Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Termudah! [6 Metode]

6 min read

featured image email hosting

Anda ingin menyelesaikan transaksi online, tapi bingung harus tanda tangan di dokumen digital? Tenang, banyak kok cara membuat tanda tangan digital.

Dulu, proses tanda tangan sering kali menjadi hambatan dengan keterbatasan waktu dan lokasi. Namun, kini semuanya berubah dengan kemunculan tanda tangan digital.

Tanpa batasan fisik, tanda tangan online memungkinkan Anda menandatangani dokumen dari mana saja, kapan saja, hanya dengan beberapa ketukan jari. Transaksi bisnis pun dapat diselesaikan dengan mudah dan aman, tanpa perlu repot mencetak dan mengirim dokumen fisik.

Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mengetahui berbagai cara membuat tanda tangan digital secara gratis dan juga mudah. Langsung saja, yuk temukan cara tanda tangan digital terbaik untuk Anda!

CTA banner web hosting

6 Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital adalah cara praktis untuk menandatangani informasi dan transaksi elektronik. Menggunakan teknologi kriptografi, keamanan dan keaslian tanda tangan terjamin dan diakui secara hukum.

Berikut adalah beberapa cara membuat tanda tangan digital dengan mudah:

1. Cara Membuat Tanda Tangan Digital Tanpa Aplikasi

Membuat tanda tangan elektronik tanpa aplikasi adalah solusi yang paling cepat untuk menandatangani dokumen.

Anda cukup mengakses situs web yang menyediakan layanan ini, dan biasanya Anda akan diminta untuk menggambar tanda tangan elektronik menggunakan mouse atau perangkat input lainnya.

Berikut beberapa website yang menyediakan layanan pembuatan tanda tangan digital dengan mudah:

CreateMySignature

  • Kunjungi situs web CreateMySignature.
  • Di kolom yang tersedia, gambar tanda tangan Anda. Atau, Anda juga bisa menuliskan tanda tangan di opsi Type in.
  • Klik “Download Signature” untuk mengunduh foto tanda tangan, atau “Sign your document online” untuk menandatangani dokumen secara langsung. Gambar tanda tangan akan memiliki format PNG.
cara membuat tanda tangan digital di CreateMySignature

SignWell

  • Buka situs web SignWell.
  • Pilih opsi  “Draw Signature” atau “Type Signature”.
  • Gambar tanda tangan Anda menggunakan mouse atau melalui layar touchscreen.
  • Klik tombol “Save” untuk menyimpan foto tanda tangan.
Membuat tanda tangan online di SignWell

2. Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word

Bagi Anda yang sering menggunakan Microsoft Word untuk mengedit dan membuat dokumen, Anda bisa menambahkan tanda tangan elektronik dengan mudah.

Silakan ikuti penjelasan lengkap cara membuat digital signature di Microsoft Word berikut:

  • Buka dokumen di Microsoft Word.
  • Klik menu Insert → Signature Line
  • Pada pop-up box Signature Setup, isi informasi yang diperlukan, seperti nama dan jabatan Anda.
  • Klik OK untuk menambahkan baris tanda tangan.
  • Klik baris tanda tangan yang telah ditambahkan, lalu pilih Sign untuk membuat tanda tangan online menggunakan mouse atau perangkat input lainnya.

3. Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Google Docs

Tak hanya di Microsoft Word, Google Docs juga bisa ditandatangani, lho. Caranya juga mudah, silakan ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka dokumen yang ingin ditandatangani dengan Google Docs.
  • Pilih menu Insert → Drawing → New.
  • Klik ikon Select Line → Scribble.
  • Gunakan mouse atau trackpad untuk menggambar tanda tangan Anda.
  • Klik Save and Close.
  • Atur posisi tanda tangan digital pada area yang tepat di Google Docs.

4. Cara Membuat Tanda Tangan Digital di PDF

Jika harus menandatangani file PDF, Anda bisa memanfaatkan situs online penanda tangan seperti Smallpdf.

Berikut caranya:

  • Buka situs web Smallpdf.
  • Klik Choose File atau seret dokumen PDF yang ditandatangani ke kolom yang tersedia.
  • Buka dokumen, kemudian klik Your Signature.
  • Silakan pilih metode untuk membuat tanda tangan, seperti menulis tanda tangan dengan tangan, mengetikkan nama Anda, atau mengunggah foto tanda tangan yang sudah ada.
  • Klik tombol Create.
  • Tunggu hingga proses selesai. Jika sudah, seret foto tanda tangan Anda ke bagian dokumen yang perlu ditandatangani.
  • Untuk menyelesaikan dokumen, klik Finish & Sign.
  • Tekan tombol Download untuk mengunduh file.

5. Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Aplikasi

Apabila perlu membuat tanda tangan online di hp, Anda bisa menggunakan aplikasi tanda tangan digital seperti Adobe Acrobat Sign, Adobe Fill & Sign, dan Docusign.

Ini cara menggunakan setiap aplikasi penanda tangan digital tersebut:

Adobe Acrobat Sign

aplikasi Adobe Acrobat Sign
Sumber: Google Play Store

Adobe Acrobat Sign adalah salah satu aplikasi tanda tangan elektronik yang menyediakan antarmuka ramah dan intuitif.

Dengannya, siapa pun yang memiliki kemampuan teknologi terbatas bisa membuat dan menyimpan tanda tangan digital tanpa kesulitan.

Berikut cara membuat tanda tangan digital dengan Adobe Acrobat Sign:

  • Buka aplikasi dan buat akun. Atau, masuk ke akun Adobe yang sudah ada.
  • Pilih opsi Fill & Sign untuk membuat tanda tangan digital baru.
  • Gunakan jari atau stylus untuk menggambar tanda tangan di kolom yang tersedia.
  • Setelah tanda tangan selesai dibuat, simpan gambar tanda tangan sebagai profil untuk penggunaan berulang.
  • Anda sekarang dapat memilih digital signature yang telah dibuat untuk menandatangani dokumen secara elektronik.

Adobe Fill & Sign

Aplikasi Adobe Fill & SIgn
Sumber: Google Play Store

Keunggulan utama Adobe Fill & Sign adalah kemampuannya untuk membuat tanda tangan online dengan mudah dari smartphone.

Dengan aplikasi tanda tangan digital ini, Anda dapat menandatangani dokumen PDF, foto dari Photo Library, ataupun memilih foto langsung dari kamera.

Ini dia cara tanda tangan digital dengan Adobe Fill & Sign:

  • Buka aplikasi dan buat akun, atau masuk ke akun Adobe yang sudah ada.
  • Pilih dokumen yang ingin Anda tandatangani.
  • Klik tanda Signature.
  • Pilih Create Signature.
  • Gunakan jari untuk menggambar tanda tangan Anda di kolom yang tersedia.
  • Klik Done.
  • Pilih posisi untuk meletakkan digital signature, klik ikon Signature, kemudian seret foto tanda tangan elektronik ke area tersebut.

Docusign

Aplikasi Docusign
Sumber: Google Play Store

Docusign memungkinkan Anda mengambil dokumen dari banyak sumber, termasuk Google Photos, Google Drive, maupun dari WPS Office. 

Aplikasi penanda tangan digital ini juga memungkinkan Anda mengirim dokumen yang membutuhkan digital signature ke penerima, sehingga mereka dapat menandatanganinya juga secara elektronik.

Ikuti panduan berikut untuk buat tanda tangan digital dengan DocuSign:

  • Buka aplikasi dan buat akun atau masuk ke akun Docusign yang sudah ada.
  • Pilih dokumen yang perlu ditandatangani dari penyimpanan perangkat atau aplikasi lainnya.
  • Tambahkan alamat email penerima yang membutuhkan tanda tangan pada dokumen.
  • Tempatkan tanda tangan digital Anda di lokasi yang sesuai dalam dokumen.
  • Setelah tanda tangan ditempatkan, kirim dokumen melalui aplikasi ke penerima untuk menandatanganinya juga secara elektronik.

6. Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Barcode

Metode lain untuk menciptakan tanda tangan online adalah dengan menggunakan barcode atau QR code. Artinya, Anda mengonversi tanda tangan menjadi kode barcode yang dapat di-scan atau diakses secara elektronik.

Berikut cara membuat tanda tangan digital barcode dengan situs QRCode Monkey:

  • Buka QRCode Monkey.
  • Klik tab VCARD.
  • Isi informasi kontak Anda, seperti nama, nomor telepon, email, dan sebagainya.
  • Pada bagian SET COLORS, atur warna yang Anda inginkan.
  • Lanjut ke ADD LOGO IMAGE, silakan pilih logo media sosial ataupun platform sesuai kebutuhan Anda.
  • Klik Create QR Code.
  • Unduh QR code ke perangkat Anda.
membuat tanda tangan barcode di QRCode Monkey

Namun, perlu diketahui bahwa tanda tangan barcode atau QR code tidak tersertifikasi secara hukum. Artinya, penggunaan tanda digital ini terbatas dan lebih seperti kartu nama digital.

Mengapa Penggunaan Tanda Tangan Digital Penting?

Tanda tangan digital bukan hanya sekadar tren, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat penting.

Berikut beberapa alasan mengapa penggunaan tanda digital dibutuhkan:

  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses bisnis dan transaksi online. Tanda tangan online memungkinkan dokumen untuk ditandatangani dan diserahkan secara elektronik dengan cepat dan mudah. Proses bisnis, seperti transaksi online, pengajuan kontrak, persetujuan, dan pembayaran, dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat.
  • Mengurangi ketergantungan pada tanda tangan fisik yang memerlukan waktu dan biaya tambahan. Dengan digital signature, tidak lagi diperlukan tanda tangan fisik pada dokumen cetak, yang memerlukan pengiriman fisik atau pertemuan tatap muka. Hal ini mengurangi biaya kertas, tinta, dan pengiriman dokumen secara fisik.
  • Membantu mempercepat proses persetujuan, kontrak, dan dokumentasi secara elektronik. Digital signature memungkinkan Anda membuat signature di email, ataupun menandatangani dokumen dari mana saja dan kapan saja.
  • Sah secara hukum dan tidak mengancam keamanan digital. Menurut UU Nomor 11 tahun 2008, setiap orang berhak menggunakan tanda tangan digital. Bahkan, tanda tangan digital meningkatkan keamanan digital dengan mengamankan dan memverifikasi identitas pengguna. 

Contoh Penggunaan Tanda Tangan Digital

Zaman yang sudah serba online memudahkan segalanya dilakukan secara jarak jauh, termasuk urusan administrasi dan bisnis.

Mari lihat beberapa contoh bagaimana tanda tangan digital telah mengubah cara berbisnis di berbagai sektor:

  • Kontrak bisnis

Dalam bisnis, tanda tangan elektronik digunakan untuk menandatangani kontrak, perjanjian kerja sama, atau dokumen legal lainnya. Penggunaan tanda tangan digital mempermudah proses persetujuan dan kolaborasi antara berbagai pihak.

  • Transaksi E-commerce

Tanda tangan digital digunakan untuk transaksi elektronik seperti pembayaran barang dan verifikasi transaksi online

  • Perbankan dan keuangan

Penggunaan digital signature dalam proses perbankan memungkinkan nasabah menandatangani dokumen seperti pengajuan kredit, pembukaan rekening, atau transaksi perbankan lainnya secara elektronik.

  • Real estate

Di industri real estate, digital signature digunakan untuk menandatangani kontrak jual beli, sewa, dan perjanjian properti lainnya secara elektronik. Hal ini memudahkan proses transaksi tanpa perlu bertemu secara fisik.

  • Layanan profesional

Berbagai layanan profesional seperti akuntan, notaris, atau konsultan menggunakan tanda tangan elektronik untuk menandatangani kontrak kerja, perjanjian kerja sama, atau dokumen legal lainnya dengan klien mereka.

  • Pendidikan

Di bidang pendidikan, tanda tangan elektronik juga digunakan untuk proses pendaftaran online, persetujuan orang tua untuk kegiatan sekolah, atau kontrak pembelajaran jarak jauh.

  • Kesehatan

Di bagian penyediaan layanan kesehatan, tanda tangan elektronik digunakan untuk persetujuan medis, resep elektronik, dan pertukaran informasi pasien secara aman.

  • Persetujuan Dokumen Internal

Banyak perusahaan juga menggunakan tanda tangan digital untuk proses persetujuan dokumen internal seperti surat izin, pengajuan cuti, atau persetujuan keuangan.

Selamat Membuat Tanda Tangan Digital Anda Sendiri!

Saat ini, banyak urusan bisnis dapat diselesaikan dengan mudah secara online, baik menggunakan email maupun website. Hal ini makin mudah karena Anda kini bisa membuat digital signature.  Dengannya, Anda dapat menghemat waktu sekaligus menjaga kredibilitas bisnis.

Namun, percuma saja membuat tanda tangan digital kalau Anda masih menggunakan layanan email gratisan. Pesan Anda pasti tetap terlihat kurang profesional dan bahkan rentan terkena masalah keamanan.

Karena itu, Anda bisa menggunakan layanan Email Hosting untuk mendukung kebutuhan bisnis Anda. Sebab, email hosting memberikan lebih banyak fitur dan fleksibilitas daripada layanan email gratisan.

Dengan Email Hosting dari Niagahoster, Anda dapat memastikan email bisnis Anda terlihat lebih profesional, jauh lebih aman, serta mudah dikelola.


Komunikasi bisnis lebih profesional dengan Email Hosting terbaik!


[FAQ] Pertanyaan Lain Tentang Tanda Tangan Digital

1. Tanda tangan digital itu bagaimana?

Tanda tangan digital adalah tanda tangan elektronik yang dihasilkan secara digital. Meskipun dibuat secara online,  tingkat keamanan digital signature cukup kredibel dan mampu mengidentifikasi serta mengautentikasi identitas pengguna.

2. Bolehkah tanda tangan digital?

Menurut UU nomor 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, tanda tangan digital adalah sah ketika memenuhi persyaratan tertentu.

3. Apa perbedaan tanda tangan elektronik dengan tanda tangan digital?

Tanda tangan elektronik adalah konsep yang lebih luas, mencakup setiap tanda tangan yang dihasilkan secara elektronik. Sementara tanda tangan digital adalah salah satu jenis tanda tangan elektronik yang menggunakan teknologi kriptografi untuk keamanan tambahan.

4. Apa nama aplikasi untuk tanda tangan?

Beberapa aplikasi populer untuk tanda tangan elektronik antara lain Acrobat Sign, Adobe Fill & Sign, dan Docusign.

5. Apakah bisa tanda tangan di PDF?

Ya, digital signature dapat ditambahkan langsung ke file PDF.

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *