Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Cara Upload Laravel ke Hosting [Paling Mudah!]

2 min read

Setelah Anda mengembangkan website di Laravel, langkah selanjutnya adalah mengunggahnya ke server hosting supaya website bisa diakses secara online. Awalnya, cara hosting Laravel mungkin terlihat sulit apalagi bagi Anda yang termasuk pemula. 

Tapi tenang, artikel ini akan memandu Anda meng-upload Laravel ke hosting melalui lima langkah saja. Yuk, ikuti panduannya di bawah ini!

Cara Upload Laravel ke Hosting

Di artikel sebelumnya, Anda telah belajar cara install Laravel di hosting. Selanjutnya hal yang perlu Anda pelajari ialah cara upload Laravel ke hosting. 

Sebenarnya, ada dua cara upload Laravel ke hosting, yaitu menggabungkan folder “publik” dengan folder “laravel”, dan memisahkan folder “public” dengan folder “laravel”. Yang paling mudah adalah cara yang pertama.

Nah, hal-hal yang perlu Anda siapkan untuk memulai cara hosting Laravel yaitu akses ke cPanel hosting, hosting yang mendukung Laravel, dan file Laravel. Jika sudah lengkap, mari ikuti cara hosting Laravel berikut ini:

1. Arahkan Rute ke Folder Laravel

Secara default, Laravel akan mengakses folder root Laravel dan tidak langsung mengakses folder public miliknya. Jadi, perlu dibuatkan rute agar ketika mengakses domain, akses langsung diarahkan ke file index.php di folder “public”.

Caranya adalah dengan membuat file index.php di dalam folder root Laravel. Untuk membuat file tersebut, pertama-tama buatlah file index.txt.

langkah pertama dalam cara hosting laravel yaitu membuat file index.txt

Kemudian edit file .txt dan isi dengan script berikut:

mengisi script file index.txt

Barulah simpan dan ubah format file menjadi .PHP.

langkah selanjutnya dalam cara hosting laravel yaitu mengubah format file index.txt ke .php

Cara ini adalah salah satu cara yang dapat dipakai. Cara lain untuk hosting Laravel yaitu dengan memodifikasi file .htaccess pada root folder Laravel di hosting.

2. Compress Seluruh File Laravel

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan seluruh file Laravel menjadi satu dengan cara di-compress. Supaya dapat diekstraksi di cPanel, pilihlah ekstensi file .ZIP.

mengcompress file laravel menjadi .zip

3. Akses Halaman cPanel Hosting

Langkah selanjutnya adalah login ke cPanel. Anda bisa membuka cPanel sesuai URL yang diberikan saat mendaftar layanan hosting.

Apabila Anda pengguna layanan hosting Niagahoster, Anda bisa juga login cPanel hosting melalui Member Area Niagahoster. Kemudian, pilih akun website dan klik Kelola Layanan.

akses cPanel melalui Member Area Niagahoster

Di halaman berikutnya, scroll ke bawah dan temukan menu Quick Shortcut ke cPanel. Lalu, klik menu File Manager.

pilih File Manager

4. Upload File Laravel

Pada cara hosting Laravel di cPanel ini, kami menggunakan folder utama public_html, sehingga file .ZIP dari lokal diunggah di folder tersebut. Anda dapat mengunggah file .ZIP ke public_html atau folder lain yang ingin digunakan untuk mengakses file Laravel.

Setelah mengakses foldernya, klik fitur Upload untuk mengunggah file Laravel. 

cara upload laravel ke hosting yang berikutnya adalah mengunggah file ke public_html

Setelah itu, klik Select File dan pilih file Laravel dengan format .ZIP.

proses upload file laravel

Jika file .ZIP sudah terupload, klik kanan file tersebut dan pilih opsi Extract

5. Tes Hasil Upload File Laravel

Langkah terakhir dalam cara upload Laravel ke hosting yaitu menguji hasil upload file Laravel. Ini dapat dilakukan dengan mengakses domain atau subdomain yang digunakan untuk menyimpan file Laravel.

Hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini.

Langkah terakhir dalam cara upload Laravel ke hosting yaitu menguji hasil upload file Laravel

Selesai! Anda sudah berhasil upload file Laravel ke hosting, selamat ya!

Bagi Anda yang tidak menggunakan Laravel, Anda tetap bisa mengunggah website ke layanan hosting, loh. Selengkapnya dapat Anda pelajari pada artikel cara menghostingkan web yang telah kami siapkan.

Cara Hosting Laravel itu mudah, ‘kan?

Sampai sini, Anda sudah mengikuti langkah demi langkah cara upload file Laravel ke web hosting. Mulai dari mengarahkan rute ke folder Laravel, meng-compress file Laravel, sampai meng-upload file Laravel di cPanel. Dengan mengikuti cara tersebut, website atau aplikasi Anda akan berjalan dengan mulus di server web hosting.

Namun, untuk memastikan performa website selalu oke, pastikan Anda sudah memilih layanan hosting dengan kualitas yang terjamin. Salah-salah, website Anda malah jadi lelet.

Untungnya, Niagahoster menyediakan paket Cloud Hosting yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Layanan hosting ini memiliki berbagai keunggulan seperti adanya fitur keamanan seperti anti brute force, anti DDoS, sampai gratis SSL selamanya dari Sectigo. Dijamin, website Anda akan aman dari serangan hacker!

Jadi, tunggu apa lagi? Bangun website Laravel Anda dengan Cloud Hosting sekarang!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *