Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

Facebook Debugger: Cara Mudah Atasi Error Preview Share Link

4 min read

Upaya Facebook marketing perlu dilakukan dengan baik. Salah satunya, dengan rutin posting artikel blog di halaman resmi Facebook Anda. Tujuannya, tentu untuk menarik perhatian audiens agar mengunjungi blog tersebut. 

Namun, kadang terjadi kendala pada tampilan postingannya. Bisa berupa gambar yang tidak sesuai atau judul yang salah. Hal ini tentu kurang sesuai dengan tujuan promosi yang Anda rencanakan. Lalu bagaimana solusinya?

Facebook Debugger adalah jawabannya. Dengan tool ini, kendala error pada preview posting bisa diatasi. Nah, di artikel ini, kami akan menjelaskannya secara lengkap. Yuk, simak lebih lanjut!

Apa itu Facebook Debugger?

Debugger Facebook atau Facebook Debugger adalah tool yang digunakan untuk memperbaiki error pada preview posting  di Facebook. Error tersebut bisa berupa featured image blog tidak muncul, judul salah, atau deskripsi yang keliru. 

Lalu, bagaimana proses preview share link di Facebook? Dan kenapa kendala preview bisa terjadi?

Sebelumnya, mari lihat dulu contoh Facebook preview yang akan ditampilkan saat Anda membagi posting blog di Facebook berikut ini:

contoh preview share di facebook

Nah, dari gambar di atas, Anda bisa tahu bahwa sebuah Facebook preview meliputi beberapa hal:

  • Introduction. Kalimat pengantar postingan di Facebook. 
  • Gambar. Ilustrasi dan keterangan yang diambil oleh crawler Facebook dari blog.
  • Caption. Judul dan penjelasan blog hasil scraping dari blog.

Kendala terjadi saat proses preview share link mengalami error. Sehingga entah introduction, gambar, ataupun caption yang muncul tidak sesuai.

Kenapa bisa demikian? Inilah beberapa alasannya:

1. Caching di Facebook

Facebook menggunakan sistem cache 30 hari. Artinya, jika Anda melakukan perubahan konten, crawler Facebook tidak akan langsung bekerja mencari update. Alhasil, preview yang ditampilkan saat membagikan post terbaru, masih preview lama.

2. Caching di WordPress

WordPress juga memiliki sistem cache untuk tujuan kecepatan. Namun, tak jarang update terbaru di blog belum tersimpan si sistem cache WordPress. Sehingga, saat melakukan posting ke Facebook, tak jarang masih menampilkan preview yang belum terupdate.

3. Featured Image Hilang

Terkait struktur WordPress, crawler Facebook kadang tidak menemukan Featured Image yang digunakan. Akhirnya, crawler kadang memilih gambar lain atau bahkan tanpa menyertakan gambar dalam preview sama sekali.   

4. Tidak Ada Open Graph Meta Tags 

Facebook menampilkan preview website sesuai hasil crawling yang dilakukan. Hasilnya bisa berbeda dari yang Anda harapkan. Kecuali Anda menambahkan Open Graph meta tags (og tags) di website tersebut dan mengarahkan bagaimana preview sebaiknya ditampilkan. Biasanya plugin SEO yang Anda gunakan sudah otomatis menambahkan og tags. Contohnya, Yoast SEO.

5. Ukuran Image

Facebook memiliki ketentuan ukuran gambar yang ditampilkan, yaitu lebar maksimal 1200 pixel. Oleh karena itu, jika gambar yang Anda gunakan tidak sesuai, hasil preview bisa menjadi kurang pas.  

Baca Juga: Cara Membuat Facebook Ads dari A-Z

Cara Menggunakan Facebook Debugger Tool untuk Mengatasi Error Preview Facebook 

Mengalami error preview Facebook pasti sangat mengganggu. Untuk itu, kini saatnya mengetahui bagaimana cara menggunakan tool Facebook Debugger.

1. Buka Facebook Debugger Tool

Untuk menggunakan Facebook Debugger tool, Anda bisa buka halaman Sharing Debugger

Halaman Sharing Debugger

Selanjutnya, Anda perlu sign in terlebih dulu.

Login Halaman Debugger

Anda akan menjumpai halaman berikut dan tool siap digunakan.

tampilan utama halaman sharing debugger

2. Masukkan URL yang Ingin Anda Review

Langkah berikutnya, masukkan alamat halaman website yang ingin direview. Bisa berupa postingan blog atau halaman apa pun yang ada di website Anda.

memasukkan url untuk pengecekkan di tool facebook debugger

Kemudian, klik debug dan tunggu hasilnya.

3. Review Hasil dari Facebook Debugger

Setelah proses selesai, akan muncul laporan atas link tersebut. Jika ada masalah, di atas hasil laporan biasanya akan tertulis ‘Warning That Should be Fixed’ atau ‘Peringatan yang Harus Diperbaiki’.

Review hasil facebook debugger

Anda juga bisa lihat informasi lain seperti Time Scrapped (Waktu dikurangi), Fetched URL (URL Resmi), dan Canonical URL (Jalur Pengalihan) di hasil laporannya.  

Anda akan melihat preview lengkap yang menunjukkan seperti apa tampilan blog post atau halaman web ketika dibagikan ke Facebook.

4. Lakukan Clear Cache

Cache adalah tempat untuk menyimpan data sementara di website. Jika preview yang muncul tidak sesuai dengan harapan, bisa saja ada kendala pada cache. Oleh karena itu, coba bersihkan cache terlebih dahulu, baik pada WordPress atau pada Facebook. Ini dia caranya:

4.1. Clear Cache di WordPress

Jika Anda menggunakan WordPress, langkah menghapus cache bisa dilakukan dengan mudah menggunakan plugin. Beberapa pilihan pluginnya adalah: W3 Total Cache, WP Super Cache, WP Fastest Cache.

Pastikan Anda sudah menginstal plugin yang diinginkan. Caranya, masuk ke dashboard WordPress > Plugin > Add New. Lalu ketikan nama plugin, kemudian Install dan Activate.

Inilah cara melakukan clear cache menggunakan ketiga plugin tadi:

  • W3 Total Cache 

Dari dashboard WordPress, klik menu Performance. Pada halaman setting W3 Total Cache, klik empty all caches. Setelah beberapa detik, halaman akan memuat ulang, dan cache Anda akan terhapus.

Halaman dashboard W3 Total Cache
  • WP Super Cache

Masuk ke  Setting > WP Super Cache. Klik Delete Cache seperti di gambar ini:

wp super cache
  • WP Fastest Cache

Masuk ke menu WP Fastest Cache. Masuk ke menu Delete Cache

Menu delete cache di WP Fastest Cache.

Klik Clear All Caches dan tunggu prosesnya.

Memilih menu clear all cache di WordPress

4.2. Clear Cache Facebook

Untuk  melakukan clear cache Facebook, Anda bisa melihat ke halaman hasil debugger. Lalu, klik Scrape Again di bagian atas laporan Debugging. Selanjutnya, tunggu proses beberapa saat:

Menggunakna scrape again untuk melakukan clear cache Facebook.

5. Sesuaikan Pengaturan Open Graph 

Jika langkah clear cache di WordPress dan Facebook belum berhasil. Lakukan pengecekan lebih lanjut pada detail Facebook Debugger. 

Laporan detail Debugger bermanfaat untuk menemukan error agar dapat diperbaiki.

Menyesuaikan pengaturan open graph.

Error preview bisa terjadi karena masalah pada Open Graph tags (og tags). Og tags adalah kode yang ditambahkan ke WordPress agar terintegrasi dengan Facebook. 

Nah, cara paling mudah untuk memperbaiki error ini adalah dengan menggunakan plugin. Pada contoh kali ini, kami akan menggunakan WP Open Graph

Buka dashboard WordPress, lalu pilih Plugin. Setelah itu, klik Add New, dan cari WP Open Graph di search bar. Setelah Anda menemukannya, klik  tombol Install Now. Kemudian lakukan aktivasi.

plugin wp open graph

Setelah aktif, WP Open Graph akan bekerja otomatis. Selain, mengekstrak data dari judul postingan, plugin akan menjadikan featured image yang Anda pilih sebagai og:image. Lebih lanjut, Anda juga bisa mengisi Open Graph Title, Description, dan Type, seperti contoh di bawah ini:

mengisi informasi pada editor WordPress

WP Open Graph juga memanfaatkan plugin SEO yang sudah Anda miliki. Misalnya, All in One Seo Pack. 

6. Cek Perubahan

Setelah langkah di atas, lakukan clear cache dan jalankan Facebook Debugger tool kembali. Tampilan preview seharusnya sudah sesuai dengan yang digunakan di blog Anda. 

Baca juga: Mengenal Meta, Nama Baru Facebook yang Fokus ke Metaverse

Selamat Mencoba Menggunakan Facebook Debugger!

Itulah tadi cara mengatasi error preview Facebok menggunakan Facebook Share Debugger Tool. Mudah, bukan? Menggunakan tool ini, Anda  bisa melakukan pengecekan kendala error preview dan memperbaikinya dengan cepat. 

Dengan preview blog yang menarik saat berbagi di Facebook, engagement tentu akan meningkat. Jadi, akan lebih banyak orang yang akan berkunjung ke blog/website Anda. Artinya, langkah Facebook Marketing Anda juga dapat berjalan dengan baik. 

Semoga artikel ini bermanfaat ya! Jangan lupa subscribe untuk mendapatkan beragam artikel bermanfaat dan menarik lainnya. Anda juga bisa mendapatkan Panduan Facebook Ads melalui Ebook Gratis kami!

Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *