Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

Hasilkan Uang di Blog dengan AdNow Native Ads

6 min read

adnow native ads

Salah satu cara mendapatkan uang dari Blog adalah dengan mengikuti program periklanan. Nah, jika membicarakan program periklanan, pasti yang muncul di benak Anda adalah AdSense dari Google. Namun, tahukah Anda, ada satu program periklanan lain yang patut Anda coba, yakni AdNow.

AdNow sendiri menawarkan proses pendaftaran yang relatif lebih mudah dari Google AdSense. Jadi, AdNow ini sangat cocok menjadi alternatif apabila pengajuan AdSense Anda ditolak oleh Google.

Di artikel kali ini, kami akan mengupas dengan lengkap mengenai AdNow. Tentu saja, termasuk dengan cara menjadi AdNow publisher dan bagaimana cara memasang iklan AdNow di WordPress Anda. Pastikan Anda membaca sampai akhir agar tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari AdNow, ya!

Apa Itu Adnow Native Ads?

AdNow adalah program periklanan berbasis widget dengan tipe Native Ads. AdNow ini berusaha untuk menggabungkan iklan dengan isi konten dari website agar meningkatkan engagement pengunjung.

Dengan kata lain, apabila blog Anda membahas mengenai handphone, maka iklan yang ditampilkan juga tak jauh dari handphone dan tak membahas mengenai obat hewan.

Iklan bertipe Native Ads seperti AdNow ini lebih efisien dan efektif dibandingkan iklan bertipe banner. Sebab, iklan dari AdNow bisa menyesuaikan tampilan website tersebut. Dari jenis font iklan, warna font iklan, hingga bentuk iklannya.

Jadi, iklan di website Anda lebih bervariasi dan tak membosankan dibandingkan dengan iklan banner yang tampilannya begitu-begitu saja.

AdNow juga bisa secara otomatis menyesuaikan ukurannya tergantung perangkat yang digunakan pengguna untuk mengakses situs tersebut. Sehingga walaupun iklan terlihat besar di desktop, tampilan iklan itu di handphone Anda akan tetap kecil karena menyesuaikan ukuran layar.

Sejak diluncurkan pada 2014 silam, AdNow telah berhasil mengumpulkan lebih dari 160.000 publisher yang tersebar di 114 negara, lho. Tak hanya itu, tercatat 4,2 milyar impression juga terjadi setiap harinya di layanan periklanan AdNow. Luar biasa bukan melihat umurnya yang baru enam tahun?

Kelebihan AdNow Native Ads

Setelah mengetahui apa itu AdNow Native Ads, di bawah ini kami jabarkan beberapa hal yang membuat AdNow Native Ads pantas untuk Anda lirik. Apa saja itu?

  • Bisa dijalankan dengan program periklanan lain — yup, Anda bisa menggabungkan AdNow dengan AdSense, atau dengan program lainnya. Dengan begini, pemasukan blog Anda tak hanya datang dari satu sumber saja.
  • Pencairan dana rendah — dana dari AdNow sudah bisa Anda cairkan apabila penghasilan mencapai $20. Ini tentu lebih menguntungkan daripada AdSense dengan minimal pencairan $100.
  • Proses pengajuan cepat dan mudah — dibandingkan dengan program periklanan lain, proses pengajuan AdNow itu relatif cepat dan mudah. Kami membahas hal ini lebih lanjut di bawah.
  • Tak perlu trafik tinggi — blog dengan trafik rendah pun juga bisa mendaftar ke AdNow.
  • Bebas virus dan malware — semua iklan di AdWord sudah diseleksi sehingga tidak ada virus dan malware di dalamnya.
  • Adanya pengelola akun — Anda akan diberikan pengelola akun pribadi yang juga mendukung bahasa Indonesia.
  • Menerima website selain bahasa Inggris — tak banyak program periklanan lain yang seperti ini. Biasanya, kebanyakan hanya menerima website bahasa Inggris yang berada di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, atau Australia.
  • Melacak performa real-time — dengan AdNow, Anda bisa melacak pendapatan dan performa yang akurat secara real-time.
  • Kustomisasi widget iklan — Anda bisa mengatur ukuran, warna, jumlah iklan di halaman tertentu, dan masih banyak lainnya.
  • Program referral — Anda bisa mendapatkan komisi 5% per hari dari penghasilan publisher yang menggunakan referral Anda.

Cara Daftar AdNow

Dibandingkan dengan program periklanan lain, proses pengajuan menjadi publisher di AdNow ini tak memerlukan banyak syarat. Anda hanya perlu memastikan bahwa blog Anda tak melanggar hak cipta atau terdapat aktivitas illegal. Aktivitas illegal ini bisa berbentuk spam, adware, malware, spyware, ataupun konten dewasa.

Selain itu, ada dua larangan yang tak boleh dilakukan saat pengajuan sudah diterima. Pertama, Anda tak boleh menggunakan bot untuk mendapatkan klik. Dan kedua, memanfaatkan website PTC (Paid to Click) untuk mendapatkan trafik palsu.

Setelah Anda memahami syarat-syarat di atas, berikut kami jelaskan cara mendaftar di AdNow:

  • Pertama, kunjungi terlebih dahulu website AdNow di sini.
  • Anda akan melihat dua opsi pendaftaran, yakni sebagai Publisher dan Pengiklan. Karena Anda adalah pemilik blog, pilih saja Publisher.
  • Isi form pendaftaran AdNow dengan lengkap. Tenang, Anda tak diminta detail yang terlalu pribadi. Form AdNow hanya meminta nama, email, bahasa, password dan ID Skype (yang bisa Anda kosongkan).
  • Setelah form terisi, Anda bisa centang I accept and agree with Terms of Use and I confirm that I have read Privacy Policy. Jangan lupa juga mencentang I’m not a robot untuk mengisi reCaptcha. Kemudian, klik tombol Masuk.
  • Setelah mengirimkan form pendaftaran tersebut, Anda akan mendapatkan email balasan dari AdNow perihal verifikasi akun. Jadi, segera buka email Anda dan klik pada link verifikasi yang sudah dikirim oleh AdNow.
  • Setelah email sukses diverifikasi, Anda bisa login ke akun Dashboard AdNow dan mulai memasang iklan. Mudah dan cepat, bukan?

Cara Pasang AdNow di WordPress

Setelah berhasil menjadi publisher dari AdNow, Anda tidak langsung bisa memasang iklan ke website begitu saja. Sebab, Anda harus menambahkan website ke dashboard AdNow terlebih dahulu. 
Pertama, klik tombol Tambah situs yang berada di kanan atas dashboard AdNow Anda.

Pertama, klik tombol Tambah situs yang berada di kanan atas dashboard AdNow Anda.

cara pasang adnow langkah pertama

Anda akan dibawa ke halaman baru yang berisi form. Isi saja form tersebut sesuai dengan website yang ingin Anda tambahkan. Oh ya, trafik di form ini maksudnya jumlah rata-rata pengunjung per bulannya.

cara pasang adnow langkah kedua

Setelah mengklik Tambah, Anda akan dihadapkan pada peringatan mengenai kecurangan. Baca baik-baik peringatan tersebut agar Anda tidak terkena penalti. Jika sudah, jangan lupa centang Sepakat dengan penalti jika melanggar aturan, lalu klik OK.

cara pasang adnow langkah ketiga

Terakhir, tunggu saja selama maksimal 24 jam kerja untuk website Anda ditinjau oleh pihak AdNow. Jika lolos, Anda akan dikirim email pemberitahuan. Nah, setelah itu baru Anda bisa memasang iklan di website. Bagaimana caranya?

Ada dua cara memasang iklan AdNow di website Anda. Cara pertama adalah tanpa menggunakan plugin dan cara kedua dengan menggunakan plugin WordPress. Kami akan membahas kedua cara tersebut di bawah ini.

1. Cara Pasang AdNow Tanpa Plugin

  • Dari dashboard akun AdNow Anda, klik nama situs yang sudah dimasukkan tadi.
  • Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman baru. Anda bisa mengklik tombol merah Tambah widget atau klik link di untuk menambahkan widget. Keduanya akan membawa Anda ke pengaturan widget.
  • Pilih tipe widget Native Ads, lalu klik Tambah widget. Oh ya, jika Anda menggunakan AdBlock, matikan terlebih dahulu sebelum mengklik tambah widget agar preview iklan bisa ditampilkan di halaman selanjutnya.
  • Anda akan dibawa ke halaman pengaturan iklan di sisi kiri, serta live preview-nya di sebelah kanan. Apabila tidak suka dengan iklan yang sekarang, Anda bisa menggantinya dengan mengklik Show more options.
  • Seperti yang sudah kami singgung di atas, Anda bisa meng kustomisasi widget iklan di AdNow sesuka hati. Dan hebatnya, pengaturan yang Anda lakukan akan langsung diterapkan pada preview. Dengan begini Anda bisa langsung tahu bagaimana tampilan iklan nantinya di website.

    Pengaturan pertama adalah Widget type. Di sini, Anda bisa mengatur apakah iklan hanya ditampilkan di PC/mobile atau keduanya.
  • Pada Widget settings, Anda bisa memberikan nama kepada widget serta mengatur level iklan yang akan ditampilkan. Anda bisa mengatur level iklan melalui slider yang sudah disediakan. Semakin tinggi level iklan (ke kanan) semakin besar pula pendapatan Anda.
  • Anda juga bisa mengatur jumlah iklan yang akan ditampilkan di website pada Number of creative elements in the widget. Jika Anda hanya ingin satu iklan saja yang ditampilkan pilih Single teaser pada drop down menu.

    Namun, jika Anda ingin banyak iklan ditampilkan sekaligus, pilih Grid of several teasers pada drop down menu. Lalu, atur jumlahnya pada kolom tepat di bawahnya. Kolom atas adalah untuk jumlah iklan secara mendatar, sedangkan kolom bawah secara menurun.
  • Pengaturan selanjutnya adalah Teaser text. Seperti namanya, Anda bisa mengatur tampilan teks iklan pada widget. Mulai dari font yang digunakan, ukuran tulisan, hingga perataan teks (alignment).
  • Pada Teaser background Anda bisa mengatur warna background. Baik warna background statis ataupun saat pengunjung mengarahkan mouse ke iklan tersebut.
  • Di pengaturan terakhir yakni images, Anda bisa mengatur beberapa hal mengenai gambar iklan. Anda bisa mengubah dimensi gambar, hingga menambahkan frame pada gambar iklan.
  • Setelah Anda selesai mengatur semuanya, jangan lupa klik tombol Save berwarna biru yang ada di bagian paling bawah. Lalu, ubah Preview menjadi HTML Code
cara memasang iklan adnow tanpa plugin langkah kesebelas
  • Nah, di sini Anda akan diberikan dua kode HTML yang semua harus dimasukkan ke konten di website. Caranya adalah dengan menambahkan blok baru Custom HTML pada halaman post editor. Lalu, masukkan kedua kode tersebut di bagian akhir artikel/konten yang diinginkan. Selesai, AdNow sudah terpasang di website Anda!
cara memasang iklan adnow tanpa plugin langkah terakhir

2. Cara Pasang AdNow dengan Plugin WordPress

Sebenarnya, AdNow sudah memiliki plugin resminya sendiri bernama AdNow Plugin. Tapi sayangnya, plugin tersebut tidak pernah diperbarui sejak dua tahun yang lalu. Alasan tidak diperbaruinya plugin ini kemungkinan karena AdNow sudah bisa dipasang tanpa plugin seperti cara nomor satu di atas.

Namun, jika Anda tetap ingin memasang AdNow dengan plugin, bisa menggunakan plugin bernama ADSforWP. Plugin ini juga memberikan Anda pilihan kustomisasi yang tak kalah banyaknya dengan memasang melalui widget. Berikut langkah-langkah memasang AdNow dengan plugin WordPress:

  • Setelah berhasil di install dan diaktifkan,  akan muncul menu baru di dashboard, yakni Ads. Klik saja menu Ads lalu pilih Add New Ad. Pada Ad Type pastikan Anda memilih AdNow.
  • Langkah ketiga, jangan lupa masukkan ID AdNow Anda. ID AdNow ini didapatkan dari akun AdNow Anda. Setelah semua terisi dengan benar, lalu klik Publish.
cara pasang adnow dengan plugin WordPress

Cara Mengatur Posisi Iklan AdNow di WordPress

Di menu Ads, Anda juga akan menemukan dua pengaturan lainnya tepat di bawah Ad Type, yakni Display dan Advanced Display Conditions. Kami akan jelaskan masing-masing pengertiannya di bawah ini:

Display

  • Display Type

Di sini, Anda akan menemukan beberapa pilihan jenis tampilan iklan yang akan ditampilkan di blog Anda. Apabila Anda menginginkan iklan AdNow ditampilkan di antara paragraf, pilih saja Between the Content (Automatic).

Jika ingin iklan berada di akhir konten pilih saja After the Content (Automatic). Sedangkan apabila ingin iklan sebelum konten, pilih saja Before the Content (Automatic).

  • Position

Opsi ini hanya muncul apabila Anda memilih Between the Content (Automatic) di Display Type. Akan ada dua pilihan, yakni 50% of the content dan Number of paragraph

50% of the content, menampilkan iklan AdNow di antara paragraf dengan jumlah iklan sebanyak 50% dari paragraf konten Anda. Jadi, apabila konten Anda berisi delapan paragraf, AdNow akan muncul di empat paragraf saja.

Sementara, Number of paragraph ini untuk mengatur di paragraf berapa saja iklan akan muncul. Atau Anda juga bisa mengatur iklan untuk muncul dalam jarak berapa paragraf sekali dengan mencentang opsi Display After Every.

  • Alignment

Opsi ini berguna untuk mengatur perataan teks/alignment dari iklan AdNow Anda. Apakah berada di kiri, tengah ataupun kanan.

  • Margin

Opsi ini untuk mengatur garis tepi/margin dari iklan Anda.

  • Embed Shortcode

Salin kode yang ditampilkan di sini dan masukkan ke halaman manapun Anda ingin memasang iklannya. Jika belum tahu cara memasukkan shortcode, Anda bisa membaca caranya di artikel ini.

Advanced Display Conditions

Opsi ini berguna untuk mengatur kondisi postingan atau halaman tertentu di mana Anda ingin menampilkan iklan AdNow.

Kesimpulan

Dengan semakin sulitnya mendapatkan persetujuan pengajuan dari AdSense, AdNow ini bisa Anda jadikan alternatif sumber pemasukkan di blog Anda. Apalagi ditambah dengan proses pendaftaran dan pemasangan yang cenderung mudah dan tak terbelit-belit, AdNow bisa menjadi opsi yang pantas untuk dilirik.

Baca juga: 11+ Alternatif Google AdSense untuk Blog Anda di 2020

Oh ya, semakin banyak trafik ke website Anda, semakin banyak pula uang yang dihasilkan dari AdNow, lho. Nah, salah satu cara terbaik untuk menarik trafik itu adalah dengan mengoptimasi SEO website Anda. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti panduannya di ebook gratis di bawah ini:

ebook optimasi seo

Kami harap artikel ini bisa membantu Anda mengetahui lebih jauh mengenai AdNow dan membuat Anda tertarik untuk mencoba mendapatkan uang dari AdNow. Apabila ada pertanyaan, silahkan ditambahkan di kolom komentar, ya.

Jangan lupa juga untuk klik tombol subscribe di bawah untuk mendapatkan artikel mengenai teknologi, bisnis, dan digital marketing terbaru dan terlengkap. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

0
Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + six =

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]