yang ingin mengunjungi kedai kopi secara offline. Sertakan juga fitur maps dan petunjuk jelas untuk memudahkan pengunjung mengetahui cara menuju ke outlet Anda. 
  • Membuat halaman tentang kami. Halaman ini berisi informasi latar belakang berdirinya kedai kopi. Tujuannya adalah agar pengunjung merasa lebih terhubung dengan brand.
  • Menggunakan gambar berkualitas tinggi. Foto-foto profesional yang menunjukkan interior dan eksterior café serta berbagai menunya dapat membantu pengunjung mendapatkan gambaran tentang kedai kopi Anda.

Yuk, Buat Website Coffee Shop Anda Sendiri!

Di artikel ini, Anda sudah melihat berbagai contoh website coffee shop sebagai inspirasi. Dengan memiliki website, keberadaan kedai kopi Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengunjung.

Tak perlu khawatir soal hal teknis, kini ada banyak Content Management System seperti WordPress yang bisa membantu Anda membangun website secara instan.

Tapi yang perlu diingat, biasanya website kedai kopi yang menarik dan memiliki fitur lengkap membutuhkan resource yang besar. Makanya, memilih layanan hosting yang berkualitas sangat penting agar akses website selalu lancar.

Untungnya, Niagahoster punya WordPress Hosting yang didesain khusus untuk mendukung website WordPress. 

Paket hosting ini punya fitur Auto Update WordPress untuk mengupdate versi WordPress, plugin, atau tema secara otomatis. Testing website pun semakin praktis karena ada fitur WordPress Staging yang bisa mengkloning website. 

Jadi, tunggu apa lagi? Nikmati segala keunggulan WordPress Hosting Niagahoster sekarang!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *