Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Affiliate Marketing: Pengertiannya dan Cara Menjadi Affiliate Marketer

6 min read

featured image program afiliasi niagahoster

Tahukah Anda? Ada banyak cara menghasilkan uang dari internet. Berjualan barang secara online, menjadi vlogger, dan mengikuti program affiliate marketing adalah beberapa di antaranya.

Marketing afiliasi sendiri merupakan salah satu contoh peluang usaha yang menjanjikan. Sebab, caranya mudah dan potensi penghasilannya besar!

Ingin tahu apa itu affiliate marketing dan cara kerjanya? Jangan khawatir, karena di artikel ini Anda akan belajar digital marketing, utamanya marketing afiliasi secara lengkap.

Tanpa perlu berlama-lama, yuk simak sampai selesai!

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah metode online marketing di mana Anda memasarkan produk brand yang menyelenggarakan program afiliasi. Nantinya, Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian produk yang Anda promosikan melalui link referral.

Link referral adalah tautan halaman produk yang disertai kode referral. Kode yang Anda dapatkan berbeda dari kode milik affiliate marketer lain. Jadi, Anda hanya bisa mendapatkan komisi dari link referral milik Anda.

Setelah tahu apa itu affiliate marketing, mari pahami cara kerjanya.

mendapatkan uang dari internet pdf

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

cara kerja affiliate marketing

Pada dasarnya, cara kerja affiliate marketing meliputi langkah-langkah berikut ini:

  1. Daftar Program Afiliasi – Anda mendaftar program afiliasi dari perusahaan tertentu.
  2. Promosi Produk – Anda mempromosikan produk dari perusahaan tersebut di blog dan media sosial yang Anda miliki. Jangan lupa untuk menyisipkan kode referral Anda di konten Anda.
  3. Orang-Orang Menggunakan Kode Referral Anda – Ada orang yang membeli produk menggunakan kode referral yang Anda letakkan di media promosi Anda. Biasanya orang yang menggunakan kode referral akan mendapatkan diskon tambahan
  4. Dapatkan Komisi – Setelah itu, Anda akan mendapatkan komisi jika ada orang yang membeli melalui link yang Anda letakkan di blog dan media sosial Anda.

Cara kerja affiliate marketing di atas adalah yang paling umum. Meski demikian, perlu diingat bahwa alur kerja di setiap perusahaan penyedia program afiliasi bisa berbeda-beda. Pastikan untuk selalu membaca syarat dan ketentuan sebelum mendaftar program afiliasi.

Baca juga: Apa itu Inbound Marketing?

Kelebihan Affiliate Marketing

Berikut ini adalah keunggulan yang ditawarkan affiliate marketing

1. Proses Mudah

Setiap perusahaan penyedia program affiliate marketing mempunyai syarat dan ketentuan berbeda-beda. Namun, umumnya semua perusahaan menerapkan cara kerja affiliate marketing yang sama. Anda mendaftar sebagai affiliate marketer, lalu mempromosikan produk, dan mendapatkan komisi jika ada yang membeli melalui link atau banner Anda.

2. Bisa Dimulai dengan Gratis

Anda bisa memulai affiliate marketing tanpa harus mengeluarkan dana. Sebab, beberapa penyelengga program afiliasi tidak mewajibkan Anda untuk membeli produknya.

Kalaupun sebuah program afiliasi mensyaratkan pembelian produk, Anda bisa memilih barang yang terjangkau dan Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu membayar mahal untuk menjadi affiliate marketer.

3. Bisa Jadi Passive Income

Passive income atau penghasilan pasif kini tidak hanya bisa didapatkan dari bisnis kontrakan saja. Marketing afiliasi juga bisa menjadi passive income Anda.

Dengan satu postingan Anda bisa menghasilkan uang. Syaratnya, postingan tersebut harus bisa mengajak audiens agar membeli produk dari link referral Anda.

4. Tidak Terbatas pada Satu Affiliate Marketing

Anda ingin mendapatkan penghasilan lebih sebagai affiliate marketer? Tentu saja bisa! Sebab, Anda bisa mengikuti lebih dari satu program afiliasi secara bersamaan.

Jika ingin melakukan itu, pastikan Anda memahami syarat dan ketentuan masing-masing program affiliate marketing yang Anda ikuti. Sebab, tidak semua penyelenggara program memperbolehkan Anda untuk menjadi afiliator perusahaan lain.

5. Jam Kerja Fleksibel

Ketika bisnis afiliasi anda sudah stabil, Anda dapat memutuskan untuk menjadikan bisnis afiliasi sebagai sumber pendapatan utama. Secara otomatis jam kerja Anda menjadi fleksibel karena tidak terikat dengan waktu. Dengan menjalankan bisnis digital ini tidak ada patokan lama bekerja. Apabila sudah dirasa cukup, Anda dapat bersantai dengan teman atau keluarga.

Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing?

Cara menjadi affiliate marketer cukup sederhanya. Pada umumnya, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini untuk memulai affiliate marketing:

1. Riset Program Affiliate Marketing Dahulu

Ada begitu banyak program afiliasi yang bisa Anda coba. Namun, manakah yang paling cocok untuk Anda?

Inilah mengapa Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Beberapa faktor yang mesti Anda pertimbangkan saat memilih program affiliate marketing adalah sebagai berikut ini:

  • Relevansi produk/layanan – Anda harus memastikan bahwa produk atau layanan yang dipromosikan selaras dengan media yang Anda gunakan untuk berpromosi.
  • Komisi – Setiap program afiliasi pasti menjelaskan persentase komisi yang mereka tawarkan. Pastikan persentasenya sesuai dengan yang Anda harapkan.
  • Pengguna afiliasi – Salah satu cara untuk memastikan kualitas program afiliasi adalah dengan melihat penggunanya. Selain melihat reputasinya, Anda juga bisa tahu apakah programnya menguntungkan apa tidak.
  • Support – Pastikan programnya menawarkan support. Baik dalam bentuk live chat maupun email. Sehingga, Anda bisa mendapat bantuan jika ada kendala terkait programnya.

Apabila keempat faktor di atas sudah memenuhi ekspektasi Anda, maka Anda bisa coba untuk bergabung dengan programnya. Jangan lupa untuk memahami cara kerja setiap program afiliasi.

2. Mencari Media Promosi

Cara menjadi affiliate marketer tentu membutuhkan media promosi karena yang akan Anda lakukan adalah mempromosikan produk.

Anda bisa mempromosikan produk afliasi dengan social media marketing melalui WhatsApp Bisnis, Instagram, Facebook, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menerapkan strategi video marketing dengan channel YouTube. Yang terpenting, pastikan media promosi yang Anda gunakan adalah media yang diperbolehkan oleh penyedia program afiliasi.

Jika Anda belum pernah blogging, tidak perlu khawatir. Sebab membuat blog kini lebih mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa mengikuti panduan Cara Membuat Blog dan Anda bisa langsung memulai program affiliate marketing Anda.

Baca Juga: Strategi Jitu Twitter Marketing

3. Membangun Pengetahuan tentang Produk

Jangan sampai Anda memberikan informasi tidak benar mengenai produk. Informasi atau spesifikasi yang tidak sesuai akan menurunkan kepercayaan calon pembeli.

Jika audiens Anda ragu dengan produk yang dipasarkan, kemungkinan untuk membeli melalui referral Anda juga kecil. Jadi, pelajari baik-baik produk yang akan Anda promosikan agar review Anda dianggap terpercaya oleh calon pembeli. Selain itu, Anda juga bisa belajar tentang referral marketing supaya strategi marketing Anda berjalan dengan mulus

4. Melakukan Promosi

Mempromosikan produk tentu merupakan bagian dari cara menjadi affiliate marketer. Jika belum pernah memasarkan produk sebelumnya, jangan khawatir. Anda bisa mempelajari cara promosi produk dari affiliate marketer lain, dari blog-blog pakar digital marketer, dan lainnya. Beberapa perusahaan bahkan menyediakan kelas untuk para anggota program afiliasinya.

Strategi Affiliate Marketing yang Sukses

Memulai affiliate marketing adalah hal yang mudah. Selama Anda memiliki media promosi dan kemauan untuk mempelajari pemasaran afiliasi, Anda bisa menghasilkan dari komisi penjualan. Berikut adalah tujuh tips untuk menjalankan affiliate marketing yang menghasilkan:

1. Buat Review yang Personal

Anda bisa saja membuat review produk tanpa perlu benar-benar menggunakannya. Namun, isi kontennya akan sama dengan review-review produk yang sama yang bertebaran di internet. Tambahkan nilai lebih di review dengan pengalaman Anda menggunakan produk yang Anda promosikan. Dengan begitu review Anda memiliki nilai personal yang tidak bisa ditemukan di review-review lain.

2. Jangan Fokus Mendapatkan Komisi Saja

Tujuan utama melakukan affiliate marketing adalah menghasilkan uang. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan kebutuhan pembaca Anda.

Pembaca tidak hanya mencari produk bukan sebatas informasi harga dan spesifikasi. Mereka juga mencari pengalaman orang-orang yang sudah menggunakan produk yang ingin mereka beli. Mereka butuh pertimbangan dari orang lain untuk menentukan membeli sebuah. Oleh karena itu, Anda perlu membuat konten pemasaran afiliasi yang jujur dan bermanfaat untuk audiens.

3. Buat Review yang Menarik

Walaupun program afiliasi bisa dianggap sebagai pekerjaan sampingan, jangan melakukannya setengah-setengah. Buatlah review semenarik mungkin. Berikan pengalaman Anda ketika menggunakan produk. Tambahkan gambar produk dengan kualitas tinggi. Jika diperlukan, Anda juga bisa membuat infografik sederhana tentang produk yang Anda promosikan.

4. Perhatikan SEO

Konten afiliasi yang menarik akan lebih baik lagi ketika didukung SEO yang optimal. Temukan keyword yang banyak dicari terkait produk yang akan Anda promosikan melalui riset keyword. Kemudian buat konten review sesuai cara menulis artikel yang sesuai kaidah SEO. Dengan begitu review Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian dan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk diklik dan dibaca.

Baca Juga: Apa Itu Search Engine Marketing

5. Pahami Target Pasar

Tips selanjutnya untuk affiliate marketing adalah memahami apa yang dibutuhkan oleh target pasar Anda. Cari tahu apa pertanyaan yang sering mereka ajukan mengenai produk yang Anda promosikan melalui media sosial dan forum-forum. Setelah itu, jawab pertanyaan-pertanyaan mereka tentang produk yang Anda promosikan melalui review yang Anda buat.

6. Fokus pada Niche Tertentu

Anda memang bisa mengikuti banyak program afiliasi dalam waktu bersamaan, tapi bukan berarti Anda bisa asal mendaftar program afiliasi. Pilihlah produk yang sesuai dengan niche/tema blog Anda. Misalnya, Anda mengelola blog dengan niche teknologi maka sebaiknya produk-produk yang Anda promosikan adalah produk teknologi. Jika niche blog adalah fashion, sebaiknya Anda mendaftar program afiliasi dari perusahaan fashion juga.

Fokus pada niche tertentu adalah strategi untuk membangun kepercayaan pembaca. Tentu mereka lebih percaya pada review-review yang ditulis oleh ahlinya. Dengan fokus pada niche tertentu Anda secara tidak langsung membangun narasi bahwa Anda ahli di bidang tersebut.

7. Berikan Call to Action

Tujuan utama Anda dari mendaftar program affiliate marketing adalah agar orang-orang menggunakan kode referral Anda. Hanya dengan kode referral tersebut perusahaan penyedia afiliasi bisa mengidentifikasi kalau orang-orang membeli produknya melalui Anda.

Untuk memberi perintah kepada pengunjung untuk memakai kode referral Anda, Anda membutuhkan CTA atau Call to Action. Call to Action adalah petunjuk atau perintah kepada pengunjung untuk melakukan suatu tindakan, dalam hal ini adalah menggunakan kode referral Anda. CTA dapat berupa gambar atau teks. Berikut adalah contoh CTA menarik yang bisa dijadikan referensi untuk CTA afiliasi Anda:

contoh cta untuk affiliate marketing
Contoh CTA berupa gambar (Sumber: Hubspot)

Contoh Perusahaan yang Menerapkan Affiliate Marketing di Indonesia

Program afiliasi bukan hal asing di dunia marketing. Sudah banyak perusahaan baik dari luar negeri maupun dalam negeri yang menyediakan program afiliasi. Amazon, eBay, dan Rakuten adalah beberapa perusahaan penyedia program afiliasi dari luar negeri.

Perusahaan Indonesia pun juga banyak yang menyediakan program afiliasi. Contohnya seperti:

  • Bukalapak
  • BliBli
  • Tokopedia
  • Matahari Mall
  • Tiket.com
  • Niagahoster

Salah satu program affiliate marketing Indonesia dengan keuntungan besar adalah Niagahoster. Niagahoster menawarkan program afiliasi dengan komisi 70 persen. Angka 70 persen terhitung besar, mengingat paket pembelian shared hosting yang bisa mencapai jutaan.

Bayangkan jika ada yang membeli hosting di Niagahoster melalui referral Anda dengan harga 1,5 juta. Anda bisa mendapatkan 70 persen dari penjualan tersebut, yaitu 1,05 juta. Jika ada dua pembeli, Anda bisa mendapatkan sekitar 2 juta dari satu afiliasi saja.

cara kerja affiliate marketing

Baca juga: Program Afiliasi Terbaik

Sistem Pembayaran di Affiliate Marketing

Berikut beberapa sistem pembayaran affiliate marketing jika Anda berhasil mengajak orang lain membeli menggunakan kode Anda:

1. Pay Per Click

Seperti namanya, pay per click adalah sistem pembayaran dimana Anda akan mendapatkan komisi jika ada yang mengklik link afiliasi Anda. Nah, link tersebut biasanya akan mengarah ke website perusahaan afiliasi. Semakin banyak orang yang mengklik link Anda, semakin banyak pula komisi yang akan didapatkan.

2. Pay Per Lead

Pada sistem pembayaran pay per lead, Anda akan mendapatkan komisi apabila ada orang yang sudah berhasil menjadi leads. Seperti mengisi info kontak, mendaftar jadi anggota, mendownload sesuatu, atau berlangganan newsletter. Jadi, jika orang tersebut belum melakukan salah satu hal tersebut, Anda tidak akan mendapatkan komisi.

3. Pay Per Sale

Pay per sale adalah sistem pembayaran yang akan membayar Anda dari persentase harga penjualan produk afiliasi. Contohnya bisa Anda temukan pada program afiliasi Niagahoster yang memberikan Anda komisi 70%. Jadi, jika ada yang membeli hosting seharga 1,5 juta melalui referral di Niagahoster, Anda akan mengantongi komisi sebesar 1,05 juta.

Sudah Siap Mendapat Penghasilan dari Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari internet dengan mudah. Siapa saja bisa menerapkan cara menjadi affiliate marketer selama punya niat dan kemauan untuk mempelajari pemasaran afiliasi. Seperti pekerja freelance, Anda bisa menjadikan affiliate marketing sebagai penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda.

Di artikel ini, Anda telah belajar apa itu affiliate marketing dan cara melakukan afiliasi pemasaran. Mulai dari cara kerja affiliate marketing, hingga cara menjalankannya.

Kini saatnya Anda belajar mempraktikkan affiliate marketing. Ingin segera memulai? Klik link di bawah ini!

Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

One Reply to “Affiliate Marketing: Pengertiannya dan Cara Menjadi Affiliate Marketer”

  1. sungguh bermanfaat sekali gan. Ternyata banyak juga ya yang perlu kita buat. Supaya sukses dengan affiliate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *