Menjangkau klien baru memang penting. Namun, mempertahankan klien supaya terus bekerja sama dengan perusahaan juga sama pentingnya. Dalam hal ini, Account Manager adalah profesi yang memegang peranan vital dalam menjaga hubungan bisnis dengan klien.
Penasaran apa saja tugas Account Manager?
Nah, di artikel ini kami akan mengupas tuntas tentang apa itu Account Manager, cakupan tugasnya, hingga skill yang dibutuhkan. Yuk langsung saja simak artikelnya!
Account Manager adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam mengelola akun dan menjaga hubungan kerja sama dengan klien.
Caranya, dengan memastikan kebutuhan klien terpenuhi. Tugas account manager jugalah untuk mewadahi dan menangani keluhan dari klien. Dengan adanya Account Manager, harapannya relasi kerja antara perusahaan dan klien tetap berlanjut sehingga customer retention akan terus meningkat.
Perlu diketahui, biaya menjaring klien baru bisa mencapai 5 kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk mempertahankan klien lama. Padahal, meningkatkan customer retention hingga 5% saja sudah bisa melonjakkan profit sebesar 25-95%.
Tak heran, peran Account Manager sangat krusial dalam perkembangan bisnis. Karenanya, demand perusahaan terhadap profesi ini cukup tinggi. Bahkan, profesi ini diproyeksi tumbuh hingga 8% di tahun 2028.
Dengan tanggung jawab tersebut, kira-kira berapa sih gaji seorang Account Manager?
Menurut Indeed, gaji Account Manager di Indonesia berkisar antara Rp 6,2-11,6 juta per bulan. Bahkan, gaji per bulan Account Manager level senior bisa mencapai Rp 18,7 juta lho. Luar biasa, bukan?
Nah, sampai sini Anda sudah tahu peran Account Manager. Selanjutnya, kami akan membahas perbedaan profesi ini dengan Account Executive dan Sales. Langsung meluncur ke poin berikutnya, yuk!
Banyak yang beranggapan bahwa Account Manager adalah profesi yang tugasnya sama dengan Account Executive dan Sales. Padahal ketiganya memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda, yaitu:
Secara garis besar, Sales menjual produk ke konsumen. Account Executive menjaring klien dari sesama pebisnis untuk diajak bekerja sama. Dan, peran Account Manager adalah menjaga hubungan baik antara perusahaan dan klien.
Sudah paham perbedaan Account Manager dengan AE dan Sales, ‘kan? Lalu, apakah tugas Account Manager sekadar mempertahankan hubungan baik dengan klien saja? Pelajari cakupan tugas Account Manager di bagian berikutnya, yuk!
Ini dia beberapa tugas Account Manager yang perlu Anda ketahui:
Sudah tahu cakupan tugas Account Manager, ‘kan? Nah, kalau ingin menjadi seorang Account Manager yang andal, ada beberapa skill yang perlu dipersiapkan. Mari kita bahas di poin berikutnya.
Beberapa skill yang perlu dimiliki Account Manager adalah sebagai berikut:
Kemampuan komunikasi baik lisan maupun tulisan menjadi skill nomor 1 yang wajib dimiliki oleh Account Manager.
Sebab, Account Manager adalah profesi yang mengharuskan Anda menjadi garda depan dan berhubungan langsung dengan klien. Jadi jika ada kendala dengan layanan yang diberikan, Anda harus siap menghadapi keluhan klien.
Namun, skill komunikasi tak melulu soal bicara tapi juga mendengarkan. Jadi, Account Manager juga harus mampu mendengarkan dengan baik informasi yang disampaikan oleh orang lain. Utamanya, ketika itu berhubungan dengan kekhawatiran klien terhadap produk atau layanan perusahaan.
Skill negosiasi menjadi hal utama yang diperlukan Account Manager untuk meyakinkan klien saat melakukan follow up terkait upselling, penyesuaian kesepakatan, sampai perpanjangan kontrak.
Dengan skill ini, Account Manager bisa mengajukan usulan yang membantu menjembatani kesenjangan antara keinginan perusahaan dan klien. Untuk itu, Account Manager diwajibkan memiliki skill negosiasi sehingga kedua belah pihak sama-sama untung.
Seorang Account Manager harus jeli dalam melihat peluang bisnis. Skill ini wajib dimiliki supaya klien puas dengan pelayanan perusahaan. Hal ini akan membantu Anda menjaga hubungan yang baik dengan klien.
Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa memaksimalkan peluang bisnis yang dijalankan bersama klien:
Skill selanjutnya yang wajib dimiliki seorang Account Manager adalah perhatian pada detail. Kemampuan ini sangat berguna, karena setiap hari Anda akan menampung berbagai informasi dari perusahaan dan klien.
Tanpa skill ini, Anda bisa jadi kehilangan peluang bisnis yang mungkin bisa dijalankan bersama klien.
Kemampuan ini juga penting untuk bisa mengidentifikasi kendala yang terjadi dalam sebuah hubungan kerja sama dan memberikan solusinya dengan cepat.
Untuk mengembangkan skill ini, Anda bisa memulainya dengan mencatat setiap detail seperti hasil meeting hingga review perkembangan proyek. Nah, supaya input informasi lebih cepat dan mudah, Anda dapat menggunakan bantuan software Customer Relationship Management (CRM).
Menjadi Account Manager harus mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, peran Account Manager menuntut Anda untuk memiliki skill problem solving yang baik.
Sebagai contoh, jika seorang klien tidak puas dengan produk milik perusahaan, Anda bisa menyarankan produk lain sebagai pengganti atau menemukan solusi lainnya yang tepat untuk memenuhi kebutuhan klien tersebut.
Untuk menjadi Account Manager yang andal, Anda harus punya skill membangun relasi yang jempolan supaya bisa terhubung dengan karakter klien yang berbeda-beda.
Karenanya, seorang Account Manager juga harus mampu mengidentifikasi tipe karakter klien dan menyesuaikan cara dan nada berbicara dengan klien tersebut.
Dengan skill yang mumpuni dalam membangun relasi, klien akan merasa Anda peduli dengan kenyamanan mereka saat proses bekerja sama berlangsung. Dengan begitu, kemungkinan besar klien akan terus menggunakan jasa/produk yang Anda tawarkan.
Account Manager adalah salah satu jenis kerja online yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis. Tugas Account Manager yaitu menjaga hubungan baik dengan klien, melakukan upselling dan cross selling, sampai melihat peluang bisnis yang bisa dijalankan klien.
Nah, apakah Anda tertarik berkarir sebagai Account Manager? Jika ya, Anda bisa mempersiapkan skill yang wajib dimiliki Account Manager mulai dari sekarang. Salah satunya, mampu melihat peluang bisnis. Skill ini menjadi salah satu hal terpenting untuk mempertahankan klien dari persaingan bisnis.
Lalu, bagaimana cara mempelajarinya? Anda bisa mengunduh ebook gratis, Panduan Lengkap untuk Memenangkan Persaingan Bisnis Online. Tunggu apa lagi? Yuk, download sekarang!
Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!
UKM memiliki peran penting bagi Indonesia. Sebenarnya, apa sih UKM itu? Bagaimana contoh dan tips mengembangkannya? Cek selengkapnya disini!
Ingin menggunakan Yarn, tapi tak tahu cara instalnya? Yuk pelajari cara install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS lengkap di…
Ingin tahu sumber referensi resmi dan cara memaksimalkan layanan Niagahoster? Yuk kepoin 3 layanan pengganti Niaga Forum di sini!
Value proposition adalah kunci untuk memikat target pasar. Sebab, Anda menjelaskan kenapa produk Anda harus dipilih dibandingkan yang lain. Dengan…
Niagahoster berkomitmen membantu Anda meraih kesuksesan online. Nah, kami punya pemberitahuan terkait layanan EazyLink. Cek infonya di sini!
Ingin berbisnis tapi tak punya modal yang cukup? Atau ingin memiliki usaha sampingan yang fleksibel tapi menjanjikan? Sangat bisa. Anda…