Email

SpamAssassin: Solusi Jitu untuk Mencegah Email Spam

Sebelumnya, Anda sudah belajar mengelola email spam dengan SpamExperts. Nah, ternyata ada tool lain yang tak kalah mumpuni untuk menghalau spam, yaitu SpamAssassin. Apa itu SpamAssassin? 

Di artikel ini, kami mengajak Anda untuk memahami cara kerja SpamAssassin dan cara menggunakan SpamAssassin dengan mudah. 

Penasaran? Yuk simak artikel ini hingga tuntas!

Apa Itu SpamAssassin?

SpamAssassin adalah sebuah tool untuk mengelola email yang masuk agar Anda terhindar dari email spam. Jadi, fungsi SpamAssassin adalah menyaring email spam sebelum masuk ke inbox Anda. 

Nah, cara kerja SpamAssassin adalah mengecek elemen yang ada di email, mulai dari subject dan isi email, alamat DNS, dan lain sebagainya. Ketika terindikasi merupakan sebuah spam, tool  ini akan menolak email tersebut masuk ke inbox. 

Nantinya, Anda juga bisa membuat email yang tidak lolos filter spam agar masuk ke dalam folder khusus. Dengan SpamAssassin, makin mudah bagi Anda terhindar dari upaya spam yang dikirimkan orang lain.

Fungsi SpamAssassin bukan hanya untuk menyaring email yang masuk saja, lho. Tool ini juga punya beberapa fitur yang bisa diandalkan. Sebagai contoh, auto delete email spam, melakukan whitelist untuk memilih domain email yang diizinkan, melakukan blacklist pada domain email tertentu, dan sebagainya.

Nah, sudah mengetahui apa itu SpamAssassin dan cara kerjanya, bukan? Sekarang, mari pelajari langkah memanfaatkan SpamAssassin.

Cara Menggunakan SpamAssassin

Umumnya, SpamAssassin adalah tool yang menjadi bagian dari cPanel layanan web hosting. Untuk menggunakannya, ikuti langkah berikut: 

1. Masuk ke Control Panel Hosting

Untuk mengakses control panel, Anda bisa lakukan melalui URL, dengan format NamaDomainAnda/cpanel. Contohnya: kuydomain.com/cpanel

Nah, kalau Anda menggunakan layanan Niagahoster, ada cara lebih mudah melalui Member Area Niagahoster.

Setelah login, masuklah pada bagian Layanan Anda, dan pilih tab Hosting. Kemudian, klik tombol Kelola Hosting pada layanan hosting aktif Anda.

Di halaman Pengaturan Hosting, pilih tab cPanel dan untuk masuk ke control panel hosting. Lanjutkan dengan klik menu All Features.

2. Mengaktifkan SpamAssassin di cPanel

Setelah Anda masuk ke menu All features, Anda bisa temukan kategori Email. Kemudian, klik opsi Spam Filters.

Nah, pada halaman Spam Filters, Anda bisa klik toggle button “Process New Emails and Mark Them as Spam” untuk mulai mengaktifkan SpamAssassin. 

Setelah diaktifkan, Anda bisa konfigurasi spam score di opsi Spam Threshold Score

Nah, spam score ini adalah indikator penilaian email spam, dari 1 sampai 10.Semakin tinggi nilainya (1), maka semakin ketat juga filter email yang dijalankan. Jadi, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan. 

Jika sudah menentukan skor spam, jangan lupa klik tombol Update Scoring Options agar pengaturan tersimpan. Dengan begitu, perlindungan dari email dengan SpamAssassin sudah aktif. 

3. Mengarahkan Ke Folder Terpisah

Anda juga bisa mengarahkan email spam yang terdeteksi ke folder terpisah (Spam Box). Tujuannya, agar Anda bisa memeriksa email spam tersebut lebih lanjut. 

Untuk mengaktifkannya, silakan klik toggle button pada opsi Move New Spam to a Separate Folder (Spam Box). 

Dengan begitu, setiap ada email yang dianggap spam akan langsung diarahkan ke folder tersebut. 

4. Mengaktifkan Auto Delete

Bagi Anda yang ingin menghapus permanen email spam secara otomatis. Anda bisa aktifkan fitur auto delete di opsi Automatically Delete New Spam (Auto-Delete)

Meskipun ini merupakan langkah yang praktis, Anda bisa saja melewatkan kesempatan melakukan pengecekan email yang mungkin saja penting.  

5. Konfigurasi Email Whitelist dan Blacklist

Whitelist adalah konfigurasi yang dilakukan dengan tujuan email-email yang dianggap penting tidak dianggap spam oleh sistem. Sementara, Blacklist adalah konfigurasi yang dilakukan agar kotak masuk email Anda bebas dari email-email yang tidak diinginkan.

Jika Anda menginginkan konfigurasi email whitelist dan blacklist, Anda bisa gulir ke bawah, dan klik Show Additional Configuration

Konfigurasi Whitelist:

Untuk konfigurasi Whitelist SpamAssassin, Anda bisa klik opsi “edit spam whitelist settings”. Lalu, tambahkan alamat email yang Anda inginkan untuk masuk dalam whitelist, seperti di bawah ini:

Jangan lupa untuk klik tombol “update whitelist (whitelist _from)” agar konfigurasi tersimpan.

Konfigurasi Blacklist:

Untuk konfigurasi Blacklist, Anda bisa tambahkan alamat email yang diinginkan untuk masuk dalam blacklist, seperti di bawah ini:

Klik “update blacklist (blacklist_from)” untuk menyimpan konfigurasi.

Jika Anda melihat pop-up notifikasi seperti berikut, artinya konfigurasi Blacklist email telah berhasil dilakukan.

Itulah cara menggunakan SpamAssassin beserta fitur-fitur di dalamnya yang bisa Anda coba. Cukup mudah, bukan?

Baca Juga: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri dalam 6 Langkah

Yuk Gunakan SpamAssassin Untuk Mengatasi Email Spam!

Sekarang Anda sudah tahu apa itu SpamAssassin, fungsi, cara kerjanya. SpamAssassin adalah tool yang cukup efektif untuk mengelola email masuk sehingga pengguna tidak menerima email spam. 

Anda juga sudah belajar cara menggunakan SpamAssassin. Mulai dari mengaktifkannya, hingga melakukan pengaturan khusus seperti memfilter daftar pengirim email sesuai dengan fitur Whitelist dan Blacklist. 

Tentunya, kemudahan untuk mengatasi email spam ini harus sudah didukung oleh layanan hosting yang Anda gunakan, ya. Nah, Niagahoster adalah layanan hosting yang sudah memberikan Anda perlindungan keamanan yang baik, khususnya dari spam email.

Semoga informasi SpamAssassin yang kami berikan bermanfaat, ya. 

Kalau Anda ingin lebih baik dalam menjaga keamanan website Anda, kami memiliki Panduan Mengamankan Website dalam bentuk ebook yang bisa didownload gratis

Indra Maulana

Cogito Ergo Sum.

Share
Published by
Indra Maulana

Recent Posts

Spesifikasi Hosting untuk Moodle & Rekomendasi Jenis Hosting

Ingin menginstall Moodle di hosting tapi takut performanya anjlok? Yuk simak dulu rekomendasi hosting untuk Moodle yang tepat!

9 hours ago

25 Domain Termahal di Dunia, Berapa Harganya?

Hanya dengan belasan ribu rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan domain baru. Lalu kenapa ada orang yang membeli domain termahal sampai…

3 days ago

Apa Itu Google Domain dan Perbedaan dengan Domain Lain

Saat berselancar di internet, mungkin Anda menemukan Google Domain sebagai salah satu opsi untuk membeli domain website.  Yap, layanan yang…

4 days ago

Apa itu DOM di JavaScript? Mengenal DOM JavaScript

Jika Anda ingin mendalami JavaScript, Anda perlu tahu apa itu DOM. Yuk pelajari semua tentang JavaScript DOM di sini!

4 days ago

Perbedaan Domain dan Subdomain yang Perlu Anda Tahu

Bagi Anda yang menggunakan website pasti sering mendengar istilah domain dan subdomain. Tapi, apa ya perbedaan domain dan subdomain? Singkatnya,…

4 days ago

Apa itu Exact Match Domain: Contoh & Pengaruhnya pada SEO

Sebelum Google meng-update algoritmanya, exact match domain menjadi jalan pintas untuk meraih ranking #1 di hasil pencarian. Apa itu exact…

5 days ago