Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Cara Ganti Password Linux dengan Mudah & Perintahnya Lengkap

3 min read

Cara Ganti Password Linux dengan Mudah & Perintahnya Lengkap

Sebagai user Linux, penting untuk melindungi sistem dari serangan berbahaya serta menjaga kerahasiaan data Anda. Nah, salah satunya adalah dengan cara ganti password Linux. Masalahnya, bagaimana cara mengubah password di Linux yang benar, ya?

Tenang, Anda tidak salah tempat. Kali ini, Anda akan belajar cara ganti password root maupun user biasa pada sistem operasi Linux. Langkah-langkahnya juga terbilang mudah dan bisa dilakukan secara singkat, kok.

Tanpa basa-basi, ini dia tutorial selengkapnya!

Cara Mengganti Password Linux

Untuk mengubah password user di Linux, Anda bisa menggunakan perintah passwd. Berikut langkah-langkah mengganti password di Linux (Ubuntu, Debian, CentOS) untuk user root maupun user biasa:

Cara Mengubah Password User Root di Linux

Sebelum memulai cara mengubah password user root, Anda perlu menyiapkan perangkat Linux lebih dulu. Sebagai contoh, kami menggunakan layanan VPS Indonesia dari Niagahoster yang sudah terinstall sistem operasi Linux.

Jika sudah siap, ini dia urutan langkah ganti password Linux:

1. Buka aplikasi terminal apa pun yang Anda punya. Kemudian, silakan login ke VPS dengan cara menggunakan SSH. Berikut tampilannya jika sudah login:

tampilan berhasil login ke vps linux menggunakan metode ssh
Perintah SSH root diikuti IP address dan port VPS akan membawa pengguna login ke VPS Linux sebagai user root

2. Setelah login sebagai root, jalankan perintah passwd seperti contoh berikut:

passwd
menjalankan perintah passwd di terminal linux untuk user root
Perintah passwd dijalankan di terminal Linux untuk mengganti password milik user root

3. Command passwd akan menampilkan dua baris di bawah. Nah, isi keduanya sesuai ketentuan berikut:

  • Enter new UNIX password – Isi password Linux baru Anda.
  • Retype new UNIX password – Tulis kembali kata sandi Anda, pastikan sesuai dengan input sebelumnya. 
menginputkan password baru dan melakukan validasi kata sandi untuk user root
Setelah menjalankan perintah passwd, pengguna akan diminta menginput password baru serta memvalidasi input password sebelumnya

4. Sistem akan memvalidasi perubahan password Linux Anda. Jika berhasil, output yang muncul di layar adalah:

passwd: password updated successfully
output menunjukkan cara ganti password linux user root berhasil
Output passwd: “password updated successfully” menunjukkan cara ganti password telah berhasil

Selamat! Anda berhasil mempraktikkan cara ganti password root di CentOS, Debian, dan Ubuntu Linux.

Tenang, masih ada tutorial mengganti password user non root yang bisa Anda coba. Yuk, scroll ke bawah!

Baca juga: Cara Ganti Password VPS

Cara Ganti Password Linux untuk User Lain

Cara ganti password Ubuntu dan distro Linux lain dengan perintah passwd bisa Anda terapkan ke pengguna non root, loh. Seperti biasa, awali dengan masuk ke sistem VPS sebagai user root. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah:

1. Ketikkan command passwd diikuti nama user yang ingin diganti passwordnya. Misalnya Anda ingin mengubah sandi untuk user james, maka perintahnya adalah:

passwd james

2. Perintah tersebut akan menampilkan dua form pengisian password baru untuk nama user James tadi:

Enter new UNIX password:
Retype new UNIX password:
menjalankan perintah passwd untuk cara ganti password linux pada user james
Jika dijalankan, perintah “passwd james” akan menampilkan dua baris kode guna menginput kata sandi baru untuk user james serta memvalidasinya

3. Apabila perubahan kata sandi sistem operasi Linux berhasil, maka outputnya menjadi:

passwd: password updated successfully

output menunjukkan cara ganti password linux user root berhasil
Output passwd: “password updated successfully” menunjukkan cara ganti password telah berhasil

Password user non root berhasil diganti. Mudah sekali, bukan?

Sampai di sini, Anda sudah belajar cara ganti password root Debian, Ubuntu, CentOS maupun tutorial mengubah kata sandi untuk akun pengguna biasa.

Baca juga: Cara Menggunakan VPS

Tips Memilih Password Linux yang Kuat

Salah satu kelebihan Linux dibanding sistem operasi lain adalah tersedianya opsi keamanan untuk mengubah password user, baik itu root maupun pengguna biasa.

Nah, agar Linux lebih aman, pastikan Anda menerapkan tips membuat password Linux berikut:

1. Gunakan kombinasi huruf besar-kecil, angka, karakter khusus

Ketika membuat password akun Linux, manfaatkanlah kombinasi huruf besar dan kecil, angka, serta karakter khusus, misalnya seperti @p3rT1K3d#@. Trik ini membuat password Anda lebih kuat dan tidak mudah ditebak oleh pihak tak bertanggung jawab.

2. Hindari menggunakan informasi pribadi sebagai password

Jangan pernah menuliskan informasi pribadi, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, atau alamat tinggal sebagai kata sandi. Selain itu, hindari juga penggunaan kata-kata yang dikenal secara umum, seperti makanan, hewan peliharaan, nama artis, dan sebagainya.

3. Tuliskan password yang panjang

Tips lain dalam memilih kata sandi akun Linux yaitu dengan menuliskan password panjang, setidaknya 12 karakter. Hal ini akan menyulitkan orang-orang tak berwenang membobol sistem Anda. Sebab, kemungkinan mereka mengalami kesalahan input di salah satu karakter jadi lebih besar.

4. Simpan password di tempat yang aman

Berikutnya, jagalah kerahasiaan password Linux Anda dengan tidak memberitahukannya ke orang lain, sedekat apa pun itu. Selain itu, Anda juga perlu menyimpan password di tempat yang aman, seperti pada aplikasi password manager terbaik.

5. Terapkan aturan mengganti password secara berkala

Hal lain yang perlu Anda lakukan sebagai administrator Linux adalah menetapkan aturan mengubah password secara berkala. Kebetulan, Linux menyediakan opsi –expire yang bisa dimanfaatkan agar pengguna lain selalu mengubah kata sandinya dalam jangka waktu yang ditentukan.

Sebagai contoh, berikut perintah ganti password dengan opsi –expire untuk user james:

passwd --expire james

Itu tadi trik memilih kata sandi yang aman. Tentu saja, masih banyak cara menjaga keamanan server VPS Linux yang bisa lakukan. Mulai dari rutin mengupdate sistem, mengkonfigurasi firewall, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Konfigurasi Dasar VPS

Cara Mengubah Password Linux Sangatlah Mudah!

Di artikel ini, Anda telah mempraktikkan cara ganti password Linux menggunakan perintah passwd. Nah, tutorial di atas bisa Anda terapkan baik untuk user root maupun non root.

Apakah Anda tertarik menjajal panduan ini? Jika ya, siapkan dulu sebuah perangkat Linux, misalnya server VPS. Jika belum punya, Anda bisa mendapatkannya di penyedia VPS terpercaya seperti Niagahoster.

Kebetulan, Niagahoster memiliki layanan Cloud VPS Hosting yang dibekali sederet fitur keren dan canggih. Sebut saja, ketersediaan 50+ sistem operasi Linux bebas install, serta full root access untuk kemudahan mengelola server.

Di samping itu, masih ada teknologi SSD Raid-10 untuk melindungi Anda dari risiko kehilangan data berharga. Jadi tunggu apa lagi, yuk gunakan VPS Niagahoster dan nikmati kemudahan mengelola Linux server!

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *