Categories: Tutorial

Cara Akses Server Melalui FTP dengan Notepad++

Ada beberapa cara untuk melakukan akses server, salah satunya dengan menggunakan FTP klien seperti FileZilla. Selain menggunakan FileZilla, Anda juga dapat menggunakan Notepad++.

Notepad++ adalah software text editor open source untuk sistem operasi Windows. Software ini kaya akan fitur menarik sehingga banyak digunakan oleh developer. Beberapa fitur menariknya antara lain syntax highlighting dan folding, search/replace, multi document, dan lain-lain.

Selain itu, adanya fitur plugin memungkinkan pengguna menambah fitur baru sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah plugin NppFTP dengan fungsi untuk melakukan akses server melalui FTP.

Jika Anda bukan pengguna WordPress, mungkin beberapa keuntungan berikut akan membuat Anda tertarik untuk mencobanya:

  • Edit kode lebih mudah
  • Dapat mengedit beberapa file secara bersamaan
  • Tampilan warna pada kode
  • Tersedia plugin lain selain NppFTP
  • Dapat dijadikan text editor default
  • Proses mengubah kode lebih cepat dibandingkan FTP Client.

Langkah 1: Instal Notepad++

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal Notepad++ terlebih dahulu. Silakan unduh melalui website official Notepad++.

Cek detail FTP Anda

Supaya dapat terhubung dengan baik, Anda perlu mengetahui detail FTP Anda. Jika Anda menggunakan control panel cPanel, silakan akses menu FTP Accounts dan pilih salah satu akun FTP.

Jika Anda menggunakan shared hosting Niagahoster, silakan gunakan username dan password cPanel sebagai detail loginnya. Berikut ini adalah contohnya:

  • Hostname: ftp.namadomainanda.com atau IP server
  • Port: 21
  • Username: username cPanel
  • Password: password cPanel

Langkah 2: Atur Akses Server Melalui FTP dengan Notepad++

Supaya Notepad++ FTP dapat terhubung dengan baik, berikut ini adalah langkah-langkah yang Anda perlukan:

1. Buka Notepad++ terlebih dahulu. Jika plugin NppFTP belum terinstal, silakan instal terlebih dahulu dengan memilih menu Plugins > Plugin Manager > Show Plugin Manager.

2. Pilih tab Available, centang NppFTP, kemudian klik tombol Install.

3. Pilih menu Plugins > NppFTP > Show NppFTP Window.

4. Menu konfigurasi akan muncul di bagian kanan. Silakan klik ikon gear dan pilih Profile settings.

5. Klik tombol Add new dan masukkan nama profilenya. Klik OK untuk melanjutkan.

6. Masukkan detail FTP yang ada pada langkah 1.1 sebelumnya di tab Connection.

7. Pada tab Transfers, pilih Active pada Connection mode dan pilih ASCII pada Transfer mode. Kemudian klik tombol Close.

8. Klik ikon Connect dan pilih profile, pada contoh ini adalah Niagahoster.

9. Berikut adalah tampilannya jika sudah berhasil terhubung.

Baca Juga : Cara Membuat FTP Server

Langkah 3: Edit File pada Server

Pada langkah ini, akses server dengan Notepad++ sudah berhasil. Selanjutnya Anda dapat dengan mudah melakukan perubahan pada file atau folder seperti mengedit kodenya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Silakan buka file yang ingin Anda edit dengan cara klik dua kali. Di sini Anda dapat membuka lebih dari satu file secara bersamaan. Setelah selesai mengedit, silakan tekan tombol Save atau CTRL+S pada keyboard.

Kesimpulan

Adalah sangat mudah untuk menghubungkan Notepad++ dengan FTP. Cara ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan FTP Client seperti FileZilla.

Kini giliran Anda! Apabila Anda menggunakan software lain yang biasa digunakan untuk mengakses file melalui FTP, jangan ragu untuk membagikannya pada kolom komentar. Jangan lupa Subscribe sekarang untuk mendapatkan artikel menarik langsung melalui inbox email Anda ?

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto
Tags: Tutorial

Recent Posts

Inilah Cara Mengatasi Laravel Error 500 dengan Mudah

Apakah website Anda menggunakan framework laravel dan saat ini tidak bisa diakses karena HTTP error 500? Lalu, bagaimana cara mengatasi…

17 hours ago

Ini 21+ Trik Google Search yang Mungkin Belum Anda Ketahui!

Tahukah Anda kalau rata-rata sesi Googling itu perlu waktu sampai 10 menit? Bahkan, bisa lebih lama lagi kalau hasil yang…

2 days ago

Sudah Punya Usaha di Marketplace? Lanjutkan dengan Website! Ini Alasannya..

Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia di awal tahun 2020, mulai banyak pebisnis yang beralih ke online. Tercatat di pertengahan tahun…

3 days ago

MVC: Pengertian Dasar, Manfaat, dan Contohnya dalam Pengembangan Website

Jika Anda sedang belajar coding, Anda pasti sudah tak asing dengan yang namanya framework. Saat ini hampir semua framework populer,…

4 days ago

Cara Setting CDN QUIC.cloud di WordPress

Ingin punya pengunjung website dari seluruh dunia tapi tidak tahu caranya? Coba dulu setting CDN QUIC.cloud di WordPress dan gaet…

4 days ago

Cara Instal SSL di Hosting | Gratis dan Berbayar

Apa kabar website Anda? Sudah aman? Pastikan keamanan website dengan cara instal SSL di hosting. Di artikel ini, Anda akan…

6 days ago