Anda ingin beriklan di Instagram? Pilihan yang tepat sekali! Ada banyak sekali manfaat Instagram untuk promosi bisnis demi meningkatkan penjualan. Faktanya, 72% orang membeli suatu produk setelah melihatnya di Instagram.
Agair iklan Anda efektif, penting untuk mengetahui ukuran banner iklan Instagram terlebih dahulu. Jadi, iklan Anda tidak terpotong dan informasi bisa tersampaikan dengan baik.
Di artikel ini, Anda akan mengetahui ketentuan ukuran iklan Instagram Ads. Penjelasan yang akan kami bahas meliputi jenis-jenis iklan Instagram yang sebagai berikut:
- Iklan Gambar Instagram
- Iklan Video Instagram
- Iklan Instagram Stories
- Iklan Carousel Instagram
Ukuran Banner Iklan Instagram yang Perlu Anda Ketahui!
Berikut ini adalah ukuran Instagram Ads berdasarkan jenisnya:
1. Iklan Gambar Timeline Instagram
Iklan jenis ini berupa gambar yang muncul di timeline Instagram. Iklan tersebut akan mengarahkan pengunjung ke akun instagram Anda atau landing page yang disiapkan. Misalnya, ke halaman website toko online Anda.
Iklan gambar di timeline Instagram memiliki tiga jenis ukuran sebagai berikut:
Iklan Gambar Landscape
Seperti namanya, iklan gambar landscape memiliki orientasi memanjang ke samping (horizontal).
Iklan jenis ukuran ini bisa digunakan jika konten iklan Anda menggunakan mode panorama. Biasanya, cocok untuk iklan bisnis fotografi atau travel yang menampilkan gambar lebih lebar.
Nah, untuk ketentuan ukuran iklan Instagram Ads, simak tabel berikut ini:
Ketentuan Iklan Gambar Landscape
Ukuran | 1200 x 628 pixel (rekomendasi) |
Resolusi | 600 x 315 pixel (minimum) |
Rasio | 1,9 : 1 (rekomendasi) |
Ukuran File | 30MB (maksimum) |
Panjang Caption | 2.200 karakter (maksimum) |
Iklan Gambar Square
Iklan berbentuk kotak ini paling familiar dengan pengguna Instagram. Tak heran, jenis iklan gambar square ini merupakan jenis yang paling sering digunakan, apapun jenis bisnisnya.
Iklan jenis ini paling pas dengan layar ponsel pengguna. Rasio jenis iklan ini membuat iklan dapat dilihat secara utuh dengan captionnya. Berikut ini ketentuan ukuran iklan instagram square:
Ketentuan Iklan Gambar Square
Ukuran | 1080 x 1080 pixel (rekomendasi) |
Resolusi | 600 x 600 pixel (minimum) |
Rasio | 1 : 1 (rekomendasi) |
Ukuran File | 30MB (maksimum) |
Panjang Caption | 2.200 karakter (maksimum) |
Iklan Gambar Portrait
Awalnya, ukuran potrait dipakai untuk konten IG TV. Namun, saat ini Instagram juga menyediakan format iklan dengan ukuran potrait atau vertikal.
Tampilan iklan ini hampir memenuhi seluruh tampilan layar ponsel pengguna. Jadi, jika Anda ingin mengiklankan konten gambar yang lebih jelas dan lengkap, jenis ini adalah pilihan yang tepat.
Ketentuan Iklan Gambar Portrait
Ukuran | 1080 x 1350 pixel (rekomendasi) |
Resolusi | 600 x 750 pixel (minimum) |
Rasio | 4 : 5 (rekomendasi) |
Ukuran File | 30MB (maksimum) |
Panjang Caption | 2.200 karakter (maksimum) |
Baca Juga: 20 Instagram Tools Terbaik untuk Pemilik Bisnis
2. Iklan Video Timeline Instagram
Selain iklan gambar, Instagram juga menyediakan iklan dengan format video untuk ditampilkan di timeline pengguna. Seperti halnya iklan gambar, iklan video di Instagram juga memiliki tiga tipe ukuran yang bisa Anda pilih.
Iklan Video Landscape
Iklan video landscape ini sangat cocok digunakan untuk menampilkan iklan dengan tampilan lebih luas. Jika pengguna merotasi ponselnya, iklan akan menjadi tampilan penuh.
Iklan jenis ini juga berfokus pada informasi pada konten video, bukan pada caption.
Untuk melihat ketentuan iklan video tipe ini, lihat tabel berikut:
Ketentuan Iklan Video Landscape
Ukuran | 1200 x 628 pixel (rekomendasi) |
Resolusi | 600 x 315 pixel (minimum) |
Rasio | 1,9 : 1 (rekomendasi) |
Ukuran File | 4GB (maksimum) |
Durasi Video | 120 detik (maksimum) |
Iklan Video Square
Hampir sama seperti iklan gambar, tipe ini memiliki bentuk yang paling umum dilihat oleh pengguna. Pada tipe square ini, video Anda tidak terlalu memenuhi layar ponsel pengguna. Selain itu, tombol call to action iklan Anda juga masih dapat terlihat dengan video tanpa terpotong.
Berikut ini kriteria iklan video square:
Ketentuan Iklan Video Square
Ukuran | 1080 x 1080 pixel (rekomendasi) |
Resolusi | 600 x 600 pixel (minimum) |
Rasio | 1 : 1 (rekomendasi) |
Ukuran File | 4GB (maksimum) |
Durasi Video | 120 detik (maksimum) |
Iklan Video Portrait
Jika Anda memilih iklan video tipe ini, iklan Anda berbentuk potrait dengan tampilan hampir memenuhi layar ponsel. Caption Anda tidak akan terlihat ketika video iklan diputar dan memenuhi tampilan layar ponsel.
Video ini akan lebih baik jika menampilkan kalimat deskripsi dalam videonya. Misalnya seperti iklan berikut ini:
Nah, untuk ketentuan ukuran dan resolusinya, lihat tabel ukuran iklan Instagram ads ini:
Ketentuan Iklan Video Vertikal atau Portrait
Ukuran | 1080 x 1350 pixel (rekomendasi) |
Resolusi | 600 x 750 pixel (minimum) |
Rasio | 4 : 5 (rekomendasi) |
Ukuran File | 4GB (maksimum) |
Durasi Video | 120 detik (maksimum) |
3. Iklan Instagram Stories
Menampilkan iklan di stories Instagram juga penting untuk mempromosikan bisnis Anda. Kenapa? Karena 1 dari 3 pengguna Instagram mengatakan mereka jadi tertarik dengan sebuah produk setelah melihatnya di stories Instagram.
Stories Instagram menyediakan fitur edit yang mudah digunakan. Contohnya, untuk menambahkan GIF, stiker, dan tulisan. Anda bisa mengkreasikan postingan iklan di Stories Instagram dengan lebih fleksibel.
Semua fitur tersebut tentu akan memudahkan Anda dalam menjalankan strategi Instagram marketing lewat stories Instagram. Yang terpenting, pastikan ukuran dan resolusi banner Anda sesuai dengan ketentuan, baik untuk gambar maupun video.
Baca Juga: 7 Cara Memaksimalkan Instagram Bisnis untuk Mendongkrak Penjualan
Iklan Gambar Instagram Stories
Idealnya, tampilan iklan gambar pada Instagram stories akan muncul dengan tampilan penuh di layar ponsel pengguna. Jika jumlah pengikut Anda sudah lebih dari 10 ribu pengguna, Anda bisa menggunakan call to action “swipe up”.
Namun, jika belum memiliki jumlah pengikut sebanyak itu, Anda bisa mengajak pengguna untuk klik profil Anda. Berikut ini tampilan iklan gambar pada stories Instagram.
Ketentuan Iklan Gambar Instagram Stories
Ukuran | 1080 x 1920 pixel (rekomendasi) |
Resolusi | 600 x 1067 pixel (minimum) |
Rasio | 9 : 16 (rekomendasi) |
Format | JPG atau PNG |
Ukuran File | 30MB (maksimum) |
Iklan Video Instagram Stories
Video iklan juga akan muncul dalam tampilan penuh di Stories Instagram. Namun, ada hal penting yang perlu Anda lakukan, yaitu menambahkan konten suara yang tepat.
Berdasarkan Social Media Week, 70% stories Instagram ditonton dengan menggunakan suara. Artinya, jika Anda membuat informasi audio yang menarik, iklan yang ditampilkan akan lebih efektif menarik calon konsumen.
Nah, untuk dapat menampilkan video dengan kualitas yang maksimal pada stories Instagram, Anda bisa lihat ukuran iklan Instagram ads berikut ini:
Ketentuan Iklan Video Stories Instagram
Ukuran | 1080 x 1920 pixel (rekomendasi) |
Resolusi | 720p (minimum) |
Rasio | 9 : 16 (rekomendasi) |
Format | MP4 atau MOV |
Ukuran File | 4GB (maksimum) |
4. Iklan Carousel Instagram
Nah, jika Anda ingin menampilkan produk secara banyak sekaligus, Anda bisa menggunakan jenis iklan Carousel. Pengguna dapat geser gambar atau video untuk melihat produk-produk Anda.
Iklan Gambar Carousel
Iklan jenis ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan berbagai produk sekaligus dalam bentuk katalog.
Tipe iklan gambar hanya tersedia dalam satu ukuran saja. Jadi, pastikan ukuran iklan Instagram ads Anda mengikuti ketentuan berikut.
Ketentuan Iklan Gambar Carousel
Ukuran | 1080 x 1080 pixel (rekomendasi) |
Resolusi | 600 x 600 pixel (minimum) |
Rasio | 1 : 1 (rekomendasi) |
Format | JPG atau PNG |
Ukuran File | 30MB per gambar (maksimum) |
Jumlah Gambar | 2-10 gambar per iklan |
Iklan Video Carousel
Jika menggunakan satu video iklan saja belum cukup, jenis iklan video carousel dapat meningkatkan promosi berbagai produk Anda.
Sayangnya, durasi setiap video di iklan jenis ini cukup pendek. Jadi, Anda harus membuat video dengan informasi yang singkat dan padat.
Ketentuan Iklan Video Carousel
Ukuran | 1080 x 1080 pixel (rekomendasi) |
Resolusi | 600 x 600 pixel (minimum) |
Rasio | 1 : 1 (rekomendasi) |
Format | MP4 |
Ukuran File | 4GB per video (maksimum) |
Jumlah Video | 2-10 video per iklan |
Durasi Video | 60 detik |
Yuk, Beriklan di Instagram dengan Ukuran yang Sesuai!
Nah, itu dia ketentuan-ketentuan ukuran banner iklan Instagram yang perlu Anda ketahui. Cukup lengkap informasinya, ya?
Pastikan ukuran iklan yang Anda gunakan untuk promosi sesuai ketentuan. Jadi, tujuan pemasaran Anda dapat tercapai dengan baik. Pastikan juga Anda sudah mengetahui cara beriklan di Instagram dengan benar. Baik dari sisi penulisan caption hingga komposisi desain iklan.
Apabila belum memiliki desain iklan yang sesuai, kami memiliki beberapa template yang bisa Anda gunakan. Anda bisa mendapatkannya secara gratis!