Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Menambahkan Kode PHP ke Postingan WordPress (Terupdate)

1 min read

Cara menambahkan kode PHP

Anda ingin bisa menambahkan kode PHP ke WordPress? Tenang, langkah mudahnya akan Anda temukan di artikel ini.

Memang secara default, WordPress tidak mengizinkan pengguna menjalankan kode PHP pada postingan dan halaman. Hal ini dapat menjadi sedikit masalah karena dalam kondisi tertentu Anda menginginkan menampilkan fungsi PHP.

Nah, di artikel ini, Anda akan mengetahui cara menambahkan kode PHP ke postingan dengan mudah. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini!

Mengapa Perlu Menambahkan Kode PHP ke Postingan?

Ada beberapa alasan Anda perlu menambahkan kode PHP ke postingan. Terutama jika Anda ingin menampilkan data yang terdapat dalam database ke halaman website. Dengan begitu, data dari database bisa muncul ketika pengunjung membuka website.

Masalahnya, WordPress tidak dapat menjalankan kode PHP pada postingan atau halaman. Otomatis, Anda tidak bisa menampilkan data tersebut.

Untuk itu, solusi gampangnya, Anda bisa menggunakan plugin, seperti plugin Insert PHP. Dengan plugin tersebut, Anda tetap bisa menambahkan dan menjalankan fungsi PHP di postingan Anda.

Baca juga: Cara Belajar Pemrograman Terlengkap

Cara Menambahkan Kode PHP ke Halaman WordPress

Berikut ini langkah-langkah menambahkan kode PHP dengan mudah menggunakan plugin.

1. Menginstal Plugin Insert PHP

Kode PHP dapat dijalankan pada postingan atau halaman WordPress menggunakan plugin Insert PHP Code Snippet. Silakan akses dashboard admin WordPress dan ikuti langkah berikut ini untuk menginstal plugin tersebut.

Pilih menu Plugins > Add New. Lalu, masukkan Insert PHP Code Snippet pada kolom pencarian. Klik tombol Install dan aktifkan setelah proses instalasi selesai.

2. Buat Kode PHP Snippet pada Plugin

Setelah plugin aktif, buka XYZ PHP Code pada dashboard lalu klik PHP Code Snippet. Lalu klik Add New PHP Code Snippet untuk membuat kode PHP.

Sekarang isi kolom Tracking Name dan PHP Code yang ingin Anda jalankan. Pada contoh ini, kami akan menampilkan fungsi tanggal dan waktu.

Jika sudah, klik tombol Create. Selanjutnya, Anda akan melihat kode PHP Anda berhasil ditambahkan.

3. Masukkan Kode PHP ke Postingan WordPress

Nah, untuk memasukkan kode PHP ke postingan, Anda tinggal copy snippet short code seperti gambar berikut.

Lalu paste pada postingan Anda.

4. Cek Hasil Kode PHP pada Postingan

Silakan akses postingan Anda dan Anda akan melihat kode PHP yang berhasil dieksekusi. Di bawah ini adalah contoh tampilan dari script php yang disisipkan pada postingan.

Jika tampilan sudah menampilkan hasil yang sesuai, berarti kode PHP berhasil dipasang. Jika tidak, coba cek kembali kode PHP Anda.

Baca juga: Panduan Belajar WordPress dengan Mudah

Kesimpulan

Setelah menyelesaikan tutorial singkat ini, Anda telah mengetahui cara menambahkan kode PHP ke postingan dan halaman WordPress.

Menjalankan scipt PHP dapat berguna jika Anda ingin menampilkan waktu lokal, konten dari file di server, serta output dari URL lain. Ditambah lagi, dengan bantuan plugin WordPress Anda bisa menambahkan kode PHP ke WordPress dengan mudah.

Semoga panduan ini membantu, selamat mencoba 🙂

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

3 Replies to “Cara Menambahkan Kode PHP ke Postingan WordPress (Terupdate)”

    1. Bisa, menggunakan shortcode, berikut referensinya: https://codex.wordpress.org/Shortcode_API

  1. misi pak, mau nanya kalo masukin coding schema ke halaman tertentu bisa pak?
    dan gimana caranya pak?
    Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *