Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Mengatasi Fatal error: allowed memory size of 134217728 bytes exhausted

2 min read

[FI] Cara Mengatasi Fatal error

Informasi Fatal Error: allowed memory size of 134217728 bytes exhausted bisa muncul ketika alokasi memori untuk PHP tidak cukup. Error tersebut bisa juga terjadi karena adanya pembatasan konsumsi memory pada layanan hosting Anda. 

Agar tidak menjadi hambatan dalam mengelola website, Anda perlu menangani WordPress error tersebut dengan baik.

Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan cara mengatasi PHP Fatal Error: allowed memory size of 134217728 bytes exhausted. Yuk, simak panduan lengkapnya!

Cara Mengatasi PHP Fatal Error: allowed memory size of 134217728 bytes exhausted

Jika terjadi Fatal Error : allowed memory size of 134217728 bytes exhausted, Anda dapat mengatasinya dengan meningkatkan PHP memory limit pada WordPress. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Meningkatkan Limit Memory WordPress melalui File wp-config.php
  2. Meningkatkan Limit Memory WordPress melalui File php.ini atau .htaccess

Nah, ini dia penjelasan lengkap cara mengatasinya!

Baca Juga : Cara Mengatasi Error 500 pada WordPress

1. Meningkatkan Limit Memory WordPress melalui File wp-config.php

Untuk mengatasi Fatal Error : allowed memory size of 134217728 bytes exhausted melalui wp-config.php, inilah yang perlu dilakukan:

Masuk ke menu File Manager di cPanel hosting Anda. Lalu, buka dan edit file wp-config.php yang terdapat pada direktori public_html

edit file wp-confiq.php

Kemudian, salinlah kode di bawah ini sebelum line comment /* That’s all, stop editing! Happy publishing. */ :

define('WP_MEMORY_LIMIT', '256M' );

Pastikan untuk menempatkan kode di tempat yang tersedia, karena modifikasi apapun tidak akan berjalan jika Anda menempatkannya di bawah line comment tersebut. 

menambahkan memori limit di file wp-config.php untuk mengatasi php fatal error: allowed memory size of 134217728 bytes exhausted

Kode di atas akan meningkatkan PHP memory limit pada WordPress menjadi 256MB. Jika kode sudah ditambahkan, jangan lupa klik Save Changes untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan.

Sekarang, silahkan cek apakah php fatal error: allowed memory size of 134217728 bytes exhausted sudah teratasi. Jika belum, coba ikuti langkah selanjutnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error 503 di WordPress

2. Meningkatkan Limit Memory WordPress melalui File php.ini atau .htaccess

Untuk mengetahui berapa besar memory yang di assign untuk PHP, Anda bisa mengeceknya dengan dua cara, yaitu: melalui dashboard WordPress atau membuat file info.php di root folder website.


Jika ingin mengecek melalui dashboard WordPress, silahkan masuk ke menu Tools, lalu pilih submenu Site Health. Kemudian, pilih tab Info dan expand info Server. Nantinya, Anda akan melihat PHP memory limit seperti tampilan berikut ini:

Mengecek memory limit melalui dashboard wordpress

Alternatif lain untuk mengecek limit memory adalah dengan membuat file info.php pada direktori /public_html.

mengecek memory limit dengan membuat file info.php

Buka file info.php dan salinlah kode di bawah ini:

<?php echo phpinfo();

Simpan perubahan, lalu akses https://websiteanda.com/info.php dan temukan memory_limit untuk mengecek  PHP memory limit website Anda.

mengecek php memory limit

Untuk meningkatkan limit memory, Anda bisa menambahkan kode berikut pada file php.ini:

memory_limit = 256M

Letak file php.ini dapat Anda tanyakan pada layanan penyedia hosting yang Anda gunakan. Jika Anda tidak memiliki hak akses pada file php.ini, Anda masih bisa meningkatkan limit memory dengan menambahkan kode berikut ke file .htaccess:

php_value memory_limit 256M

Nah, sekarang coba refresh https://websiteanda.com/info.php, apakah memory_limit Anda sudah meningkat? 

Jika memory_limit sudah meningkat, harusnya fatal error: allowed memory size of 134217728 sudah teratasi. 

Namun, jika masih belum teratasi juga, artinya penyedia layanan hosting yang Anda gunakan tidak mengizinkan Anda untuk meningkatkan PHP memory limit. 

Silahkan hubungi CS layanan hosting Anda untuk membantu mengatasi masalah ini dengan meningkatkan PHP memory limit secara manual.

Baca Juga : Cara Mengatasi cURL Error 28 di WordPress dengan Mudah

Kesimpulan 

Demikianlah cara mengatasi Fatal Error memory size exhausted. Error tersebut disebabkan oleh kurangnya memori yang dialokasikan untuk PHP. 

Oleh karena itu, solusinya adalah dengan meningkatkan limit memory PHP pada WordPress. Anda sudah mempelajari dua cara melakukannya, yaitu dengan:

  1. Mengedit File wp-config.php
  2. Mengedit File php.ini atau .htaccess

Jika kedua cara tersebut sudah Anda lakukan, tapi error belum juga teratasi, berarti pembatasan dilakukan oleh  penyedia layanan hosting Anda. Jadi, mintalah bantuan untuk menaikkan memory limit tersebut.

Nah, pengguna Niagahoster tak perlu khawatir. Layanan WordPress Hosting Niagahoster menawarkan fitur Unlimited Disk Space. Jadi, Anda dapat menggunakan kapasitas ruang penyimpanan sesuai kebutuhan tanpa adanya batasan, selama masih dalam pemakaian wajar.

Berbagai fitur canggih juga bisa Anda dapatkan dengan jaminan harga termurah mulai dari Rp27rb/bulan. Selain itu, dukungan teknis 24 jam penuh dari Customer Success Specialist Niagahoster siap membantu Anda jika terjadi kendala.

Ingin berlangganan WordPress Hosting Indonesia Niagahoster sekarang?

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

2 Replies to “Cara Mengatasi Fatal error: allowed memory size of 134217728…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *