Apa itu Blogwalking? Perlukah Setiap Blogger Melakukannya?

Blogwalking tentu bukan hal asing bagi blogger. Namun, tahukah Anda kalau sebenarnya blogwalking merupakan istilah yang hanya ada di Indonesia? Ya, di luar negeri, istilah yang berasal dari “blog” dan “walking” ini memang tidak populer.

Nah, terlepas dari istilahnya, mengapa blogwalking itu sendiri penting? Mengapa banyak blogger di Indonesia melakukannya?

Di artikel ini, kami akan membahas lengkap soal topik tersebut. Mulai dari pengertian, manfaat dan cara penerapannya. So, simak langsung ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu Blogwalking?

Blogwalking adalah aktivitas dimana Anda mampir ke blog lain dengan berbagai tujuan tertentu.

Biasanya blogwalking dilakukan ketika blogger sedang mencari ide untuk konten di blog mereka. Namun, tak jarang blogwalking digunakan sebagai cara untuk bersosialisasi dengan blogger lainnya.

Nah, bagaimana blogger melakukan kegiatan blogwalking ini?

Pertama, mereka akan mengunjungi berbagai blog yang sesuai dengan tujuan mereka. Tepatnya, blog-blog dengan topik sejenis atau satu niche dengan blog mereka. Plus, memiliki popularitas tinggi sebagai bukti konten di blog tersebut menarik pembaca.

Kedua, blogger akan melihat berbagai artikel yang bermanfaat dan meninggalkan pesan di kolom komentar. Langkah ini tentu menjadi cara untuk membangun diskusi dengan pemilik blog atau pembaca lainnya. Selain mendapatkan ilmu-ilmu baru, mereka bisa memperluas networking antar blogger.

Lalu, apa saja manfaat yang didapatkan dari blogwalking?

Baca juga: 9 Cara Menjadi Blogger Sukses dan Profesional 2020

5 Manfaat Blogwalking

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kegiatan blogwalking:

1. Memperluas Networking

Seperti yang kami sebutkan, blogwalking bisa menjadi kesempatan untuk memperluas networking. Mengapa bisa demikian?

Setiap Anda memberikan komentar positif di blog lain, hal tersebut menunjukkan bentuk apresiasi pada pemilik blog. Atau, bisa dimanfaatkan untuk bertanya lebih jauh dan membangun diskusi. Seperti ini contohnya.

Apabila terjadi komunikasi lebih lanjut, maka Anda punya kesempatan untuk saling berbagi ide atau informasi sebagai teman sesama blogger. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, Anda juga bisa membagikan link artikel blog Anda yang membahas topik serupa.

2. Mendapatkan Inspirasi Baru

Menemukan inspirasi untuk konten blog Anda bisa datang dari mana saja. Blogwalking, salah satunya.

Ketika mampir ke blog lain, Anda akan mendapat banyak informasi dan inspirasi baru dari blog tersebut. Nantinya, inspirasi tersebut bisa menjadi bekal untuk menciptakan konten selanjutnya.

Idealnya, Anda berkunjung ke blog yang sudah sukses atau populer. Kemudian, amati apa saja topik yang sudah mereka bahas dan bagaimana cara mereka menyajikan konten. Selain itu, temukan juga apa keunikan konten mereka sehingga disukai pengunjung.

Namun ingat, jangan pernah lakukan plagiarisme alias copy paste dari konten lain, ya. Utamakan sikap profesional Anda sebagai blogger. Biasakanlah untuk mencantumkan sumber atau referensi saat Anda mengutip dari tulisan lain.

Keaslian konten sangat penting. Sebab, bila Anda menjiplak, bisa-bisa Anda dituntut oleh pemilik konten asli. Selain itu, Google juga tidak mendukung duplikasi konten. Bahkan, Anda bisa semakin sulit mendapatkan traffic karena Google menurunkan peringkat blog Anda di mesin pencari.

3. Mendapat Bantuan dari Blogger Lain

Sebagian besar kegiatan blogging memang dilakukan sendiri. Tetapi, membangun hubungan baik dengan blogger lain sangat penting. Salah satu manfaatnya adalah Anda bisa mendapatkan bantuan ketika memiliki kendala. Baik kendala teknis atau non teknis.

Contohnya, saat Anda terkendala mengupdate versi baru WordPress. Bisa saja, kendala ini juga pernah dialami oleh blogger lain. Dengan bertanya ke mereka, Anda bisa mendapat solusi cara mengatasinya.

Bisa juga Anda mendapat bantuan dalam bentuk kolaborasi. Misalnya, Anda berencana membuat sebuah konten yang cukup challenging sehingga tidak mungkin dilakukan sendiri. Nah, bisa meminta bantuan dari teman blogger Anda. Entah dengan sharing, atau bahkan menjadi partner kolaborasi dalam konten tersebut.

4. Sebagai Bahan Evaluasi

Blogwalking juga bisa menjadi bahan untuk mengevaluasi kualitas blog Anda saat ini. Artinya, Anda bisa mendapatkan pembanding dari blog yang sudah sukses.

Semakin sering berkunjung ke blog lain, akan banyak referensi yang Anda dapatkan. Jadi, semakin mudah untuk mengetahui apa saja kekurangan blog Anda dan bagian mana saja yang perlu Anda tingkatkan.

Evaluasi bisa meliputi berbagai hal. Mulai dari pemilihan topik, penguasaan materi, cara berkomunikasi, gaya bahasa, hingga penyajian gambar di blog Anda.

5. Mempromosikan Blog Anda

Selain untuk memperluas lingkup sosial antar blogger, blogwalking juga bisa menjadi ajang untuk mempromosikan blog Anda.

Namun ingat, Anda tidak bisa sembarangan meninggalkan link blog Anda di kolom komentar. Langkah tersebut justru akan dianggap spam dan kurang elegan. Bisa-bisa keinginan untuk promosi lewat backlink justru berdampak buruk. (Kami akan jelaskan lebih lanjut di bagian Meningkatkan Trafik).

Jadi, bagaimana caranya mempromosikan blog melalui blogwalking?

Seperti poin pertama di atas, awali dulu dengan niat untuk membangun networking. Kemudian, sering-seringlah memberikan komentar yang bermanfaat. Jika sudah menemukan kesempatan untuk melakukan promosi, tinggalkanlah link dari blog Anda sesuai dengan topik yang dibahas.

Baca juga: Cara Menghilangkan Spam di Blog WordPress

3+ Tips Melakukan Blogwalking yang Tepat

Blogwalking memiliki cara dan etikanya sendiri. Jika salah melakukannya, hasilnya akan tidak efektif. Jadi, Anda perlu tahu apa tips blogwalking yang tepat. Apa saja tipsnya?

1. Carilah Blog dengan Niche yang Sama

Salah satu tips blogwalking yang efektif adalah memulai dari blog yang sesuai niche Anda. Bila Anda seorang beauty blogger, utamakan blogwalking ke blog dengan niche kecantikan.

Kenapa langkah ini penting? Sebab, Anda bisa dengan mudah berbagi link jika relevan dengan topik yang dibahas.

Akan lebih bagus lagi jika Anda mengunjungi blog yang sudah populer. Alasannya, informasi yang diberikan pasti bermanfaat. Anda bahkan bisa mendapatkan inspirasi membuat konten untuk blog Anda.

Selain itu, blog tersebut pasti sudah memiliki banyak pembaca. Jadi, ketika meninggalkan komentar semakin besar kemungkinan dibaca pengunjung lain.

2. Beri Komentar yang Relevan

Tips blogwalking berikutnya adalah memberikan komentar yang baik sesuai dengan topik. Hal ini penting untuk mencegah Anda memberikan komentar spam. Bagaimana caranya?

Sebagai contoh, jangan berkomentar sekedar:  kontennya bagus, ganatau keren sekali. Alasannya, komentar tersebut terlalu umum dan kurang berbobot. Jika ada poin penting di dalam artikel yang bermanfaat, tunjukkan dalam komentar Anda.

Bila perlu, berikan pujian terlebih dulu kepada si penulis sebagai bentuk apresiasi Anda sebelum memberikan komentar. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah membaca isi konten dan memahaminya dengan baik.

Selain memberi komentar tentang artikel yang dibaca, Anda bisa menyampaikan pertanyaan sebagai bahan diskusi. Jika relevan, komentar Anda bisa saja mendapat respon dari pemilik blog atau pengunjung lain.

3. Pelajari Konten Mereka

Selain membaca artikel dan memberikan komentar, Anda bisa mempelajari struktur konten ketika blogwalking. Terutama, pada blog yang sudah populer.

Anda bisa melihat topik apa saja yang dibahas dan bagaimana informasi diberikan di tiap artikel. Jika ada beberapa kata kunci yang digunakan, catatlah untuk Anda pelajari lebih lanjut.

Lalu, temukanlah media apa saja yang disertakan dalam tiap artikel untuk membantu pemahaman pembaca. Apakah ada gambar menarik, atau video yang disisipkan?

Selain itu, perhatikan juga frekuensi update konten mereka. Apakah posting dilakukan mingguan atau bulanan? Hal tersebut akan memberikan Anda informasi bagaimana sebaiknya menata konten Anda agar sukses.

Baca juga: 9 SEO Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword

4. Gunakan Gravatar

Gravatar adalah foto profil yang menunjukkan identitas online Anda. Gravatar ini pula yang akan muncul ketika Anda memberikan komentar di berbagai blog saat blogwalking. Jadi, pilihlah foto terbaik untuk menunjukkan kesan profesional.

Hal ini sering diabaikan oleh banyak blogger. Mereka jarang memasang gravatar dengan foto pribadi yang sesuai. Padahal, gravatar bisa membantu pemilik blogger atau pengunjung mengenali Anda.

Apalagi, jika tujuannya untuk promosi blog, menggunakan gravatar bisa lebih meningkatkan personal brand awareness Anda.

Baca juga: 9 Cara Menjadi Blogger Sukses dan Profesional 2020

Benarkah Blogwalking Dapat Meningkatkan Trafik?

Salah satu alasan melakukan blogwalking adalah untuk mempromosikan blog. Caranya, dengan meninggalkan link saat berkomentar di blog lain. Tujuannya, mengundang pengunjung datang ke blog Anda.

Namun, apakah cara ini bisa langsung meningkatkan trafik blog Anda?

Apabila link yang Anda bagikan relevan, trafik Anda bisa saja meningkat. Oleh karena itu, lakukan blogwalking rutin dan tinggalkan komentar berbobot di berbagai blog populer.

Di sisi lain, mendapatkan backlink dari blog besar bisa menunjukkan blog Anda berkualitas. Hal ini penting bagi upaya SEO. Alasannya, Google bisa saja menaikkan peringkat Anda di mesin pencari. Posisi teratas hasil pencarian tentu mengundang lebih banyak pengunjung, bukan?

Namun, ada catatan penting. Jika blog yang Anda kunjungi menerapkan nofollow pada kolom komentar mereka, hal ini tidak akan dicatat sebagai keuntungan SEO. Sebab, mesin pencari tidak mengikuti link yang Anda tempatkan di blog lain.

Tidak hanya itu, jika blogwalking yang Anda lakukan hanya sekedar meninggalkan komentar spam, Anda tidak akan mendapatkan manfaat untuk meningkatkan trafik. Bahkan, bisa mendapatkan penalti dari Google.

Baca juga: SEO Off Page: Cara Optimasi dalam 6 Langkah

Yuk, Para Blogger Lakukan Blogwalking Sekarang!

Blogwalking adalah kegiatan yang bermanfaat. Anda bisa menjadikannya strategi untuk mendapat inspirasi baru, memperluas networking, dan melakukan promosi blog.

Ada berbagai tips yang bisa Anda lakukan agar blogwalking Anda efektif. Mulai dari memilih niche blog yang sama, berbagi komentar yang relevan, hingga menggunakan gravatar untuk tujuan personal branding.

Jika dilakukan dengan benar, trafik blog Anda bisa saja meningkat dan networking Anda dengan komunitas blogger bisa lebih baik.

Semoga informasi ini bermanfaat dan happy blogwalking!

Sekar Ningtyas

As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Share
Published by
Sekar Ningtyas

Recent Posts

Jelang Black Friday 2020, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Black Friday 2020 akan segera tiba. Event belanja tahunan ini, selalu menawarkan diskon menarik. Anda tentu tak ingin ketinggalan, kan?…

1 hour ago

Harbolnas: Momen Bisnismu Menutup 2020 dengan Mengesankan!

Tidak disangka ternyata Desember sebentar lagi. Dan waktunya Harbolnas tiba! Angin segar bagi bisnis online Anda, karena event belanja online…

1 day ago

API: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa yang terjadi jika sebuah aplikasi dapat dikembangkan tanpa membuat setiap komponennya dari nol? Tentunya, pekerjaan developer bisa lebih mudah…

2 days ago

Web Cache: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Adanya web cache memungkinkan loading website bisa lebih cepat. Jadi, Anda bisa menarik banyak pengunjung sekaligus membuat mereka betah di…

3 days ago

Tambah Penghasilan dengan Program Referral Karyawan Niagahoster

Mau tambah penghasilan dengan mudah? Coba ikut aja Program Referral Karyawan dari Niagahoster! Apa itu Program Referral Karyawan Niagahoster? Program…

3 days ago

Maskot Galeri: Dari Brosur Tempel, Kini Rambah Pasar Nasional dengan Website

Website akan mempermudah Anda dalam memasarkan bisnis dan meraih kepercayaan konsumen. Belum percaya? Coba tengok kisah Maskot Galeri. Produsen kostum…

4 days ago