Pikat Pembaca Anda dengan 11+ Contoh Copywriting Headline Ini!

Ada banyak cara untuk membuat pembaca jatuh cinta pada pandangan pertama. Salah satunya dengan ramuan copywriting. Bukan sulap, bukan sihir! Ya, hanya dengan konten dan tulisan, Anda dapat menarik banyak sekali peminat.

Terlebih bagi Anda pegiat bisnis online, teknik copywriting merupakan hal yang wajib dipahami dan dilakukan. Selain dapat menyuguhkan keunggulan produk atau layanan secara apik, bisnis Anda juga akan terlihat lebih menarik dibandingkan kompetitor Anda.

Apalagi di zaman serba digital seperti sekarang, penggunaan website untuk bisnis online meningkat drastis. Tentunya agar lebih memikat, Anda perlu menggunakan copywriting pada website Anda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan merangkum contoh copywriting untuk headline website yang dapat Anda gunakan.

11+ Contoh Copywriting untuk Headline Website

Copywriting adalah teknik membuat dan menulis materi pemasaran. Dengan copywriting yang tepat, Anda dapat membujuk audiens untuk melakukan tindakan yang diinginkan. Misalnya membeli produk atau layanan, berlangganan newsletter, dan lain sebagainya.

Namun, kali ini kami tidak akan membahas apa itu copywriting. Anda dapat mempelajarinya secara lengkap pada artikel cara lengkap “menjual” dengan tulisan yang telah kami terbitkan.

Kami akan membahas salah satu bagian vital dari konten yang membutuhkan copywriting, yaitu headline. Dalam pembuatan headline, ada beberapa teknik copywriting yang dapat dilakukan.

Berikut kami hadirkan contoh copywriting headline website yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan. Di sini, kami juga akan menampilkan contoh langsung dari  berbagai jenis industri bisnis online.

1. Benefit Headline

Cara pertama yang ampuh untuk memikat pembaca adalah benefit headline. Sesuai namanya, headline ini berfokus pada benefit atau manfaat yang akan didapatkan pembaca. Makanya, sangat penting untuk Anda melihat dan memahami terlebih dahulu sudut pandang pembaca.

Seperti contoh di atas, website Bridestory menyebutkan secara langsung apa manfaat menggunakan layanannya. Uniknya, Bridestory menggunakan copywriting headline dengan menyebutkan subheadline sekaligus. Ide yang sangat cemerlang untuk dapat memberikan detail info dengan kalimat yang singkat.

Contoh kedua penggunaan copywriting benefit headline dapat terlihat di Niagahoster Blog. Kami selalu mencoba memberi manfaat kepada pembaca dengan ilmu-ilmu yang berguna. Salah satunya seperti gambar di atas. Headline blog post pun dapat dibuat semenarik mungkin dengan benefit headline.

Benefit yang bagi setiap pembaca dapat berbeda. Misalnya ada yang lebih senang merasakan manfaat secara ekonomis, seperti contoh copywriting benefit headline berikut:

Namun, ada juga pembaca yang lebih mementingkan manfaat psikologis, seperti:

2. News Headline

Jika mendengar kata “news” pasti hal yang langsung terpikirkan adalah berita, trending, momen, dan lain sebagainya. News headline biasanya berfokus pada informasi terbaru atau yang sedang banyak diminati.

Copywriting news headline untuk website dapat mengacu ke informasi paling up to date dari produk atau layanan Anda, contohnya seperti website Mercedes-Benz  International di bawah ini.

Namun, dalam strategi copywriting ini Anda harus berhati-hati. Sering kali copywriting berupa news headline terlalu dilebih-lebihkan hingga menjadi clickbait. Clickbait adalah headline yang merayu pembaca untuk meng-klik sebuah artikel.

Sebaiknya hindari clickbait yang berlebihan karena banyak kasus di mana pemilik konten menginginkan jumlah pembaca yang tinggi, namun menggunakan headline yang terlampau fantastis hingga berbeda dengan isi konten. Seperti contoh berikut:

  • Tersambar Petir 7 Kali, Pria ini Berubah Menjadi Gundala Asli!
  • Fakta Mencengangkan Fenomena Alam Indonesia, Nomor 5 Bikin Merinding!

Jika seperti itu tentunya pembaca yang dirugikan karena merasa tertipu dan mungkin saja website dicoret dari list website terpercaya. Wah, ngeri ya!

Tentunya Anda tetap dapat menggunakan teknik copywriting news headline dengan wajar, contohnya seperti artikel Niagahoster di atas. Harus adanya kesesuaian antara headline yang Anda gunakan dengan konten Anda. Berikut contoh copywriting news headline yang aman:

Yoyok Rubiantono: Penjual Panci Internasional Beromzet Miliaran Rupiah Per Hari

Baca juga: Cara Membuat Website Berita dengan WordPress

3. Selective Headline

Selanjutnya adalah contoh copywriting selective headline. Copywriting jenis ini cocok untuk Anda dengan pangsa pasar tertentu. Gunakan selective headline saat ingin konten Anda dibaca oleh suatu golongan tertentu.

Seperti contoh website karyakarsa di atas yang menggunakan copywriting yang ditujukan untuk para kreator digital. Jika ditelaah lebih dalam, tentunya hal ini akan memikat para pembuat karya digital untuk bergabung karena adanya “panggilan” spesifik yaitu kreator. Ditambah dengan penggunaan subheadline yang memukau, langsung secara terbuka memberikan alasan dari headline.

Jika Anda menggunakan copywriting ini untuk headline artikel, Anda dapat lebih menyebutkan hal-hal spesifik terkait persona, waktu, atau produk dan layanan Anda, seperti:

4. Curiosity Headline

Copywriting headline ini cocok untuk bisnis jenis apapun terutama di bidang travel. Mengapa? Karena headline macam ini seolah meningkatkan rasa penasaran pembaca pada destinasi di sekitar. Seperti contoh website airbnb di bawah ini:

Ciri yang paling menonjol adalah tidak menuliskan secara gamblang isi dari konten tersebut. Curiosity headline lebih menekankan hal yang memicu rasa penasaran pembaca. Semakin misterius, semakin menarik! Seperti contoh copywriting curiosity headline di bawah.

5. Gimmick Headline

Selanjutnya adalah copywriting dengan memaksimalkan gaya bahasa, permainan bunyi, pengulangan kata, tipuan, bahkan efek terkejut. Banyak yang menggunakan teknik copywriting ini karena dinilai lebih nyaman didengar oleh pembaca. Pemilihan kata yang tepat juga dapat menarik perhatian dan dapat menjelaskan tujuan konten Anda.

Seperti website Dapur Cokelat di bawah, “new taste for the new goals”, memaksimalkan pengulangan kata, namun tetap relevan dengan dengan tujuan. Lewat headline ini Dapur Cokelat ingin menggambarkan perumpamaan varian rasa baru dari produk dapat mengiringi target Anda yang baru.

Hampir sama seperti artikel Niagahoster berjudul Website Lambat? Pahami Sebab & Solusinya agar Bisnis Selamat!. Sekilas dibaca terkesan biasa saja, namun terdengar adanya permainan bunyi yang mengesankan.

6. Question Headline

Question headline biasa digunakan untuk menciptakan kedekatan dengan pembaca. Berbeda dengan tipe pernyataan, menggunakan copywriting pertanyaan memungkinkan pembaca merasa lebih diperhatikan kebutuhannya.

Tentu saja, konten yang Anda buat harus menjawab pertanyaan di headline. Untuk menggunakan jenis copywriting ini, usahakan untuk melihat dari sudut pandang dan kebutuhan pembaca. Agar copy yang dihasilkan lebih berkesan ke pembaca.

Contohnya seperti website tiket.com di atas. Sebelum masuk ke segala fiturnya, pembaca ditanya “mau ke mana?”. Sebagai pembaca yang mungkin saja sudah mengetahui ingin pergi kemana, akan menjawab dalam hati dan tergerak untuk menjelajahi fasilitas website untuk menjawab “mau ke…”.

Selain itu, Anda juga dapat membuat copywriting untuk headline dengan membuat pertanyaan yang membuat pembaca merasa “ih, gue banget…” seperti di bawah. Seseorang yang berkeinginan atau sedang belajar menjadi web designer pastinya merasa terpanggil dan akhirnya terhanyut dalam konten tersebut.

7. Quotation Headline

Penggunaan quote memang selalu mengesankan! Tapi hati-hati jika ingin menggunakan quote dalam copywriting. Anda tentu dapat menggunakan quote untuk headline, tapi pertimbangkan juga konteks konten Anda.

Copywriting dengan quote memang sudah banyak dilakukan. Ada yang menggunakan quote umum dari tokoh ternama. Ada pula yang menyesuaikan bunyi rima. Anda pun dapat membuat quote untuk produk Anda sendiri.

Untuk yang terakhir ini, coba tonjolkan kelebihan  produk atau layanan pada pembaca. Terdengar sulit?

Lihat dulu Wardah yang berada di bidang kecantikan. Quote yang diusung sangat singkat, namun tetap menarik. “Cantikmu siap hadapi dunia”, memberitahu pembaca perempuan bahwa kecantikan mereka juga membantu mereka berkontribusi dalam berbagai profesi.

Boleh dibilang, contoh headline ini merupakan kombinasi apik antara promosi sembari mengusung isu pemberdayaan perempuan.

Pada copywriting headline jenis ini untuk blog post atau artikel, Anda juga dapat mencantumkan kata-kata dari orang lain, kutipan buku, ayat dalam kitab suci, bahkan testimoni dari para pelanggan Anda. Seperti contoh berikut:

  • Yang Fana Adalah Kita, Waktu Abadi: 10 Merek Jam Tangan Lokal Berstandar Internasional
  • 5 Ayam Panggang Harga Kaki Lima Rasa Bintang Lima di Jogja, Wajib Dicoba!

8. Command Headline

Copywriting yang selanjutnya dapat Anda gunakan adalah command headline. Biasanya copywriting jenis ini digunakan untuk mengarahkan pembaca dengan kata-kata perintah untuk melakukan sesuatu. Untuk menarik perhatian audiens, kalimat perintah dapat dikemas dengan kata-kata yang mendesak, misalnya seperti headline di bawah ini.

Namun yang perlu diperhatikan, konten yang menggunakan command headline harus menegaskan “mengapa” audiens harus melakukan hal yang diperintahkan pada headline. Lebih baik lagi jika Anda memaparkan apa akibat jika audiens tidak mengindahkan headline. Dengan begitu, konten Anda akan lebih bernilai dan solutif untuk para audiens Anda.

9. Claim Headline

Setiap bisnis tentunya ingin menjadi yang terdepan di bidangnya. Memiliki ciri khas yang berarti memiliki posisi khusus di mata para audiens. Anda dapat menggunakan copywriting yang menunjukkan suatu klaim atas bisnis Anda. Seperti Niagahoster yang memiliki produk Unlimited Web Hosting Terbaik di Indonesia.

Katakan dengan spesifik dan jelas, namun ada yang perlu diperhatikan dalam penggunaan contoh copywriting jenis ini. Usahakan tidak menggunakan klaim yang terlampau imajinatif hingga terkesan mustahil, seperti:

  • Lancar Bahasa Inggris dalam Seminggu, Dijamin!
  • Keluarkan Semua Parasit di Tubuh Anda, Hanya dengan Satu Botol!
  • Sudah Digunakan Ribuan Mahasiswa Luar Negeri, ini Buku Terlaris Sepanjang Masa.

Intinya, konten Anda harus sesuai dengan klaim yang Anda tuliskan. Tambahkan alasan bisnis Anda cocok dengan klaim Anda. Seperti yang dilakukan oleh Niagahoster di bawah ini.

Anda juga dapat menggunakan copywriting jenis ini untuk artikel blog post, seperti contoh:

10. You and I Headline

Jika ingin bisnis Anda terkesan lebih bersahabat dengan pangsa pasar, maka Anda dapat mencoba teknik copywriting You and I pada headline Anda. Copywriting ini lebih menonjolkan kesan bersahabat dan komunikasi dua arah, seakan-akan Anda sudah mengenal pembaca.

Biasanya juga menggunakan kata yang lebih bersifat personal seperti panggilan “kamu, kita, aku”. Seperti website Satu Persen yang menggunakan sapaan akrab kepada pembaca.

Pada copywriting ini, penting untuk membuat pembaca merasa pembuat konten berbicara langsung dengan santai. Hal ini juga berguna untuk membangun kedekatan personal. Karena itu, copywriting ini juga cocok jika dibuat seolah-olah bercerita atau storytelling.

Bukan hanya headline website, copywriting You and I ini juga cocok untuk email marketing, promosi media sosial, dan juga headline artikel, misalnya:

Baca juga: 7 Tips Ampuh Membuat Storytelling untuk Bisnis

11. Teaser Headline

Copywriting persuasif bukan hanya berupa ajakan, quote menarik, dan pertanyaan tepat sasaran, tapi juga dapat berupa tantangan. Ya, tantang pembaca Anda dengan copywriting yang mengesankan.

Harap diingat bahwa memberikan pembaca tantangan bukan berarti meremehkan. Banyak ditemui kasus clickbait yang seakan menganggap rendah pembaca. Seperti, “Seberapa Macho-nya Elo? Ikuti Kuis Berikut Kalau Berani!” atau “Yakin bisa nabung 20 juta per tahun?”. Mungkin saja pembaca akan klik konten Anda dan membacanya, namun bisa saja impresi pada brand Anda jadi tidak sebaik sebelumnya.

Kami menggunakan contoh website Tolak Angin seperti di atas. Jika melihat copy yang digunakan, ada sindiran bahwa “jika tidak minum produk tersebut maka tidak termasuk golongan pintarisme”.

Secara tersirat, kalimat tersebut menantang pembaca, apakah masuk ke golongan pintarisme atau tidak. Hal ini sama dengan memicu pembaca untuk menggunakan produknya supaya juga menjadi orang pintar.

Nah, Anda juga dapat membungkus brand Anda dengan kata sifat yang melekat ke pembaca. Jadi, pembaca memiliki alasan dan sugesti kuat untuk percaya dengan konten Anda.

12. Fear Headline

Yang terakhir adalah fear headline, copywriting ini juga terbilang ampuh untuk menarik audiens ke konten Anda. Menghadirkan ketakutan memang terdengar agak kurang sopan. Namun alih-alih menakut-nakuti, Anda dapat memberi “warning” kepada pembaca terhadap suatu isu dan berikan solusinya, yaitu dengan produk atau layanan Anda.

Biasanya contoh copywriting fear headline hadir dengan kata-kata yang memiliki efek kejut dan menakutkan, seperti kedua contoh di bawah ini.

Seperti pada contoh di atas, selain terdapat kata-kata peringatan, Anda juga dapat mengemasnya dengan kalimat informatif. Seperti pada gambar di bawah ini pula.

Lakukan Ini Saat Membuat Copywriting Headline!

Headline atau judul adalah hal penting dalam copywriting. Walau hanya beberapa kata, tapi berfungsi sebagai pemikat utama pada konten Anda.

Tadi, Anda sudah lihat sendiri 12 contoh copywriting headline yang bisa Anda pakai. Apapun copywriting headline yang Anda gunakan, haruslah menjawab permasalahan pembaca.

Agar lebih mudah, Anda dapat mengingat tiga pertanyaan penting saat membuat copywriting headline, yaitu:

  1. Apa yang diinginkan pembaca?
  2. Manfaat apa yang membuat pembaca merasa memiliki banyak keuntungan?
  3. Dan apa yang membuat pembaca merasa konten Anda spesial?

Dengan jawaban dari ketiga pertanyaan di atas, Anda dapat merangkai kata-kata headline dengan berbagai macam gaya copywriting yang telah kami jabarkan.

Seperti contoh website Niagahoster di atas. Dengan kalimat singkat dan jelas, kita dapat mengetahui layanan apa yang ditawarkan dan bagaimana kualitas layanan Niagahoster.

Intinya, headline pada website baik di landing page, homepage, bahkan blog post, harus dapat memikat pembaca hanya dengan beberapa detik saja.

Baca juga: 17 Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Website dan Blog

Copywriting Apa yang Cocok untuk Website Anda?

Anda sudah mengetahui 12 contoh copywriting untuk headline website. Semoga contoh-contoh di atas dapat menjadi referensi Anda.

Copywriting bertujuan menarik audiens untuk melakukan hal yang Anda inginkan. Misalnya dengan membeli produk atau layanan Anda, subscribe website, berlangganan newsletter, mendownload ebook, dan lain sebagainya.

Semua hal itu erat kaitannya dengan peningkatan penjualan, bukan? Untuk itu, Anda perlu juga untuk mempelajari cara meningkatkan conversion rate dengan CTA agar strategi penjualan Anda bekerja lebih maksimal.

Jika Anda memiliki saran atau ide copywriting headline lainnya, jangan sungkan untuk berdiskusi di kolom komentar ya!

Naning Nur Wijayanti

A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Share
Published by
Naning Nur Wijayanti

Recent Posts

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Google Ranking? (Edisi 2021)

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google? Itulah kenapa persaingan di halaman pertama…

17 hours ago

Ingin Website dengan Akses Tercepat? Pilih Niagahoster! Ini Buktinya..

Apa persamaan pemilik website dan pembalap? Keduanya sama-sama menganggap penting hitungan detik.  Jika pembalap memanfaatkan selisih detik untuk memenangkan pertandingan,…

2 days ago

Redirect PHP: Cara Membuat Redirect dengan Aman dan Mudah

Ketika mengelola website, redirect PHP kadang diperlukan. Tujuannya agar pengunjung dapat dialihkan dari suatu halaman ke halaman lainnya sesuai kebutuhan. …

3 days ago

14+ Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

Ide konten TikTok check~ Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana orang-orang bisa membuat konten TikTok yang menarik? Dance viral, voiceover, duet with…

4 days ago

Customer Success Agent: Layani Pelanggan Sepenuh Hati Walau Diterpa Pandemi

Sejak munculnya COVID-19, hampir semua lini pekerjaan menghadapi tantangan. Terutama setelah adanya anjuran untuk bekerja dari rumah. Ada yang mampu…

5 days ago

13+ CMS Laravel Terbaik Untuk Developer!

Laravel merupakan salah satu framework PHP yang populer. Dengan framework ini pekerjaan developer dalam mengembangkan website jadi lebih mudah. Bahkan,…

5 days ago