Email

SpamExpert: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Anda menemukan artikel ini karena ingin tahu cara mengatasi spam, bukan? Nah, benarkah SpamExpert bisa menjadi solusi jitu untuk kendala tersebut?

Di artikel ini, kami akan mengajak Anda memahami SpamExpert secara lebih lengkap. Mulai dari pengertian, manfaat dan cara kerja SpamExpert. Penasaran? Yuk simak artikel ini hingga tuntas!

Apa Itu SpamExpert Protection?

SpamExpert Protection atau sering dikenal dengan SpamExpert adalah sebuah tool untuk mengatasi spam email. 

Fungsi SpamExpert adalah memudahkan pengguna menyeleksi email-email spam yang diterima, serta mencegah email yang dikirim dianggap sebagai spam. Fungsi ini penting terutama bagi Anda yang menjalankan promosi menggunakan email bisnis.

SpamExpert terdiri dari dua jenis sesuai fungsi tersebut, SpamExperts Incoming dan Outgoing. Begini penjelasannya:

1. SpamExperts Incoming

Jenis ini akan mengelola email yang Anda terima. Cara kerja SpamExperts Incoming adalah mencegah email spam, seperti email phishing, email berisi virus atau malware, masuk ke inbox. 

Apa yang dilakukan tool ini? Secara otomatis, email-email yang dianggap spam akan dipindahkan oleh tool ini ke dalam folder terpisah, dan dieliminasi sebelum mencapai inbox Anda.

Dengan begitu, spam email tidak sampai mengganggu keamanan dan stabilitas server.

2. SpamExperts Outgoing

SpamExpert Outgoing membantu Anda memastikan pengiriman email yang Anda lakukan bisa diterima target audiens, tanpa dianggap sebagai spam. 

Cara kerja SpamExperts Outgoing yaitu melakukan filtering email Anda sebelum diteruskan ke penerima. Jadi, sebelum dikirimkan ke audiens, email Anda akan dikirim ke server SpamExperts terlebih dahulu. Setelah dipastikan tidak ada unsur spam di dalamnya, email tersebut akan diteruskan ke audiens.

Dengan demikian, email yang Anda kirim tidak akan masuk ke folder Spam, alias langsung masuk ke Inbox.

Manfaat SpamExpert Protection

Anda sudah tahu pengertian dan cara kerja SpamExpert Protection. Lalu, apa manfaat menggunakan tool ini, ya?

1. Membuat Perangkat Lebih Aman

Tahukah Anda bahwa 1 dari 50 email mengandung konten berbahaya, seperti virus, dan malware? Ketika mengakses konten tersebut, perangkat yang Anda gunakan bisa menjadi rentan terhadap aksi kejahatan online.

Nah, dengan adanya teknologi filtering email pada tool ini, email-email berbahaya tersebut akan dicek terlebih dahulu. Nantinya, Anda bisa melakukan pengaturan apakah akan langsung menghapusnya, atau melakukan karantina.

Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menghindari mengklik email yang tidak diinginkan. Jadi, perangkat dan data-data penting Anda lebih aman dari upaya peretasan.   

2. Menjaga Stabilitas Server

Banyaknya email yang masuk tentu akan turut membebani server layanan hosting Anda. Apalagi, kalau ternyata email itu adalah spam yang bisa saja dikirimkan dalam jumlah banyak. 

Terutama bagi pengguna layanan hosting dengan batasan storage, kestabilan server akan mudah terganggu. Jika ini terjadi pada sebuah email bisnis, tentu dampaknya cukup besar untuk perkembangan usaha. 

Akan tetapi, fitur penghalau spam di SpamExpert mampu bekerja dengan baik terhadap semua email spam yang masuk (incoming spam). Dengan begitu, akan dilakukan proses filtering yang ketat sebelum email mengganggu server.  

3. Membuat Email Marketing Jadi Lebih Efektif

Ketika Anda menerapkan email marketing bagi bisnis, tentu Anda berharap pesan di email dapat sampai ke target audiens. Sayangnya, hanya ada 85 persen email pemasaran yang masuk ke inbox penerima.

Jika kondisi di atas tidak segera diatasi, upaya marketing produk Anda bisa terancam gagal. Atau, tidak sesuai dengan hasil yang ditentukan. 

Nah, dengan fitur SpamExperts Outgoing, Anda bisa meningkatkan persentase email marketing ke inbox target penerima menjadi lebih baik. Alasannya, semua email yang dikirimkan akan masuk ke sistem dari SpamExpert terlebih dahulu. Setelah bebas dari elemen yang spammy, akan diteruskan ke target penerima email. 

Pun, dengan adanya fitur ini, Anda bisa lebih fokus pada proses produksi konten email marketing yang berkualitas. Sebab, jika nantinya ada konten yang tidak sesuai, akan diproses lewat sistem SpamExperts. 

4. Menjaga Reputasi Bisnis

Domain email yang sering terdeteksi membawa email spam dan email yang dicurigai (membawa virus, malware, dan ransomware), akan berpotensi masuk dalam blacklist. 

Gawatnya lagi, jika sudah masuk ke dalam blacklist, email Anda akan dilengkapi dengan peringatan. Contohnya seperti ini:

Jika sudah begitu, kepercayaan orang yang menerima email marketing terhadap bisnis Anda akan terus berkurang dan menjadi rendah. Akibatnya, reputasi bisnis Anda akan buruk karena dianggap spammy.

Untungnya, fitur filter email yang dimiliki oleh alat ini memudahkan Anda untuk menghindari blacklist IP. Hal ini penting untuk menjaga reputasi yang baik bagi bisnis Anda.   

Baca Juga: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri dalam 6 Langkah

Siap Menggunakan SpamExpert?

Anda sudah tahu kan pengertian, fungsi, dan cara kerja SpamExpert? Ini adalah alat untuk mengelola email sehingga pengguna lebih mudah dalam mengatasi email spam. 

Alat ini efektif untuk mengatasi email spam pada saat menerima email (incoming). ataupun mengirim email (outgoing).

Ingin menggunakan SpamExperts? Pastikan penyedia layanan hosting  Anda memiliki fitur yang bermanfaat ini, ya.  

Niagahoster adalah salah satunya. 

Bahkan, SpamExperts telah terintegrasi di layanan hosting Niagahoster! Jadi, Anda bisa langsung memanfaatkan tool ini tanpa perlu setup lagi.

Yang menarik, pengguna layanan hosting Indonesia Niagahoster, khususnya paket Cloud hosting dan Email hosting, bisa memanfaatkan SpamExpert Protection tanpa tambahan biaya lagi.  

Tunggu apa lagi? Yuk kelola email spam lebih baik dengan hosting yang berkualitas!

 

Indra Maulana

Cogito Ergo Sum.

Share
Published by
Indra Maulana

Recent Posts

25 Domain Termahal di Dunia, Berapa Harganya?

Hanya dengan belasan ribu rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan domain baru. Lalu kenapa ada orang yang membeli domain termahal sampai…

2 days ago

Apa Itu Google Domain dan Perbedaan dengan Domain Lain

Saat berselancar di internet, mungkin Anda menemukan Google Domain sebagai salah satu opsi untuk membeli domain website.  Yap, layanan yang…

3 days ago

Apa itu DOM di JavaScript? Mengenal DOM JavaScript

Jika Anda ingin mendalami JavaScript, Anda perlu tahu apa itu DOM. Yuk pelajari semua tentang JavaScript DOM di sini!

3 days ago

Perbedaan Domain dan Subdomain yang Perlu Anda Tahu

Bagi Anda yang menggunakan website pasti sering mendengar istilah domain dan subdomain. Tapi, apa ya perbedaan domain dan subdomain? Singkatnya,…

3 days ago

Apa itu Exact Match Domain: Contoh & Pengaruhnya pada SEO

Sebelum Google meng-update algoritmanya, exact match domain menjadi jalan pintas untuk meraih ranking #1 di hasil pencarian. Apa itu exact…

4 days ago

Apa Itu Inode pada Hosting? Begini Cara Ceknya!

Inode adalah salah satu aspek yang harus Anda perhatikan ketika membeli hosting. Namun, apa itu Inodes hosting? Temukan di sini!

4 days ago