13+ CMS Laravel Terbaik Untuk Developer!

Laravel merupakan salah satu framework PHP yang populer. Dengan framework ini pekerjaan developer dalam mengembangkan website jadi lebih mudah. Bahkan, dengan adanya CMS laravel saat ini, pengelolaan website bisa lebih efisien. 

Akan tetapi, bukan hal mudah untuk menentukan CMS laravel terbaik. Sebab, pilihannya cukup banyak. Jangan sampai Anda salah memilih sehingga pekerjaan tidak optimal, ya.

Untuk itu, kami telah merangkum 14+ CMS laravel developer, yaitu:

  1. PyroCMS
  2. Lavalite
  3. MaguttiCMS
  4. October
  5. Microweber
  6. Twill
  7. TypiCMS
  8. Asgard CMS
  9. Photon CMS
  10. Atlantis
  11. Coaster
  12. E-commerce CMS
  13. Decoy
  14. Fully CMS

Sudah tidak sabar melihat ulasannya? Simak sampai akhir, ya!

13+ CMS Laravel Terbaik Untuk Developer

Ini dia CMS Laravel developer terbaik dengan berbagai fitur unggulan:

1. PyroCMS

PyroCMS adalah CMS laravel yang mengedepankan panel kontrol yang responsif. Bahkan, Anda bisa dengan mudah membuat custom dashboard sesuai kebutuhan alur kerja Anda. 

Tak hanya itu, PyroCMS bersifat open source sehingga Anda bebas melakukan modifikasi platform tersebut. Anda juga bisa menggunakan CMS ini dengan gratis, kok. 

PyroCMS dibekali dengan berbagai fitur penting. Salah satunya, CLI (command line interface) yang bermanfaat untuk membangun struktur data dan addons dengan mudah. 

Selain itu, ada juga berbagai modul yang bisa langsung digunakan. Misalnya, files module. Modul ini akan membantu Anda mengelola aset website dengan mudah.  Anda juga bisa melakukan integrasi dengan filesystem Laravel dan menyimpan file aset di mana pun Anda inginkan.  

Jika masih ada tambahan fitur yang diinginkan, ada 8 extensions dan 2 plugin yang bisa Anda coba. 

Keunggulan:

  • Memiliki fitur localization untuk menerjemahkan konten ke beberapa bahasa secara otomatis
  • CLI bawaan lebih memudahkan untuk membangun komponen website.
  • Custom dashboard yang mendukung alur kerja Anda

Harga: Gratis. Versi Pro seharga $25/bulan dengan tambahan addons dan akses GitHub.

2. Lavalite

Kalau Anda ingin CMS Laravel yang bisa digunakan di berbagai perangkat, Lavalite bisa menjadi pilihan. Dengan fitur responsive yang dimiliki, tak masalah jika Anda ingin menggunakannya dari desktop atau perangkat mobile. 

Tak hanya itu, CMS Laravel ini memiliki fitur online package builder. Ini tentu akan memudahkan Anda untuk membuat berbagai file untuk membangun sebuah komponen pada website. 

Jika masih kurang, Anda bisa mengunjungi marketplace mereka untuk mendapatkan package yang dibutuhkan. Lavalite memang dibangun sebagai CMS laravel developer yang cocok untuk membangun website, apapun jenis dan industrinya. 

Jangan lupa, Lavalite juga bersifat open source. Jadi, Anda bisa bebas menggunakan dan memodifikasinya sesuai kebutuhan. Anda juga akan mendapatkan lifetime update untuk selalu mendapat fitur terbaru mereka.

Keunggulan:

  • Layout responsif
  • Bebas update seumur hidup
  • Sistem support 24/7

Harga: Gratis

3. MaguttiCMS

MaguttiCMS adalah CMS laravel open source yang dibangun menggunakan Laravel  8 dengan lisensi dari MIT (Massachusetts Institute of Technology). Secara singkat, Magutti memiliki tiga keunggulan: modular, multilingual dan multi-authentication.

Apa maksudnya? Pertama, Anda lebih mudah untuk melakukan coding pada fitur yang sama. Lalu, MaguttiCMS juga dibekali dengan fitur menggunakan berbagai bahasa. Selain itu, adanya otentikasi berlapis akan membuat keamanan website Anda terjaga.

Ingin membuat website toko online dengan CMS Laravel ini? Bisa. Apalagi dengan adanya  shopping cart  dan integrasi Paypal yang mudah, pekerjaan Anda bisa diselesaikan dengan cepat. 

Tak hanya itu, CMS ini juga SEO Friendly. Artinya, website yang dibangun akan lebih mudah bersaing menempati ranking atas mesin pencari.

Instalasi MaguttiCMS tidaklah sulit. Bahkan panduan yang diberikan di halaman Github Magutti sudah cukup lengkap. Yang penting, pastikan Anda menggunakan PHP versi 7.3 ke atas, ya.

Keunggulan:

  • Multilingual
  • Modular
  • Multi-authentication
  • SEO Friendly
  • Tampilannya responsif

Harga: Gratis

4. October

October bisa disebut sebagai CMS laravel yang paling populer  dengan lebih dari 30.000 pengguna di seluruh dunia. 

Platform ini cukup simple dan memiliki desain yang modern. Bahkan pengguna awam pun bisa menggunakannya berkat editor WYSIWYG (What You See is What You Get) mereka. Berbagai pengelolaan aset seperti gambar, video dan lainnya tentu menjadi lebih mudah. 

October memang tidak membanjiri CMS mereka dengan berbagai fitur lengkap. Demi menjaga platform tetap sederhana, hanya fitur utama saja yang disertakan. Salah satu contohnya adalah file management, components, inspector hingga dukungan CDN.

Akan tetapi, tak perlu khawatir. October memiliki komunitas cukup besar yang sering berkontribusi untuk menciptakan berbagai plugin yang bermanfaat. Anda juga bisa menemukan berbagai tema di halaman marketplace mereka. 

Keunggulan:

  • Menyediakan 700+ tema dan plugin
  • Mendukung CDN
  • WYSIWYG editor
  • Memiliki basis komunitas besar yang membantunya berkembang

Harga: Gratis 

5. Microweber

Ingin membuat website ecommerce? Anda bisa mempertimbangkan CMS Laravel ini. Microweber merupakan platform yang dibekali dengan fitur built-in online shop dan telah digunakan oleh lebih dari 79.000 pengguna.

Menariknya, Anda bisa mewujudkan toko online tersebut dengan mudah secara drag and drop. Cukup tempel pasang komponen yang dibutuhkan, website bisa jadi dalam waktu singkat. 

Meskipun memiliki fitur toko online yang lengkap, Microweber sebenarnya bisa juga untuk membuat jenis website lain. MIsalnya, blog atau website company profile. 

Sebagai sebuah builder, Microweber memiliki fitur live edit yang cukup intuitif. Sambil menata komponen website, Anda bisa langsung melihat hasilnya. Bahkan, adanya dynamic layout membuat kustomisasi tampilan website kian mudah. Sebab, sudah ada 75 layout siap pakai yang bisa digunakan.

Keunggulan:

  • Kemudahan menggunakan drag & drop
  • Admin Panel yang powerful
  • Memiliki fitur real time editing
  • Adanya support yang lengkap, baik community atau premium support

Harga: Gratis

6. Twill

Twill adalah CMS  laravel yang cocok untuk semua pengguna, mulai developer, designer hingga publisher. Bersifat open source, CMS ini bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi.

Lalu, apa keunggulan CMS Laravel ini sehingga masuk di daftar kami ya?

Anda akan mendapat kemudahan membuat website yang menarik dengan fitur visual editor. Jadi, bisa melihat hasil desain website yang dibuat. Tidak hanya itu, dengan fitur responsive previewing, tampilan bisa disesuaikan untuk desktop atau mobile. Keren, kan?

Twill juga  memiliki fitur drag and drop. Selain lebih mudah, proses pembuatan website bisa jadi lebih cepat. 

Selain itu, CMS laravel ini memudahkan Anda melihat bagaimana pengerjaan website dengan fitur Track and Compare Changes. Jadi, lebih mudah menentukan mana struktur dan desain yang ingin digunakan.

Di samping itu, Twill juga merupakan CMS laravel yang multilingual. Sehingga Anda bisa dengan mudah menerjemahkan kodenya dalam bahasa Anda.

Keunggulan:

  • Multilingual
  • Memiliki fitur drag and drop
  • Media library dengan resolusi tinggi
  • Pratinjau yang responsif

Harga: Gratis

7. TypiCMS

TypiCMS adalah CMS laravel open source yang dibangun menggunakan laravel 6. CMS ini multilingual jadi memudahkan untuk menggunakan berbagai bahasa sesuai keinginan. 

Tidak hanya itu, TypiCMS juga modular. Artinya, akan semakin mudah bagi Anda untuk mengelola pages, post, hingga berbagai menu. Jadi, pengembangan website Anda bisa semakin cepat.

Tampilan dashboard TypiCMS cukup intuitif. Bahkan karena dibuat dengan Bootstrap, CMS ini bersifat responsive. Namun, berbeda dengan Twill yang lebih visual, TypiCMS lebih banyak menggunakan kode dalam pengerjaannya. 

Keunggulan:

  • Modular
  • Multilingual
  • User dan role management
  • User interface responsive

Harga: Gratis

8. Asgard CMS

AsgardCMS adalah CMS laravel yang dibangun dengan laravel 5 dan telah mendapat lisensi dari MIT. Meskipun versi laravel yang digunakan versi lama, kemampuan CMS tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Salah satu alasannya adalah CMS laravel ini sudah fully responsive. Jadi, tak masalah digunakan di perangkat mobile. Selain itu, AsgardCMS mudah instalasinya. Cukup melakukan clone repositorinya dan jalankan script instalasi yang diberikan.

Bingung cara menggunakan CMS laravel ini? Tak perlu khawatir, dokumentasi mereka cukup lengkap kok. Hampir semua panduan umum yang diperlukan tersedia. 

AsgardCMS memiliki beberapa fitur unggulan. Salah satunya dashboard yang mudah digunakan dan dilengkapi custom widget sesuai kebutuhan Anda. Tidak hanya itu, CMS laravel ini memiliki module management yang mudah digunakan. 

Keunggulan:

  • Mobile-friendly
  • Instalasi mudah
  • Media management untuk pengelolaan aset

Harga: Gratis

9. Photon CMS

Adakah CMS laravel yang paling cocok untuk developer pemula? Photon CMS bisa jadi pilihannya. CMS laravel ini memiliki fitur yang lengkap untuk membuat website yang kompleks tapi mudah digunakan.

Salah satu fitur unggulan PhotonCMS adalah Team Project Sync. Dengan fitur ini, kolaborasi pengembangan project website bisa dilakukan secara cepat bersama anggota tim lain.  Selain itu, ada Driver-based File Management yang memudahkan Anda untuk mengelola file di komputer atau di cloud.

Ingin melakukan uji coba website dari sisi pengguna? Gunakan saja fitur User Impersonation. Dengan adanya fitur ini, akan lebih mudah untuk memastikan website menawarkan user experience yang baik.  

Tidak hanya itu, Photon CMS dibekali dengan Admin Panel yang dibangun menggunakan Vue.js. Hasilnya tampilan control panelnya menjadi lebih responsive. 

Keunggulan:

  • User invitation system untuk menentukan pengguna
  • Dokumentasi yang lengkap
  • Localization untuk penggunaan dengan berbagai bahasa
  • Team Project Sync

Harga: Gratis untuk website pribadi. Versi Basic $199, Versi Pro $299 dengan fitur tambahan seperti Mass Editing.

10. Atlantis

Atlantis adalah CMS laravel open source yang dibangun di atas laravel 5.x. CMS ini menawarkan kesederhanaan dalam pembuatan dan pengembangan situs website. 

Atlantis mempunyai beberapa fitur unggulan, salah satunya Simple Image Upload and Management. Dengan menggunakan fitur ini, Anda akan lebih mudah untuk menata penggunaan gambar dalam postingan.

CMS laravel ini juga memungkinkan Anda membuat website yang SEO friendly berkat fitur integrated SEO tools di dalamnya. Apalagi, dengan Instant Image Optimization Anda bisa membuat website yang ringan karena semua gambar dapat dikompres dengan otomatis.  

Keunggulan:

  • Mobile responsive
  • Memiliki fitur image upload and optimization
  • Menawarkan visual layout dan template
  • Memiliki content authoring
  • Dilengkapi dengan SEO tools

Harga: Gratis

11. Coaster

Coaster adalah CMS laravel open source yang dibangun dengan laravel 5. Meskipun versi yang digunakan ketinggalan dari yang lain, CMS laravel ini punya keunggulannya sendiri lho. Apa saja?

Pertama, fitur unique repeater block  yang menyediakan template untuk memudahkan membuat website dengan block yang mudah dipindah-pasang. Selain itu, Coaster dibekali dengan fitur built-in SEO. Jadi, tak perlu menambah plugin dulu untuk membuat website yang SEO friendly.

CMS laravel ini juga memiliki fitur lain seperti mendukung Bootstrap agar website menjadi mobile friendly. Kemudian, ada juga fitur translation untuk memudahkan membuat website dengan bahasa yang diperlukan.

Anda bisa menggunakan CMS laravel ini membuat berbagai jenis website. Mulai dari  blog hingga toko online. 

Keunggulan:

  • Interface yang ramah pengguna
  • Version and publishing system untuk mendukung kegiatan blogging
  • Built-in SEO

Harga: Gratis

12. Ecommerce-CMS

Sesuai  namanya, ECommerce CMS adalah CMS laravel yang ditujukan untuk membangun situs toko online. Berbagai fitur terkait ecommerce sudah ada dalam framework tersebut

Yang paling terlihat adalah adanya currency change. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi website toko online yang melayani konsumen dari berbagai negara dengan mata uang berbeda. Selain itu, ada product filters yang memudahkan dalam mengatur penataan produk di toko online.

Tidka hanya itu, berbagai fungsi tambahan tak lupa diberikan. Contohnya test demo order yang dapat membantu Anda memastikan proses order berjalan dengan baik.  Lalu, ada shopping cart dan paypal checkout untuk memudahkan pembayaran transaksi yang dilakukan. 

Keunggulan:

  • Bootstrap untuk membuat desain mobile friendly
  • Test Demo Orders
  • Fitur perhitungan pajak
  • Integrasi dengan paypal

Harga : Gratis

13. Decoy

Decoy adalah CMS laravel open source dengan manajemen konten yang sederhana. Tampilan dashboardnya juga cukup menarik dan mudah dipahami. 

Fitur yang dimiliki oleh CMS laravel ini juga bisa dikatakan cukup lengkap. Salah satunya adalah WYSIWYG editor yang memudahkan Anda mendapatkan konten sesuai keinginan. Selain itu, ada kemudahan menyimpan file secara remote menggunakan Upchuck dan Flysystem. 

Tak hanya itu, CMS laravel ini mendukung Croppa integration sehingga lebih mudah mengelola gambar seperti melakukan cropping hingga mengatur alt text-nya. Bahkan, ada kemudahan untuk melakukan video encoding berkat integrasi Zencoder. 

Decoy didukung oleh Bootstrap sehingga dapat membuat tampilan website menjadi mobile friendly. Dan, ada fitur localization yang membuat Anda bisa menerjemahkan ke berbagai bahasa dengan mudah.

Keunggulan:

  • Memiliki fitur drag and drop
  • Localization
  • Content cloning yang mudah
  • Integrasi dengan video encoding, Zencoder

Harga : Gratis

14. Fully CMS

FullyCMS adalah sebuah CMS laravel multilingual yang bersifat open source dan dibangun menggunakan laravel 5.1. CMS laravel ini cocok untuk Anda yang ingin membangun website pribadi atau blog karena cukup simpel. 

Salah satu fitur yang dimiliki oleh Fully CMS adalah Ckeditor. Dengan fitur ini, Anda dapat menginput teks yang otomatis akan di convert menjadi HTML. Proses membuat konten tentu jadi lebih mudah. Bahkan, Anda bisa menggunakan fitur drag and drop di dalamnya

FullyCMS memungkinkan Anda melakukan pengaturan menu, artikel dan gallery dengan mudah. Anda juga bebas mengatur tag dan category sesuai dengan keinginan. 

Keunggulan:

  • Ckeditor sebagai file manager
  • Code prettify yang membantu memastikan coding lebih clean
  • Bootstrap yang membuat tampilan mobile friendly

Harga : Gratis

Mau Pilih CMS Laravel yang Mana?

Kami telah memaparkan 14 CMS laravel terbaik dengan berbagai fitur unggulannya. Bagaimana, sudah tahu akan memilih CMS yang mana? Untuk memudahkan, inilah review dari CMS Laravel tersebut: 

  1. PyroCMS – Memiliki CLI tool bawaan yang fungsional
  2. Lavalite – Menawarkan online package builder dan marketplace
  3. MaguttiCMS – Mengedepankan multi-authentication untuk menjamin keamanan
  4. October – CMS laravel sederhana dengan ratusan pilihan tema dan plugin
  5. Microweber – Dibekali dengan fitur live edit dan dynamic layout yang bermanfaat
  6. Twill – Menawarkan fitur drag and drop dan responsive previewing
  7. TypiCMS – Memiliki user interface yang baik dan fitur user and role management
  8. Asgard CMS – Bisa diinstal dengan mudah dan memiliki dashboard intuitif
  9. Photon CMS – Dilengkapi dengan team project sync untuk kemudahan kolaborasi project
  10. Atlantis – Menawarkan Instant Image Optimization dan Image Management
  11. Coaster – Memiliki fitur built-in SEO yang layak dicoba
  12. E-commerce CMS – Cocok untuk membangun toko online dengan integrasi paypal dan fitur currency change
  13. Decoy – Cocok untuk membangun blog berkat WYSIWYG editor dan content cloning
  14. Fully CMS – Cukup simple dengan file management yang baik

Oiya, setelah membuat website dengan CMS laravel pilihan Anda, jangan lupa untuk mengonlinekannya, ya. Gunakanlah hosting dengan performa yang baik agar website Anda bisa diakses kapan saja. Nah, kalau belum memilikinya, Anda bisa berlangganan hosting terlebih dahulu. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat membuat website Anda dengan CMS laravel!

Salmaa Awwaabiin

Dedicate herself to writing and sharing about Digital Marketing, SEO and WordPress.

Share
Published by
Salmaa Awwaabiin

Recent Posts

Mau Mulai Bisnis? Simak Caranya dari Nol Hingga 100!

Tidak ada yang instan di dunia ini, apalagi memulai bisnis. Disini, Anda akan menemukan cara memulai bisnis sendiri dari nol!…

21 hours ago

Apa Itu Customer Experience? Strategi Lengkap & Contoh Penerapannya [Terbaru]

Sebelum Anda scroll ke bawah, coba posisikan diri Anda sebagai konsumen. Kemudian, jawab pertanyaan ini: “bagaimana perasaan Anda saat mendapatkan…

2 days ago

Apa Itu IPv6? Pengertian, Kelebihan, dan Contohnya [Terbaru]

Sebelumnya Anda sudah belajar bahwa IP address adalah barisan angka unik yang yang menjadi identitas sebuah perangkat, seperti laptop, ponsel,…

3 days ago

11+ Cara Jadi Selebgram dan Dapat Endorse untuk Pemula

Bener ga sih pengen terkenal dan tajir harus jadi artis sinetron? Tapi, males juga ya kalo mesti casting sana sini…

4 days ago

7+ Aplikasi Membuat Website Profesional Terbaik 2021

Dulu, membuat website bukanlah perkara gampang. Hanya orang-orang yang menguasai coding yang bisa membangun website. Mereka bisa menuliskan ratusan baris…

5 days ago

Panduan TikTok Ads Terlengkap untuk Bisnis Anda di 2021

Sudah bisa ditebak. Pasti Anda masuk ke sini karena ingin memanfaatkan perkembangan TikTok, kan? Maklum, platform media sosial satu ini…

6 days ago