Tutorial

Tutorial Membuat Akun Email CyberPanel

Salah satu keuntungan berlangganan hosting dan domain adalah bisa memiliki email dengan nama domain yang unik. Apalagi, kalau Anda menggunakan hosting VPS dengan CyberPanel, Anda bisa membuat akun email langsung di CyberPanel.

Tapi, bagaimana caranya ya? Tenang saja, kami akan membagikan tutorial membuat akun email Cyberpanel pada artikel kali ini. Yuk, simak artikel lengkapnya!

Baca Juga : Cara Install CyberPanel di Ubuntu 

Cara Membuat Akun Email di CyberPanel

Tutorial membuat akun email cyberpanel tidak memerlukan waktu yang lama. Anda dapat membuatnya hanya dengan empat langkah saja, yaitu :

  1. Login ke CyberPanel
  2. Mengakses Menu Emails
  3. Membuat Email CyberPanel
  4. Akses Webmail CyberPanel

Tapi, sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan Anda sudah mengaktifkan MailServer SSL, ya. Kalau sudah, sekarang Anda bisa mulai ikuti panduan lengkap membuat akun email CyberPanel!

1. Login ke CyberPanel

Pertama-tama, Anda bisa login ke panel admin CyberPanel terlebih dahulu dengan mengakses alamat https://IP-server-Anda:8090 pada browser. 

Selanjutnya, masukkan username dan password Anda pada kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Sign In.

2. Mengakses Menu Emails

Setelah login, Anda akan masuk ke halaman dashboard CyberPanel. Pada halaman ini, Anda dapat mengakses menu email dengan dua cara. Pertama, mengakses menu EMAILS di bagian Available Function. Kedua,  mengakses menu Email melalui sidebar menu.

Selanjutnya, pilih submenu CREATE EMAIL seperti pada gambar di bawah ini. 

3. Membuat Email CyberPanel

Pada halaman Create Email Account, Anda bisa mengisikan detail email yang akan dibuat. Pertama-tama, Anda dapat memilih nama domain yang akan digunakan untuk email Anda pada bagian Select Website

Setelah itu, masukkan username dan password untuk email yang akan Anda gunakan. Password dapat Anda buat sendiri atau di-generate oleh sistem. Jika Anda melakukan generate password, jangan lupa simpan passwordnya di catatan pribadi Anda ya.

Pastikan data yang Anda masukkan sudah benar, lalu klik tombol Create Email untuk langsung membuat akun email Anda.

Nah, jika sudah muncul pesan seperti gambar di atas, maka akun email sudah berhasil dibuat.

4. Akses Webmail CyberPanel

Anda dapat mengakses email yang telah Anda buat melalui url https://namadomain:8090/rainloop atau dengan mengakses submenu Access Webmail pada menu Emails sebagai berikut.

Anda akan diarahkan ke halaman login email. Masukkan username email dan password yang telah dibuat sebelumnya, kemudian tekan Enter untuk mengakses email.

Jika tampilan sudah seperti gambar di bawah, artinya Anda sudah masuk ke email CyberPanel yang baru dibuat.

Baca juga: Cara Login Webmail Melalui cPanel Hosting Anda

Kesimpulan

Anda bisa membuat akun email CyberPanel dengan menggunakan domain sendiri. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti langkah yang kami berikan pada panduan di atas:

  • Mengakses menu Emails di CyberPanel
  • Memilih domain dan memasukkan username dan password
  • Mengakses webmail CyberPanel

Berkat tampilan antarmuka CyberPanel yang user friendly, Anda dapat melakukan manajemen VPS, termasuk membuat akun email di CyberPanel dengan mudah. 

Kalau Anda ingin memiliki VPS yang dapat diandalkan, Niagahoster menawarkan layanan VPS murah dengan beragam pilihan control panel, termasuk CyberPanel. Anda juga dapat menikmati kemudahan instalasi OS dan panel dari VPS dengan fitur Auto Deploy Panel

Nah, itu dia panduan cara membuat akun email di CyberPanel. Semoga tutorial ini bermanfaat, ya! Selamat mencoba.. Ohiya Jika Anda ingin merasakan bagaimana dan memahami apa itu CyberPanel bisa loh klik tautan CyberPanel VPS ini.

Nida Regita F

SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Share
Published by
Nida Regita F

Recent Posts

Mengenal Industri Kreatif: Manfaat, Jenis, hingga Contohnya

Tahukah Anda bahwa industri kreatif adalah salah satu sektor yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia? Industri kreatif makin menarik banyak…

7 hours ago

Perbedaan Registry, Registrar, dan Registrant Domain

Ketika bicara domain, Anda tentu akan sampai pada bahasan perbedaan registry, registrar dan registrant. Bahkan, Anda mungkin pernah mendengar bahwa…

1 day ago

Cloud Hosting vs Traditional Hosting: Manakah yang Lebih Oke?

Cloud Hosting vs Traditional Hosting kerap diadu sebagai jenis hosting terbaik. Namun sebenarnya, siapa yang lebih oke? Temukan di sini!

3 days ago

Navigasi Website: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Navigasi website adalah bagian penting desain web. Website dengan struktur navigasi yang baik bisa membuat pengunjung betah dan bahkan bisa…

4 days ago

Gutenberg 13.7 Sudah Rilis, Apa Saja Fitur Barunya?

Gutenberg, editor resmi WordPress, merilis versi terbarunya yang dinamai Gutenberg 13.7. Apa saja fitur barunya? Temukan di sini!

4 days ago

YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Video Konten Terbaru

Pertanyaan ini untuk Anda yang berniat ataupun sedang merintis karier sebagai YouTuber: kira-kira, bagaimana cara Anda mengetahui perkembangan channel YouTube?…

5 days ago