Categories: Marketing

10+ Email Client Terbaik yang Bisa Anda Coba

Email masih menjadi alat komunikasi yang efektif dalam berbisnis. Oleh karena itu, mengelola email bisnis dengan baik akan turut menentukan keberhasilan bisnis Anda. Agar dapat melakukannya dengan mudah, Anda memerlukan sebuah email client.

Pada artikel ini, kami akan mengulas email client terbaik yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Sebelumnya, mari memulainya dengan pembahasan tentang pengertian email client.

Apa itu Email Client?

Email client adalah sebuah aplikasi desktop yang digunakan untuk mengirim dan menerima email bisnis. Dengan menggunakan sebuah email client, Anda akan lebih mudah dalam mengelola email.

Pada dasarnya, untuk menggunakan sebuah email client, Anda dituntut untuk melakukan konfigurasi akun email Anda. Beberapa informasi yang diminta umumnya adalah alamat email, password, alamat POP3 dan SMTP hingga nomor port yang digunakan.

Untungnya, saat ini proses konfigurasi tersebut kian mudah. Sebab, beberapa email client sudah menghadirkan proses yang lebih simple.

Tidak hanya itu, sebagian email client juga memiliki tampilan yang intuitif, baik pada tahapan setup maupun di bagian kotak masuk. Inilah yang menjadi keunggulan dari email client yang dapat membantu Anda bekerja dengan lebih efektif.

Apalagi jika ditambah dengan penggunaan email hosting yang memberikan manfaat berupa kapasitas penyimpanan lebih besar dan keamanan serta privasi yang lebih terjaga.

10+ Email Client Terbaik dan Gratis

Berikut ini adalah daftar email client terbaik yang bisa Anda gunakan tanpa mengeluarkan biaya:

1. Windows Mail

Para pengguna sistem operasi Windows bisa lebih mudah mengelola email mereka berkat Windows Mail. Email client ini merupakan aplikasi default di Windows 10. Tanpa perlu download dan install, Anda sudah bisa langsung menggunakannya.

Anda juga bisa mengelola beberapa akun sekaligus (multiple account). Beberapa penyedia layanan email yang didukung Windows Mail antara lain Hotmail, Gmail, YahooMail, dan lainnya.

Jika Anda seorang advanced user, Anda bisa masuk ke Advanced Setup untuk melakukan pengisian parameter email secara manual.

Sebagai sebuah email client, fitur dari Windows Mail cukup banyak. Apa saja?

Yang paling dasar namun penting, Sync Setting. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur sinkronisasi email yang masuk sesuai kebutuhan Anda. Bisa saat email datang, berdasarkan penggunaan, tiap 15 menit hingga sinkronisasi manual.

Selanjutnya, ada Focused Inbox. Fitur ini membuat kotak masuk (inbox) Anda lebih rapi. Semua email penting masuk ke kategori Focused, dan email lain akan masuk ke tab Other.

Hal ini tentu akan membuat Anda bekerja lebih efisien karena hanya mengecek email yang penting saja.

Sistem Operasi: Windows

2. Apple Mail

Apple Mail merupakan apikasi email default di sistem operasi macOS. Email client ini memungkinkan Anda mengelola banyak akun email, seperti iCloud, Gmail, AOL, dan lainnya.

Dari sisi fitur, Apple Mail memiliki fitur mirip Sync Settings di Windows Mail. Bedanya, Anda bisa menambahkan VIP recipients. Jadi, ketika mengatur sinkronisasi setiap 1 jam, notifikasi untuk email penting tetap Anda terima, yaitu yang berasal dari daftar VIP list Anda. Pengaturan nama dalam daftar tersebut bisa Anda lakukan secara manual.

Selain itu, terdapat satu fitur yang menjadi andalan Apple Mail, yaitu Mail Drop. Fitur ini memungkinkan Anda mengirimkan file lampiran (attachment) yang besar, hingga 5GB. Jadi, jika Anda sering mengirim email yang membutuhkan file lampiran berukuran besar, fitur Mail Drop akan sangat membantu.

Sistem Operasi : macOS

3. Thunderbird

Thunderbird adalah salah satu email client yang mendukung multi-platform. Pengguna Windows, macOS dan Linux bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya.

Meskipun gratis, Thunderbird dikenal sebagai sebuah email client yang andal. Bahkan, beberapa distribusi Linux, seperti Ubuntu, menggunakannya sebagai aplikasi email default.

Email client ini selalu menghadirkan update fitur yang mendukung kemudahan penggunaan. Salah satunya adalah Setup Wizard. Dengan fitur ini, Anda tak perlu lagi mengingat informasi IMAP, SMTP atau SSL/TLS settings. Berkat setup wizard, konfigurasi akun akan berjalan dengan lebih mudah dan cepat.

Apakah Anda sering membuka beberapa email bergantian? Jika benar, fitur Tabbed Email akan sangat bermanfaat untuk Anda. Berpindah dari satu email ke email lain bisa dengan mudah dilakukan.

Bahkan, tab yang sedang terbuka akan tersimpan secara otomatis saat Anda menutup aplikasi. Jadi, ketika membukanya kembali, semua tab terakhir yang tersimpan akan dimunculkan.

Thunderbird merupakan sebuah email client dengan fitur yang lengkap. Namun, jika Anda masih membutuhkan fungsi lain, Anda bisa menginstall Addons langsung dari halaman Addons Manager.

Sistem Operasi : Windows, macOS, Linux.

4. eMClient

Apakah Anda membutuhkan sebuah email client lengkap dengan aplikasi kalender dan kontak? eMClient bisa jadi pilihan yang tepat.

eMClient sangat kaya akan fitur dan bisa digunakan di Windows dan macOS. Tidak hanya itu, email client ini juga mendukung berbagai layanan email seperti Gmail, Exchange, hingga Outlook.

Salah satu kelebihan yang dimiliki eMClient adalah langkah setup akun yang mudah. Selain itu, Anda juga bisa mengimport data dari layanan seperti Windows Mail atau Thunderbird tanpa kendala.

Bagi pengguna, ada salah satu fitur yang sangat penting dari eMClient, Backup Tool. Email client ini memiliki tool sendiri agar proses backup berjalan dengan baik. Bahkan, tool tersebut bisa tetap bekerja meskipun aplikasi sedang aktif digunakan. Jadi, tak perlu khawatir dengan keamanan data penting Anda.

Sistem Operasi : Windows, macOS.

5. MailSpring

Tak lengkap jika kami tidak menyebut MailSpring, sebelumnya dikenal dengan Nylas Mail. Sebab, aplikasi email client ini bisa berjalan di semua sistem operasi dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang bermanfaat.

Seperti beberapa email client sebelumnya, MailSpring juga mendukung multiple account. Versi gratisnya mengijinkan Anda menggunakan hingga 4 email berbeda. Nantinya, semua akun masuk akan ditampilkan dalam satu halaman, Unified Inbox.

Setup akun di MailSpring bisa dilakukan dengan cepat. Hal ini berkat Setup Wizard yang dimilikinya. Anda akan dipandu untuk melakukan setup dasar, seperti tampilan layout inbox. MailSpring juga telah membekali Anda dengan 6 tema menarik. Jika belum puas, Anda bisa membuat tema sendiri.

Email client ini sebenarnya sudah mendukung terjemahan dan pengecekan ejaan (spell check). Sayangnya, masih belum tersedia untuk Bahasa Indonesia.

Salah satu fitur unik yang dimiliki MailSpring adalah Easy RSVP. Fitur ini memungkinkan Anda membalas semua email undangan tanpa keluar dari Inbox Anda.

Sistem Operasi : Windows, macOS, Linux.

6. Twobird

Twobird adalah sebuah email client yang dilengkapi dengan notes dan reminder. Tak heran mengingat aplikasi ini dibuat oleh GingerLabs yang membuat aplikasi note-taking untuk macOS, Notability.

Jangan khawatir, Twobird sendiri bisa digunakan oleh pengguna Windows dan macOS.

Ketika menggunakan email client ini, hal pertama yang terlihat adalah desain yang simple dan clean. Jadi, pengguna awam pun tidak akan kesulitan saat menggunakannya. Terlebih lagi, hadirnya fitur sorting email kategori high dan low priority akan semakin memanjakan penggunanya.

Desain yang simple juga menjadi bagian dari email Anda. Hal yang tidak begitu penting seperti format yang kompleks dan tanda tangan tidak ditampakkan. Jadi, Anda bisa fokus pada konten email.

Satu hal yang unik dari Twobird adalah chatty design. Fitur ini membuat aktivitas berkirim email menjadi layaknya chatting.

Sistem Operasi : Windows, macOS, iOS dan Android.

7. Spike

Seperti halnya Twobird, Spike adalah email client yang ingin menonjolkan kemudahan komunikasi layaknya instant messaging. Bahkan secara spesifik Spike menyebutnya sebagai conversational email.

Sebagai sebuah email percakapan, Spike membuat kotak masuk email lebih tertata dan mengelompokkannya berdasarkan pengguna.

Email client ini juga memangkas hal tidak penting dalam email. Salah satunya adalah pengulangan signature.

Fitur lain yang dimiliki Spike adalah Priority Inbox. Inilah salah satu fitur yang penting untuk menunjang efisiensi dalam bekerja. Sebagai pebisnis, Anda tentu ingin mengetahui email penting dari klien dibandingkan notifikasi dari Facebook, bukan? Spike mengelompokkan email tidak penting ke kategori Other. Jadi inbox utama, hanya berisi email penting saja.

Yang juga menjadi unggulan dari Spike adalah fitur enkripsi. Anda bisa dengan nyaman berkirim email kepada rekan bisnis atau klien dengan perlindungan enkripsi AES256. Dengan Super Stealth Encryption, data rahasia Anda seperti passport atau data keuangan bisa terlindungi dari peretas (hacker).

Sistem Operasi : Windows, macOS, iOS, Android dan Web.

8. Kiwi for Gmail

Sesuai namanya, Kiwi for Gmail merupakan email client khusus pengguna layanan Google Mail. Ibaratnya, Kiwi for Gmail adalah Gmail versi desktop.

Tampilan Kiwi for Gmail sama dengan versi browser. Ini tentu menjadi keuntungan karena Anda tak perlu mempelajari aplikasi tersebut dari awal.

Sebenarnya, Kiwi for Gmail mampu berjalan pada sistem operasi Windows dan macOS. Namun, versi gratisnya yaitu Lite hanya diperuntukkan bagi pengguna macOS

Apa yang membuat Kiwi for Gmail layak dicoba? Kemudahan untuk menggunakan banyak akun Gmail secara bersamaan. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi pemilik banyak akun Gmail yang aktif digunakan untuk bisnis. Versi gratisnya memungkikan Anda menggunakan 2 akun bersamaan.

Selain itu, email client ini juga memungkinkan Anda bekerja secara cepat. Anda bisa melakukan multitasking berkat fitur Multiple windows. Sambil membaca email, Anda bisa membuka dokumen Gdocs yang terkait dengan mudah.

Yang tak kalah penting adalah integrasi dengan GSuite. Inilah yang memudahkan Anda untuk melampirkan file berukuran besar dengan menggunakan Google Drive.

Sistem Operasi : Windows, macOS.

9. Spark

Spark adalah email client gratis yang khusus bagi pengguna macOS. Email client ini memiliki banyak fitur unik dan dapat digunakan secara pribadi atau untuk tim.

Versi terbaru spark menghadirkan fitur Smart Inbox. Berbeda dengan inbox konvensional, smart inbox tidak menampilkan email secara keseluruhan. Email dikelompokkan otomatis menjadi kategori Personal, Notifications, Feed dan Seen. Dengan demikian, Anda bisa memilah email yang harus dibaca terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, Spark juga memiliki fitur Snooze. Jika Anda sedang mengerjakan email yang penting namun tidak dapat menyelesaikannya segera, Anda bisa melanjutkan kemudian dengan memasang notifikasi.

Di sisi lain, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Send Later. Email yang sudah selesai Anda buat bisa Anda jadwalkan pengirimannya secara otomatis. Tujuannya, untuk memastikan email diterima pada saat penerima akan membacanya segera.

Yang paling unik dari Spark adalah fitur Shared Draft untuk mengerjakan email bersama dengan anggota tim lain. Selain itu, ada fitur Delegate Email yang memungkinkan Anda menunjuk seseorang untuk mengerjakan sebuah email untuk Anda.

Sistem Operasi : macOS, iOS dan Android.

10. Mailbird

Bagi pengguna Windows, Mailbird bisa menjadi email client alternatif selain Windows Mail. Aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 2 juta orang di seluruh dunia. Hal ini tentu sesuai dengan kualitas prima yang ditawarkannya.

Sebelumnya, Mailbird menawarkan versi Lite yang bisa Anda gunakan gratis kapanpun. Saat ini, Anda hanya akan mendapatkan versi trial untuk 3 hari saja.

Namun, kami tetap memasukkan dalam daftar mengingat rating yang baik dan fitur unggulan yang dimilikinya.

Sebagaimana email client lain, Mailbird sudah mendukung multiple account, yang tertata dalam sebuah unified box. Tampilannya bisa Anda kustomisasi dengan mudah berkat fitur customizable layout. Tidak hanya itu, berpindah dari mode terang ke gelap juga sangat praktis.

Namun, kelebihan Mailbird bukan hanya sisi tampilan. Email client ini memiliki fitur Apps Integration. Hal ini membuat manajemen berbagai aplikasi bisnis bisa Anda lakukan dengan mudah. Contohnya, integrasi dengan Whatsapp, Dropbox, Asana, Todoist, dan lainnya.

Sistem Operasi : Windows.

11.  Email Client Gratis Lainnya

Selain yang telah kami sebutkan di atas, masih terdapat beberapa email client lain yang juga gratis. Beberapa diantaranya adalah Evolution, Sylpheed, Pegasus Mail, Claws Mail dan lainnya. Namun, kami tidak memasukkannya ke dalam daftar. Alasannya, konfigurasi yang lebih rumit dan tampilan yang kurang intuitif.

Anda bisa saja mencoba aplikasi tersebut. Caranya, kunjungi website resmi dan unduh aplikasinya, lalu install.

Namun, menggunakan email client yang intuitif tentu akan lebih memudahkan pekerjaan Anda, bukan?

Tips Memilih Email Client

Setelah mengetahui beberapa email client terbaik, kami akan membagikan tips bagaimana memilih email client yang tepat.

1. Sesuai dengan Kebutuhan

Sebuah email client berfungsi membantu pekerjaan Anda. Jadi, pastikan Anda memilih email client yang sesuai kebutuhan Anda.

Sebagai contoh, jika ingin mengelola beberapa akun email sekaligus, hindari email client dengan batasan akun. Sebab, Anda akan diharuskan membayar versi premium saat ingin menambah jumlah akun yang digunakan.

Selain itu, jika sekedar kirim email dan mengecek email masuk, Anda bisa menggunakan aplikasi yang simpel dan ringan. Namun, jika membutuhkan fitur yang lebih lengkap, gunakan email client yang lebih kompleks. Tentunya akan lebih berat karena membutuhkan resource yang tinggi.

2. Memiliki Kemudahan Konfigurasi

Pilihlah email client yang bisa Anda konfigurasi dengan mudah.

Konfigurasi akun email merupakan hal utama agar email client Anda berjalan dengan baik. Jika terjadi kesalahan, bisa saja email tidak dapat terkirim atau email masuk tidak dapat Anda terima.

Tidak hanya itu, pastikan konfigurasi untuk sinkronisasi dengan penyedia layanan email Anda juga mudah. Tujuannya, agar Anda selalu mendapatkan update email terbaru di inbox Anda.

3. Selalu Ter-Update

Idealnya, sebuah email client harus selalu terupdate dengan rutin. Hal ini terkait dengan dua hal utama: keamanan dan kemudahan penggunaan.

Faktanya, email masih menjadi sarana untuk melakukan kejahatan digital. Data menunjukkan bahwa lebih dari 50% email yang beredar adalah spam yang mengarah ke phising. Jika email client Anda rutin memberikan update keamanan, tentu akan bisa mencegah kerugian akibat spam ini.

Selain itu, update juga sering terkait dengan adanya fitur baru. Jika penyedia layanan email menghadirkan fitur yang memudahkan pengguna, pastikan email client Anda mendukungnya.

Contohnya, Smart Reply untuk membalas email dengan cepat dan Nudge sebagai pengingat undangan digital,

Kesimpulan

Bagi sebuah bisnis, menangani email dari konsumen dengan cepat adalah salah satu kunci kesuksesan. Sebuah email client bisa membuat pekerjaan tersebut lebih mudah.

Anda tidak harus mengeluarkan biaya untuk menggunakan email client terbaik. Kami sudah mengulas 10+ email client gratis yang bisa Anda gunakan.

Untuk hasil yang lebih optimal, menggunakan layanan email hosting yang menunjukkan brand bisnis Anda tentu lebih menunjukkan kesan profesional. Apalagi layanan email hosting dapat diintegrasikan dengan email client apapun.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang lebih baik.

Suryadi Kurniawan

Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Share
Published by
Suryadi Kurniawan

Recent Posts

Rahasia Sukses UMKM Go Online: Siapkan 4 Hal Ini!

Tahukah Anda? Persentase UMKM di Indonesia yang sudah go online baru sekitar 15% saja. Atau lebih tepatnya, hanya 9,4 juta…

19 hours ago

Google WebP: Format Gambar Digital yang Bisa Mempercepat Website

Kalau Anda ingin meningkatkan kecepatan website, ukuran gambar adalah salah satu kuncinya. Kenapa? Karena semakin besar ukuran gambar, semakin lama…

2 days ago

Apa itu Spoofing? Pahami Jenis-Jenis dan Cara Pencegahannya

Spoofing adalah salah satu bentuk kejahatan dunia maya atau cyber crime yang perlu Anda waspadai.  Menurut Indonesia Computer Emergency Response…

3 days ago

Cara Memasukkan dan Mengatur Gambar di HTML

Website tanpa gambar ibarat sayuran tanpa garam, akan terasa hambar. Sebab, kemungkinan  website akan terasa membosankan, sulit dipahami, dan tidak…

4 days ago

5+ Rekomendasi Tools Google Gratis untuk Digital Marketer

Untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis online, Anda perlu melakukan upaya pemasaran dengan tepat. Untungnya, saat ini ada banyak tools Google…

4 days ago

Apa itu Blogwalking? Perlukah Setiap Blogger Melakukannya?

Blogwalking tentu bukan hal asing bagi blogger. Namun, tahukah Anda kalau sebenarnya blogwalking merupakan istilah yang hanya ada di Indonesia?…

5 days ago