Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Cara Mengatasi Error “Are You Sure You Want To Do This” di WordPress

4 min read

WordPress terdapat banyak sekali error yang sering muncul. Sayangnya terdapat error yang tidak memberikan informasi secara jelas penyebabnya seperti  error ‘Are you sure you want to do this’ di WordPress.

Anda mungkin sudah sering menemui error koneksi database (error establishing database connection) atau HTTP Error 50x. Kedua error ini sudah jelas penyebabnya dan cara menyelesaikannya.

Namun bagaimana dengan error ‘Are You Sure You Want To Do This’? Anda pasti juga sudah mengetahui bahwa error ini tidak terlalu banyak memberikan informasi dan cara mengatasinya.

Jangan khawatir, artikel ini akan membahas seluk beluk error ‘Are you sure you want to do this’. Mulai dari penyebab dan cara penyelesaiannya. Yuk simak ulasan lengkapnya!

Baca juga: Cara Mengatasi Http Error 500 pada WordPress

Apa Penyebab Error ‘Are You Sure You Want To Do This’ Muncul?

Kegagalan proses verifikasi biasanya yang menyebabkan error ‘Are you sure you want to do this?’ muncul. Proses verifikasi yang gagal bisa jadi karena plugin dan tema tidak berfungsi secara semestinya.

WordPress menggunakan keamanan token, yang disebut dengan ‘nonce’. Proses verifikasi di WordPress sering kali berhubungan dengan ‘nonce’. Verifikasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa eksekusi dilakukan oleh pemilik yang asli dan dari role user yang benar.

Pada cabang ilmu kriptografi, ‘nonce’ adalah angka acak dan unik yang hanya digunakan sekali. Nonce menambahkan layer keamanan untuk memproteksi URLs WordPress, forms, dan penyalahgunaan pemanggilan kode ajax.

Nonce memastikan script yang dijalankan asli dari website dan tidak ada tambahan sumber lain seperti hacker yang mencoba untuk mendapatkan akses ke website.

Anda mungkin melihat error ‘Are you sure you want to do this?’ ketika website dalam keadaan diserang, khususnya serangan yang berasal dari cross-site scripting (XSS) atau cross-site request forgery (CSRF).

Error ini juga terkadang muncul jika plugin atau tema Anda mempunyai permasalahan keamanan. Selain itu, bisa jadi plugin atau tema Anda tidak dibangun dengan kode program yang baik.

Pada kasus seperti ini, menginstall dan menggunakan plugin keamanan seperti Defender terkadang dapat membantu Anda untuk mencari dan membenarkan celah keamanan website dan mengakhiri serangan dalam beberapa klik saja.

Di samping penyebab itu semua, Anda dapat mencoba beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasi error ‘Are you sure you want to do this’ di WordPress.

Baca juga: 10 Error Umum pada WordPress Beserta Solusinya

Cara Cepat Mengatasi Error “Are You Sure You Want To Do This” di WordPress

Ada beberapa metode atau cara yang bisa membantu Anda untuk menyelesaikan error ini. Namun jika semua metode ini tidak dapat menyelesaikan permasalahan Anda, silakan untuk menghubungi layanan customer support kami untuk bantuan lebih lanjut.

Cara 1: Membersihkan Cache WordPress dan Browser

Anda pasti juga melakukan ini setiap waktu terjadi error (apa pun itu). Meskipun tidak selalu berhasil, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba membersihkan cache Anda sebelum mencoba cara lainnya.

Namun terkadang permasalahan ini dapat terselesaikan menggunakan cara ini.

Anda dapat mengikuti panduan membersihkan cache WordPress atau cara hapus cache browser yang sudah tersedia di blog kami.

Cara 2: Memeriksa Plugin atau Tema yang Bermasalah

Pada saat Anda mencoba untuk mengunggah tema atau plugin dan muncul error. Hal ini biasanya muncul ketika Anda mencoba mengunggah plugin atau tema dengan menggunakan file paket zip dibandingkan mengunggah hanya file tema atau plugin saja.

File paket zip ini terkadang berisi file tema dan plugin dengan berbagai macam file, seperti dokumen instruksi, demo konten, informasi lisensi, dan beberapa file lainnya.

Untuk meminimalisir error ini muncul. Coba Anda unzip terlebih dahulu file paket zip kemudian coba kembali untuk mengunggah plugin atau file tema yang Anda temukan di antara ekstraksi file.

Cara 3: Mengecek Penggunaan PHP Memory Limit

Pada kondisi tertentu, Anda mungkin mendapati website sudah mencapai batas PHP Memory Limit yang sudah ditentukan sebelumnya. Anda dapat melakukan pengecekan melalui halaman pengelolaan hosting atau cPanel.

Atau gunakan panduan pengecekan PHP yang sudah kami sediakan sebelumnya.

Jika permasalahan terjadi karena ini, tambahkan nilai maksimal upload WordPress dan PHP Memory Limit di WordPress untuk menyelesaikannya.

Cara 4: Mengembalikan ke Tema Asal

Anda dapat mencoba untuk mengaktifkan tema default WordPress jika Anda menggunakan tema custom atau tema lain yang tersedia di WordPress.

Jika Anda tidak dapat mengakses dashboard tema, Anda dapat menggunakan akses FTP, SSH, atau cPanel untuk mengakses folder tema WordPress. Folder tema WordPress dapat Anda temukan di /wp-content/themes/your-theme/.

Untuk menonaktifkan tema cukup rename nama tema menjadi nama lain. Misalnya menambahkan kata -nonaktif pada bagian akhir nama folder tema. Ini adalah cara manual yang bisa Anda lakukan untuk menonaktifkan sementara tema langsung melalui foldernya.

Anda dapat menamai ulang folder tema Anda dengan apa pun yang diinginkan. Namun akan lebih bagus jika tetap menggunakan nama asli tema dan menambahkan nama tambahan di belakangnya. Supaya ketika Anda ingin mengaktifkan tema tersebut kembali tidak perlu kesulitan untuk mencari nama aslinya.

Jika langkah ini terbukti dapat menyelesaikan error Anda, bisa jadi tema yang Anda gunakan sebelumnya terkena malware atau dengan sengaja diselipkan script yang berbahaya.

Jika Anda masih ingin mempertahankan tema, untuk menyelesaikannya, Anda perlu menghubungi pengembang tema dan mempersilakan mereka untuk menyelesaikannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya kembali.

Cara 5: Menghapus dan Menonaktifkan Plugin

Cara ini mirip dengan cara sebelumnya (menonaktifkan tema). Terkadang plugin yang Anda gunakan menjadi penyebab error ini. Jadi Anda perlu menonaktifkan atau bahkan menghapus plugin tertentu untuk mengatasi error semacam ini.

Jadi cara yang dapat Anda coba adalah menonaktifkan seluruh plugin yang aktif. Anda tidak perlu menghapusnya, cukup menonaktifkannya saja.

Jika Anda tidak mempunyai akses ke halaman plugin, gunakan FTP, SSH, atau cPanel untuk menghapus folder yang berada di dalam /wp-content/plugins/. Supaya semua plugin tetap ada di sana, Anda cukup melakukan rename di setiap folder plugin.

Coba rename seluruh folder terlebih dahulu atau Anda bisa melakukan rename terlebih dahulu satu persatu untuk mengecek kemungkinan plugin yang menyebabkan error.

Jika error tidak muncul ketika Anda menonaktifkan salah satu plugin, bisa jadi plugin tersebut menjadi penyebab error ‘Are you sure you want to do this’. Namun jika tidak memberikan efek, bisa jadi semua plugin Anda tidak ada yang bermasalah.

Untuk mengaktifkan kembali plugin, cukup rename sesuai dengan nama aslinya.

Jika ada salah satu plugin yang menyebabkan error, silakan menghubungi pengembang plugin tersebut supaya dapat menyelesaikan error yang muncul karena pluginnya.

Cara 6: Mengatur Ulang Security Keys

Metode penyelesaian lain yang dapat Anda coba adalah melakukan reset kunci keamanan (security key).

Ada cara mudah untuk mengatur ulang kembali security key tanpa harus berhubungan dengan baris kode, yaitu dengan menggunakan plugin. Install plugin Defender dan atur ulang hanya dengan beberapa klik saja.

Setelah proses instalasi selesai dan plugin sudah aktif. Buka menu “Defender » Hardener” untuk melihat beberapa fitur Defender.

Klik ‘Update old security keys’ di bawah bagian ‘Issues’, kemudian pilih seberapa sering pengingat untuk melakukan pembaruan security keys. Opsi ini tidak wajib untuk dilakukan, tapi cukup membantu Anda untuk mencegah permasalahan ini muncul kembali.

Setelah Anda melakukan pemilihan, lanjutkan ke langkah selanjutnya dengan klik tombol ‘Regenerate Security Keys’ untuk memperbarui token keamanan (security tokens) secara otomatis.

Baca juga: 5 Macam SSL Error dan Cara Mengatasinya

Kesimpulan

Mengatasi error ‘Are you sure you want to do this?’ di WordPress dapat dilakukan dengan beberapa cara. Banyaknya cara mengatasi error ini disebabkan penyebab error yang juga beragam. Mengidentifikasi asal usul munculnya permasalahan bisa menjadi solusi terbaik untuk menggunakan metode yang tepat.

Error ‘Are you sure you want to do this?’ harus segera diselesaikan karena ini berhubungan dengan keamanan website Anda. Setelah error teratasi, jangan lupa untuk melakukan pencegahan. Salah satunya seperti menginstall plugin yang sesuai seperti Defender.

Semoga artikel cara cepat mengatasi error ‘Are you sure you want to do this?’ ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda menyukai artikel ini, jangan lupa untuk mengisi form subscribe untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

1
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 15 =