counter easy hit
Cara Mengecek Port 21 FTP Tidak Diblokir - Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online

Mengecek port 21 apakah diblokir atau tidak, dapat melalui terminal atau command prompt. Port 21 secara umum dibuat untuk koneksi FTP (File Transfer Protocol), port ini digunakan oleh FTP klien untuk melakukan koneksi ke FTP server ketika user akan mengakses FTP server. Jadi jika Anda memiliki masalah menghubungkan FTP klien ke akun FTP Anda, ini adalah cara yang tepat untuk mengecek apakah port 21 diblokir atau tidak.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum beranjak ke langkah selanjutnya, pastikan bahwa Anda dapat mengakses Command Prompt (Windows), Terminal (Linux), atau Terminal MacOS.

Langkah 1: Buka Command Prompt/Terminal di Komputer Anda

Terdapat sedikit perbedaan di langkah pertama ini, tergantung sistem operasi yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Windows, Anda dapat menggunakan Command Prompt. Sementara itu, Anda dapat menggunakan Terminal untuk sistem operasi Linux maupun MacOS. Berikut kami hadirkna caranya untuk Anda.

Windows

Pertama-tama, silakan tekan tombol Windows + R pada keyboard Anda untuk menampilkan fungsi Run. Setelahnya Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

run pada windows

Ketikkan cmd pada kolom isian yang tersedia, kemudian tekan tombol OK. Anda akan melihat tampilan Command Prompt berwarna hitam.

command prompt windows

Untuk mengecek apakah port 21 terbuka, telnet pada Windows perlu diaktifkan terlebih dahulu. Jika telnet belum aktif, Anda akan mendapatkan pesan seperti di bawah ini.

'telnet' is not recognized as an internal or external command,
operable program or batch file.

Apabila Anda menemui pesan seperti di atas, silakan aktifkan telnet terlebih dahulu. Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Klik tombol Start pada Windows atau tekan tombol Windows pada keyboard Anda.

2. Ketikkan “Turn Windows features on and off” kemudian tekan ENTER.

3. Setelah itu, cari Telnet Client, beri tanda centang, lalu tekan tombol OK, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

mengaktifkan telnet

Linux

Untuk membuka Terminal pada Linux, silakan tekan tombol Ctrl+alt+T secara bersamaan. Selanjutnya Anda akan menemui console berlayar hitam seperti gambar di bawah ini.

terminal linux

MacOS

Sementara itu, untuk membuka Terminal pada MacOS silakan buka terlebih dahulu Launchpad MacOS dengan cara menekan tombol F4.

Setelah itu silakan search dengan mengetikkan “terminal” tanpa tanda petik dan tekan ENTER.

terminal mac

Langkah 2: Gunakan Telnet untuk Mengecek Port 21 Tidak Diblokir

Setelah console Command Prompt/Terminal terbuka, silakan ketikkan kode di bawah ini. Masukkan nama domain website Anda sebagai pengganti domainanda.com.

telnet domainanda.com 21

mengecek port 21

Jika sudah berhasil, Anda akan melihat pesan seperti yang terlihat di bawah ini.

220---------- Welcome to Pure-FTPd [privsep] [TLS] ----------
220-You are user number 8 of 100 allowed.
220-Local time is now 09:57. Server port: 21.
220-This is a private system - No anonymous login
220-IPv6 connections are also welcome on this server.
220 You will be disconnected after 3 minutes of inactivity.

port 21

Apabila Anda tidak melihat pesan tersebut, artinya Port 21 diblokir.

Kesimpulan

Pada tutorial ini Anda telah mempelajari bagaimana menggunakan telnet untuk mengecek apakah port default FTP 21 terbuka. Apabila hasil pengecekan menunjukkan port ditutup, langkah terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi penyedia layanan Anda dan meminta agar port ini dibukakan. Ditutupnya Port 21 berarti Anda tidak dapat menggunakan host FTP pada jaringan.

Sampaikan gagasan maupun pertanyaan Anda melalui kolom komentar pada bagian akhir halaman ini. Kemudian, jangan lupa klik tombol Subscribe untuk terus mendapatkan ulasan terbaru kami langsung dari inbox Anda 😊

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.