Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Menyembunyikan Judul Postingan Blog WordPress

1 min read

menyembunyikan judul postingan blog

WordPress kini tidak lagi hanya menjadi sebuah platform untuk kebutuhan blog. Seiring berjalannya waktu, platform ini telah berkembang menjadi CMS serba bisa yang bisa Anda gunakan kapan saja. Ya, tentu Anda juga dapat menyembunyikan judul postingan blog di sini.

Judul postingan atau halaman pada website adalah bagian penting yang harus ada supaya website berada di halaman pertama hasil pencarian search engine. Judul memang harus ada di sana. Akan tetapi, sebenarnya Anda pun dapat menyembunyikan judul postingan blog maupun judul pada halaman website WordPress.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyembunyikan judul halaman website WordPress. Dalam tutorial kali ini kami akan membahas secara spesifik beberapa cara berbeda yang bisa Anda coba sendiri.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

Pilihan 1: Menyembunyikan Judul Postingan Blog

Cara menyembunyikan judul blog dengan mudah, kini WordPress mengizinkan untuk menerbitkan postingan dan halaman bahkan tanpa sebuah judul. Berikut ini adalah cara mudahnya.

Anda hanya perlu menghapus judul pada postingan maupun halaman yang sudah diterbitkan. Silakan edit terlebih dahulu postingan yang ingin Anda hapus judulnya. Tidak perlu khawatir website akan error. Hal ini tidak akan mempengaruhi permalink.

menyembunyikan judul postingan blog

Pilihan 2: Menyembunyikan Judul Halaman atau Postingan dengan Plugin

WordPress dikenal sebagai CMS yang memiliki beragam plugin berbeda untuk menambahkan fitur dan fungsi tertentu. Kabar baiknya, terdapat sebuah plugin untuk menyembunyikan judul halaman maupun postingan. Nama plugin tersebut adalah Hide Title. Ikuti langkah mudah instalasinya di bawah ini.

1. Instal plugin Hide Title. Jangan lupa mengaktifkannya dengan menekan tombol Activate.

2. Kemudian, edit postingan atau halaman yang ingin Anda sembunyikan judulnya.

3. Pada bagian bawah editor postingan, silakan centang bagian Hide Title.

4. Kemudian, perbarui postingan dengan menekan tombol Update.

Pilihan 3: Menggunakan CSS untuk Menyembunyikan Semua Judul Halaman atau Postingan

Jika kedua cara di atas belum sesuai keinginan Anda, mungkin Anda ingin menghilangkan judul pada semua halaman dan postingan. Terdapat cara lain untuk melakukan hal tersebut, yaitu dengan menggunakan bantuan CSS. Berbekal CSS ini Anda dapat menyembunyikan judul postingan blog secara keseluruhan.

Bagaimanapun juga, hal ini dapat mengurangi performa SEO. Google dan search engine lain tidak menyukai bagian terpenting dalam sebuah website disembunyikan untuk alasan tertentu.

Berikut adalah langkah menyembunyikan judul halaman atau postingan.

1. Akses sebuah halaman atau postingan melalui browser, kemudian klik kanan pada judul dan pilih Inspect.

2. Judul tersebut akan otomatis terpilih dan menampilkan class pada CSS untuk judul. Pada contoh ini nama class-nya adalah entry-title. Setiap template dapat memiliki nama class yang berbeda.

3. Selanjutnya, silakan pilih menu Apperance > Editor yang ada pada dashboard WordPress Anda.

4. Klik pada style.css, kemudian tambahkan baris code berikut pada baris paling bawah.

.entry-title {
   display: none;
}

5. Jangan lupa untuk simpan perubahan yang Anda lakukan dengan menekan tombol Update File.

Catatan: untuk untuk nama class judul, setiap template namanya akan berbeda.

Kesimpulan

Menyembunyikan judul postingan blog atau judul halaman pada WordPress bukanlah hal sulit. Dalam tutorial ini kami telah membahas tiga cara berbeda untuk melakukan hal tersebut. 

Kami harap tutorial ini dapat membantu mengatasi permasalahan Anda. Atau setidaknya, pengetahuan Anda semakin bertambah setelah membaca tutorial ini. Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia jika Anda memiliki pertanyaan serta masukan mengenai artikel ini.

Klik Subscribe sekarang dan dapatkan ulasan terbaru seputar dunia online langsung melalui email Anda 🙂

0
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

5 Replies to “Cara Menyembunyikan Judul Postingan Blog WordPress”

  1. Kalau membuat agar judul postingan itu bisa seo friendly bagai mana caranya ya? apa harus panjang judulnya atau harus menggunakan bantuan tool khusus? terimakasih sebelumnya

    1. Jika anda menggunakan WordPress, dapat menginstal plugin Yoast SEO untuk melihat saran penulisan judul supaya lebih seo friendly. Ada beberapa hal yang biasanya perlu diperhatikan:
      1. Panjang judul, biasanya sekitar 60 karakter supaya terlihat keseluruhan di hasil pencarian.
      2. Jangan memasukkan banyak keyword di judul, cukup satu saja.
      3. Judul setiap postingan menggunakan keyword yang berbeda.
      4. Keyword di judul usahakan diletakkan di awal kalimat.
      5. Meskipun judul penting untuk SEO, tapi karena artikel yang dibuat untuk manusia, utamakan membuat judul yang mudah dipahami dan mewakili konten yang dibuat. 🙂

  2. kalau untuk menyembunyikan judul blog saat di share ke sosial media gimana ya? apa yang perlu dirubah?

    1. Untuk menyembunyikan judul blog di sosial media seperti Facebook, Anda cukup mengeditnya pada waktu melakukan share ke social media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + fourteen =