Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Pengertian RSS dan Cara Menggunakan di WordPress

4 min read

pengertian rss

Hampir semua orang yang berkecimpung di dunia blog atau yang dikenal sebagai blogger pasti tidak asing dengan yang namanya RSS Feed. Kenapa? Karena RSS Feed ini biasanya ditampilkan pada sebuah halaman website.

RSS Feed muncul dengan warna khasnya yaitu kuning dengan teks “RSS”. Anda sendiri apakah sudah pernah melihat sebuah website yang menggunakan RSS? Saya yakin pasti sudah pernah.

Jika Anda ingin mencari tahu bagaimana menggunakan RSS Feed untuk mengembangkan website Anda, ini adalah artikel yang tepat untuk dibaca.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai apa itu RSS dan apa kegunaan RSS di dalam situs online.

Pertama, Apa itu RSS?

RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication atau Rich Site Summary. Terkadang disebut dengan feed atau RSS feed. RSS adalah tipe web feed yang mengizinkan user dan aplikasi untuk menerima update reguler dari website atau blog yang mereka pilih.

Pada masa sebelumnya, sebelum adanya fitur RSS feed, jika ingin mendapat informasi terbaru dari website favorit Anda, langkah yang perlu dilakukan adalah bookmark halaman website tersebut kemudian membukanya secara manual untuk melihat update terbaru.

RSS feed memberikan solusi untuk menangani masalah itu dengan memberikan izin user untuk mendapatkan informasi terbaru dari website favorit yang sering mereka kunjungi tanpa harus membukanya secara manual.

RSS feed juga mengizinkan blogger atau penerbit untuk secara otomatis menyebarkan konten mereka sehingga pengunjung/subscriber dapat membaca konten tersebut di email, aplikasi pembaca feed, atau perangkat lainnya.

Jadi secara sederhana, RSS feed adalah aplikasi atau teknologi yang digunakan untuk membaca konten dari sebuah website tanpa perlu membuka website tersebut di browser.

Semua blog WordPress terbuat dengan dukungan RSS Feed. Secara default, setiap halaman (page) dari situs WordPress memiliki meta tag yang mengarah ke lokasi RSS feed website.

Anda dapat menonaktifkan RSS feed di WordPress. Namun, sebelum melakukan hal itu, saya sarankan untuk melanjutkan membaca artikel ini sampai selesai. Karena kemungkinan besar Anda akan berubah pikiran untuk tidak menonaktifkannya.

Keuntungan Menggunakan RSS Feed

RSS memberikan kemudahan untuk user berlangganan konten. Ketika menggunakan RSS feed, mereka (pengunjung/subscriber/user) dapat menerima update terbaru dari blog atau website secara langsung ke feed reader, aplikasi desktop, atau perangkat lainnya.

Pengguna yang berlangganan (subscriber) postingan di website Anda tidak perlu mengingat alamat URL karena mereka sudah dapat membawa konten ke dalam satu lokasi yang sama, dimana mereka bisa membacanya semuanya secara langsung. Konten Anda juga menjadi lebih portable, dan subscriber dapat menyimpannya secara offline.

RSS feed membantu Anda membangun dan memelihara followers yang setia mengikuti halaman blog Anda. Bisa jadi, RSS subscriber akan lebih sering membagikan konten Anda di sosial media, seperti melakukan tweet dari setiap artikel yang mereka baca.

Sebagai pengguna atau subscriber, Anda dapat membaca website favorit dan menyimpannya ke dalam satu tempat. Ini membuat Anda lebih cepat menjelajah berita terbaru dari blog atau website yang Anda suka. Bahkan, Anda bisa meninggalkan komentar jika menyukai salah satu artikel di dalam blog tersebut langsung dari aplikasi feed feeder.

Kebanyakan dari feed reader saat ini melakukan penyusunan daftar bacaan melakukan kategori atau grup. Tentu ini akan meningkatkan dan memaksimalkan waktu Anda membaca.

Cara Kerja RSS Feed

RSS feed bekerja dengan mempublikasikan konten terbaru Anda dalam struktur dokumen XML. Feed ini mengandung artikel Anda secara lengkap atau ringkasannya saja, dan metadata untuk setiap item, seperti tanggal, pemilik, kategori, dan lain sebagainya.

Dokumen XML ini dapat mengambil dan dibaca dengan RSS feed reader. Anda dapat menemukan banyak sekali aplikasi RSS feed reader yang tersedia di internet. RSS feed reader tidak hanya di sistem operasi seperti Windows saja, melainkan hampir semua sistem operasi dari berbagai perangkat desktop, termasuk perangkat mobile.

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?><rss version="2.0"
 xmlns:content="http://purl.org/rss/1.0/modules/content/"
 xmlns:dc="http://purl.org/dc/elements/1.1/"
 xmlns:atom="http://www.w3.org/2005/Atom"
 xmlns:sy="http://purl.org/rss/1.0/modules/syndication/"
 
 >
<channel>
 <title>Comments on: Pengertian PHP dan Fungsinya</title>
 <atom:link href="https://www.niagahoster.co.id/blog/pengertian-php/feed/" rel="self" type="application/rss+xml" />
 <link>https://www.niagahoster.co.id/blog/pengertian-php/</link>
 <description>Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online</description>
 <lastBuildDate>Fri, 18 Jan 2019 02:25:19 +0000</lastBuildDate>
 <sy:updatePeriod>hourly</sy:updatePeriod>
 <sy:updateFrequency>1</sy:updateFrequency>
 
</channel>
</rss>

Di atas adalah salah satu contoh XML yang digunakan RSS feed dari blog Niagahoster. Anda dapat mengaksesnya menggunakan URL https://www.niagahoster.co.id/blog/pengertian-php/feed/.

Memasang Widget RSS Feed di WordPress

Anda juga dapat memasang RSS Feed pada WordPress yang berupa widget. WIdget ini dapat menampilkan RSS Feed website Anda maupun orang lain. Langkah yang bisa Anda lakukan cukup sederhana.

Pertama, login ke halaman website Anda kemudian masuk ke menu Widget di Appearance»Widget.

cara memasang rss

Yang Anda butuhkan adalah alamat URL (website) dari feed yang ingin ditambahkan di website. Widget ini akan menampilkan setiap feed dari URL yang sudah ditambahkan.

Di bawah ini adalah salah satu contoh RSS Feed dari Niagahoster yang ditambahkan pada sebuah halaman website.

contoh RSS Feed Niagahoster

Cara Menggunakan RSS Feed untuk Membaca Blog Favorit Anda

Anda dapat melakukan subscribe di RSS feed menggunakan aplikasi yang disebut dengan pembaca feed (feed reader). Aplikasi ini dengan mudah didapatkan di repositori aplikasi seperti Apps Store, iTunes dan sejenisnya. Contoh aplikasi yang dapat Anda manfaatkan seperti Innoreader, Feedly, The Old Reader, dan Bloglovin.

Di antara aplikasi-aplikasi tersebut, Feedly adalah salah satu aplikasi yang tersedia di browser add-on maupun di aplikasi mobile.

Feedly dapat menghubungkan langganan RSS antara perangkat Anda dan menandai lokasi terakhir kali pada saat membaca. Menambahkan website favorit Anda sangat simpel, tinggal salin URL feed website dan klik tombol “Follow” untuk berlangganan.

layanan rss Feedly

Kebanyakan feed reader dapat melakukan pencarian berdasarkan topik sesuai dengan keinginan pengguna. Anda juga dapat mengkategorisasikan situs favorit Anda sesuai dengan topik. Feed reader seperti Feeder menyediakan fitur seperti print dan share.

Mempromosikan RSS Feed

Sebagai pengguna WordPress, website Anda sudah siap untuk menerbitkan RSS feed. Anda dapat dengan mudah dengan menambahkan /feed/ di bagian belakang alamat website. Contohnya https://niagahoster.co.id/blog/feed. Anda juga dapat menambah dan meningkatkan pengunjung untuk berlanggan RSS feed dengan menambahkan ikon RSS feed ke sidebar atau bagian lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat mengkoneksikan RSS feed ke layanan email marketing dan mengizinkan user untuk menerima blog post secara langsung di dalam kotak masuk mereka.

Supaya lebih optimal, manfaatkan website sosial media seperti Facebook dan Twitter untuk membantu Anda mengembangkan trafik website. Namun, untuk menjaga akun sosial media aktif, Anda membutuhkan konsistensi untuk secara reguler membagikan konten. Mungkin akan terdengar ribet, karena terkadang harus membagikannya secara manual. Apakah tidak ada cara yang lain? Jawabannya, ada.

Anda tidak perlu khawatir, karena pada saat ini sudah ada aplikasi yang dapat membantu Anda untuk membagikan konten sesaat setelah konten itu diterbitkan. Lihat saja IFTTT, aplikasi ini secara otomatis membagikan post blog baru ke seluruh profil sosial media tanpa harus Anda lakukan secara manual.

Kesimpulan

Melihat beberapa ulasan di atas, tentunya penggunaan RSS memang cukup memberikan efek yang positif bagi perkembangan website. Pengunjung yang ingin mengikuti perkembangan atau artikel terbaru dari website kita tidak perlu membukanya terlebih dahulu secara manual. Mereka dapat berlangganan RSS feed dan mengumpulkannya ke dalam satu aplikasi menggunakan feed reader.

Semoga artikel Pengertian RSS dan Cara Menggunakan di WordPress ini dapat memberikan gambaran mengenai pengertian RSS, apa itu RSS, dan bagaimana cara kerja RSS serta keuntungannya. Tidak salahnya untuk mencoba mengembangkan website kita menggunakan RSS. Tentunya dengan dukungan layanan web hosting yang handal.

Jika Anda menyukai artikel kami bisa mengikutinya melalui Feed Blog Niagahoster atau subscribe untuk mendapatkan informasi dari kami.

1
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =