Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Mengetahui Password Root MySQL/MariaDB di CyberPanel

1 min read

Cara Mengetahui Password Root MySQLMariaDB di CyberPanel

Anda tidak bisa mengakses phpMyAdmin di CyberPanel? Apakah Anda yakin sudah memasukkan password dengan benar? Kalau masih belum yakin, Anda bisa melakukan pengecekan untuk mengetahui password root MySQL/MariaDB CyberPanel.

Lalu, bagaimana caranya, ya? Anda sudah berada di halaman yang tepat! Artikel kali ini akan membahas cara mengetahui password root MySQL di CyberPanel. Yuk, simak panduan selengkapnya!

Mengetahui Password Root MySQL/MariaDB CyberPanel

Secara default, username untuk MySQL/MariaDB adalah root. Namun, passwordnya bisa saja di generate secara random sehingga sulit untuk diingat.

Tapi tenang saja, cara mengetahui password root MySQL/MariaDB di CyberPanel hanya ada dua langkah saja, yaitu :

  1. Mengakses SSH
  2. Mengecek Password Root

Untuk mengetahui passwordnya, yuk langsung saja ikuti panduan berikut ini!

1. Mengakses SSH

Untuk mengetahui CyberPanel MySQL password, Anda perlu login ke server melalui SSH terminal menggunakan PuTTY.

Jika PuTTY sudah terinstall, Anda dapat langsung membuka aplikasi tersebut dan memasukkan alamat ip server pada kolom Host Name. Lalu, klik tombol Open untuk membuka jendela terminal SSH.

Menggunakan PuTTY untuk login SSH

Selanjutnya, Anda akan diminta detail login. Masukkan username dan password akun VPS Anda, lalu tekan Enter. Isikan root pada login as dan masukkan password sesuai  detail SSH pada panel VPS Niagahoster Anda.

Masukkan detail login SSH

Jika detail SSH yang dimasukkan sudah benar, maka Anda akan terhubung dengan server.

Baca Juga : Cara Menggunakan SSH untuk Koneksi Server

2. Mengecek Password Root MySQL CyberPanel

Lokasi file password berada pada /etc/cyberpanel/mysqlPassword. Anda dapat menjalankan perintah berikut ini untuk melihat password root MySql /MariaDB :

cat /etc/cyberpanel/mysqlPassword|grep ''

Nah, nanti outputnya akan seperti ini :

Mengecek Password Root MySQL CyberPanel

Password MySql/MariaDB Anda akan langsung terlihat begitu Anda menekan Enter saat perintah tersebut dijalankan. Sekarang, Anda bisa login phpMyAdmin menggunakan password tersebut.

Kesimpulan

Kalau Anda lupa CyberPanel MySQL password, panduan di atas bisa Anda lakukan. Hanya perlu menjalankan satu baris perintah di terminal SSH, informasi password bisa diketahui.

CyberPanel memang web panel gratis yang menawarkan kemudahan. Apalagi kalau layanan hosting yang digunakan juga memberikan berbagai fitur canggih lainnya. 

CyberPanel VPS Hosting Niagahoster merupakan layanan hosting dengan build-in panel: sudah terinstall secara otomatis. Anda cukup memilih paket yang diinginkan dan menunggu beberapa saat agar VPS dan web panel siap digunakan.

CyberPanel VPS Hosting Niagahoster sudah menggunakan teknologi LiteSpeed yang membuat performa website menjadi lebih optimal. Ditambah dengan adanya fitur Embedded Security, keamanan website jadi lebih terjamin dari segala ancaman.

Demikian panduan yang kami berikan, semoga bermanfaat, ya!

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.