Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

27 Contoh Copywriting Produk dan Headline Terbaik!

7 min read

contoh copywriting

Anda sedang mencari contoh copywriting yang menarik agar bisnis makin naik? Selamat, Anda sudah datang ke artikel yang tepat!

Dalam dunia pemasaran, copywriting adalah strategi yang tak bisa diabaikan. Setiap kata yang digunakan dalam iklan atau promosi mampu mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan dan mendorong mereka melakukan tindakan tertentu.

Nah di artikel ini, kami akan memperkenalkan berbagai contoh copywriting terbaik yang dapat meningkatkan daya tarik iklan Anda dan membantu menjual produk dengan lebih efektif.

WordPress Hosting CTA Button

27 Contoh Copywriting yang Menarik untuk Produk dan Headline

Penerapan copywriting bisa di mana-mana, termasuk produk dan headline website. Nah, kami telah menyaring 27 contoh copywriting yang menarik. List 1 sampai 19 adalah untuk produk dan nomor 20 hingga 27 untuk headline. Yuk langsung mulai saja!

1. Terbukti

Cocok untuk: produk kesehatan, kebersihan, perawatan.

Contoh copywriting: Sabun ini terbukti efektif membunuh kuman.

Contoh copywriting yang pertama, kata “terbukti”. Kata ini menunjukkan bahwa produk Anda telah diuji dan memberikan hasil yang diharapkan.

Dengan menggunakan kata-kata seperti “terbukti efektif” atau “terbukti berkualitas”, Anda dapat membangun kepercayaan pelanggan dan meningkatkan minat mereka terhadap produk Anda.

2. Populer

Cocok untuk: produk fashion, gadget, film, dan musik terkini.

Contoh copywriting: Bergaya seperti selebriti dengan koleksi fashion populer ini.

Audiens cenderung tertarik pada apa yang sedang populer atau ngetren. Sebab, embel-embel populer menunjukkan bahwa produk tersebut diminati oleh banyak orang.

Menggunakan copywriting seperti “populer” atau “diburu banyak orang”, Anda dapat memicu rasa penasaran target pasar terhadap produk Anda.

3. Terbaik

Cocok untuk: produk teknologi, layanan perjalanan, restoran, kecantikan.

Contoh copywriting: Dapatkan hosting terbaik di Niagahoster.

contoh copywriting Niagahoster

Memakai kata “terbaik” sebagai copywriting menunjukkan bahwa produk Anda adalah yang paling unggul dibandingkan pesaing. Tentunya, ini akan meyakinkan pelanggan bahwa memilih produk Anda adalah pilihan tepat.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat memakai kata copywriting ini. Pastikan Anda memiliki bukti bahwa produk Anda memanglah yang terbaik. Contohnya seperti Niagahoster yang mampu membuktikan kecepatan servernya.

4. Mudah

Cocok untuk: aplikasi mobile, alat rumah tangga, produk keuangan.

Contoh copywriting: Booking hotel dengan mudah lewat aplikasi kami.

Salah satu tugas copywriter adalah membuat teks yang memungkinkan produk rumit terlihat menarik dan mudah dipahami. Salah satunya dengan menyelipkan kata “mudah”.

Bagi audiens yang sedang mencari solusi praktis dan mampu mempermudah kehidupan mereka, kemungkinan besar mereka akan tertarik saat membaca kata-kata seperti “mudah digunakan” atau “praktis”.

5. Spesial

Cocok untuk: semua jenis bisnis.

Contoh copywriting: Buat momen spesial dengan hadiah istimewa ini.

contoh copywriting Pizza Hut

Banyak orang suka merasa istimewa. Dengan menggunakan kata-kata seperti “spesial” atau “eksklusif”,  Anda dapat membuat pelanggan merasa bahwa mereka mendapatkan sesuatu yang unik jika membeli produk tersebut.

Alasan lainnya, audiens seringkali tertarik pada produk dan layanan yang tidak tersedia untuk semua orang. Itu artinya, teknik copywriting ini cocok bagi Anda yang ingin menjual produk secara cepat.

6. Dapat Disesuaikan

Cocok untuk: pakaian, aksesori, perabotan rumah tangga.

Contoh copywriting: Buat gaya Anda sendiri dengan ransel yang dapat disesuaikan ini. 

Kata “dapat disesuaikan” merupakan contoh copywriting yang menarik karena menunjukkan fleksibilitas produk dalam memenuhi kebutuhan individu pelanggan. Biasanya, copywriting ini cocok untuk menulis deskripsi produk.

Orang-orang cenderung mencari produk yang dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Dengan menggunakan kata-kata “dapat disesuaikan”, calon pelanggan tahu produk Anda fleksibel untuk disesuaikan.

7. Tanpa Risiko

Cocok untuk: layanan keuangan, asuransi, kesehatan.

Contoh copywriting: Dapatkan cuan tanpa risiko!

Copywriting produk Bizhare

Orang-orang seringkali takut mengambil risiko dalam pembelian. Namun menggunakan kata copywriting “tanpa risiko”, Anda memberikan jaminan keamanan dan meyakinkan calon pelanggan untuk percaya produk Anda.

Kata “tanpa risiko” juga menciptakan rasa kepercayaan dan memberikan perlindungan kepada pelanggan. Oleh sebab itu, biasanya copywriting ini juga dibarengi dengan kata “garansi”.

8. Tawaran Terbatas (Limited Edition)

Cocok untuk: semua jenis bisnis.

Contoh copywriting: Dapatkan potongan harga 20% sekarang (tawaran terbatas)

copywriting Berdikari Book

Batasan waktu atau jumlah barang dalam iklan dapat menciptakan rasa urgensi bagi calon pelanggan. Sehingga, ini mendorong mereka untuk segera melakukan tindakan ataupun pembelian.

Kehadiran kata seperti “tawaran terbatas” juga memberikan kesan eksklusif karena audiens merasa bahwa mereka beruntung bisa mendapatkan kesempatan untuk memanfaatkan penawaran tersebut.

9. Nikmati

Cocok untuk: makanan dan minuman, perjalanan, perawatan.

Contoh copywriting: Nikmati kelezatannya dalam setiap gigitan.

contoh copywriting makanan Oreo

Kata “nikmati” atau “rasakan sensasinya” adalah contoh copywriting makanan atapun produk-produk yang berhubungan dengan pengalaman atau kenikmatan.

Alasannya, copywriting ini mampu membangkitkan rasa penasaran dan membuat pelanggan tertarik untuk mencoba produk Anda.

10. Hemat

Cocok untuk: produk supermarket, kecantikan, layanan berlangganan.

Contoh copywriting: Langganan sekarang, lebih hemat 50%.

copywriting yang menarik dari DANA

Salah satu contoh copywriting produk berikutnya, kata “hemat”.  Harga yang lebih murah atau penawaran diskon selalu menarik bagi pelanggan untuk membeli produk.

Memakai teknik copywriting ini, Anda  memberikan kesan bahwa pembeli akan mendapatkan nilai yang lebih baik dengan pengeluaran yang lebih sedikit.

Kata “hemat” juga menciptakan rasa kepuasan dan keberhasilan dalam berbelanja. Pembeli merasa bahwa mereka telah melakukan keputusan cerdas dengan memilih produk yang memberikan nilai lebih atau diskon yang menguntungkan.

11. Selamanya

Cocok untuk: produk teknologi, layanan langganan, keuangan.

Contoh copywriting: Hosting Niagahoster gratis SSL selamanya.

Dalam pemasaran, kata “selamanya” digunakan untuk menyoroti keawetan atau keunggulan jangka panjang yang dimiliki produk dan layanan.

Selain itu, kata “selamanya” juga menciptakan rasa kepastian. Pembeli merasa bahwa mereka tidak perlu mencari solusi baru atau berulangkali membeli produk, karena produk bisa memberikan manfaat selamanya.

Tentunya hal ini dapat mendorong calon pelanggan untuk membeli produk karena tertarik pada manfaat jangka panjang.

12. Baru

Cocok untuk: semua jenis produk.

Contoh copywriting: Kini hadir dengan kemasan baru.

contoh copywriting serum wajah varian lemon

Dalam teknik copywriting, Anda bisa memperkenalkan produk dengan kata-kata seperti “baru” atau “terkini”. Ini akan menarik minat pelanggan yang suka mencoba hal-hal baru.

Kata “baru” menciptakan kesan bahwa produk atau layanan yang Anda tawarkan adalah sesuatu yang segar, terkini, dan belum pernah ditemui sebelumnya. Hal ini menarik perhatian calon pembeli yang ingin mencari inovasi, atau mengikuti tren.

13. Angka

Cocok untuk: semua jenis produk.

Contoh copywriting: Film ini telah ditonton 500.000 orang.

copywriting GoFood

Penggunaan angka dalam copywriting membantu menarik perhatian pembaca, memberikan kesan nyata, serta memberikan informasi yang spesifik dan jelas.

Itulah mengapa, banyak brand menggunakan angka ketika membuat kalimat promosi. Misalnya, diskon 50%, cashback hingga Rp25ribu, hingga kalimat semacam “produk ini sudah dibeli sebanyak XX kali”.

14. Terlaris

Cocok untuk: semua jenis produk.

Contoh copywriting: Headset terlaris minggu ini.

copywriting Tokopedia

Selanjutnya, copywriting “terlaris”. Kata “terlaris” merupakan teknik copywriting yang efektif dalam menarik perhatian calon pembeli. Dengan menggunakan kata ini, Anda menciptakan rasa penasaran dan ketertarikan pada produk atau layanan.

Alasannya, istilah “terlaris” menunjukkan bahwa banyak orang telah memilih produk tersebut. Yang artinya, kata ini mampu menciptakan efek social proof yang kuat dan membangun rasa percaya calon pelanggan. 

15. Rahasia

Cocok untuk: produk kecantikan, kesehatan, keuangan.

Contoh copywriting: Mau tahu rahasia kulit cantikku?

Istilah “rahasia” menciptakan kesan bahwa ada manfaat eksklusif, yang hanya bisa diketahui oleh orang tertentu. Sehingga, audiens termotivasi untuk mencari tahu lebih banyak tentang produk tersebut.

Maka dari itu, kata “rahasia” cukup efektif dalam menarik perhatian calon pembeli dan membuat mereka penasaran dengan produk Anda.

16. Kamu dan Aku

Cocok untuk: produk dengan target pasar tertentu.

Contoh copywriting: Wujudkan impianmu di sini.

copywriting yang menarik Satu Persen

Gaya bahasa seperti “aku” dan “kamu” mampu menciptakan ikatan emosional antara brand dengan calon pelanggan. Ketika menggunakan kata ini, Anda membuat mereka merasa terhubung secara pribadi dengan brand.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menciptakan pengalaman yang lebih personal dan relevan bagi pembaca. Yang mana, ini akan membangun rasa percaya sehingga calon pembeli lebih terbuka untuk menerima informasi dan tawaran Anda.

Tetapi, ingatlah bahwa penggunaan gaya bahasa seperti “aku” dan “kamu” harus disesuaikan dengan jenis bisnis dan target pasar Anda.

17. Modern

Cocok untuk: Pakaian, desain interior, produk gadget.

Contoh copywriting: Rumah modern siap huni. 

copywriting real estate Fauget Property

Dalam copywriting, kata “modern” digunakan untuk menyoroti keunggulan produk yang memiliki desain terkini, fitur mutakhir, atau kemampuan yang relevan dengan gaya hidup modern.

Dengan menggunakan kata “modern” dalam copywriting, Anda dapat menciptakan asosiasi positif yang membuat pembaca merasa tertarik, relevan, dan ingin mengikuti perkembangan terbaru. 

18. Elegan

Cocok untuk: Produk fashion, parfum, kecantikan.

Contoh copywriting: Parfum dengan aroma elegan.

Kata “elegan” merupakan salah satu kata kunci yang sangat efektif dalam copywriting karena menciptakan kesan kemewahan, keanggunan, dan keindahan. 

Dengan kata “elegan”, Anda dapat menggambarkan keunggulan produk Anda sebagai sesuatu yang memiliki sentuhan desain yang halus, bahan yang berkualitas tinggi, dan detail yang memikat. 

19. Gratis

Cocok untuk: semua jenis produk.

Contoh copywriting: Beli hosting gratis domain.

Copywriting Niagahoster

Siapa sih yang tidak suka mendapatkan produk gratis? Ketika orang mendengar kata “gratis”, mereka seringkali antusias karena bisa mendapatkan sesuatu tanpa harus merogoh kocek.

Dengan memasang kata “gratis”, Anda dapat menarik minat pembeli dan mendorong mereka mencoba produk Anda.

20. Command Headline

Cocok untuk: semua jenis produk.

Contoh copywriting: Dapatkan bonus Rp100.000 sekarang!

Copywriting GoPay

Sekarang, kita akan beralih ke jenis copywriting untuk headline, salah satunya adalah command headline. Command headline merupakan copywriting menggunakan kata-kata perintah untuk mengarahkan pembaca agar melakukan sesuatu.

Namun, perlu diingat bahwa copywriting yang menggunakan command headline sebaiknya menjelaskan alasan atau akibat yang mungkin terjadi jika audiens tidak mematuhi perintah dalam headline.

21. Benefit Headline

Cocok untuk: semua jenis produk.

Contoh copywriting: Tidur makin nyenyak dan rileks.

benefit headline Young Living

Pada jenis copywriting benefit headline, fokusnya adalah memberikan informasi tentang manfaat atau keuntungan yang akan diperoleh oleh pembaca. Biasanya, benefit headline ditulis menggunakan AIDA.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami sudut pandang pembaca dan menyajikan manfaat yang relevan bagi mereka. Dengan menggunakan benefit headline yang tepat, minat calon pembeli berpotensi meningkat.

22. Urgent Headline

Cocok untuk: promosi terbatas.

Contoh copywriting: Jangan lewatkan kesempatan ini!

headline Ruangguru

Ketika orang berada dalam situasi darurat, mereka akan berusaha mengambil keputusan dengan cepat. Karena itulah, umumnya menekan tombol CTA adalah tujuan utama bisnis yang menggunakan urgent headline.

Urgent headline menggabungkan rasa takut kehilangan atau fear of missing out (FOMO) untuk mendorong pembaca agar segera menekan tombol call-to action dalam situasi yang terbatas, seperti batasan waktu atau ketersediaan stok.

23. List Headline

Cocok untuk: artikel.

Contoh copywriting: cara jualan baju online dalam 11 langkah.

Artikel cara jualan baju online Niagahoster

List headline adalah teknik copywriting yang sederhana untuk menulis artikel. Umumnya digunakan untuk menampilkan daftar ide, tips, atau langkah-langkah.

Salah satu ciri khas list headline adalah penggunaan angka sebagai elemen penting dalam judul. Dengan menggunakan angka dalam list headline, Anda dapat menarik minat pembaca karena mereka tahu gambaran seberapa banyak informasi pada konten.

24. Question Headline

Cocok untuk: semua jenis produk.

Contoh copywriting: Mau naik kereta ke mana?

Question headline Tiket

Penggunaan question headline dalam strategi content marketing sering digunakan untuk menciptakan kedekatan dengan pembaca. Dengan menggunakan pertanyaan, pembaca akan merasa seperti diajak bicara oleh brand yang bersangkutan.

Salah satu contoh question headline adalah copywriting dari tiket.com. Pada landing page, Tiket memasang copywriting “Mau ke mana?”. Pertanyaan ini tentu akan memancing respon pembaca.

25. News Headline

Cocok untuk: produk teknologi, otomotif.

Contoh copywriting: Peluncuran smartphone terbaru.

News headline Merceds-Benz

News headline adalah copywriting yang berfokus pada informasi terbaru dan populer. Dengan kata lain, news headline sering ditemukan pada berbagai contoh newsletter untuk memberikan informasi terkini tentang produk dan layanan.

Dengan menggunakan news headline yang tepat, Anda dapat menarik minat target pasar dengan informasi terbaru dan populer, sehingga mereka tertarik untuk mencari tahu tentang produk dan layanan Anda.

26. Persuasive Headline

Cocok untuk: semua jenis produk.

Contoh copywriting: Mau tahu rahasia kesuksesan Jack Ma?

headline Tolak Angin

Persuasive headline adalah copy yang dirancang untuk mempengaruhi emosi, minat, atau keinginan pembaca. Tujuannya untuk memikat mereka agar melanjutkan membaca atau mengambil tindakan tertentu.

Biasanya jenis copywriting ini menggunakan teknik-teknik copywriting yang kuat seperti: penggunaan kata-kata menarik, janji manfaat, pendekatan emosional, atau penggunaan angka atau statistik yang mengesankan.

27. Curiousity Headline

Cocok untuk: artikel informasi, teka-teki, acara misteri.

Contoh copywriting: 10 fakta menarik tentang otak manusia yang jarang diketahui.

headline AirBnb

Curiosity headline adalah jenis judul atau headline yang dirancang untuk memancing keingintahuan pembaca. Biasanya, teknik ini juga dipakai dalam viral marketing.

Tujuan utama dari curiousity headline adalah menarik perhatian pembaca dan membuat mereka ingin membaca lebih lanjut untuk memuaskan rasa penasaran mereka.

Mana Contoh Copywriting yang Cocok untuk Bisnis Anda?

Copywriting yang efektif adalah kunci sukses dalam pemasaran produk. Dengan menggunakan kata-kata yang tepat dan mengikuti contoh-contoh copywriting terbaik, Anda dapat meningkatkan daya tarik iklan sampai meningkatkan penjualan.

Nah selain copywriting, jangan lupa perhatikan kualitas website dan landing page Anda. Sebagus apapun copywriting-nya, website yang lemot dan tidak aman akan membuat pengunjung tidak nyaman.

Oleh karena itu, gunakan hosting terbaik yang bisa Anda dapatkan di Niagahoster. Soal harga? Tak usah khawatir, karena Anda bisa mendapatkan hosting hebat dengan harga mulai dari Rp9.900 saja.

Jadi tunggu apa lagi? Raih keberhasilan bisnis dengan kombinasi copywriting yang efektif dan layanan hosting terbaik dari Niagahoster!

CTA banner web hosting
Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!