3+ Kegunaan Domain .STORE yang Belum Banyak Diketahui

Ketika melihat sebuah nama domain seperti www.greenpolka.com, mungkin Anda masih menerka-nerka apa isi dari website tersebut. Apakah tergolong situs e-commerce, blog, atau bahkan organisasi tertentu.

Beda halnya jika domain tersebut diganti menjadi www.greenpolka.store, Anda pasti sudah bisa menebak kalau isinya berkaitan dengan retail bisnis atau e-commerce.

Nah, itu artinya, dengan domain .STORE pengguna bisa mudah mengenali website Anda sebagai toko online atau semacamnya. Selain itu, masih banyak keunggulan lain yang bisa didapatkan dari domain tersebut.

Apa saja? Kami akan menjelaskannya satu per satu di bawah ini. Namun, sebelum itu, akan lebih baik jika Anda mengenal dulu apa itu domain .STORE. 

Apa itu Domain .STORE?

Domain .STORE adalah salah satu ekstensi domain yang ditujukan untuk pengguna yang ingin memiliki website bisnis, online shop atau e-commerce.

Buat Anda yang belum begitu populer dengan istilah domain dan ekstensi domain, Anda bisa membaca ulasan kami pada artikel Apa Itu Domain? [Semua Hal yang Harus Anda Ketahui].

Berhubung pemakaian ekstensi domain populer seperti .COM sudah terlalu banyak, alhasil ketersediaan nama domain .COM menjadi terbatas. Ujung-ujungnya, banyak pebisnis terpaksa memakai nama domain panjang dan kompleks dibanding nama yang singkat dan mudah diingat.

Itu dia, bagi Anda yang ingin membangun bisnis online, akan lebih baik jika menggunakan domain .STORE sebagai alternatif. Supaya Anda bisa mengusung nama domain yang lebih menjual dan menarik di mata audiens.

Saat ini penggunaannya pun telah mencapai lebih dari 240 ribu website bisnis. Termasuk beberapa di antaranya merupakan brand ternama skala global seperti:

  • Emirates.store, website yang menjual merchandise Emirates — perusahaan penerbangan  terkemuka.
  • DudePerfect.store, website pemilik seorang YouTubers dengan jumlah 40 juta lebih subscribers.
  • Khalid.store, brand fashion milik penyanyi ternama asal Amerika, Khalid.
  • CenturyMedia.store, website resmi yang menjual berbagai album band metal tersohor dengan label Sony Music.
  • Dan masih banyak contoh website ternama lainnya.

Baca juga: 5 Kelebihan Domain ID yang Wajib Anda Ketahui

Mengapa Perlu Menggunakan Ekstensi Domain .STORE?

Bila sebelumnya kita membahas apa itu domain .STORE, berikutnya kami akan menguraikan apa saja saja alasan mengapa Anda perlu menggunakan domain tersebut, yaitu:

1. Meningkatkan brand awareness

Dengan domain .STORE, website Anda akan langsung dikenal sebagai toko online atau e-commerce. Selain itu, pemakaian nama domain yang langsung sesuai dengan produk/layanan bisnis bisa meningkatkan brand awareness di mata pengguna.

Misalnya, website merchandise miliki Emirates. Mereka menggunakan domain .STORE untuk website yang khusus menjual merchandise saja. Ini memudahkan pelanggan untuk mengenali sebagai online store, bukan website pemesanan tiket pesawat Emirates.

2. Nama domain yang masih banyak tersedia

Website bisnis yang menggunakan ekstensi .STORE memang belum sebesar pengguna ekstensi .COM, .NET atau .CO.ID. Jadi kabar baiknya, ketersediaan nama domain dengan ekstensi .STORE juga masih lebih banyak. Anda pun bisa menentukan nama domain yang lebih eksplisit sesuai layanan/produk yang ditawarkan.

Oleh karena itu, ekstensi ini bisa memberikan kesempatan untuk Anda menggunakan nama-nama domain yang eye-catching dan terlihat eksklusif.

Kita ambil contoh Niagahoster yang ketika ingin membuat website khusus menjual merchandise. Daripada harus membuat domain www.niagahosterstore.com, akan lebih sederhana bila nama domain menjadi www.niagahoster.store.

3. SEO-friendly

Kita semua tahu, bahwa SEO menjadi kunci utama untuk mendapatkan ranking pada search engine, seperti Google. Tetapi kebanyakan pengguna juga khawatir jika mereka menggunakan domain .STORE,  mereka akan sulit mendapatkan ranking yang tidak semudah ekstensi lain.

Hal ini disebabkan oleh penggunaan ekstensi yang belum begitu terkenal seperti domain .COM.

Namun, pendapat seperti ini tidaklah tepat. Karena faktanya SEO bukan dipengaruhi dengan pemakaian ekstensi domain. Ada banyak faktor yang lebih diutamakan pada SEO seperti konten, link building, keyword, kecepatan website dan sebagainya.

Untuk penjelasan lengkapnya, Anda bisa baca di Belajar SEO: Panduan Terbaru Raih Peringkat Satu

Jadi, jika sekiranya Anda berminat untuk menggunakan domain .STORE, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah ini. Sebab, domain tersebut pun tetap sama di mata Google, sehingga website Anda masih berkesempatan untuk mendapatkan ranking.

4. Harga domain yang lebih murah

Seperti yang disebutkan tadi, ekstensi .STORE belum memiliki banyak pemain seperti ekstensi domain .COM, .CO.ID, .ORG dan lain-lain. Untuk itu, volume nama domain yang belum terdaftar pun masih banyak tersedia. Anda jadi bisa memakai nama-nama domain yang menarik dan menjual.

Nah dikarenakan hal tersebut, maka harga penjualan ekstensi .STORE juga jauh lebih murah dibanding ekstensi .COM.

Seperti di Niagahoster yang menjual ekstensi ini dengan harga 30 ribu Rupiah saja. Dibandingkan ekstensi .COM dan .NET yang dibanderol dengan harga di atas 100 ribu Rupiah.

Jadi bisa dibilang, pemakaian domain .STORE sangat dianjurkan bila Anda menginginkan website bisnis dengan modal sedikit.

Baca juga: 5 Tips Memilih Nama Domain Unik dan Menarik untuk UKM

Miliki Domain .STORE Sekarang Juga!

Bagi Anda yang ingin membangun website toko online atau e-commerce, memakai ekstensi domain .STORE merupakan pilihan yang tepat. Nama website Anda pun menjadi lebih eksplisit dan mudah dikenal oleh audiens.

Apalagi ekstensi ini juga memiliki banyak keunggulan yang dapat menunjang performa website bisnis Anda.

Sesuai yang dijelaskan pada artikel ini, ada empat alasan utama mengapa Anda perlu menggunakan ekstensi .STORE, yaitu meningkatkan brand awareness, nama domain yang banyak tersedia, bersifat SEO-friendly, dan penawaran harga domain yang murah.

Nah, bila Anda menginginkan promo domain .STORE, Anda tak perlu bingung mencari ke sana ke mari. Tinggal kunjungi saja langsung di website Niagahoster.

Selain memiliki ekstensi terlengkap, di sini Anda juga bisa beli domain murah yang disertai jejeran paket layanan hosting dengan biaya yang ramah dikantong.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera buat website bisnis terbaik Anda dengan domain .STORE sekarang juga!

Sekar Ningtyas

As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Share
Published by
Sekar Ningtyas
Tags: .storedomain

Recent Posts

DNSSEC: Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerjanya

Jika Anda sudah membaca artikel DNS kami, Anda akan paham pentingnya sistem ini bagi aktivitas online. Sayangnya, masih ada kelemahan…

1 hour ago

Panduan Lengkap Cara Membuat Struktur Website yang SEO Friendly

Tahukah Anda? Struktur website yang baik memudahkan navigasi user sekaligus bagus untuk SEO. Sebaliknya, tanpa struktur yang baik website Anda…

23 hours ago

7+ Cara Menjadi Programmer Handal dengan Penghasilan Jutaan Rupiah

Menjadi programmer adalah pekerjaan yang menjanjikan. Bayangkan, Anda dapat menghasilkan jutaan rupiah hanya berbekal laptop. Sayangnya, menjadi programmer yang andal…

2 days ago

7 Cara Menulis Deskripsi Produk yang Jitu dan Menjual

Ketika berbisnis online, entah di marketplace atau website, banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjang penjualan. Salah satunya, menulis…

3 days ago

Panduan Lengkap Facebook Shop untuk WooCommerce Bagi Pemula (2020)

Anda sudah memiliki website WooCommerce, tapi belum memanfaatkan platform lain untuk memasarkan bisnis? Kami sarankan Anda untuk menggunakan Facebook Shops. …

4 days ago

Ingin Menjadi WordPress Developer? Ini Dia Tipsnya!

WordPress dikenal sebagai salah satu CMS (Content Management System) terbaik. Lebih dari 34 persen seluruh website di internet saat ini…

5 days ago