Begini Cara Menambahkan Kode PHP ke Postingan WordPress - Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online

Secara default, WordPress tidak mengizinkan pengguna menjalankan kode PHP pada postingan dan halaman. Hal ini dapat menjadi sedikit masalah karena dalam kondisi tertentu Anda menginginkan hal ini berfungsi dengan baik. Mungkin untuk menampilkan beberapa data yang ada di database atau tempat lain.

Tersedia cara yang cukup mudah untuk mengatasi hal tersebut. Anda hanya perlu menginstal plugin yang berfungsi untuk menambahkan script PHP. Di sini kami akan menjelaskan cara menambahkan script tersebut ke postingan serta halaman situs WordPress.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda:

  • Memiliki akses ke dashboard admin wordpress
  • Memiliki Plugin Insert PHP

Langkah 1: Menginstal Plugin Insert PHP

Kode PHP dapat dijalankan pada postingan atau halaman WordPress menggunakan plugin Insert PHP. Silakan akses dashboard admin WordPress dan ikuti langkah berikut ini untuk menginstal plugin tersebut.

  1. Silakan pilih menu Plugins > Add New.
  2. Masukkan Insert PHP pada kolom pencarian.
  3. Klik tombol Install. Aktifkan setelah proses instalasi selesai.

plugin insert php

Langkah 2: Masukkan Kode PHP ke Postingan

Silakan buat postingan atau halaman baru pada WordPress dan masukkan kode PHP yang ingin Anda jalankan. Ganti tag pembuka dan penutup pada PHP “<?php” dan “?>” dengan tag [insert_php] dan [/insert_php].

contoh insert php

Dalam contoh ini kami memasukkan script PHP untuk menampilkan tanggal dan waktu.

Langkah 3: Cek Hasil Kode PHP pada Postingan

Silakan akses postingan Anda dan Anda akan melihat kode PHP yang berhasil dieksekusi. Di bawah ini adalah contoh tampilan dari script php yang disisipkan pada postingan.

tampilan insert php

Kesimpulan

Setelah menyelesaikan tutorial singkat ini, Anda telah mengetahui cara menambahkan kode PHP ke postingan dan halaman WordPress. Menjalankan scipt PHP dapat berguna jika Anda ingin menampilkan waktu lokal, konten dari file di server, serta output dari URL lain.

Jangan ragu untuk berkomentar pada kolom yang tersedia jika ada pertanyaan atau masukan mengenai tutorial ini! Klik subscribe untuk terus mendapatkan ulasan terbaru seputar dunia online langsung dari email Anda 😊

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.