Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Rilis Update Maintenance, WordPress 6.1.1 Bawa 50+ Perbaikan Bug

2 min read

featured image cara update WordPress

Ada berita penting bagi Anda pengguna setia WordPress! WordPress 6.1.1 resmi dirilis dengan membawa 29 perbaikan core dan 21 perbaikan bug pada block editor.

Lantas, bagaimana detail update maintenance WordPress 6.1.1? Simak berita selengkapnya di bawah ini!

WordPress 6.1.1 Maintenance Update Dirilis

update maintenance WordPress 6.1.1

Pada tanggal 15 November 2022, WordPress merilis versi 6.1.1

WordPress 6.1.1 adalah update maintenance yang berfokus pada perbaikan bug. Jadi, di versi kali ini WordPress tidak membawa perubahan yang besar maupun fitur baru.

Bisa dikatakan, WordPress 6.1.1 termasuk update berumur pendek. Sebab, versi ini dirilis selang dua minggu setelah WordPress 6.1 diluncurkan.

Pun demikian, pembaruan WordPress 6.1.1 ini tidak bisa dianggap enteng. Alasannya, update ini memperbaiki 29 bug pada core dan 21 bug di block editor yang ada di versi WordPress sebelumnya.

Apa saja perbaikan yang dihadirkan WordPress 6.1.1? Yuk, scroll ke poin berikutnya!

Perbaikan Bug WordPress 6.1.1

Di WordPress 6.1.1, 50+ bug pada core dan block editor yang dilaporkan berhasil diperbaiki. Namun, beberapa perubahan yang menjadi highlight di versi kali ini adalah:

1. Peningkatan Performa WordPress 6.1.1

WordPress 6.1.1 membawa perubahan untuk meningkatkan performa website, seperti:

  • Mengganti fungsi wp_get_theme()get_stylesheet() menjadi get_stylesheet() yang dianggap dapat meningkatkan performa karena mengurangi penggunaan CPU.
  • Penambahan syarat pada fungsi wp_max_upload_size() untuk mengurangi penggunaan resource dan mempercepat waktu loading.
  • Peningkatan performa wp_theme_JSON dengan mengurangi pemakaian struktur data tipe array. 

2. Perbaikan Kemunculan Fatal Error Bagi Pengguna Gutenberg Versi Lama

Dalam beberapa kasus, proses update ke WordPress 6.1 berujung pada fatal error yang mengakibatkan pengguna tidak bisa mengakses front-end maupun back-end website. 

Penyebabnya, plugin Gutenberg versi 14.1 ke bawah tidak kompatibel dengan WordPress 6.1. 

Di update kali ini, WordPress berhasil memperbaiki error ini dengan menambahkan sebuah fungsi pada file update-core.php yang akan menonaktifkan plugin Gutenberg yang masih berada di versi lama. 

3. Perbaikan Bug pada Button + untuk Menambah Block

Perbaikan Bug pada Button +

Pada versi WordPress 6.1, button + yang fungsinya untuk menambahkan block dihilangkan. 

Ternyata, banyak pengguna WordPress yang masih membutuhkan fitur ini. Itulah mengapa, button + dimunculkan kembali di versi WordPress 6.1.1.

Tak cuma itu, kini Anda juga bisa menggunakan shortcut “/” untuk menambahkan sebuah block. Sebagai contoh, kalau Anda ingin menambahkan block heading, Anda tinggal mengetik /heading seperti gambar di bawah ini. 

shortcut “/” untuk menambahkan sebuah block

4. Perbaikan Border pada Tabel

Perbaikan Border pada Tabel di update WordPress 6.1.1

Pengguna block editor Gutenberg melaporkan ada bug yang menyebabkan border tabel tidak muncul di tampilan website. 

Saat itu, bug ini berhasil diperbaiki dengan memunculkan border di tampilan front-end dengan ukuran default 0,5 em. Namun, kini Anda bisa mengatur ukuran border sesuai keinginan di Global Style setelah update ke versi WordPress 6.1.1. 

5. Penambahan Minimum Font Size pada Fluid Typography

Fluid typography adalah fitur baru di WordPress 6.1 yang berfungsi untuk menyesuaikan ukuran font mengikuti besar kecilnya ukuran layar perangkat yang digunakan. 

Sayangnya, belum ada aturan minimum ukuran font pada file theme.json. Tanpa adanya batasan minimal font size, bisa jadi pengguna salah mengatur ukuran font yang menyebabkan teks sulit terbaca. 

Itulah mengapa developer kemudian menambahkan minimum font size yaitu 14 px

Banyak juga ya yang perlu diperbaiki di WordPress versi sebelumnya? Untuk itu, Anda sebagai pengguna perlu mengupdate WordPress ke versi terbaru untuk mengatasi masalah akibat bug yang muncul.

Bagaimana caranya? Langsung scroll ke bawah, ya!

Baca juga: Diserang Hackers, 15 Ribu Website WordPress dalam Bahaya!

Cara Update ke WordPress 6.1.1

Ada berbagai cara update WordPress yang bisa Anda praktikkan. Mulai dari update manual melalui dashboard, lewat bantuan plugin, dan lainnya.

Namun, yang paling praktis adalah menggunakan fitur Auto Update WordPress. Kebetulan, fitur ini tersedia khusus bagi Anda pelanggan setia Niagahoster. 

Cara mengaktifkannya mudah saja kok. Tinggal kunjungi Member Area Niagahoster. Klik WordPress Management > Website yang ada di sidebar. Kemudian, pilih menu Auto Updates dan lakukan konfigurasi seperti contoh di bawah:

fitur auto update wordpress

Selamat! Anda berhasil mengaktifkan fitur Auto Update WordPress Niagahoster. Sekilas info, fitur ini tak hanya berfungsi untuk mengupdate versi WordPress, tapi juga tema dan plugin secara otomatis. Canggih sekali, ‘kan?

Ingin Performa WordPress Semakin Oke? Cek Info Ini!

WordPress 6.1.1 membawa berbagai perbaikan bug yang mendukung kemudahan Anda mengelola website. Mulai dari peningkatan performa WordPress, perbaikan bug pada block editor, hingga update minimum font size pada fluid typography.

Banyak perbaikan bug yang sudah Anda dapatkan saat mengupdate ke WordPress 6.1.1. Tapi supaya performa website Anda makin oke, Anda bisa mempelajari cara mengelola website yang tepat. 

Cara-cara tersebut bisa Anda temukan di ebook gratis, Panduan Lengkap Mengelola Website WordPress. Yuk download sekarang juga! 

banner ebook kelola website wordpress

Sumber

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *