Website & Blog

15+ Widget Blog Terbaik untuk WordPress Anda

Bingung menentukan widget blog WordPress apa saja yang perlu Anda pasang di blog atau website Anda? Tenang saja karena kami sudah merangkum widget penting apa saja yang perlu Anda pasang di blog.

Menambahkan widget untuk blog di WordPress merupakan langkah paling mudah untuk menambahkan fitur-fitur di website atau blog. Bagi yang belum mengetahui cara menambahkan widget di blog, Anda bisa membaca artikel ini terlebih dahulu.

Apa saja widget blog terbaik untuk WordPress Anda? Berikut rekomendasi 15+ widget blog terbaik:

15+ Rekomendasi Widget Blog untuk WordPress Anda

Widget-widget blog keren di bawah ini adalah widget yang sering digunakan oleh para pengguna WordPress. Kami merangkum 20 widget blog yang bisa menunjang kinerja blog atau website Anda. Dari widget untuk post, kalender, video, maps, hingga slider. Terdapat pula widget blog gratis dan berbayar.

1. Recent Posts Widget with Thumbnail

Secara default, untuk menampilkan postingan terbaru dengan tampilan standar Anda bisa menggunakan widget recent post WordPress. Namun jika Anda bosan dengan tampilan widget starndar, anda bisa mencoba menggunakan widget ini. Dengan Recent Posts Widget with Thumbnail, Anda bisa memodifikasi widget untuk postingan terbaru. Widget ini memungkinkan Anda menambahkan thumbnail di recent post sehingga terlihat lebih bagus. Thumbnail bisa diambil dari featured image atau gambar pertama di artikel.

2. WordPress Popular Post

Seperti namanya, widget ini memungkinkan Anda untuk menampilkan artikel atau postingan paling populer di website WordPress Anda. Anda bisa mengatur tampilannya berdasarkan jumlah view atau jumlah komentar yang didapatkan dengan menggunakan widget popular post ini.

3. Simple Social Icons

Ini adalah satu widget sosial media untuk WordPress yang paling banyak dipilih. Widget ini memungkinkan Anda untuk menambahkan ikon profil media sosial di sidebar. Anda bisa memilih profil media sosial apa saja yang ingin Anda tambahkan. Selain itu, Anda juga bisa memodifikasi ikon dengan mengubah warna ikon dan background.

4. Google Maps Widget

Cara paling mudah untuk menambahkan peta di sidebar website Anda adalah dengan menggunakan Google Maps Widget. Google Maps Widget memungkinkan Anda untuk menampilkan Google Maps dalam bentuk widget. Anda bisa mengikuti panduan di artikel ini untuk menambahkan Google Maps di WordPress.

5. Image Widget

Untuk menambahkan gambar di sidebar biasanya metodenya adalah dengan menulis kode HTML. Namun, cara tersebut terbilang sulit untuk kebanyakan orang, terutama bagi orang awam. Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan Image Widget untuk menambahkan gambar di sidebar. Widget ini juga menyediakan fitur untuk menambahkan caption, alt text, dan ukuran gambar.

6. Compact Archives

Widget archives dari WordPress secara default menampilkan archives postingan website/blog dalam daftar per bulan. Sayangnya tampilan seperti itu kurang praktis dan kerap menyusahkan pembaca. Dengan menggunakan Compact Archives Anda bisa membuat tampilan widget archives lebih praktis. Widget ini memungkinkan Anda menampilkan archive postingan per bulan secara horizontal sehingga memudahkan pembaca untuk mengklik masing-masing bulan.

7. Authors Widget

Jika blog Anda dikelola oleh beberapa penulis, widget ini bisa membantu Anda menampilkan profil masing-masing penulis. Widget ini memungkinkan Anda untuk menampilkan profil penulis blog beserta avatarnya dan mengarahkannya ke halaman berisi artikel-artikel yang ditulis oleh masing-masing penulis.

Baca Juga : Cara Membuat Widget WordPress Kustom

8. YouTube Channel Gallery

Widget ini memungkinkan Anda untuk menampilkan video terbaru dari channel YouTube di website WordPress Anda. YouTube Channel Gallery menampilkan video dalam bentuk layout grid yang tidak memakan banyak tempat dan terlihat lebih menarik.

9. OptinMonster

OptinMonster adalah plugin lead generation di WordPress. Plugin ini sangat berguna untuk mengumpulkan subscriber di blog Anda. OptinMonster menyediakan dua widget, yaitu Sidebar dan Afterpost. Dua widget tersebut memungkinkan Anda untuk mengumpulkan subscriber di blog Anda.

10. Tabbed Login Widget

Cara lain untuk menambahkan form login di sidebar WordPress adalah dengan menggunakan Tabbed Login Widget. Seperti namanya, widget ini memungkinkan Anda untuk menambahkan widget login dengan tiga tab berbeda, yaitu tab login, registrasi, dan lupa password.

11. Testimonials Widget

Menampilkan testimonial adalah cara yang bagus untuk membuktikan bahwa klien atau pelanggan puas dengan layanan Anda. Dengan Testimonial Widget, Anda bisa dengan mudah membuat widget untuk testimoni klien/pelanggan.

12. Google Calendar Events

Plugin ini menyediakan cara termudah untuk menampilkan kalender di website WordPress Anda. Anda bisa membuat event menggunakan Google Calendar dan menampilkannya menggunakan widget ini.

13. Random Post Widget

Plugin ini memungkinkan Anda untuk menampilkan random post di sidebar WordPress Anda. Random Post Widget juga bisa mengatur untuk menampilkan random post berdasarkan kategori tertentu.

14. Soliloquy WordPress Slider Widget

Soliloquy adalah plugin slider responsif yang memudahkan Anda untuk membuat slider di WordPress. Dengan plugin ini, Anda bisa menambahkan slider di mana saja menggunakan widget yang disediakan. Jadi Anda bisa menampilkan recent post, video, gambar Pinterest, Instagram, dan lain-lain dalam bentuk slide.

15. Feature a Page Widget

Widget ini memungkinkan Anda untuk menambahkan sebuah halaman sebagai featured page di sidebar WordPress Anda. Featured page adalah halaman pilihan yang ingin Anda tampilkan di sidebar WordPress. Dengan widget ini Anda bisa menampilkan featured page beserta judul, gambar, dan lain-lain.

16. Envira Gallery

Envira Gallery adalah plugin galeri di WordPress. Kalau Anda adalah seorang fotografer profesional atau designer, plugin ini adalah plugin terbaik untuk menampilkan karya fotografi atau desain Anda melalui widgetnya.

Baca Juga : Cara Membuat Galeri Foto di Blog WordPress

Kesimpulan

Demikian kumpulan widget blog WordPress yang kami rekomendasikan untuk dipasang di WordPress Anda. Widget blog untuk WordPress berfungsi untuk menampilkan fitur-fitur tambahan di blog atau website tanpa perlu melakukan coding. Jadi siapapun bisa dengan mudah menambahkan fitur-fitur di website atau blog, termasuk Anda.

Ilham Mubarok

Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Share
Published by
Ilham Mubarok

Recent Posts

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang sedang memilih layanan hosting, shared hosting mungkin menjadi pilihan. Akan tetapi, sudah tahukah Anda apa saja kelebihan…

2 days ago

SpamAssassin: Solusi Jitu untuk Mencegah Email Spam

Sebelumnya, Anda sudah belajar mengelola email spam dengan SpamExperts. Nah, ternyata ada tool lain yang tak kalah mumpuni untuk menghalau…

2 days ago

10 Contoh Nama Domain Bisnis Inspiratif [Lengkap dengan Tips Memilihnya!]

Salah satu langkah awal untuk memulai usaha bisnis adalah dengan memilih nama domain website bisnis.  Namun, menentukan nama domain bisnis…

3 days ago

Cara Membuat Link Download Menggunakan Hosting Sendiri di Website

Bingung mencari cara membuat link download menggunakan hosting sendiri? Tenang, yuk simak cara membuat link download di website sekarang!

3 days ago

Cara Mengembalikan IP Address yang Diblokir Server Hosting

Ketika IP address Anda diblokir server hosting, Anda akan kehilangan akses login ke cPanel dan admin website. Ini tentu menjadi…

4 days ago

Apa Itu ZMOT? Lihat Contoh Penerapannya di Niagahoster!

Pernahkah Anda cek review di internet sebelum memutuskan membeli sesuatu? Kalau iya, itu berarti Anda pernah mengalami Zero Moment of…

4 days ago