Cara Mengganti Nama Database WordPress - Niagahoster Blog

PhpMyAdmin dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara mengganti nama database WordPress. Misalnya Anda memiliki nama database default db_domain123. Untuk mengubahnya menjadi, misalnya, db_situs123, Anda dapat menggunakan phpMyAdmin seperti yang akan kami bahas dalam tutorial ini.

Database memiliki peran krusial dalam website karena hampir semua informasi penting mengenai website WordPress tersimpan di sana. Anda perlu mengelola database dengan baik, sekaligus memastikannya tetap aman.

Nah, memberi nama database dapat membantu langkah pengaturan Anda. Nama yang berbeda-beda, terutama jika website Anda memiliki banyak database sekaligus, dapat mempersingkat waktu pengelolaan karena Anda akan tahu pasti database mana yang Anda inginkan. Selain itu, nama ‘kustom’ seperti juga akan mempersulit peretas dalam mengetahui serta mengakses detail database website WordPress Anda.

Apa yang Anda Butuhkan?

Untuk memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

  • Akses ke cPanel

Berikut adalah cara mengganti nama database pada WordPress

Langkah 1: Ubah Nama Database

Untuk mengubah nama database, Anda perlu login terlebih dahulu ke control panel website Anda. Dalam contoh ini kami menggunakan cPanel.

1. Setelah berhasil login ke cPanel, silakan pilih menu phpMyAdmin.

cara mengganti nama database

2. Silakan pilih nama database website Anda. Di sini kami mengambil contoh database yang bernama db_domain123. Jika Anda tidak mengetahui dengan pasti, silakan cek tutorial cara mengetahui nama database WordPress.

nama database

3. Kemudian, klik menu Operations dan masukkan nama database baru dan tekan tombol Go.

cara mengganti nama database

4. Akan muncul jendela konfirmasi bahwa database lama akan dihapus dan tabelnya akan diimport ke database baru. Silakan klik tombol OK untuk melanjutkan.

komfirmasi drop database

Langkah 2: Edit File wp-config.php

Selanjutnya adalah melakukan penyesuaian nama database pada file wp-config.php dengan nama database baru. Adapun langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Silakan login ke cPanel, kemudian pilih menu File Manager.

file manager

2. Setelah itu, silakan pilih direktori utama website Anda. File ini biasanya berada di dalam direktori public_html. Klik kanan pada file wp-config.php dan pilih Edit.

edit wp config

3. Pada baris define(‘DB_NAME’, ‘database_anda’); silakan edit bagian database_anda dengan nama database baru. Nama database pada tutorial ini kami ubah menjadi db_situs123.

db situs

Langkah 3: Tambahkan User untuk Database

Setelah Anda mengubah nama database melalui phpMyAdmin dan mengedit nama database di dalam file wp-config.php, selanjutnya Anda perlu menambahkan user untuk database baru Anda. Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah di bawah ini.

1. Untuk dapat menambahkan user pada database, Anda perlu mengetahui nama user untuk website Anda sebelumnya. Caranya cukup mudah, silakan edit file wp-config.php.

edit wp config

2. Pada baris kode DB_USER, Anda akan melihat nama user dari database Anda. Dalam bagian contoh ini bernama db_useranda.

ganti nama database

3. Setelah mengetahui nama user database untuk website Anda, silakan buka menu MySQL Databases pada kolom Databases di cPanel.

tambah user database

4. Pilih user database pada bagian Add User To Database. User-nya bernama db_useranda, kemudian silakan pilih database yang pada contoh ini bernama db_situs123. Tekan tombol Add untuk melanjutkan.

tambah user ke database

5. Silakan centang pilihan ALL PRIVILEGES dan tekan tombol Make Changes untuk menyimpan perubahan.

pilih semua privileges

6. Selamat! Pada langkah ini cara mengganti nama database WordPress telah berhasil. Website Anda pun dapat diakses dengan baik seperti biasa.

Kesimpulan

Setelah Anda mengganti nama database sesuai keinginan Anda, website Anda memiliki kemungkinan lebih kecil untuk diketahui namanya oleh orang lain. Cara ini nantinya secara otomatis dapat membuat website Anda lebih aman dari serangan para peretas.

Apabila Anda memiliki tips lain guna meningkatkan keamanan website, jangan ragu untuk menyampaikannya pada kolom komentar yang tersedia. Kemudian, Klik Subscribe Sekarang untuk mendapatkan ulasan terbaru kami seputar dunia online langsung melalui inbox email Anda!

semakin kecil untuk semakin kecil kemungkinan untuk dapat diketahui nama databasenya oleh orang lain. Sehingga hal ini akan menambah tingkat keamanan website Anda. Jika Anda memiliki tips lain mengenai cara untuk meningkatkan keamanan website, jangan ragu untuk menyampaikannya pada kolom komentar. Silakan Subscribe pada kolom yang tersedia untuk mendapatkan artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda 😆

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • opie

    masih bingung, nunggu tutorial via videonya …….

  • hafiz

    terimakasih…….

  • Cara Manual

    langkah ke 3 saya bingung, user dengan databasenya sama namanya gak masalahkan ?

Scroll Up