Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

WordPress 6.1 Sudah Rilis! Apa Saja Fitur Barunya?

3 min read

Yang ditunggu-tunggu pengguna WordPress telah tiba! WordPress 6.1 resmi dirilis dengan membawa lebih dari 400 peningkatan performa, perbaikan bug, dan fitur baru.

Lantas, seperti apa detail update WordPress 6.1? Bagaimana cara update ke WordPress versi terbaru ini untuk merasakan semua fiturnya? 

Langsung saja, ini dia berita selengkapnya!

Selamat Datang WordPress 6.1 Terbaru, ‘Misha’!

WordPress 6.1 diberi nama Misha

Pada tanggal 1 November 2022, WordPress mengumumkan versi terbarunya yaitu WordPress 6.1. 

Mempertahankan kebiasaan penamaan versinya berdasarkan nama musisi jazz, WordPress 6.1 diberi nama Misha. Nama Misha diambil dari nama pianis Jazz Mikhail “Misha” Alperin, yang merupakan salah satu pencetus Moscow Art Trio

WordPress 6.1 adalah major update ketiga dan terakhir di tahun ini. Sebagai sebuah major update perubahannya tentu cukup banyak. Tak tanggung-tanggung, ada sekitar 400 peningkatan performa, fitur canggih, dan perbaikan bug.

Apa saja ya pembaruan yang ditawarkan WordPress 6.1? Mari kita bahas detailnya di poin berikutnya.

Apa Saja yang Baru di WordPress 6.1?

Rilisan WordPress 6.1 ini menghadirkan banyak perbaikan. Namun, perubahan yang paling menonjol di update WordPress kali ini antara lain:

1. Peningkatan Performa WordPress 6.1 

Update WordPress 6.1 Peningkatan Performa

Peningkatan performa sudah pasti menjadi update yang paling disukai pengguna. Nah, versi WordPress kali ini menghadirkan 25 perubahan yang dapat meningkatkan performa website. Beberapa di antaranya adalah:

  • Tambahan indikator pada menu Site Health. Pertama, Persistent Object Cache untuk mengecek apakah website perlu mengaktifkan fitur ini atau tidak. Kedua, Page Cache untuk mengecek kecepatan server merespons request pengunjung website.
  • Ukuran gambar yang diunggah jadi lebih ringan dengan konversi gambar ke format WebP secara otomatis.
  • Adanya update fungsi Network pada multisite yang memberikan beberapa dampak, salah satunya adalah  meningkatkan cache priming.

Baca Juga: Cara Membuat WordPress Multisite Secara Lengkap

2. Tema Baru Twenty Twenty-Three

Tema default terbaru di update WordPress

Di versi ini, WordPress merilis tema default terbaru yaitu Twenty Twenty-Three

Sama dengan Twenty Twenty-Two, tema default yang dirilis kali ini termasuk ke dalam block theme yang memungkinkan Anda melakukan full site editing. Artinya, Anda bisa mendesain tampilan keseluruhan website melalui Block Editor. 

Twenty Twenty-Three menghadirkan 10 variasi style yang dapat Anda pilih melalui Site Editor. Variasi ini meliputi typography, skema warna, layout, dan masih banyak lagi. 

Tentunya, tema ini cocok bagi pengguna baru WordPress yang ingin berkreasi saat mendesain sebuah website. 

Baca Juga: 50 Template WordPress Gratis dan Terbaru 2022

3. Design Tools Tambahan di Block Editor

fitur WordPress 6.1 design tools

Untuk memudahkan penggunaannya, WordPress terus melakukan pengembangan pada Block Editor, termasuk penambahan design tools pada update-nya kali ini.

Berikut adalah berbagai kemudahan yang akan Anda dapatkan dengan adanya tambahan design tools ini:

  • Kemampuan memindahkan posisi teks di dalam bullet list, sehingga Anda tidak perlu menulis ulang atau meng-copy-paste teks untuk memindahkannya.
  • Kemudahan penggunaan featured image di Cover block. Tak perlu menambahkan featured image di Cover block melalui toolbar, di pembaruan ini Anda cukup klik button “Use featured image” di Cover block placeholder.
  • Opsi Custom Taxonomy pada Post Terms block.
  • Bisa mengubah jarak horizontal dan vertikal pada gambar-gambar di Gallery block dengan Spacing control. 
  • Pembaruan Border Controls di Image Block dan Column Block, sehingga Anda bisa lebih mudah berkreasi saat menentukan desain tiap tepian sebuah gambar.
  • Opsi Tambahan pada Block Locking Controls. Opsi ini memungkinkan Anda untuk memilih apakah block dikunci supaya tidak bisa dipindahkan, tidak bisa dihapus, atau bahkan keduanya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Editor Gutenberg

4. Fluid Typography

WordPress mendukung fluid typography

Tentunya kini banyak pemilik website yang sudah membuat desain website yang responsif. Sehingga, ukuran teks akan mengikuti ukuran jendela layar. 

Namun, yang menjadi masalah adalah kebanyakan dari website hanya menyesuaikan skala layar perangkat tertentu. Akibatnya, ukuran teks tidak bisa disesuaikan di beberapa layar perangkat.

Nah, fluid typography yang diperkenalkan di Gutenberg 14.4 lalu WordPress 6.1 ini bisa menjadi solusi dari masalah tersebut. Fluid typography adalah kemampuan teks dalam menyesuaikan ukurannya mengikuti besar kecilnya ukuran layar perangkat yang digunakan. 

Setelah Anda mengupdate ke versi WordPress 6.1, Anda bisa menikmati pembaruan ini. Sebab, beberapa block theme terbaru sudah mendukung fluid typography, seperti Twenty Twenty-Two dan Twenty Twenty-Three.

5. Tambahan Elemen Headings di Global Style

Tambahan elemen headings

WordPress 6.1 membawa perubahan yang memungkinkan Anda melakukan kustomisasi pada panel Global Styles, yaitu untuk bagian heading. 

Di versi ini, Anda bisa mengatur heading dengan typography dan warna yang berbeda pada keseluruhan website. Sehingga, Anda tidak perlu mengkustomisasi Headings Block satu per satu.

Nah, sekarang Anda sudah mengenal beberapa fitur baru dan perbaikan yang ada di WordPress 6.1. Kalau Anda ingin menikmati fitur-fitur di versi terbaru ini, langsung saja ikuti cara update ke WordPress 6.1 di bawah ini! 

Bagaimana Cara Update ke WordPress 6.1 Terbaru?

Jika update versi teranyar sudah tersedia, biasanya WordPress akan memberikan notifikasi melalui dashboard seperti pada gambar di bawah ini:

cara update ke WordPress versi terbaru

Eits, tunggu dulu. Sebelum melakukan update, sebaiknya Anda mem-backup WordPress terlebih dahulu. Tujuannya, sebagai tindakan pencegahan jika terjadi kendala saat proses update berlangsung. 

Setelah itu, Anda bisa meng-update WordPress ke versi 6.1 dengan cara berikut:

  1. Masuklah ke dashboard WordPress. Kemudian, klik menu Updates yang ada di sidebar sebelah kiri.
masuk ke dashboard WordPress
  1. Langsung saja klik tombol Update to WordPress 6.1  di halaman Updates.
Update WordPress versi terbaru sudah tersedia
  1. Jika proses update versi WordPress sudah selesai, akan muncul tampilan seperti di bawah ini:
Update WordPress berhasil

Nah, itulah cara update WordPress 6.1 secara manual yang bisa Anda lakukan setiap ada rilisan versi baru. Mau tahu cara praktisnya?

Khusus bagi Anda pelanggan setia Niagahoster, kami menyediakan fitur Auto Update WordPress di Member Area. Dengan fitur ini, tak perlu lagi bingung ketika ada update WordPress terbaru, karena website akan terupdate otomatis.

Fitur ini bisa Anda dapatkan di berbagai layanan Niagahoster, salah satunya adalah WordPress Hosting.

Bagaimana cara mengaktifkan fiturnya ? 

Masuklah ke Member Area Niagahoster. Di bagian sidebar, klik menu WordPress Management > Website. Lalu di halaman WordPress Management, pilih Auto Update dan pilih Lakukan Update di Semua Versi yang Tersedia seperti pada gambar di bawah ini:

Konfigurasi Auto Update di Member Area Niagahoster

Kini, WordPress Anda akan selalu berada di versi paling anyar!

Nikmati Kemudahan Pengelolaan Website dengan WordPress 6.1!

WordPress 6.1 menawarkan berbagai perbaikan yang mendukung kemudahan Anda mengelola website. Mulai dari tema default terbaru, pembaruan Block Editor untuk memudahkan workflow, hingga berbagai update untuk meningkatkan performa website.

Banyak fitur menarik sudah Anda dapatkan saat mengupdate ke WordPress 6.1. Tapi supaya performa website Anda makin oke, ketahui langkah tepat yang perlu Anda lakukan saat mengelola website. 

Langkah-langkah tersebut bisa Anda temukan di ebook Checklist: Hal-Hal yang Perlu Anda Lakukan Saat Mengurus Website WordPress. Yuk download sekarang juga! Gratis, lho..

checklist mengelola website WordPress

Sumber: WordPress 6.1 “Misha”

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *