Ingin tingkatkan SEO website Anda??

Download eBook Gratis 5+ Strategi SEO Berbagai Industri

Download Ebook
Tutorial

Cara Membuat Tabel di WordPress dengan Mudah

Anda mungkin perlu menambahkan tabel pada website untuk memudahkan pengunjung membaca informasi penting. Namun, bagaimana cara membuat tabel di WordPress? 

WordPress memang telah menyediakan fitur tabel pada editor Gutenberg. Namun, fitur tersebut sangat terbatas, sehingga Anda tak bisa banyak melakukan kustomisasi. Misalnya saja, mengatur ukuran tabel, menambahkan gambar, dan lainnya. 

Nah, di artikel ini, kami akan jelaskan cara membuat tabel di WordPress dengan beberapa pilihan, yaitu menggunakan plugin dan tanpa plugin. Kami juga akan memberikan rekomendasi plugin tabel yang bisa Anda coba. Yuk, simak artikel ini sampai selesai, ya! 

Cara Membuat Tabel di WordPress

Berikut ini cara membuat tabel di WordPress menggunakan plugin TablePress. Cara buat tabel di WordPress pakai TablePress ini bisa Anda lakukan dengan dua cara, yaitu secara manual dan import tabel. Lebih jelasnya, simak penjelasan berikut. 

Memasukkan Data Tabel secara Manual

1. Langkah pertama, install dulu plugin TablePress dengan cara klik menu Plugin > Add New. Lalu cari plugin melalui kolom pencarian. 

Selanjutnya, klik Install Now > Activate untuk mengaktifkan plugin.

2. Setelah plugin aktif, Anda bisa mulai membuat tabel. Pilih menu TablePress > Add New Table pada dashboard. 

3. Masukkan data seperti nama tabel, deskripsi, dan jumlah baris serta kolom. Setelah selesai, klik Add table seperti gambar berikut. 

4. Setelah itu, masukkan data yang ingin Anda tampilkan ke dalam tabel pada kolom Table Content. 

5. Masih pada halaman yang sama, Anda juga bisa melakukan modifikasi pengaturan tampilan tabel pada kolom Table Manipulation. Beberapa hal yang bisa Anda kustomisasi misalnya, memasukkan link, gambar, menambah kolom, menambah baris, dan lainnya. 

6. Jika pengaturan telah selesai, simpan data dengan klik tombol Save Changes. Anda juga bisa melihat tampilannya terlebih dulu dengan klik tombol Preview.

7. Setelah selesai membuat tabel, masukkan tabel tersebut ke postingan Anda. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, meletakkan shortcode yang terdapat pada Table Information. 

8. Salin shortcode tersebut dan paste pada postingan baru Anda. 

9. Cara kedua, masukkan tabel menggunakan menu Insert Table from TablePress di WordPress editor. 

10. Berikut ini tampilan tabel setelah postingan di-publish. 

Memasukkan Data dengan Fitur Import Tabel

Plugin TablePress juga menyediakan fitur import file dengan format CSV, HTML, JSON, XLS, dan XLSX. Jadi, jika Anda telah memiliki file data dengan format tersebut, Anda tak perlu repot-repot memasukkan data satu per-satu. Tinggal pakai fitur import table berikut. 

1. Klik menu TablePress > Import a Table

2. Pilih file yang akan Anda import dengan menekan tombol Choose File. Pilih format yang Anda inginkan, lalu klik tombol Import.  

3. Jika berhasil import file, Anda tinggal lakukan melakukan kustomisasi tabel yang berisi data dari file import tadi. 

4. Jika sudah dikustomisasi, Anda bisa salin shortcode untuk dipasang di postingan

5. Lalu, paste di postingan Anda. 

6. Cara lainnya, klik menu Insert Table from TablePress yang ada pada WordPress editor. Setelah itu klik Publish.

7. Setelah publish, hasilnya akan sama dengan menambahkan data secara manual. 

8. Kalau Anda ingin mendapatkan file tabel tersebut, Anda bisa mengekspor tabel ke format file yang Anda inginkan. Caranya klik menu TablePress > Export a Table. 

Selanjutnya, tinggal pilih tabel dan format yang Anda inginkan, lalu klik tombol Download Export File

Cara Membuat Tabel Menggunakan HTML di WordPress

Itu tadi cara buat tabel di WordPress dengan mudah menggunakan plugin. Meski begitu, kustomisasi tampilan dan warna tabelnya masih sangat terbatas. Sebagai solusinya, Anda bisa membuat tabel sendiri menggunakan kode HTML

Untuk menggunakan langkah ini, setidaknya Anda sudah pernah belajar HTML dan memahami konsepnya untuk membuat website. 

Nah, untuk membuat tabel HTML, Anda perlu tahu terlebih dahulu tag-tag membuat tabel HTML sebagai berikut: 

  • <table> – menandai sebuah tabel
  • <thead> – menandai bagian head sebuah tabel
  • <tbody> – menandai bagian body sebuah tabel
  • <tr> – untuk menyisipkan baris
  • <td> – untuk menyisipkan sel dalam sebuah baris
  • <th> – untuk mengisyaratkan sel header atau judul

Sekarang mari kita coba cara membuat tabel di WordPress tanpa plugin. Anda bisa membuat kodenya menggunakan tool online seperti Tryit Editor W3School. Lalu buat kode seperti ini: 

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Contoh Tabel HTML</title>
</head>
<body>

    <table border="1">
        <tr>
            <td>Baris 1 Kolom 1</td>
            <td>Baris 1 Kolom 2</td>
        </tr>
        <tr>
            <td>Baris 2 Kolom 1</td>
            <td>Baris 2 Kolom 2</td>
        </tr>
    </table>

</body>
</html>

Dengan kode tersebut, Anda sudah bisa membuat tabel HTML seperti berikut: 

Sekarang simak cara memberi warna pada sel dan baris berikut ini. Anda akan menggunakan atribut bgcolor yang diletakkan di tag pembuka <tr> atau <td>. 

Menggunakan atribut bgcolor dalam tag <tr>, warna yang ditentukan akan diaplikasikan ke semua sel dalam satu baris. Sementara, atribut bgcolor dalam tag <td> hanya akan mempengaruhi satu sel. Perhatikan contoh di bawah ini: 

<table border="1" cellpadding="5">
        <tr bgcolor="yellow">
            <td>Baris 1 Kolom 1</td>
            <td>Baris 1 Kolom 2</td>
        </tr>
        <tr>
            <td bgcolor="red">Baris 2 Kolom 1</td>
            <td>Baris 2 Kolom 2</td>
        </tr>
    </table>

Begini hasilnya: 

Itu tadi beberapa cara membuat tabel menggunakan HTML secara singkat. Untuk lebih lengkapnya, silakan kunjungi artikel berikut → Cara Membuat Tabel HTML di WordPress dengan Mudah

3 Rekomendasi Plugin Tabel di WordPress

Berikut ini adalah rekomendasi plugin tabel selain TablePress sebagai referensi Anda membuat table di WordPress. 

1. Data Tables Generator by Supsystic

Plugin tabel WordPress yang pertama ada Data Tables Generator by Supsystic.  Plugin ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Di versi gratisnya, Anda bisa mendapatkan plugin dengan unlimited pembuatan baris, cells, dan data formatting. 

Sementara itu, pada fitur premium Anda bisa mendapatkan layanan export file ke PDF, Excell, dan CSV. Anda juga bisa membuat button, diagram, dan sorting data. 

Nah, jika Anda memiliki tim untuk mengelola website, Anda juga mengatur siapa saja yang dapat mengedit tabel. 

Harga: $29 

2. Ninja Tables

Plugin untuk membuat tabel di WordPress lainnya yang bisa Anda gunakan ialah Ninja Tables. Plugin ini diklaim sebagai plugin table paling responsive. Sehingga, pengunjung website dari perangkat mobile tetap bisa melihat table dengan baik. 

Ninja Tables juga telah terhubung langsung dengan Google Sheets sehingga Anda bisa mengimport data lebih mudah. Selain itu, bagi Anda yang memiliki website toko online, Ninja Tables juga telah terintegrasi dengan WooCommerce. Jadi, kebutuhan tabel untuk toko online Anda lebih mudah dipenuhi. 

Harga: $49.50 – $249.50

3. League Table

Plugin tabel yang satu ini memang tidak menyediakan versi gratis, tapi harga yang ditawarkan plugin ini sangat terjangkau kok. Hanya 23 dollar saja. 

Plugin League Table menyediakan 135 pilihan kustomisasi, termasuk di dalamnya Anda bisa menyortir data, menambahkan warna, merger, dan lainnya. Anda juga bisa mengimport dan mengexport data dengan mudah. 

Hal yang terpenting, plugin ini dapat menampilkan tabel yang responsif. Sehingga pengunjung yang mengakses website melalui perangkat mobile bisa tetap melihat data tabel secara utuh. 

Harga: $23 

Baca juga: Rekomendasi Plugin Table WordPress Terbaik

Buat Tabel di WordPress Lebih Mudah, Sekarang!

Membuat tabel di WordPress ternyata tidaklah sesulit yang Anda bayangkan lho! Anda bisa menggunakan plugin tabel yang telah disediakan supaya lebih mudah. 

Tinggal install plugin tabel pilihan Anda, masukkan data tabel, pasang di postingan Anda. Jika tak ingin repot memasukkan data satu per-satu, Anda juga melakukan import data yang telah Anda buat di file terpisah. 

Jika Anda ingin lebih bebas mengustomisasi tabel Anda dengan warna atau ukuran tertentu, Anda juga bisa membuat tabel dengan HTML. Cara ini memang lebih rumit dibanding menggunakan plugin, tapi tak ada salahnya Anda coba untuk menghasilkan tabel yang Anda inginkan. 

Fitur tabel memang merupakan salah satu fitur yang penting pada website, terutama website toko online. Eits, tapi jangan lupa fitur penting lainnya yang mampu meningkatkan usaha online Anda. Yuk, baca apa saja fitur toko online yang penting dalam bentuk ebook berikut ini! 

Putri Aprilia

Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

10 Tokoh Wirausahawan Sukses di Indonesia yang Inspiratif!

Anda sedang membangun bisnis? Intip duku kisah 10 wirausahawan sukses di Indonesia yang pasti menginspirasi Anda! Yang mana panutan Anda?

21 hours ago

Apa itu SaaS? Bagaimana Cara Marketing Bisnis Ini?

SaaS adalah bagian tak terpisahkan dari pengembangan bisnis saat ini. Tidak sedikit perusahaan yang menjadikan aplikasi SaaS sebagai pilihan untuk…

2 days ago

Cara Membuat Aplikasi Next JS dengan Mudah

Next JS adalah framework frontend berbasis React dengan banyak fitur yang memudahkan developer membuat website atau aplikasi. Berbeda dengan React,…

4 days ago

Bahaya! Celah Keamanan 3 Plugin XootiX Ancam 84,000 Website Terkena Serangan!

Pada bulan November 2021, ahli keamanan WordPress menemukan celah keamanan dari tiga plugin WordPress milik XootiX, yakni Login/Signup Popup, Side…

5 days ago

Apa Itu VPS? Penjelasan dan Cara Memilih VPS

Saat membuat website, Anda akan dihadapkan dengan banyaknya pilihan paket hosting. Hal ini tentu membuat Anda bingung harus memilih paket…

5 days ago

E-Learning: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Cara Membuatnya

E-learning adalah model pembelajaran yang saat ini cukup populer. Anda bisa lihat dari banyaknya layanan kursus online seperti Zenius, Udemy,…

6 days ago