Mengapa UKM Memerlukan Desain Logo Profesional? - Niagahoster Blog

Ketika memulai sebuah perusahaan, atau sekedar meluncurkan produk baru, tentu Anda juga perlu memikirkan rangkaian promosi untuk memperkenalkan produk & layanan Anda ke masyarakat luas. Akan tetapi, tidak semua orang sadar akan hal ini. Malah, seringkali promosi menjadi hal paling terakhir yang prioritaskan. Termasuk soal desain logo.

Desain Logo Sembarangan? No Way.

Banyak kita jumpai usaha kecil dan menengah memakai identitas usaha apa adanya. Sejujurnya, hal ini sangat disayangkan, sebab dibandingkan dengan sebuah bisnis yang besar, usaha kecil dan menengah justru lebih memerlukan sebuah strategi promosi yang efektif.

Oleh karena itu, hindari hal-hal berikut agar usaha Anda tidak terkesan kurang profesional.

1. Menggunakan Logo yang Asal-asalan

k9-compassion-foundation

Sumber gambar: www.behance.net/savannakahle

Contoh logo di atas merupakan logo tentang edukasi hewan peliharaan K9 Compassion Foundation. Pada awalnya logo dibuat begitu rumit dan susah dipahami, menggunakan elemen yang terkesan dipaksakan, terdapat karakter manusia dan anjing sedang bermain. Namun menggunakan ilustrasi yang kaku, sehingga keseluruhan logo menjadi aneh dan tidak profesional.

Sedangkan logo di sebelah kanan merupakan contoh redesign logo K9 Compassion Foundation yang terlihat lebih sederhana, jelas, dan profesional. jadi, Logo bukan sekedar simbol untuk penanda sebuah usaha, namun lebih dari itu, logo akan mampu mencerminkan kepribadian sebuah usaha.

2. Logo Kontras dengan Usaha

2012 London Olympic

Sumber gambar: www.sessions.edu

Logo tersebut merupakan logo Olimpiade London 2012 yang banyak mendapatkan sindiran perihal desain yang kontras dan membingungkan. Memakai warna yang mencolok dan elemen bidang yang bersudut dan lancip, dinilai logo tersebut sama sekali tidak membawakan personal negaranya dan tidak menggambarkan semangat olimpiade dibandingkan logo-logo olimpiade sebelumnya..

3. Menggunakan Clipart dari Internet

cliptart-logo

Sumber gambar: www.thetreedoctor.biz

Tidak jarang bagi pelaku usaha baru/awam, mencari referensi yang akan digunakan sebagai identitas usahanya melalui internet. Hasilnya mereka menemukan gambar yang mereka sukai, lalu secara mentah-mentah menggunakannya sebagai identitas usaha.

4. Tidak Menggunakan Software Desain

msword-logo

Hal ini merupakan sesuatu yang lucu dan aneh. Menambahkan garis-garis, lingkaran, maupun efek tulisan menggunakan aplikasi bukan untuk mendesain, seperti Microsoft Word merupakan favorit kebanyakan bagi mereka yang menilai jasa desain mahal dan menggunakan cara pintas untuk membuat logo sendiri.

5. Menjiplak Logo yang Sudah Ada

plagiat-logo
Sumber: food.detik.com

Logo-logo terkenal seperti Starbucks Coffee, merupakan salah satu logo yang baik dan efektif, tentu banyak orang terinspirasi dengan tampilan logo tersebut. Logo yang baik tentu dari hasil karya tangan desainer yang profesional, sehingga jangan sekali-kali menjiplak logo yang sudah ada untuk digunakan sebagai identitas usaha baru Anda, karena hak cipta dari logo-logo tersebut akan menuntut Anda, apabila Anda menggunakan logo tersebut tanpa ada ijin sebelumnya.

Dalam membuat sebuah desain logo harus ada beberapa kriteria khusus agar tampil efektif dan profesional. Nah, Berikut beberapa prinsip dasar sebuah logo profesional diciptakan.

Prinsip Dasar Logo yang Efektif

1. Logo Harus Sederhana

starbucks-vocodesign

Sumber gambar: vocodesign.com

Kesederhanaan merupakan kriteria utama dalam sebuah logo. Logo yang menggunakan elemen bentuk serta warna yang sederhana akan mudah diingat, dikenal, dan serbaguna. Ketika Anda membuat sebuah logo, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana logo tersebut akan digunakan di media lain.

mobile-logo

Pertimbangkan pula jika diperkecil hingga skala tertentu masih dapat terbaca dengan jelas atau tidak. Apabila Anda ingin menggunakan logo di media digital seperti website, perhatikan keserasian logo tersebut dengan tampilan website Anda.

2. Logo Harus Mudah Diingat

memorable-logo

Sumber gambar: the-graphic-designer.co.uk

Seperti halnya logo-logo terkenal dunia yang selalu konsisten dalam branding dengan desain logo yang minimalis namun kuat dalam mencitrakan perusahaannya. Karena sebuah logo minimalis yang unik, akan mudah menarik perhatian dan diingat konsumennya.

3. Logo Harus Bertahan Lama

timeless-logo

Sumber gambar: inkbotdesign.com

Logo Coca Cola dengan ciri khas lettering meliuknya benar-benar berhasil dalam membangun brand untuk produk minuman bersoda ini. Konsisten dari awal tahun 1886 menggunakan lettering “COCA COLA” , hingga sampai saat ini logo tersebut semakin dikenal di berbagai belahan dunia.

instagram-logo

Begitu juga bagi Anda yang ingin mendesain sebuah logo harus memikirkan masa depan perusahaan. Jangan sampai perkembangan tren desain yang cepat berubah ini, akan menggoyahkan tampilan logo Anda dan membawa dampak negatif citra perusahaan. Seperti logo Instagram yang belakangan ini dibicarakan, karena dinilai penggemarnya logo saat ini sangat buruk, dengan tampilan yang full color. Padahal penggantian logo bertujuan untuk tampil lebih modern. 

4. Logo Harus Serba Guna

versatile-logo

Sumber gambar: www.pauljohns.com

Logo efektif harus mampu dan mudah digunakan dalam berbagai media dan aplikasi. Seperti logo yang menggunakan gradasi warna, transparan warna, maupun berbentuk 3 dimensi logo, akan sulit jika diaplikasikan ke media cetak. Untuk itu logo yang baik harus mampu bertransformasi ke dalam bentuk sederhana, yaitu hitam putih.

3d-logo

Karena ada beberapa logo yang terlihat baik di media digital seperti website, terlihat buruk ketika dipasangkan di media cetak misalnya kartu nama, kop surat, dll.

5. Logo Harus Sesuai

appropriate-logo

Sumber gambar: www.syntaxxx.com

Toys R Us, World Wildlife Federation dan Amazon adalah contoh desain logo yang mampu menerjemahkan produk/jasa dalam bentuk tampilan grafis. Hal ini merupakan bagaimana logo Anda mampu membaca target pasar dari produk Anda. Apakah ditujukan untuk anak-anak, dewasa, maupun orang tua. Di bidang usaha ke arah feminin ataukah maskulin, bersifat fun maupun serius.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, usaha kecil dan menengah justru jauh lebih memerlukan sebuah logo perusahaan. Mengapa? Berikut adalah penjelasan singkatnya.

Mengapa Logo yang Baik dan Terlihat Profesional Penting bagi Bisnis?

1. Logo Merepresentasikan Visi dan Misi Perusahaan

representasi-visi-misi-perusahaan

Sumber gambar: www.yorkgraphicdesigners.co.uk

Sebuah logo akan menjadi ciri khas dari sebuah perusahaan, sehingga sangat perlu untuk menyampaikan profesionalisme perusahaan Anda ke masyarakat luas, dengan terlihat seolah-olah memiliki pengalaman puluhan tahun yang merujuk ke layanan yang sangat baik atau produk yang hebat. Ketika Anda terlihat profesional, otomatis Anda akan mendapatkan kepercayaan pelanggan.

2. Membangun Kepercayaan dengan Tampilan Profesional

tampil-profesional

Sumber gambar: www.wisegeek.com

Dalam membangun kepercayaan pelanggan, desain logo yang profesional akan sangat membantu konsumen menilai bagaimana sebuah perusahaan tersebut selalu mengedepankan totalitas.
Desain Logo Anda akan menjadi wajah yang akan dengan mudah dilihat dan dinilai oleh konsumen.
Bila Anda terlihat menawan dan profesional, konsumen tidak akan ragu untuk mengenal produk Anda lebih dalam lagi.

3. Membangun Brand Identity

branding

Sumber gambar: pixhder.com

Logo termasuk strategi visual yang menjadi sangat penting ketika roda promosi usaha Anda mulai dijalankan, logo akan mampu menjadi identitas secara visual mewakili keseluruhan usaha Anda. Selain logo, warna, desain kemasan, stationery design, dll. Merupakan sebuah kesatuan identitas brand secara visual yang saling berkaitan.

media-promosi

Begitu juga sebuah perusahaan kecil akan sangat membutuhkan kampanye promosi untuk memperkenalkan ke masyarakat luas, sehingga logo yang baik akan sangat menguntungkan jangka panjang dalam proses kampanye produk Anda. Melalui keunikan logo yang diintegrasikan ke seluruh elemen perusahaan seperti kartu nama, alat tulis, kemasan, media iklan, promosi, dan banyak lagi, tentu akan menjadi brand identity tang sangat kuat.

4. Lebih Mudah Diingat

stand-out

Sumber gambar: www.mirror.co.uk

Logo yang baik akan menarik perhatian dan secara mudah tertanam di benak pelanggan. Konsumen akan selalu teringat dengan logo Anda, meskipun mereka dihadapkan deretan perusahaan dengan produk/layanan yang sama.

5. Kesan Pertama untuk Pelanggan Baru

first-impression

Sumber gambar: digitalsynopsis.com

Untuk sebuah perusahaan baru akan membutuhkan pengakuan eksistensi atas keberadaan perusahaan tersebut. Dengan bantuan logo yang profesional akan lebih mudah mendapatkan pengakuan dan kesan yang baik bagi para konsumen yang baru pertama memakai produk/jasa Anda.

Solusi Mendapatkan Logo yang Efektif

Setelah memahami seperti apa logo profesional dan efektif, serta fungsinya dalam mendukung promosi usaha Anda. Saat ini mungkin Anda akan berpikir bagaimana cara mendapatkan logo yang sesuai dengan keinginan maupun budget Anda. Sedangkan Anda tidak memiliki waktu untuk memikirkan sebuah logo yang efektif tersebut.

Ada beberapa pilihan bagi Anda yang menginginkan logo efektif dan profesional, yang sesuai dengan keinginan maupun budget Anda. berikut beberapa solusi.

1. Logo Maker

Logo maker merupakan sebuah aplikasi website gratis yang memiliki banyak pilihan gambar objek, simbol, font dan warna. Meskipun aplikasi tersebut gratis digunakan, Anda tetap akan dikenakan biaya antara $10 – $50 untuk final logo tersebut, jika ingin mendapatkan hak lisensi menggunakannya secara penuh.

Logo maker memiliki beberapa kelebihan, di antaranya …

  • Anda dapat melakukannya sendiri dengan bantuan banyak pilihan warna, simbol, font, icon.
  • Tergolong murah dengan budget $10-$50 untuk sebuah logo.
  • Pembuatannya sangat cepat, dalam hitungan menit saja.

Kekurangan dalam pembuatan logo menggunakan logo maker, di antaranya …

  • Akan terlihat mirip dengan logo-logo lain, karena menggunakan template font, warna dan simbol yang terbatas.
  • Anda tidak bisa mengkostumisasi logo tersebut lebih dari apa yang Anda inginkan. Karena sistemnya hanya drag and drop saja.
  • Anda tidak dapat memadukan pengetahuan Anda tentang warna-warna, tipografi dan design. Sehingga, apa yang Anda lihat adalah yang akan Anda dapatkan.

Ada beberapa situs yang menyediakan layanan pembuatan logo.

1. GraphicSprings

graphicsprings

2. DesignMantic

designmantic

3. SquareSpace

squarespace

4. TailorBrands

tailorbrand

2. Kontes Desain Logo

Merupakan website yang menampung para desainer kreatif yang siap membantu dalam strategi branding usaha Anda. Di sini Anda akan hadir sebagai klien, membuat sebuah sayembara untuk sebuah logo yang ditujukan ke ribuan desainer yang siap merebut hadiah yang akan Anda tawarkan.

Kelebihan menggunakan jasa logo kontes, antara lain …

  • Anda akan diberikan banyak pilihan alternatif logo, jika Anda menemukan logo yang hampir sesuai dengan kriteria, Anda bisa memberikan masukan kepada designer untuk memperbaiki sampai benar-benar sesuai dengan keinginan Anda.
  • Kontes yang mudah diikuti bagi perusahaan besar maupun kecil. Dengan harga yang cukup terjangkau mulai $100 – $1300 sebuah desain kualitas profesional.
  • Prosesnya cukup cepat, tergantung bagaimana feedback dan ketepatan desain.

Untuk kekurangan sebuah kontes logo antara lain …

  • Akan perlu lebih banyak waktu untuk memberikan umpan balik ke para designer yang mengikuti kontes Anda.
  • Sebuah kontes akan terbuka untuk umum, dan dikuti desainer yang variatif, mulai dari pemula hingga profesional.
  • Semua tergantung umpan balik Anda dan Harga yang dipasang.

Ada sejumlah website yang populer untuk layanan kontes desain logo, beberapa di antaranya:

1. 99designs

99desgns

2. LogoArena

logoarena

3. 48HoursLogo

48h

4. DesignCrowd

crowd

3. Freelance Designer

Seorang freelance designer merupakan designer independen yang bekerja berdasarkan per proyek. Karena freelancer bekerja sendiri, mereka bebas untuk mengatur tarif dan jadwal mereka sendiri. Untuk desain logo, tarif biasanya berkisar ratusan ribu hingga puluhan juta, mereka menyesuaikan tingkat kesulitan atau besar kecilnya perusahaan tersebut.

Sebenarnya cukup sulit untuk menemukan keriteria freelance designer yang sesuai dengan kebutuhan kita, karena kemampuan freelance juga sangat bervariasi. Solusinya Anda dapat melihat situs-situs portfolio online yang menampilkan karya-karya mereka di sana.
Beberapa situs di bawah ini dapat menjadi referensi Anda.

1. Behance

behnce

2. Dribble

dribb

3. Logopond

desain logo

Kesimpulan

Logo bukan merupakan penghias produk/usaha Anda, namun sebuah logo yang efektif dan tampil profesional akan menjadi wajah dari usaha itu sendiri. Jangan biarkan calon konsumen buru-buru pergi sebelum sempat menggunakan produk atau jasa Anda, hanya karena menilai dari luar saja. Apapun jenis usaha yang Anda geluti, memiliki logo yang baik adalah sebuah keharusan yang ideal. Tentu bukan karena kami ingin sok menggurui. Ini semua demi kebaikan Anda.

Ada seribu satu cara yang dapat Anda tempuh untuk mendapatkan logo yang baik, dan beberapa di antaranya telah kami beberkan kepada Anda. Sekarang adalah giliran Anda mewujudkannya, demi sinar kesuksesan Anda yang semakin benderang di kemudian hari. Selamat berbisnis…

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Bambang

    Kalo jasa layanan pembuatan logo dalam negeri di portal apa ya?saya ingin membuat 2 logo usaha: JavaBaliTour & Suwuk HomeStay

  • Deni Saputro

    memang susah sekali menentukan logo yang benar2 sesuai dengan bisnis kita.