Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Apa Itu Shadowban: Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

4 min read

hosting toko online

Masih tak banyak yang tahu bahwa shadowban adalah ancaman yang bisa membuat seluruh upaya marketing Anda terbuang sia-sia. Bagaimana tidak, terkena shadowban akan menyebabkan akun media sosial brand Anda sulit muncul di timeline target audiens. Ngeri!

Makanya, penting untuk mengetahui cara mengatasi shadowban, terutama bagi Anda yang sedang giat mencoba cara mendapatkan uang dari internet dan berfokus pada social media marketing.

Tapi tenang, di artikel ini kami akan mengupas tuntas apa itu shadowban dan berbagai kemungkinan kenapa sebuah akun bisa terkena shadowban. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Shadowban?

Shadowban adalah pembatasan yang dilakukan oleh sistem platform media sosial terhadap konten pengguna tanpa adanya pemberitahuan resmi. 

Dengan kata lain, meski pengguna tetap bisa upload konten dan melihatnya sendiri, konten tersebut tidak akan muncul di timeline atau hasil pencarian pengguna lain. Akibatnya, pemilik akun yang terkena shadowban mengalami penurunan visibilitas dan engagement yang signifikan.

Lalu, kenapa sebuah akun bisa terkena shadowban?

Umumnya, penyebab shadowban adalah penyalahgunaan kebijakan media sosial. Platform media sosial akan menerapkan shadowban sebagai respons terhadap pelanggaran pedoman komunitas atau aturan penggunaan dalam beraktivitas online. 

Walaupun shadowban bukanlah istilah resmi yang diperkenalkan oleh pihak sosial media, beberapa platform memiliki algoritma yang cara kerjanya serupa dengan shadowban. 

Jika algoritma mendeteksi perilaku yang dianggap mencurigakan atau spam, seperti memposting banyak konten sekaligus, potensi sebuah akun terkena pembatasan visibilitas konten akan semakin besar.

Cara Cek Shadowban di Berbagai Platform Media Sosial

Tujuan adanya pembatasan atau shadowban adalah menjaga kualitas pengalaman pengguna. Dengan membatasi akun-akun yang melanggar aturan, platform sosial media bisa menyaring konten yang tidak relevan atau spam.

Namun, bagi pemilik bisnis yang mengandalkan strategi social media marketing, shadowban adalah ancaman yang serius. Pebisnis menghabiskan waktu, upaya, dan biaya untuk menggaet target pasar. Tapi jika akun terkena shadowban, seluruh strategi pemasaran yang dijalankan tak akan ada artinya.

Agar upaya Anda dalam mempromosikan produk tetap membuahkan hasil seperti harapan, berikut kami rangkum cara cek shadowban di berbagai sosial media:

1. Mencari Nama Akun di Kolom Pencarian

cara cek shadowban paling sederhana yaitu mencari nama akun di kolom pencarian media sosial

Salah satu cara paling sederhana untuk memeriksa apakah akun Anda terkena shadowban adalah dengan mencari nama akun di kolom pencarian platform yang Anda gunakan. Jika profil tidak muncul, bisa jadi akun Anda memang mengalami pembatasan. 

2. Cek Shadowban dengan Mencermati Engagement Akun

Pengamatan terhadap engagement akun juga dapat memberikan petunjuk apakah akun Anda terkena shadowban. 

salah satu cara cek shadowban adalah dengan mengamati engagement akun

Coba perhatikan apakah ada penurunan yang signifikan dalam jumlah like, komentar, atau share yang diterima. Jika Anda merasa ada penurunan yang tidak wajar atau tiba-tiba, ada kemungkinan akun Anda terkena pembatasan bayangan.

3. Melakukan Pencarian Hashtag

Tagar atau hashtag adalah elemen penting dalam strategi marketing lewat media sosial. Untuk memeriksa apakah Anda terkena shadowban karena menggunakan hashtag tertentu, lakukan pencarian hashtag yang biasanya Anda gunakan dalam konten. 

Cara cek shadowban dengan pencarian tagar yang pertama adalah meminta non-follower mencari profil Anda di search bar. Atau, Anda juga bisa membuat akun baru untuk mencoba cara yang satu ini. 

Kemudian, upload postingan baru dengan deretan tagar yang sering Anda pakai. Coba klik satu per satu tagar yang Anda gunakan dengan akun lain tadi dan cek apakah postingan Anda muncul di kolom Recents.

Kalau postingan ada di halaman tersebut, berarti akun media sosial Anda aman dari shadowban.

contoh hashtag yang bisa menyebabkan shadowban jika digunakan

Apabila Anda menemukan pesan seperti pada contoh shadowban Instagram di atas, kemungkinan konten Anda disembunyikan karena sudah menggunakan tagar yang disalahgunakan banyak pengguna media sosial lainnya.

4. Menggunakan Fitur Account Status

Jika Anda adalah user Instagram, coba cek shadowban dengan fitur Account Status. Fitur ini tersedia bagi pengguna Instagram yang mengatur akunnya menjadi tipe profesional.

Melalui fitur ini, Anda bisa melihat konten mana saja yang melanggar aturan penggunaan media sosial. 

Cara cek shadowban Instagram bisa dilakukan dengan mengklik Menu lalu memilih Settings and Privacy. Di halaman berikutnya, klik Account.

Cara cek shadowban Instagram bisa dilakukan dengan Account Status

Selanjutnya, klik Account Status untuk mengetahui apakah akun Instagram terkena shadowban atau tidak.

menu Account Status di menu Settings and Privacy

Dengan Account Status, Anda bisa melihat apa yang menyebabkan akun Instagram dibatasi dan langkah yang diperlukan untuk memperbaikinya seperti pada contoh di bawah ini.

contoh akun yang terkena shadowban Instagram

Jika akun Instagram tidak melanggar aturan apa pun, Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

tampilan account status jika akun tidak terkena shadowban Instagram

Cara Mengatasi Shadowban

Durasi shadowban akan bermacam-macam tergantung pada platform sosial media yang Anda gunakan. Shadowban bisa berlangsung selama beberapa hari, atau bahkan berminggu-minggu. 

Untuk mempercepat pembebasan akun dari shadowban, ini dia beberapa cara mengatasi shadowban yang bisa Anda coba:

1. Hindari Penggunaan Tool Automasi untuk Mengelola Akun

Apakah Anda menggunakan aplikasi untuk memantau pengikut dan penghentian pengikut, mencari hashtag, atau otomatisasi interaksi? Jika menggunakan bot atau layanan otomatis lainnya, segera hentikan dan hapus aplikasinya.

Bagi pengguna Instagram, Anda bisa menghapus tools automasi tersebut dengan klik Settings and Privacy, lalu pilih Apps and Websites. Jika Anda melihat akun bot di tab Active, klik tombol Remove untuk menghapusnya sepenuhnya dari akun Instagram Anda.

cara mengatasi shadowban adalah dengan menghindari penggunaan Tool Automasi di instagram

Bagi pengguna Twitter, buka Settings and Privacy > Security and Account Access > Apps and Sessions. Kemudian, klik menu Connected Apps dan hapus tools pihak ketiga dengan klik Remove.

cara mengatasi shadowban adalah dengan menghindari penggunaan Tool Automasi di Twitter

2. Hapus Hashtag yang Tidak Relevan

Hashtag sangat penting untuk memastikan konten Anda ditemukan oleh orang-orang yang bukan follower Anda. Namun, ada beberapa hashtag yang dilarang oleh platform media sosial. 

Ada hashtag yang dilarang secara permanen, ada juga yang hanya sementara, tetapi sebaiknya segera hapus hashtag jenis ini jika Anda telanjur memakainya.

Menyematkan hashtag yang tidak relevan berulang kali juga dapat berakibat pada shadowban, atau bahkan akun media sosial Anda bisa ditangguhkan. Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan hashtag yang sesuai untuk konten Anda, ya.

3. Hapus Konten yang Melanggar Hak Cipta

Cara yang selanjutnya yaitu cek profil Anda dan lihat apakah Anda pernah upload konten yang tidak mematuhi pedoman komunitas atau melanggar hak cipta. Jika Anda mendapat notifikasi pelanggaran hak cipta, segera hapus postingan-postingan tersebut.

4. Laporkan ke Customer Support

Postingan Anda masih tidak muncul di timeline followers? Coba laporkan ke customer support media sosial yang Anda pakai. 

Cukup sampaikan bahwa followers Anda tidak bisa melihat postingan Anda dan hal ini berdampak negatif pada bisnis Anda. Setelahnya, customer support akan memandu Anda memperbaiki permasalahan yang Anda alami.

Tips Mencegah Terkena Shadowban

Meskipun sudah berhasil mengatasi shadowban di akun yang melanggar aturan media sosial, tidak menutup kemungkinan pembatasan ini muncul lagi di masa mendatang. 

Agar akun tidak terkena shadowban lagi, ini dia beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan:

  • Patuhi pedoman penggunaan platform. Setiap platform memiliki pedoman penggunaan yang harus diikuti. Tapi secara umum, Anda bisa mencegah shadowban dengan tidak upload postingan yang melanggar hak cipta, mengandung konten sensitif atau berisi hal-hal yang tidak etis lainnya.
  • Jangan menggunakan tagar yang tidak relevan. Pasang 5-6 hashtag yang sesuai konten per postingan agar bisa ditemukan oleh target audiens dan terhindar dari shadowban.
  • Jangan spam. Menjawab komentar audiens dengan template akan terlihat seperti aktivitas spam. Selain itu, hindarilah follow akun atau like postingan yang terlalu banyak dalam waktu singkat untuk mencegah akun terkena shadowban.
  • Dapatkan interaksi secara organik. Membeli like, komentar, atau followers tidak hanya melanggar kebijakan platform, tetapi juga dapat menyebabkan shadowban. Upaya untuk memperoleh interaksi dari akun-akun palsu dapat terdeteksi oleh algoritma dan berdampak negatif pada akun Anda.

Waspada Shadowban, Musuh dalam Selimut Social Media Marketing!

Sampai sini, Anda sudah tahu apa itu shadowban, penyebab shadowban, hingga cara mengatasinya. Jadi, shadowban adalah pembatasan konten yang melanggar aturan bermedia sosial tanpa pemberitahuan secara resmi kepada pemilik akun. 

Walaupun shadowban bukan istilah resmi, menyalahi aturan penggunaan platform dapat berdampak buruk pada akun bisnis Anda. Konten yang sudah Anda rancang sedemikian rupa bisa-bisa sulit menjangkau audiens yang ditargetkan lho.

Salah satu tindakan yang disarankan untuk menghindari pembatasan visibilitas konten atau shadowban adalah dengan tidak melakukan spam dan membeli likes atau followers.

Alih-alih menggunakan cara yang tidak disukai algoritma sosial media, lebih baik pilih cara mempromosikan produk lewat iklan berbayar.

Beriklan secara online di media sosial dan Google memungkinkan Anda menargetkan secara spesifik calon-calon pelanggan berdasarkan kategori tertentu. Namun, Anda juga perlu menyiapkan konten yang menarik agar lebih memikat calon pelanggan Anda. 

Nah, kalau mau membuat iklan dengan tampilan menarik dengan instan, download ebook di bawah ini dan miliki template Facebook Ads, Instagram Ads, dan Google Ads GRATIS!

Ebook Template Iklan Online

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *