Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Panduan Custom Page WordPress untuk Pemula [Terlengkap]

3 min read

Featured Image Panduan Custom Page WordPress untuk Pemula [Terlengkap]

WordPress memungkinkan Anda membuat halaman website dengan mudah. Sayangnya, tampilan halamannya akan mirip satu sama lain. Nah, kalau Anda ingin membuat halaman yang unik untuk landing page promosi bagaimana, ya? 

Solusinya, membuat custom page WordPress. Di artikel ini, Anda akan belajar cara membuat custom page WordPress menggunakan dua teknik yang berbeda. Tanpa berlama-lama lagi, yuk ikuti pembahasannya lebih lanjut!

Apa Itu Custom Page WordPress?

Custom page adalah sebuah halaman yang dibuat khusus dengan tampilan berbeda sesuai dengan kebutuhan. 

Berbeda dengan halaman default, custom page WordPress bisa memiliki layout unik dan penggunaan elemen yang lebih bervariasi sesuai jenis halaman yang dibuat.

Sebagai contoh, ketika Anda membuat halaman promosi, Anda bisa menempatkan elemen CTA lebih banyak atau di posisi yang lebih mudah terlihat pengunjung. Ini tentu akan menjadi tantangan jika hanya menggunakan layout halaman default. 

Selain itu, membuat WordPress custom page cukup membantu ketika Anda ingin tampil beda sebagai bisnis. Misalnya, Anda bisa membuat halaman About Us yang menunjukkan informasi bisnis lebih menarik. 

Baca juga: 10+ Halaman Penting yang Harus Ada di Website Anda

Cara Membuat Halaman Custom di WordPress

Ada dua cara membuat custom page WordPress: memanfaatkan plugin page builder dan menciptakan halaman Anda sendiri melalui coding atau. Bagi pemula, WordPress custom page menggunakan plugin builder sangat direkomendasikan.

1. Custom Page WordPress Menggunakan Plugin

Untuk membuat template halaman WordPress secara custom, inilah yang perlu dilakukan:

Langkah pertama adalah menginstall plugin builder SeedProd dahulu di website Anda. Caranya, dari dashboard WordPress, klik Plugins, lalu pilih Add New. Kemudian, ketikkan Seedprod di kolom pencarian dan tekan enter. Klik Install Now dan Activate.

langkah pertama membuat custom page wordpress menggunakan plugin

Setelah plugin terinstall, klik menu Seedprod di dashboard, dan pilih Pages. Lalu, klik Create New Landing Page. Landing Page sendiri adalah halaman yang memiliki desain khusus dan biasanya digunakan untuk tujuan marketing. 

Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman Page Template. Pilihlah template yang Anda inginkan, atau gunakan filter kategori yang disediakan. Nah, di panduan ini, kami memilih template Sales.

Kemudian, Anda bisa memasukkan nama custom page WordPress yang akan dibuat dan tentukan URL-nya. Setelah itu, klik Save and Start Editing the Page.

Anda akan diarahkan ke halaman builder Seedprod. Di sini, Anda bisa menata layout secara drag and drop (klik dan geser), mulai dari teks, gambar, hingga link. Hal ini tentu akan memudahkan Anda, bukan?

Nah, apabila Anda merasa block yang disediakan template masih kurang, tak perlu khawatir. Anda juga bisa menambah block sendiri, kok. 

Caranya, klik tombol menu yang berbentuk titik, pilih blok yang dibutuhkan dan geser ke halaman template untuk diedit. Sebagai contoh, kami menambahkan blok video untuk memasukkan video YouTube Niagahoster.

Oh ya, di bagian kiri bawah terdapat beberapa tombol yang sangat berguna untuk membantu proses editing custom WordPress Anda, lho. Mulai dari tombol undo, redo, dan preview tampilan mobile.

Setelah template halaman WordPress sesuai dengan keinginan, klik tombol Publish. Atau, Anda juga bisa klik Preview dulu untuk memastikan tampilannya menarik.

Nah, kalau ingin melakukan perubahan pada halaman yang sudah dipublish, masuk ke menu Seedprod > Pages, pilih halaman tujuan, klik Edit.

edit wordpress custom templates melalui plugin builder

2. Custom Page WordPress Melalui Coding

Kalau Anda memiliki keahlian coding dan ingin menggunakan baris kode untuk membuat custom page WordPress, ikuti panduan di bawah ini:

Pertama, buatlah file baru pada Notepad di komputer Anda, lalu masukkan kode di bawah ini:

<?php /* Template Name: ContohCustomPage */ ?>

langkah pertama wordpress custom page melalui coding

Kode di atas berfungsi untuk memberitahu WordPress bahwa ini adalah file template bernama ContohCustomPage. Anda bebas menggunakan nama apapun di kode tersebut.

Setelah itu, Save As file tersebut dan pilih All Files pada kolom Save as type. Masukkan nama sesuai kode dan akhiri dengan .php. Misalnya, ContohCustomPage.php

Kedua
, login ke cPanel Anda di http://domainanda.com/cpanel. Lalu, pilih menu File Manager di bagian Files.

Ketiga, Anda bisa masuk folder tema yang Anda gunakan di direktori public_html//wp-content/themes/. Misalnya, folder tema twentynineteen. Kemudian, upload file ContohCustomPage.php tadi ke folder tema tersebut.

langkah ketiga wordpress custom page melalui coding dengan upload file template

Keempat, Anda bisa menambahkan kode HTML ataupun PHP ke dalam halaman custom yang masih kosong tersebut. Caranya, klik kanan pada file custom page tadi dan pilih Edit.

Sebagai contoh, kami ingin membuat custom page pada tema Twenty Nineteen tidak memiliki sidebar. Inilah kode yang kami gunakan:

<?php /* Template Name: ContohCustomPage */ ?>
<?php get_header(); ?>
 
<div id="primary" class="content-area">
    <main id="main" class="site-main" role="main">
        <?php
        // Start the loop.
        while ( have_posts() ) : the_post();
 
            // Include the page content template.
            get_template_part( 'template-parts/content', 'page' );
 
            // If comments are open or we have at least one comment, load up the comment template.
            if ( comments_open() || get_comments_number() ) {
                comments_template();
            }
 
            // End of the loop.
        endwhile;
        ?>
 
    </main><!-- .site-main -->
 
    <?php get_sidebar( 'content-bottom' ); ?>
 
</div><!-- .content-area -->
 
<?php get_footer(); ?>

Setelah mengisikan kode tersebut, klik Save Changes yang ada di pojok kanan layar.

Kelima, Anda bisa login ke dashboard WordPress Anda, lalu buat halaman baru melalui menu Pages > Add New.

Keenam, di halaman yang akan dibuat, pilihlah menu Page Attributes di bagian kanan editor. Lalu, pilih template ContohCustomPage tadi pada kolom Template. Setelah itu, klik Publish.

langkah terakhir wordpress custom page melalui coding

Hasilnya, custom page WordPress pada tema Twenty Nineteen tidak akan memiliki sidebar seperti halnya versi default.

Kesimpulan

Bagaimana? Ternyata membuat custom page WordPress sangat mudah, kan? Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi ketika membutuhkan sebuah halaman unik untuk promosi produk atau kebutuhan lain. 

Bagi pemula, Anda bisa membuat WordPress custom page dengan bantuan plugin Seedprod. Sedangkan, bagi Anda yang memiliki keahlian coding, tulislah kode sesuai perubahan pada halaman default yang diinginkan. Caranya, dengan mengedit file tema melalui File Manager.

Semoga panduan di atas cukup bermanfaat bagi Anda. Jika ada pertanyaan atau mengalami kesulitan saat membuat custom page, langsung saja tinggalkan komentar di bawah, ya. Selamat mencoba!

Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.