Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Setting Email di Outlook

4 min read

Cara Mengirim Email dengan PHP

Outlook adalah sebuah program untuk mengelola email dengan mudah, tanpa perlu membuka browser atau beberapa webmail. Namun, bagaimana cara setting email di Outlook sebelum menggunakannya?

Anda sudah berada di halaman yang tepat. Kali ini, kami akan menjelaskan cara setting Outlook dan cara menggunakan Outlook dengan tepat.

Yuk, langsung saja simak panduan lengkapnya di bawah ini!

Bagaimana Cara Setting Custom Email di Outlook?

Sebelum mengikuti panduan cara menggunakan Outlook, pastikan program tersebut sudah terinstall di komputer Anda, ya. Kemudian, ikuti dua langkah utama cara setting email di Outlook, yaitu:

1. Mendapatkan Informasi IMAP, SMTP dan POP

2. Setting Custom Email di Outlook

Nah, berikut ini panduan lengkap cara setting Outlook! 

1. Mendapatkan Informasi IMAP, SMTP, dan POP

Langkah pertama dalam cara setting email di Outlook adalah mendapatkan informasi IMAP, SMTP dan POP pada pengaturan email di hosting Anda.

Kalau Anda pengguna layanan hosting murah Niagahoster, begini caranya:

1. Login ke cPanel hosting Anda dan akses menu Email Account.

menu email accounts-cpanel

2. Pilih akun email yang akan Anda gunakan, lalu klik tombol Connect Devices

pilih email yang akan dikonfigurasikan

Kalau belum memiliki email, silakan buat email di cPanel terlebih dulu.

3. Di halaman Connect Devices akun email Anda, scroll ke bawah dan temukan informasi pilihan pengaturan server email. Ada opsi yaitu Secure SSL/TLS dan Non-SSL Settings. Pilihlah pengaturan Secure SSL/TLS saja.

informasi pengaturan email server

4. Anda bisa menyalin informasi pengaturan Secure SSL/TLS dan menyimpannya, atau lanjut ke langkah berikutnya tanpa menutup halaman pengaturan email di cPanel.

2. Setting Custom Email di Outlook

Di tutorial ini, kami menggunakan Outlook 2013. Namun, tidak usah khawatir kalau Anda menggunakan versi lain, langkah-langkahnya tidak jauh berbeda, kok.

1. Kalau Anda baru membuka Outlook untuk pertama kali, klik Next ketika melihat Welcome Message. Setelah itu, pilih Yes untuk menghubungkan Outlook dengan akun email. Lalu, klik Next.

welcome message setting email di outlook 2013

Kalau Outlook sudah pernah dibuka sebelumnya, cara setting email di Outlook 2013 bisa Anda lakukan dengan menambahkan akun email baru melalui menu File > Add Account

menambahkan email baru di outlook 2013

2. Pilih Manual setup or additional server types, lalu klik Next.

pilih manual setup email outlook 2013

3. Pilih jenis koneksi POP or IMAP, lalu klik Next.

pilih jenis koneksi pop3 atau imap

4. Pada tahap ini, silakan masukkan informasi detail server akun email Anda. 

masukkan pengaturan pop atau imap email

Berikut ini penjelasan kolom yang harus diisi:

  • Your Name –  Nama yang akan ditampilkan ke penerima email.
  • Email Address – Masukkan alamat email yang akan diakses melalui Outlook.
  • Account Type – Pilih sesuai keinginan Anda (POP3 atau IMAP). Di tutorial ini, kami memilih POP3.
  • Incoming mail server – Isi dengan domain incoming server email Anda. Contohnya, mail.domainanda.com.
  • Outgoing mail server (SMTP) – Isi dengan domain outgoing server email Anda.
  • Logon Information – Masukkan username dan password akun email Anda. Beri tanda ceklis pada Remember password agar Anda tidak perlu memasukkan password lagi ketika membuka email melalui Outlook.

5. Kalau semua kolom sudah diisi, klik More Settings untuk mengkonfigurasi server. Kemudian pilih Outgoing Server pada popup yang muncul.

isi pengaturan outgoing server

Isilah data berikut ini:

  • My outgoing server (SMTP) requires authentication – Beri tanda ceklis pada bagian ini.
  • Log on using –  Masukkan username dan password akun email Anda. Jangan lupa beri tanda ceklis pada Remember password.

6. Pilih tab Advanced, lalu isi kolom berikut:

  • Incoming server (POP3) – Isi dengan port POP3 jika Anda memilih jenis koneksi POP3. Isi dengan port IMAP jika Anda memilih koneksi IMAP. 
  • Outgoing server (SMTP) – Isi dengan port Outgoing server.
  • Jika Anda akan menggunakan Secure SSL/TLS Settings untuk konfigurasi email, beri tanda ceklis pada pernyataan This server requires an encrypted connection. Kemudian pilih SSL pada bagian Use the following type of encrypted connection.
  • [Optional] Di bagian Delivery, beri tanda ceklis pada bagian Leave a copy of messages on the server agar setiap email tetap tersimpan di server email. Dengan begitu, Anda akan memiliki dua salinan email yang sama, yaitu berada di Outlook dan di server email Anda.
isi port pada pengaturan advanced email

Setelah pengaturan sesuai dilakukan, klik OK.

7. Tampilan akan kembali ke halaman Add Account, selanjutnya klik Next.

8. Outlook akan melakukan testing untuk mengirim dan menerima email dari akun email yang dikonfigurasi. Kalau berhasil, Anda akan melihat tampilan seperti ini:

testing email account di outlook 2013

Kalau muncul pesan gagal, pastikan kembali konfigurasi server email sudah dilakukan dengan benar. Jika konfigurasi sudah benar, tapi masih gagal juga, silakan hubungi layanan email/hosting yang Anda gunakan, ya.

Setelah testing berhasil, klik tombol Close.

9. Selamat! Sekarang, Anda sudah berhasil mengikuti semua langkah cara setting email di Outlook 2013. Langsung saja klik Finish dan gunakan email Anda di Outlook.

berhasil setting email di outlook 2013

Nah, itu dia cara setting email di Outlook 2013, yang secara umum akan sama dengan versi Outlook 2016. Bagi Anda yang lebih nyaman mengikuti tutorial dalam bentuk video, kami sudah menyiapkannya untuk Anda:


Baca Juga: Cara Setting Email di Android

Bagaimana Cara Setting Gmail di Outlook? 

Anda ingin mengakses email Gmail menggunakan Outlook? Ingin tahu cara menggunakan Outlook 2019? Nah, ini dia cara setting Gmail di Outlook 2019:

1. Masuk ke Gmail Anda. Klik icon settings yang terdapat di pojok kanan atas halaman.

masuk ke menu setting di Gmail

2. Pilih tab Forwarding and POP/IMAP.

3. Scroll ke bawah dan temukan pengaturan status IMAP. Pilih Enable IMAP, lalu klik Save Changes untuk menyimpan perubahan.

aktifkan IMAP

4. Agar email di Gmail bisa diakses oleh Outlook, maka Anda harus memberikan izin akses. Caranya, klik icon profil akun Google Anda, lalu klik Manage your Google Account.

masuk ke pengaturan Google Account

5. Pilih menu Security, lalu scroll ke bawah dan temukan pengaturan Less secure app access. Klik Off.

menu security akun Google

6. Izinkan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses Gmail dengan cara pindahkan toggle menjadi ON.

aktifkan less secure app access

7. Buka aplikasi Outlook. Masukkan email Gmail Anda, klik Advanced options dan beri tanda ceklis pada pernyataan Let me set up my account manually. Kalau sudah, klik Connect.

masukkan email yang akan dikonfigurasi di outlook

8. Pilih IMAP.

pilih jenis koneksi IMAP

9. Masukkan password Gmail Anda, lalu klik Connect.

10. Selamat! Sampai sini Anda sudah berhasil menambahkan akun Gmail di Outlook. Langsung saja klik Done.

akun Gmail berhasil ditambahkan di outlook

Sekarang Anda sudah bisa melihat dan mengecek email di aplikasi Outlook. Nah, cara setting Gmail di Outlook sangat mudah, kan? 

Baca Juga: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri dalam 6 Langkah

Kesimpulan

Nah, itu dia panduan lengkap cara setting Outlook dan cara menggunakan Outlook. Sekarang, Anda sudah bisa mengakses Gmail maupun custom email Anda langsung melalui Outlook dengan lebih mudah dan cepat.

Kenapa pengelolaan email yang mudah itu penting? 

Terutama bagi pebisnis, kemudahan tersebut membuat interaksi dengan klien atau konsumen lewat email bisa lebih cepat. Apalagi, kalau Anda menggunakan email sebagai media promosi dan harus mengirim email ke banyak orang sekaligus. 

Nah, untuk kebutuhan itu, bukan hanya aplikasi seperti Outlook yang dibutuhkan, tapi juga layanan Email Hosting yang bisa diandalkan.

Layanan Email Hosting Niagahoster bisa menjadi pilihan. Alasannya, Anda bisa mengirim email hingga 9600 email/hari dengan 50 penerima sekaligus dalam satu pengiriman email. 

Tak hanya itu, Anda bisa membuat email bisnis dengan domain sendiri sehingga jauh terlihat profesional. Itupun dengan keleluasaan untuk membuat akun email unlimited sesuai kebutuhan bisnis.

Menariknya lagi, Anda bisa memilih berbagai paket dengan kapasitas besar sesuai kebutuhan bisnis.

email hosting niagahoster

Yang istimewa, Anda juga akan mendapatkan berbagai fitur terbaik seperti Greylist & SpamAssasins yang akan melindungi email bisnis Anda dari spam yang mengganggu. Plus, perlindungan MailChannels yang menjamin email Anda sampai ke penerima berkat reputasi IP terbaik.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Email Hosting Niagahoster sekarang juga dan hubungkan email hosting Anda dengan Outlook!

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.